30 April 2013

Russian Salad (Olivier)



Beberapa pembaca JTT pernah menanyakan ke saya mengenai resep salad dengan dressing mayonnaise yang melimpah, sebagaimana salad yang sering kita temui di acara jamuan makan yang menyajikan menu internasional atau di restoran seperti Pizza HUT misalnya. Potongan buah segar atau sayuran baik segar maupun rebus berpadu dengan aneka protein seperti potongan ikan tuna dan ayam panggang dengan siraman saus putih mayonaise yang melimpah.  Nah salad dengan dressing seperti ini dinamakan Russian salad atau olivier salad. Sesuai dengan namanya maka salad ini merupakan jenis hidangan salad tradisional yang berasal dari Rusia dan populer di negara-negara Eropa, Iran, Pakistan dan Israel. Umumnya olivier salad terbuat dari potongan tomat, aneka sayuran, telur rebus dan terkadang daging ham dengan dressing yang terbuat dari mayonnaise. Hmm, yummy!


Versi asli salad ini ditemukan pertama kali oleh seorang Belgia bernama Lucien Olivier pada tahun 1860. Olivier merupakan seorang chef yang berasal dari Hermitage, salah satu restoran yang paling populer di Moskow. Salad buatannya dengan cepat menjadi terkenal di antara pengunjung restoran dan membuatnya menjadi makanan yang menjadi ciri khas Hermitage. Resep yang sebenarnya tentu saja dijaga kerahasiannya dengan sangat ketat terutama dressing yang digunakan, namun diketahui bahan-bahan salad mengandung grouse (sejenis unggas), veal (lidah sapi muda), caviar (telur ikan), lettuce, crayfish (sejenis udang), capers (kuntum bunga tanaman Capparis spinosa) dan bebek asap, bahan salad ini tentu saja bisa berubah tergantung kondisi saat itu. 


Dressing aslinya sendiri merupakan tipe mayonnaise yang terbuat dari French wine vinegar, mustard, dan minyak zaitun Provencal, untuk takaran bahan-bahan dressing ini tidak ada yang mengetahuinya. Menjelang pergantian abad ke-20, salah satu Olivier's sous chef bernama Ivan Ivanof berusaha mencuri resep salad tersebut. Di suatu malam, saat sedang mempersiapkan dressing seperti biasanya, Olivier tiba-tiba dipanggil untuk suatu urusan yang penting. Tidak membuang waktu Ivan Ivanof lantas masuk ke dalam dapur pribadi Olivier dan mengambil kesimpulan yang masuk akal mengenai bahan-bahan yang digunakan dengan melihat aneka bahan yang tergeletak di meja. Ivan kemudian mengundurkan diri dari Hermitage dan bekerja sebagai chef di Mokswa, sebuah restoran dengan  level yang lebih rendah. Di sana Ivan mulai menyajikan salad yang dicurigai mirip dengan Olivier salad dengan nama 'Capital Salad'. Walaupun kemudian banyak pakar kuliner yang berpendapat bahwa dressing pada Capital Salad memiliki kualitas yang lebih rendah, alias 'kehilangan suatu bahan' di dalamnya.


Cerita selanjutnya adalah Ivan Ivanov kemudian menjual resep salad tersebut ke berbagai penerbit dan menjadikan salad ini semakin terkenal.  Seiring dengan ditutupnya Hermitage restoran pada tahun 1905 dan kepindahan keluarga Olivier keluar dari Rusia, salad jenis ini sekarang seringkali di kenal dengan nama 'Olivier'. Mengikuti perkembangan jaman dan faktor kepraktisan serta biaya yang harus dikeluarkan, bahan-bahan salad yang mahal lantas digantikan dengan jenis yang lebih murah dan terjangkau seperti yang saya lakukan kali ini. Jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah,  anda bisa menggunakan jenis sayuran sesuai dengan selera anda, tidak harus sama dengan yang saya sertakan di resep. Dedaunan segar seperti selada dan lettuce saya rasa juga sedap untuk menjadi pilihan. Untuk protein yang digunakan, bisa ditambahkan potongan ikan tuna kalengan, ayam panggang suwir, potongan sosis atau hanya telur rebus seperti salad yang saya buat. 


Komposisi dressing-nya sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Jika anda menghindari menggunakan banyak mayonnaise di dalam salad maka kurangi porsi yang saya sertakan di bawah atau gantikan dengan yogurt untuk versi yang lebih sehat. Walau mustard akan memberikan rasa sedikit menyengat yang khas selayaknya  wasabi  di sushi dan membuat dressing menjadi segar, namun skip saja jika anda tidak memilikinya di rumah. Selebihnya membuat makanan ini sangat mudah dan cepat tentunya. 

Berminat? Berikut resepnya ya. 


Russian Salad
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 2 batang wortel rebus, potong kubus
- seikat buncis muda, sekitar 15 - 20 batang, siangi dan potong sepanjang 1/2 cm, rebus
- 2 butir kentang rebus, potong kubus
- 1 kaleng kacang polong, tiriskan
- 3 butir telur rebus, potong kubus
- 1 buah ketimun, buang biji dan potong kubus
- 2 batang daun bawang rajang halus
- 1 kaleng jagung manis pipilan, tiriskan

Dressing:
- 200 - 250 gram mayonaise, atau sesuai selera
- 1/2 sendok makan mustard (optional)
- 1/2 sendok teh lada hitam butiran, tumbuk kasar
- 1 sendok teh garam
- 1 - 1 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis 
- 2 sendok makan daun parsley cincang, bisa diganti dengan daun dill (optional)

Cara membuat:
Siapkan semua bahan, masukkan ke dalam mangkuk besar. Aduk rata. 


Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan dressing, aduk rata. Cicipi rasanya. Tuangkan dressing ke atas permukaan bahan salad, aduk hingga rata.


Salad siap disantap saat itu juga atau masukkan ke dalam kulkas hingga menjadi dingin. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Olivier salad
 



20 komentar:

  1. tolong posting caesar salad yang muantap abiz ..plz

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak saya mau tanya donk, kemarin saya bikin salad buah pagi sekitar jam 6, tp karena ga masuk kulkas, buah melon nya jadi bau itu sekitar jam 6 sore juga. padahal rasanya tetep enak. cm ga begitu bau sih. waktu tutup nya dibuka kluar baunya tp stlh cmpr mayonais ketutup kali ya baunya hahaha. cara biar ga bau gmn ya?
      selain melon apa ya buah pengganti? biasa saya bikin melon, pepaya, strawberry , apel sama pir. thxx

      Hapus
    2. hai mba Dina, melon tidak tahan di suhu ruang mba, jadi memang kudu masuk kulkas. Menurut saya buah yang dipakai sudah banyak ya, dan umum untuk salad, jadi saran saya masuk kulkas ya mba. Buah potong di luar kulkas gizinya juga akan mudah hilang.

      Hapus
  2. salad nya bener-bener wenaa tenann mba, aku cukup puas dengan resep-resep mba, di tambah dengan telurnya yang membuat salad ini terasa lebih lengkap..

    BalasHapus
  3. Mba endang,kalo lada hitamnya di skip,ngaruh di rasanya gak mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai merica bubuk biasa saja Mba, atau skip gak papa kok

      Hapus
  4. mbk mau tanya donk untuk salad buah ada rokemendasi gak merk mayonaise yg enak? terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dian, saya biasa pakai merk korea yang suka dijual di lotte mart, tapi menurut saya merk mayo apapun enak2 saja kok hehehhe

      Hapus
  5. Balasan
    1. sejenis tanaman sawi yang diambil bijinya saja, rasa bijinya pedas dan berwarna kuning. biasa dijual dalam bentuk pasta mustard, bs dibeli di supermarket

      Hapus
  6. Saus Salad nya uwenakk mba.creamy,seger.walaupun q skip daun parsley nya,karna gak punya.😅 kemarin liat parsley di Carrefour,mahal bget ya mba, sekilo nya 60rb.jadi pengen nanam sendri aja.:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, ini salah satu salad fav saya juga Mba Marisa, bisa sebaskom saya habiskan sendiri wakakkak. Haa, di jkt saya selalu gagal nanam parsley, mungkin terlalu panas.

      Hapus
  7. mbk kalo di pizza hut itu ada dressing yg warnanya agak merah apa di kasih saus tomat yak😅

    BalasHapus
  8. Tadi aku coba bikin... Eh ternyata enak skali.... Makasih ya...

    BalasHapus
  9. Mba, mau tanya. Ini resepnya kan belum aku buat. Soalnya mau aku pake praktek besok senin. Saus/dressingnya itu termasuk dressing apa ya? Waktu ditanya pas konsultasi, aku bandingin sama dressing salad yg lain. Hampir mirip ke honey mustard sm creamy italian dressing. Tp aku buka yg asli olivier kok kesimpulan ku dressingnya termasuk mayo ya? Jadi dressingnya masuk jenis apa? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sih ini masuk ke jenis Caesar salad dressing hanya tidak menggunakan anchovy didalamnya, memang basenya mayonnaise, mustard optional

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...