22 Desember 2011

Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika


Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika

I like cooking. Really I do! Tapi terkadang saya enggan juga berlama-lama menghabiskan waktu di dapur untuk memasak, apalagi jika ada pekerjaan lain yang lebih menyenangkan seperti misalnya membaca e-book sampai kepala terasa puyeng? Atau browsing internet di atas tempat tidur sampai mata terasa buram? Anyway busway, memasak saya anggap menjadi aktifitas menyenangkan jika sedang: Mempraktekkan resep baru yang unik dan menantang; Pamer ketika ada anggota keluarga yang datang; Request dari teman-teman kantor. Selebihnya saya akui dilakukan karena terpaksa. 

Seperti kemarin, ketika perut terasa lapar dan menjerit minta diisi sementara tidak ada satupun makanan layak santap yang tersedia di dapur, akhirnya dengan berat hati saya pun membuka kulkas, meracik bahan dan meramu satu masakan sederhana yang kira-kira hanya membutuhkan waktu 15 - 20 menit untuk memasaknya. Dalam kondisi seperti ini saya bersyukur dikelilingi dengan aneka bumbu bubuk atau cair praktis siap tuang yang menjadikan aktivitas memasak menjadi lebih mudah dan super cepat. ^_^

Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika
Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika

Jadi apa yang dimasak ya? Ahh, tumisan dan sup ikan! Dua pilihan menu masakan yang mentok tembok gubrak jika saya sedang desperado seperti ini. Tapi saya hampir setiap hari menyantap sup ikan, entah hasil buatan sendiri atau ketika sedang makan siang di food court mall dengan Meta, sahabat saya. Terakhir makan sup ikan di Mall Ambassador saya masih teringat dengan ekspresi Meta yang menatap antara ngeri dan takjub kala saya mencetuskan akan memesan makanan tersebut. Yeah bagaimana tidak? Saya telah tiga hari berturut-turut memesan masakan yang sama. Nah kali ini saya akan menyenangkan hati Tedy dan mengorbankan kesenangan saya sejenak, maka terciptalah tumis ayam dengan bawang bombay dan paprika ini. Sedap menemani nasi merah hangat, tidak terlalu berat akan kalori dan lemak serta cukup menyehatkan. Malam ini kami bersantap malam dengan puas dan senang karena tahu cucian piring tidak menggunung di dapur. ^_^

Berikut resepnya jika anda berminat ya. 

Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika


Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 3 porsi

Bahan:
- 200 gram dada ayam, iris tipis memanjang
- 1 butir bawang bombay, belah empat
- 1/2 buah paprika merah/hijau, iris tipis
- 1 batang daun bawang, iris serong tipis

Bumbu:
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 2 ruas jahe, iris korek api
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2  sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis

Cara membuat:

Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika

Panaskan minyak di wajan, masukkan bawang bombay, tumis hingga bawang bombay harum dan berubah transparan. Angkat. 

Masukkan bawang putih cincang dan jahe tumis sebentar hingga harum, tambahkan ayam. Aduk-aduk dan masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan semua bumbu lainnya. Aduk rata.

Masak hingga ayam empuk dan matang, tambahkan bawang bombay, paprika dan daun bawang. Aduk hingga sayuran layu dan setengah matang. Cicipi rasanya. Angkat. 

Resep Tumis Ayam, Bawang Bombay, dan Paprika

Sajikan tumis ayam, bawang bombay dan paprika ini dengan nasi hangat. Yummy!



6 komentar:

  1. nanya doonk..minyak zaitun tahan berapa lama ya disimpan? trus bsa rusak ga ya kalo dah lama? taunya kalo dah ga boleh di pake gimana ya mbaa?makasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, minyak zaitun tahan sangat lama ya jadi tidak perlu kuatir, saya sendiri pakai 1 botol ukuran 1 liter bisa berbulan2 dan kondisinya masih baik2 saja.

      Hapus
  2. saya suka blog ini, sangat bermanfaat, saya jadikan media rujukan untuk mencari resep, hehe... profesional sekali, keep posting mbak, semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, senang sekali blog ini bisa membantu. thanks atas komentarnya ya ^_^

      Hapus
  3. waow,,, segar banget gambarnya :-)
    menggugah selera, asik nih bisa dipraktekkan resepnya untuk makanan keluarga dirumak, makasih banget, seger ngelihatnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip! Thanks ya, silahkan dicoba, moga suka ya ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...