06 Desember 2017

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar


Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Resep simple bukan berarti tidak bisa memiliki cita rasa yang dahsyat, justru banyak sekali masakan dengan bumbu minimalis menghasilkan rasa yang maksimalis. Maksimalis menghabiskan nasi sebakul. Contohnya sambal tempe yang pernah saya posting disini, atau cumi-cumi asam garam a la Ibu saya yang resepnya bisa diklik pada link disini. Kedua masakan tersebut hingga kini tetap menjadi favorit dirumah terutama jika mood memasak sedang drop, nafsu makan sedang hilang atau ide memasak susah dikumpulkan. Nah ayam bawang dengan saus brown sugar yang saya posting kali ini sepertinya menambah resep minimalis dengan cita rasa lezat berikutnya. Prosesnya super mudah, namun rasa yang dihadirkan dari kolaborasi antara brown sugar, minuman soda, soy sauce dan air jeruk lemon mampu membuat takaran beras ditambahkan kala memasak nasi beberapa minggu yang lalu. Sungguh, jika sering-sering memasak model beginian maka diet rendah karbo benar-benar hanya wacana saja. 😂

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Ide resepnya diperoleh dari BuzzFeed yang sering menampilkan resep unik yang terkadang tidak pernah terlintas dikepala. Resep asli BuzzFeed hanya menggunakan ayam, coke, bawang putih dan soy sauce, saya lantas memodifikasinya. Bukan karena suka ribet - ayam yang dimasak didalam coke masih masuk ke dalam list untuk dicoba - melainkan karena hendak memanfaatkan brown sugar dari Ricoman yang masih banyak. Selama ini kita seringkali mengasosiasikan brown sugar hanya diperuntukkan untuk produk baking saja, misal untuk membuat cake atau kue kering, padahal gula jenis ini juga bisa melezatkan aneka masakan. 

Tidak ada brown sugar? Masakan ini tetap sedap jika kita menggunakan gula palem bubuk atau gula jawa yang disisir halus. Asalkan soy sauce dan minuman soda dalam resep tidak diskip maka masakan akan tetap sama sedapnya. 

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar
Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Minuman soda atau jus jeruk kalengan sering dipakai menyedapkan masakan. Jika sedang mati gaya, kehabisan ide hendak mengolah dada ayam yang terasa seperti karet ketika di pan fried biasanya saya suka lumuri potongan filletnya dengan tepung berbumbu dan goreng sebentar. Dada ayam goreng ini kemudian dimasak didalam jus jeruk kalengan bersama beberapa bumbu lainnya. Trala, jadilah orange chicken a la Chinese food yang mantap. Saya pernah posting resep ayam saus jeruk sebelumnya, klik link disini untuk melihat resepnya ya.  

Nah membuat ayam bawang dengan saus brown sugar ini sangat mudah. Semua bahan cukup dicemplungkan menjadi satu di panci. Tambahkan minuman soda, saya pakai merk Sprite, tapi 7Up pun ok ya. Masakan kemudian direbus hingga ayam matang. Bagaimana jika ayam belum matang tetapi air rebusan telah habis? Tambahkan air biasa sedikit dan rebus kembali hingga ayam benar-benar matang. Cek kematangan ayam dengan merobek bagian daging tertebal, biasanya dibagian dada, menggunakan garpu. Jika warnanya masih pink kemerahan maka proses perebusan harus  dilanjutkan. Pengalaman saya, ayam telah matang walau kuah masih tersisa  cukup banyak. Namun mungkin jika menggunakan ayam kampung proses merebusnya menjadi lebih lama. 

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar
Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Ayam lantas dipanggang hingga permukaannya sedikit kering, walau saya akui tanpa dipanggangpun ayam sebenarnya sudah sedap. Jadi skip proses pemanggangan, atau jika oven terlalu merepotkan maka panggang ayam sebentar di pan anti lengket hingga agak kering permukaannya. Kuah sisa merebus ayam adalah bagian terbaik dan terlezat dimasakan ini. Swear! Rasanya yang nano-nano membuat saus sangat sedap dimakan dengan nasi tanpa tambahan ayamnya sekalipun. Rebus kuah hingga kental, dan membentuk glaze. Saus brown sugar dengan rasa bawang ini siap dikucurkan ke permukaan ayam. Yummy!

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep ayam lainnya? Silahkan klik link resep dibawah ini:
Ayam Goreng Terasi
Ayam Pop a la JTT
Ayam Lodho Trenggalek a la Tri Handayani 

Bahan:
- 8 potong daging ayam bersama tulangnya (bisa bagian dada atau paha)
- 75 gram Ricoman Dark Brown Sugar (bisa diganti dengan gula palem bubuk atau gula jawa biasa)
- ½ buah jeruk lemon, peras airnya
- 350 ml minuman soda
- 3 sendok makan bawang putih, cincang halus
- 3 sendok makan soy sauce
- 2 sendok  teh cabai bubuk
- 1 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 1 cm jahe, cincang halus

Cara membuat:

Resep Garlic Chicken dengan Saus Brown Sugar

Siapkan ayam yang sudah dicuci hingga bersih. Masukkan ke dalam panci, tambahkan semua bahan lainnya. Aduk hingga rata. Masak dengan api kecil hingga ayam matang. Angkat ayam dari panci, tata ayam di sebuah loyang. Panggang ayam di oven suhu 190’C selama 20 menit atau hingga permukannya kering. Keluarkan dari oven. Sisihkan.

Panaskan sisa kuah merebus ayam di panci hingga kental, mengkilap dan berubah menjadi saus. Angkat.

Sajikan ayam bersama nasi dengan siraman saus garlic brown sugarnya. Super yummy!




20 komentar:

  1. Hai mbak Endang...ini sungguh enak dan harus dicobaaa
    thank you
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, yep ini enak pakai banget Mba, terutama sausnya hgehhehe

      Hapus
  2. mantabb mbak Endang...
    dah lama nunggu resep baru mbak endang, tiap hari nyalain komputer langsung klik JTT...(padahal baru 2 hari ya resep baru dah nongol lagi...wkwkwkkw).
    makasih buanyak mbak endang...
    gajianlangsung capcusss bpraktekin resep baru mbak endang.
    semangatt terus ya mbak untuk resep2 selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakkaka, kalau libur saya malas update mba, waktunya buat eksperimen. Thanks sudah selalu menantikan resep2 JTT yaaa

      Hapus
  3. Jadi inget resep ayam cocacola, deh.... saya pernah bikin, hasil akhirnya kaya makan semur ayam. Kalo pake jus jeruk, berasa seger kali ya, mba Endang😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Emilia, hahhaha, iyaa mirip2 lah Mba. Pakai jus jeruk mantap mbaa

      Hapus
  4. mbak...kliatan menggiurkan nich masakan.
    untuk minuman bersodanya itu yg plain atau manis?
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai manis mba, merk sprite, 7UP, atau coca cola juga ok

      Hapus
  5. Mba endang mau tanya kalau tidak pakai minuman soda penggantinya apa ya? Untuk anak balita saya mba dan suami saya sakit lambung takut tidak cocok mba kalau pakai minuman soda. Terimakasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skip saja Mba, tidak usah pakai ya, pakai jus jeruk juga oke kok.

      Hapus
  6. mba endang pake soy saucenya merk apa yaa? soy sauce indonesia agak kurang light ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya selalu pakai lee kum kee ya, merk Indo kurang oke menurut saya, rasanya hanya asin saja hehehe

      Hapus
  7. kalau pake air soda yang gak manis kayak cm sparkling water biasa bisa mba? fungsi air soda sendiri ap y?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, pakai yang air soda manis, bukan sprakling soda, kalau sprakling soda sebaiknya skip saja. Air soda mempengaruhi rasa.

      Hapus
  8. Berhubung sprite/7up ga ada. Akhirnya diganti coca cola. Cuma jadi kemanisan menurut saya. Akhirnya saya tambahi garam. Sedap rasanya ada sensasi asam segar dari lemon. Sayangnya karena anak-anak ga suka pedas, bubuk cabe saya skip. Kalau pake cabe rasanya pasti lebih mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haa, pakai coca cola juga oke tapi kurangi gula di resep Mba. ayam coca cola rasanya malah kaya chicken teriyaki heheheh. thanks sharingnya Bunda Ghania.

      Hapus
  9. Mba Endang, untuk gula palem ukurannya samakah dengan brown sugar atau dikurangi? di lidahku klo gula palem rasanya manis banget gt loh mba. Makasih

    -Mala-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mala, kurangi kalau pakai gula palem ya, karena nanti jadi manis banget.

      Hapus
  10. Mbaa..ini ayamnya abis direbus trus mau aku suir2..abis itu baru dicampur sausnya. Bisa ga kyk gitu mba? Atau abis disuir trus mesti digongso bentar di teflon? Makasi mbaa..love youu
    (Dewi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 saja Mba Dewi, asalkan tetap direbus dulu dengan sausnya baru disuwir

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...