20 Maret 2015

Salad Mangga a la Thai



Segar, pedas, gurih, asam, asin, manis, crunchy, minty, nutty, 'nano-nano', itu adalah sekian kata-kata yang mungkin bisa digunakan untuk menggambarkan salad mangga a la Thai yang saya posting kali ini. Salad ini merupakan salah satu makanan khas Thailand yang cukup kondang dan sering dipesan di restoran Thai. Berbeda dengan salad a la Western yang simple dan terkadang membosankan, maka salad a la Thai memiliki rasa unik yang jauh berbeda karena kombinasi bumbu pada dressing yang digunakan. Plus dengan aneka daun rempah seperti daun ketumbar (cilantro) dan daun mint serta cincangan kacang tanah membuat anda sulit berhenti kala mengudapnya.

Walau musim mangga telah lama berlalu, dan salad ini pun sebenarnya saya buat ketika mangga sedang melimpah  beberapa bulan yang lalu. Namun resepnya tidak akan pernah basi untuk dibagikan. Jika anda tidak bisa mengeksekusinya saat ini karena sulitnya menemukan mangga muda di pasar, saran saya simpan terlebih dahulu resep ini di folder dan buatlah ketika musim mangga kembali tiba. Tidak sabar menunggu mangga kembali membanjiri pasar beberapa bulan lagi? Jangan khawatir, selain mangga maka pepaya mengkal setengah matang pun sedap untuk diolah dengan cara ini. ^_^


Hal utama yang menjadi ciri khas dari masakan Thailand adalah penggunaan aneka dedaunan rempah segar dalam masakan yang digunakan. Daun ketumbar, daun jeruk purut, daun mint, kemangi, basil, daun kesom, pandan, merupakan beberapa jenis herba yang sering dipergunakan untuk memberikan aroma segar di masakan. Selain itu biasanya masakan Thai juga tidak terlalu banyak menggunakan aneka rempah yang berat dan rumit, sehingga rasa masakan menjadi lebih light dan fresh. Untuk menambahkan rasa gurih di masakan maka kacang tanah panggang yang ditumbuk kasar juga sering kali dimasukkan ke dalam masakan misalnya pada pad thai dan salad. Kacang tanah tumbuk ini memberikan tekstur yang crunchy dan rasanya yang nutty pas berpadu dengan aneka rempah, mangga dan dressing. 

Kembali ke salad mangga ini, untuk membuatnya maka anda memerlukan mangga setengah matang yang masih mengkal namun sudah tampak semburat kekuningan di dalamnya. Mangga seperti ini masih mempertahankan teksturnya yang crunchy, tidak terlalu asam, dan tampak cantik di salad karena warnanya yang tidak pucat.


Anda perlu untuk mencacah mangga dengan pisau yang tajam hingga menjadi potongan tipis panjang. Jangan menyerutnya dengan parutan rujak buah atau parutan keju yang kasar, karena hasilnya akan terlalu tipis dan mudah layu kala bersentuhan dengan dressing yang asam serta penuh gula dan garam. Cacah permukaan mangga hingga dagingnya tercabik-cabik kemudian iris mangga hingga terbentuk irisan-irisan yang cukup tebal. Daun mint dan daun ketumbar merupakan dua rempah daun yang kudu wajib ada di dalam salad karena akan memberikan rasa yang sangat berbeda. Anda akan surprised menemukan betapa rasa pedas mint yang lembut dan aroma daun ketumbar yang segar ketika bercampur dengan bahan salad lainnya akan menciptakan sensasi yang sangat berbeda. Walau anda tetap bisa membuat salad mangga ini tanpa kedua daun tersebut, namun percayalah rasanya tidak akan seistimewa jika anda menggunakannya. 

Untuk membuat kacang tanah tumbuk, maka anda bisa memanggang kacang di oven, menyangrainya di wajan atau menggorengnya hingga matang. Saya sendiri memilih opsi terakhir karena mudah dan cepat dilakukan, kemudian kacang saya blender sebentar hingga menjadi pecahan kasar. Kacang ini akan kita taburkan ketika salad akan di sajikan.


Untuk dressing-nya, sebagaimana masakan Thai lainnya, maka kecap ikan sepertinya menjadi salah satu bahan yang wajib dipergunakan. Kecap ikan akan memberikan rasa asin dan fishy yang khas yang membuat dressing salad ini menjadi berbeda dengan umumnya. Selain kecap ikan maka biasanya digunakan juga shrimp paste atau terasi. Anda bisa menggunakan aneka jenis terasi yang banyak diperjual belikan di pasaran, atau jika anda ingin versi orginalnya maka anda bisa membeli terasi a la Thai yang banyak djual di supermarket. Saya sendiri hanya menggunakan terasi Bangka yang selalu menjadi andalan saya di rumah karena rasanya yang sedap dan aromanya yang kuat.

Bahan-bahan lainnya tidak ada yang sulit, semuanya cukup anda masukkan jadi satu bersama dengan cincangan mangga dan dedaunan rempah, aduk rata dan beri taburan kacang tanah kala akan disantap. Salad sebaiknya disantap saat itu juga, karena jika terlalu lama maka daun rempah akan menjadi layu dan kurang fresh, sementara kacang tanah akan menjadi melempem. 

Berikut resep dan prosesnya ya!


Salad Mangga a la Thai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik link di bawah ini: 
Caesar Salad dengan Ayam Goreng 
Russian Salad (Olivier)  
Salad Sayur dengan Dressing Jeruk Sunskist 

Bahan: 
- 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang dan tumbuk kasar untuk taburan
- 2 buah mangga mengkal (setengah matang), ukuran sedang
- 3 batang daun ketumbar, cincang kasar 
- 1 genggam daun mint, cincang kasar 

Bumbu: 
- 1 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya 
- 3 sendok makan kecap ikan (fish sauce) 
- 3 - 4 sendok makan gula palem bubuk 
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur lainnya 
- 4 butir bawang merah, cincang halus 
- 5 buah cabai rawit, cincang halus 
- 1 sendok makan cabai kering yang telah ditumbuk kasar 
- 2 sendok teh terasi bakar yang dilumatkan dengan 3 sendok makan air panas hingga larut
- 1/2 sendok teh garam 

Cara membuat:

 

Siapkan mangga, pilih yang setengah matang dimana teksturnya masih renyah namun warnanya mulai sedikit kekuningan. Kupas, cuci bersih, dan cacah permukaan dagingnya dengan pisau tajam hingga tercabik-cabik, kemudian iris daging yang tercacah itu hingga terbentuk irisan panjang. Lakukan hingga semua daging mangga habis. Sisihkan.  

 Note. Jangan menyerutnya dengan parutan rujak buah yang kasar karena irisannya terlalu tipis dan halus, sehingga mudah layu dan kehilangan tekstur crunchy-nya di salad. 


Siapkan semua bumbu dan bahan lainnya. Kemudian masukkan potongan mangga di mangkuk besar, masukkan  semua bahan lainnya kecuali kacang tanah. Sisikan sedikit cincangan daun  mint dan cilantro untuk garnish. 

Aduk bahan hingga rata. Cicipi rasanya. Rasa salad harus terasa asin, manis, pedas, asam, jadi sesuaikan jeruk nipis, gula dan garam di makanan. 


Tata salad di piring saji, taburkan kacang tanah tumbuk, daun mint dan daun ketumbar yang tadi telah sedikit disisihkan. Segera santap salad saat itu juga. Super yummy!



17 komentar:

  1. Kemarin pengen banget bikin salad pepaya muda ala thai, setelah liat resep ini kayaknya lebih sedep pake mangga.. Thank you mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sandra, yep versi mangganya lebih sedap lho, segar asam

      Hapus
  2. aduh mba bikin ngiler aja deh posting ini

    BalasHapus
  3. Dilihat dari gambarnya, kukira ini resep mie goreng lho :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong soal mie goreng, Mba Endang posting resep mie goreng lagi donk... Aku suka #maksa

      Hapus
    2. wah iya, oke deh saya kuprek dulu resep mie goreng yang seru yaaa heheheh

      Hapus
  4. Lhaaaa... kok ngiming2i toh mbaa...
    Kasihan nie bumil... kan dh ga musim mangga...

    *hiks
    Hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mba Lina, maap, maap yaaa, waah mangga lagi belum musim nih mba, gimana nih bumillll, jangan ngeces yaa heheheh

      Hapus
  5. ngilerrrr.... makasih ya mba resepnya...

    BalasHapus
  6. Gak kosen bacanya mba dah ngeces aja nih pengen segera eksekusi, kebayang bgt enaknya tuuhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakaak, kalau saya lagi sakau makanan asam segar, bs habis 1 baskom salad ini saya sikat sendiri hahaha

      Hapus
  7. Aku dan anak gadisku paling suka salad mangga thai ini mbk, rasanya kalau musim mangga datang gk bikin ini seperti ada yg kurang, tp resep ala kami terasi tdk digunakan tp kami pakai ebi yg digoreng matang lalu di letakkan di atas tissue supaya minyaknya terserap setelah itu ebi ditumbuk agak kasar. Ebi kami campur ke dalam saladnya mbk Endang lalu kami berikan perasan air lemon

    BalasHapus
  8. Mbak Endang yg baik,
    Hari ini salad mangga di eksekusi. Bapak mertua Nemu mangga yg digigit codot di kebun, biasanya yg digigit codot agak manis dan masih mengkal. Eksekusi deh. Cek daun mint di kulkas, udah kering, tapi masih ada sisa pucuk2hijaunya seuprit, daun ketumbar aman, kacang goreng lebaran ada sisa. Hasilnya mantap. Andai daun mint lebih banyak kebayang aroma nya lebih lezat dan rasa yg ramai dimulut dg kacang gorengnya.. hmmmm lazzizz.. syegerrr..
    Makasih resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indah, mangga digigit codot itu yang terbaik dari seluruh buah di pohon wakakka, pasti mantap dan codot tahu yang the best wakakka

      saya suka banget salad ini, kalau di Thailand mereka tambah ikan teri asin kering goreng, atau udang kering goreng, wah mnataap

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...