07 Desember 2017

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur


Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Sekarang setiap pagi sebelum pukul setengah enam saya memiliki kegiatan baru yaitu berjalan pagi. Jika dulu hanya dilakukan di hari weekend, maka kini hampir setiap hari. Awalnya memang berat, pagi sebelum berangkat ke kantor adalah waktu yang sangat hectic terutama jika harus mempersiapkan bekal makan siang sekaligus. Tapi semua bisa teratasi dengan persiapan. Misalnya, bekal makan siang untuk beberapa hari sudah terpacking rapi didalam kulkas, dan pakaian yang akan dikenakan untuk esok hari sudah tergantung dibelakang pintu. Dengan bangun lebih pagi dari biasanya juga membantu saya tidak tergopoh-gopoh karena diburu oleh waktu. 

Beberapa minggu menjalankannya, hanya terkendala ketika hujan deras di pagi hari, saya merasa lebih fresh dan tubuh terasa enteng. Rasa malas yang biasanya mendera di pagi hari dan berangkat ke kantor dengan tubuh dan semangat lesu kini menghilang. Mungkin karena pemanasan yang dilakukan selama 1 jam berjalan pagi sangat membantu menaikkan mood dan membuat tubuh lebih aktif. Entahlah, yang jelas tujuan saya hanya satu yaitu beraktifitas dan menggerakkan tubuh lebih banyak. 

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur
Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Program jalan pagi ini terus terang memerlukan pengorbanan, bukan hanya waktu tapi juga biaya. Ketika hendak memulainya saya menemukan dua buah sepatu jebol karena terlalu lama disimpan didalam kotak. Sebuah sepatu jadul bahkan solnya melayang lepas dengan sukses kala dipakai berjalan, dan sepatu lainnya yang lebih baru dan mahal mengalami hal yang sama. Hendak menempelkan solnya dengan lem sepertinya akan memerlukan berkaleng-kaleng perekat, jadi saya lantas memberikannya ke tukang sampah langganan. Demi misi jalan kaki, akhirnya saya menuju ke  Sport Station di Pasaraya Mall dan membeli sepatu baru disana. Kali ini saya tidak neko-neko membeli sepatu bermerk, yang penting nyaman dipakai dan nyaman dikantong. 

Ketika awal saya melakukan jalan pagi di seputaran perumahan di dekat rumah, hanya ada saya dan seorang pelari yang setiap pagi berputar-putar dijalanan kompleks. Namun kini cukup banyak yang berjalan pagi, terutama kaum wanita. Perubahan ini tentu saja menyenangkan, karena semakin banyak yang berjalan pagi maka jalan yang sepi dan sedikit gelap tidak terlalu menakutkan. Selain itu juga menambah semangat melihat banyak orang yang berolah raga. 

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Target saya tidak muluk-muluk, minimal 30 menit berjalan cepat dan maksimal hanya 1 jam saja setiap harinya. Tujuan saya memang untuk menggerakkan badan mengingat sehari-hari jarang berolah-raga, ogah jika harus membayar iuran di gym, dan selalu duduk seharian di kantor. Selain itu, jika lingkar perut yang gendut ini bisa sedikit berkurang maka itu adalah bonus yang akan membuat happy. 

Tahukah anda jika Indonesia menjadi negara dengan aktifitas jalan kaki terendah? Menurut artikel di CNN yang bisa dibaca pada link disini, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nature (International Journal of Science) menggunakan data smartphone untuk menganalisa jumlah langkah kaki rata-rata dalam satu hari yang dilakukan di 111 negara dengan 700.000 responden, maka Hong Kong menduduki rangking no 1 negara yang penduduknya sering berjalan kaki dengan 6880 rata-rata langkah perhari, diikuti China dengan 6189 langkah. Indonesia menduduki posisi paling buncit, hanya 3513 langkah saja. Untungnya sedikit aktifitas jalan kaki tidak lantas menempatkan kita di posisi atas sebagai negara dengan jumlah penderita obesitas terbanyak, karena Timur Tengah, dan U.S. berada pada posisi itu. Mungkin karena makanan yang kita konsumsi lebih kaya serat, tidak melulu processed food serta lebih banyak sayur dan buah. Well apapun itu, tidak ada salahnya jika kita mulai meningkatkan jumlah jalan kaki yang dilakukan setiap pagi. Caranya toh sangat mudah, irit biaya dan sangat, sangat menyehatkan. 

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur
Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Menuju ke resep sup krim yang saya hadirkan kali ini. Jika hujan dan cuaca yang aneh belakangan ini tiba maka flu biasanya mulai menyerang. Makanan sehat, kaya gizi, nutrisi dan vitamin C adalah booster yang diperlukan tubuh agar tahan gempuran cuaca yang tidak bersahabat. Sup krim yang memiliki tekstur creamy membuat tenggorokan lebih nyaman kala ditelan terutama untuk mereka yang sedang mengalami radang tenggorokan dan batuk. Membuatnya sangat mudah, bahan-bahannya ada disekitar kita, dan jika ayam bukanlah protein hewani favorit anda maka ganti saja dengan daging sapi cincang, potongan sosis, smoked beef, atau seafood. Sayurnya, saya menggunakan jagung dan jamur kalengan, karena itu yang tersedia di dapur. Menggantinya dengan jagung manis dan jamur segar tentunya akan lebih baik dan sedap. Sayur lainnya yang bisa digunakan misalnya wortel, kentang, brokoli, kembang kol, buncis, dan kol. 

Untuk membuat kuah yang creamy, saya menggunakan tepung terigu yang perlu ditumis dengan mentega  hingga matang dan berwarna sedikit krem. Tepung yang kurang lama ditumis akan membuat kuah terasa seperti tepung mentah. Susu cair juga membuat sup ini lebih gurih, creamy dan memuaskan. Alergi susu sapi? Ganti dengan susu kedelai atau susu jenis lain yang aman untuk anda. Jangan gantikan susu dengan santan ya, karena nanti rasa sup berubah menjadi seperti sayur lodeh. Ingin rasa rempah-rempah lebih kuat? Tambahan daun seperti oregano, thyme, dan basil akan membuat sup terasa berbeda. Saya suka versi plain-nya, hanya menggunakan merica dan pala saja. Jadi sesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Berikut resep dan prosesnya.

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan sup lainnya? Silahkan klik link resep dibawah ini:

Bahan:
- 250 gram fillet ayam, cincang kasar
- 1/2 kaleng jamur merang, tiriskan dan belah menjadi 4 bagian
- 1 kaleng jagung manis pipilan, tiriskan
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 500 ml susu cair

Bumbu:
- 3 sdm mentega
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok makan tepung terigu
- ½ sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- ½ sendok makan gula pasir

Cara membuat:

Resep Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Siapkan wajan, panaskan mentega. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berubah warnanya lebih transparan dan karamel. Masukkan cincangan ayam, aduk dan tumis hingga ayam berubah pucat dan setengah matang. Masukkan tepung terigu, aduk cepat  dan tumis hingga terigu berwarna sedikit coklat dan matang. Tambahkan  merica, garam dan gula, aduk hingga rata.

Tuangkan susu cair, jamur, jagung kaleng dan daun bawang. Aduk dan masak dengan api kecil hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asin dan manisnya. Angkat. Super yummy!




8 komentar:

  1. Iya mbak... Indonesia jd negara dgn pejalan kaki terendah #prihatin..
    Andai saja tau besarnya manfaat jln kaki..pasti bebas polusi deh...
    Kalau diluar negeri seperti Jepang memang ada dukungan dr govermentnya. Seperti ..ruang publik yg dibikin cozy untuk pejalan kaki n performa transportasi umumnya jg bagus.
    Sup krimnya...oke nih ..sy punya bahan2nya.thankyou mbak Endang
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, yep betul, sayanngnya fasilitas publik terutama buat pejalan kaki sama sekali tidak memnuhi syarat dikita. Giliran dikasih pedestrian, malah penuuuuuh sama PKL dan ojek onlen hiks

      Hapus
  2. Kalau jalan kaki di mal dihitung olahraga gak ya? soalnya sy kuat berjam-jam hehe..
    Jalan kaki di cilandak kko depan transmart mah bahaya mba, rawan diserempet kendaraan yg lewat dan diklakson bolak balik.

    supnya dibuat pedes mungkin enak ya mba...

    Erika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olah raga Mba Erika, asalkan kecepatannya lumayan tinggi bukan jalan santai yaa, hehehhe.

      Hapus
  3. mba endang, mau tanya cara sangrai kemiri bagaimana mba?
    apa bentuk kemiri bulat langsung disangrai atau diuleg dulu baru disangrai?
    oh iya resep ini saya buat tadi pagi untuk baby saya 14 bulan, langsung lahap.
    terima kasih mba endang, sukses terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya sangrai bulat2 saja di wajan (tanpa minyak), aduk2 selama di sangrai sampai permukaannuya agak kecoklatan sedikit kehitaman. Thanks sharingnya yaa, seneng baby-nya makan dengan lahap ^_^

      Hapus
  4. Semangat jalan pagi mb Endang... sejak ada baby, sy jd jarang buka web nya mb endang hiks...saking rempong nya. nah kebetulan anak lg flu dan sdh setahun. mau sy coba cream soup ini ahh..
    oya sy punya bubuk utk cream soup dr knor. cara pakainya apa langsung dicemplungin di kuah atau perlu ditumis seperti terigu di resep mb endang?

    salam dr Solo,
    dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dian, wah selamat atas kehadiran babynya yaaa, pasti sangat rempong banget tapi happy yaaa.

      sup krimnya dilarutkan air saja dan langsung dimasukkan ke kuah mba. tdk perlu ditumis ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...