21 Desember 2011

Resep Tumis Kangkung Belacan


Resep Tumis Kangkung Belacan

Tumis kangkung belacan ini sebenarnya agak sedikit enggan untuk saya tampilkan di JTT karena proses pembuatannya yang sangat mudah. Namun setelah dipikir dan  ditimbang akhirnya saya memutuskan untuk membaginya dengan yang lain karena tumis ini sangat lezat sekali dan mungkin bisa menjadi variasi masakan kangkung buat anda di rumah. Resep tumis kangkung ini menggunakan belacan alias terasi di dalam bumbunya. Bagi anda yang sering makan di resto kaki lima terutama yang menyajikan seafood pasti sering menemukan menu tumis kangkung seperti ini. Bagi saya kangkung yang dimasak dengan terasi rasanya memang lebih nendang dibandingkan dengan tumis yang biasanya. Resepnya apalagi kalau bukan dari uji coba sendiri. Sayangnya saya memasaknya terlalu lama sehingga si kangkung menjadi mati dua kali. Sayuran yang lembut seperti kangkung dan bayam memang paling lezat jika dimasak setengah matang kala batang dan daunnya masih terasa crispy dan segar.

Resep Tumis Kangkung Belacan
Ebi/udang kering
Resep Tumis Kangkung Belacan

Tumis ini saya buat pagi-pagi sekali untuk menemani bubur oatmeal yang menjadi sarapan saya setiap hari. Mungkin menu sarapan saya terdengar aneh, tapi terus terang saya sebenarnya telah mencoba segala macam cara agar tetap mampu menelan oatmeal. Mulai dari mengguyurnya dengan susu, mencampurkannya dengan aneka buah kering seperti kismis atau cranberry, menaburkan abon hingga akhirnya menyantapnya dengan tumis kangkung yang menurut saya merupakan modifikasi yang paling oke. Saya memang belum sekreatif atau mungkin bisa dibilang se-desperate adik saya, Tedy, dalam memadu-padankan oatmeal menjadi aneka masakan. Tedy bahkan berinovasi menciptakan bubur ayam oatmeal, oatmeal dengan nugget, oatmeal dengan rajangan daun selada plus kuah yang tidak jelas racikan bumbunya, yang jelas don't try these at home karena saya yakin anda akan setengah mati menelannya. ^_^

Berikut resepnya ya. 

Resep Tumis Kangkung Belacan


Tumis Kangkung Belacan
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 2 ikat kangkung, siangi, potong-potong dan cuci bersih
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu, dihaluskan:
- 3 butir cabai rawit merah
- 3 butir cabai merah keriting
- 4 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 1 sendok teh terasi bakar
- 1 sendok makan ebi, sangrai sebentar

Bumbu lainnya:
- 1 ruas jahe, pipihkan
- 3 lembar daun salam
- 1 sendok teh saus tiram
- 1 sendok teh garam
- 1/2  sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:

Resep Tumis Kangkung Belacan

Siapkan wajan, panaskan minyak dan masukkan bumbu halus, jahe dan daun salam. Tumis hingga bumbu harum dan matang. Tambahkan saus tiram, garam, gula, dan kaldu bubuk (jika pakai). Aduk rata. Gunakan api kecil saja agar bumbu tidak gosong.

Resep Tumis Kangkung Belacan

Masukkan kangkung, tutup wajan dengan penutup panci, besarkan api. Masak selama 2 menit. Buka penutup wajan, aduk kangkung hingga bumbu tercampur dan kangkung mulai layu. Cicipi rasanya. Masak hingga kangkung matang. 



Angkat dan sajikan panas-panas. Mantap!



38 komentar:

  1. saya kira cuma saya yang punya menu oatmeal "unik" :D ternyata saya punya kawan hehehe.. menunya bisa jadi referensi nie mbak ;) hehehe fyi, saya sering mencampur oatmeal dengan sambel/sayur tumpang. sukses jadi menu nikmat dan ajaib :D

    BalasHapus
  2. Wow Mba Yuni, thanks atas next idenya, hahaha. Saya sudah taraf desperate juga memadu padan oatmeal. Gak mungkin dijadikan muffin atau roti terus dong, lah soalnya malah tambah berat kalorinya hehehe. Saya mau coba pakai sambel tumpang Mba, sound delicious!

    BalasHapus
  3. hmmmmmmmm faforit saya ni mbak. cara asyik makan banyak sayuran,hehehe.walopun bumbu saya ga sekomplet ini, kapan2 coba komplet begini yaa pasti lebuh nyummmyyy...

    BalasHapus
  4. mbak endang tanya nih. tepung gandum utuh itu = oatmeal ya?
    n dimana bisa dapetin tepung gandum ? pengen coba roti gsndum non kneadnya mbak,thanks

    BalasHapus
  5. Hai Mba Anita, tumis kangkungnya boleh dicoba memang lebih nendang hehehe. Tepung gandum utuh (whole wheat) bukan oatmeal ya Mba. Tepung ini memang agak susah dicari di Jakarta, saya saat ini hanya bisa menemukannya di Titan, toko bahan kue langganan, itupun kadang ada kadang nggak. Pernah kepikiran apakah bisa diganti dengan oatmeal yang kita blender jadi tepung, cuman belum sempat dicoba. Nanti saya akan coba deh Mba, kalo oke pasti saya sharing hehehe

    BalasHapus
  6. kpn masukin airnya?kok tw2 ada airnya :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho Mas, kalau numis sayuran memang keluar air sendiri walau nggak pakai air, karena sayuran mengandung air yang banyak dan karena proses osmosis (garam dan gula dibumbu) membuat cairan dalam sayuran keluar. Sudah pernah numis kangkung? Saran saya, jangan pakai air. ^_^

      Hapus
    2. Pantas kalau sy masak kangkung ga pernah enak rupanya jgn pakai air tha.
      Jujur waktu nyoba kangkung terasi wong solo waktu kakak sy diwisuda langsung pengen lagi, cuma mahal 15k/porsi. Itupun masih ukuran 1/4 porsi saya hehehe

      Hapus
    3. Hai Mas Rafidan, yep jangan pakai air dan pakai api besar, jadi kangkung cepat matang tapi masih crispy. Jangan masak terlalu lama juga.

      Hapus
    4. Mbak, saya sudah nyoba nih resepnya. Air dari kangkung kok enggak keluar ya? Alhasil bumbunya gosong karena api telanjur dibesarkan, padahal belum 2 menit. Akhirnya diguyur air juga. Apa ada step yang keliru ya? Maklum newbie dalam urusan masak-memasak. Tapi rasanya enak juga, nggak kerasa gosong....wkwkwk.

      Hapus
    5. hai mba Iin, ditutup selama dimasak mba, tapi kalau tetap gak keluar ya terpaksa tambah dikit air supaya gak gosong.

      Hapus
  7. wahhh,, enak nieh.. ijin kopi buat menu masakan di rumah ya mbak..
    biar pacar saya makin cuinta ama saya..
    soal nya pacar saya paling doyan ma kangkung...
    pengen nyenengin hatinya..
    heheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non, wahhhh mantep cita2nya wakakkak, moga pacarnya suka ya ^_^

      Hapus
  8. wah, makasih resepnya lho mbak. dah lama sy pingin tau, sebenernya resep tumis/cah kangkung yg di kaki lima tu apa sih. mosok tiap kali sy masak kangkung, suami sy komentar, katanya pingin cah kangkung kayak yg di kaki lima. jd gemes kan. hehehe... siap di coba dlm wktu dekat. mudah2an sesuai harapan suami, hehe..
    -nur-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, kalau diresto kan biasanya pakai api besar jadi panasnya tinggi ya, kangkung jadi cepat matang tapi gak sampai empuk banget, jadi krenyes2. Hmmm, nasi bisa banyak nehhh

      Hapus
  9. Mba sya mau nanya kan sya baca di bagian bumbu lainnya di situ trdpt 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional).Tu nama bumbu nya apa trus bumbu tu sya bsa dpt dimana??Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, hehhee kaldu bubuk instant kok yang banyak dijual si pasar seperti royco, maggi atau masako. Skip saja kalau nggak mau pakai ya.

      Hapus
  10. Mba maaf niih mba mw minta saran... sering sy masak kangkung, tp selalu aja terlalu matang dan warna kangkung jd tdk hijau mnggoda selera pdahal masaknya cepet... pngen buat spt yg d resto2... kangkungnya renyah dgn wrn hijau cantik... gmn yaa mba cara bikinnya...
    Makassih mbaa, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ines, agak susah membuat kangkung seperti di warung2 makan di jalan, mereka pakai api besar banget, jadi wajan sangat panas. Kangkung cuman dimasak sebentar saja, setengah matang. Supaya renyah dan warna cantik. kuncinya api besar dan wajan sangat panas, masak setengah matang saja.

      Hapus
  11. Mbak endang.. saya udah coba tumis kangkungnya hari ini.. tapi gak pakek ebi.. n terasinnya saya kurangin krna bapak saya alergi mbak.. hehehhe kata ibuku rasanya enak bgt.. cuman rada pedas n kuahnya g ada hehehehhe.. tapi ttp maknyusss... thx be4 mbak endang..
    By: Ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, gak papa kalau gak pakai ebi, kan udah ada terasinya heheheh. iya, kuahnya gak ada Mba, sya suka yang gak pakai kuah dan pedas. kurangi saja cabainya dan kasih air supaya berkuah.

      Hapus
  12. Mba Endang...
    Punya resep berbahan dasar belut gak?
    Mau dooonngg...

    Eva Shellina (eshellina@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eva, sayangnya saya bleum pernah masak belut jadi nggak bisa share resep. hiiks

      Hapus
  13. mba endaang,
    ini kangkung kesukaan sekeluarga lho. makasih reepnya.
    oiya, kapan-kapan share resep oatmeal punya adiknya mba doong. kreatif ya oatmeal dijadiin menu lain yang gak membosankan. soalnya aku juga suka malas sarapan oatmeal karena bosan kalau cuma pakai susu atau buah.
    matur nuwun jika berkenan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Addini, thanks sharingnya ya, ini tumis kangkung favorit saya juga hehehhe. Mantap dimakan dengan nasi panas Mba.

      Hapus
  14. Eah Mba, memang mantap kangkung belacan ini. Kemarin makan sama ikan goreng dan nasi panas, nambah pula. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, itu memang perpaduan yang passss, bisa makan sampai berpiring2 itu hehehheh. thanks yaaa

      Hapus
  15. mbak, apakah ada tujuan khusus sayur ditutup saat dimasak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mempercepat proses memasak tanpa membuat kangkung terlalu layu dan berubah warna. ketika ditutup kangkung seperti di steam di dalam dengan suhu tinggi sehingga waktu memasak hanya sebentar saja, tapi ini juga harus diimbangi dengan api kompor yang sangat besar seperti di resto.

      Hapus
  16. Hai mbak Endang :*
    I lolololove ur blog ��
    Saya udah nyoba kangkungnya tadi pagi buat bekal suami ngantor. Jodohnya ayam mentega enyaaaak..
    Thanks banget resep-resepnya ya mbak.
    Oh ya anakku juga suka banget oatmeal hehe karena masih bayi jadi campurannya macem-macem pake salmon, tahu dan kacang polong rasanya enak hihi.

    Ina - Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ina, thanks ya sudah menyukai JTT. senang sekali resepnya disuka. Oatmeal dengan tumis kangkung? My fav! hahhahaha

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  17. Salam kenal mbak....
    Kalo resep ini, kangkungnya diganti sawi hijau msh cocok apa tdk ya mbak? Soalnya di rmh lg banyak sawi hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Varida, menurut saya sawi enaknya ditumis biasa saja dengan bawang putih dan cabai, jangan pakai tambahan terasi mba. Terasi lebih sedap dengan kangkung ya

      Hapus
  18. Halo mb Endang..ak pgn coba bt kangkungnya nih bsk hehe.maap mau tanya pertanyaan agak wagu..mb Endang kangkungnya dipetik per ruas daun atau batangnya juga sekalian dimasak? Kalo d resto2 kayanya kan batang ikut dimasak yah..jd porsinya bsa banyak..tp kalo d rmah gt paasti kan ama ibu dipotongin ( jd batangnya g ikut dmasak) katanya bsa ada ulatnya di dalamnya..bener ga si mb? Ehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Savina, tergantung jenis kangkungnya ya, kalau jenis darat yang cabut akar saya suka pakai batangnya, saya belah batangnya ditengah memannjang agar mudah empuk. kalau kangkung sungai saya pakai pucuk batang dan daun saja, batangnya suka keras. Kalau ulat didalamnya belum pernah lihat sih heheheh

      Hapus
  19. mba bolehkah saus tiramnya di skip saja? terimakasih.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...