25 Desember 2011

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips


Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Kemarin, tanggal 22 Desember pagi, saya baru tersadar bahwa hari itu adalah Hari Ibu ketika saya mendengar teman kantor saya, Ella, yang bercerita bahwa dia baru saja menelpon Ibunda tercinta di Solo untuk mengucapkan selamat. Tergopoh-gopoh setelah meletakkan tas di meja dan menggelar lapak yang terdiri dari notebook, gelas dan sebotol air mineral, saya pun latah menelpon Ibu di Ngawi. Setelah ber-haha-hehe sejenak, bertukar kabar dan mengucapkan selamat Hari Ibu ke beliau, di akhir penutupan saya takjub juga ketika Ibu saya memesan untuk dibuatkan cake. Kebetulan Tedy, adik saya, liburan panjang minggu ini pulang ke Ngawi. Permintaan Ibu saya ini cukup membuat surprise karena selama ini beliau justru mengomel-ngomel jika saya terlalu asyik berkutat di dapur dan memasak aneka makanan, apalagi membuat cake yang kalorinya selangit. Maklum saja, Ibunda suka gundah melihat berat badan kami, anak-anaknya, yang di atas rata-rata alias over weight. ^_^

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips
Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Usut punya usut atas maksud di balik my Mom request, saya baru tahu ternyata Ibu sedang mengantisipasi kedatangan Tedy yang jarang membawa oleh-oleh (kalaupun membawa itu adalah oleh-oleh kesukaan Tedy sendiri dan ujung-ujungnya dia makan sendiri). Maklum saja bagi para cowok terutama adik saya ini, sepertinya masalah oleh-oleh masuk ke urutan sekian dari daftar di kepalanya. Sedangkan di kampung, para tetangga dan saudara selalu menantikan buah tangan dari mereka yang baru datang dari Ibukota. Karena itu Ibu saya seringkali tidak enak hati jika kami datang dengan tangan kosong. Jadi, sepulang dari kantor, setelah bercapek-capek jalan kaki dan berdiri di busway, sayapun berkutat di dapur hingga jam satu malam membuat cake - pesanan Ibu - dan pizza kesukaan adik bungsu saya, Dimas. Capek? Pasti! Tapi saya sangat senang dan puas ketika cake wortel dan pizza yang saya buat ke luar dari oven dan rasanya sangat lezat. Memang, tidak ada yang lebih memuaskan selain menyenangkan hati orang-orang yang kita cintai dengan hasil karya sendiri.  

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips
Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Kembali ke cake wortel ini, saya pernah posting mengenai cake wortel sebelumnya. Anda bisa klik di Cake Wortel (Carrot Cake). Saya juga pernah beberapa kali membuat cake ini mengunakan versi resep lainnya antara lain menambahkan cincangan nanas kalengan di dalamnya hanya saja hasilnya kurang memuaskan. Nah, cake wortel yang ini resepnya saya ambil dari buku Best Loved Dessert dari Good Housekeeping, dan rasanya sangat lezat. Tidak terlalu lembab dan basah seperti cake wortel sebelumnya namun lembut dan legit. Sebagaimana cake wortel lainnya, rasa wortel benar-benar hilang tidak sedikitpun terasa padahal porsi wortel yang saya pakai cukup banyak.  Beberapa bahan yang sering dimasukkan sebagai campuran di cake wortel adalah kismis, kacang-kacangan, nanas dan kelapa parut. Sebenarnya, chocolate chips merupakan bahan yang jarang digunakan sebagai campuran dan di resep aslinya tidak menggunakannya, namun saya bereskperimen sedikit agar rasa cake wortel menjadi lebih laziz dengan menambahkan butiran coklat. Hasilnya cake menjadi lebih mantap!

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Cake wortel sebenarnya bisa dimasukkan ke dalam jenis quick bread dimana bahan-bahan kering (tepung terigu, baking powder, baking soda, garam) dan bahan basah (telur, susu, minyak) dicampurkan secara terpisah kemudian bahan kering dimasukkan ke dalam bahan basah, diaduk hingga tercampur baik dan dipanggang. Dalam sejarahnya, sejak abad pertengahan wortel telah lama menjadi bahan pemanis di dalam cake. Selama masa tersebut pemanis seperti gula sangatlah mahal dan sulit diperoleh, sementara wortel yang merupakan golongan sayuran manis selain sugar beet (tanaman bit memiliki kandungan sukrosa yang tinggi di umbinya dan merupakan salah satu sumber gula selain tebu) sangat mudah diperoleh dan umum digunakan sebagai pencuci mulut. Walaupun negara asal si cake wortel ini masih simpang siur namun diperkirakan cake wortel berasal dari Swedia. Cake ini kemudian menjadi populer di Inggris selama Perang Dunia Kedua dan di tahun 1960-an cake ini umum di jumpai di resto dan cafe di Amerika Serikat. 


Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Frosting/topping yang umum di gunakan untuk menemani cake wortel adalah cream cheese icing yang terdiri atas cream cheese, gula icing dan mentega. Saya sendiri terus terang agak malas membuat icing, karena selain ribet, menambah kalori juga menambah biaya. Karena itu saya tidak pernah mengoleskan apapun pada permukaan cake wortel yang saya buat. Mungkin rasanya akan lebih lezat jika menggunakan cream cheese frosting, saya lampirkan juga resepnya di bawah untuk anda yang tertarik ingin mencoba. Agar menghasilkan cake dengan tampilan terbaik maka gunakan wortel yang berwarna jingga menyala, wortel impor yang sekarang banyak dijual baik di pasar maupun supermarket adalah pilihan terbaik. Serut kasar wortel menggunakan parutan rujak serut, untuk menghasilkan tekstur cake yang lebih mengembang dan cantik, atau gunakan food processor untuk mencacah sayuran.  Cake wortel ini merupakan salah satu alternatif cake sehat rendah kalori dan lemak lainnya yang bisa anda jadikan alternatif kudapan di rumah. Jadi, mengapa anda tidak mencoba untuk membuatnya?

Buat Ibu saya tercinta di rumah dan Ibu-Ibu lainnya di penjuru dunia, Selamat Hari Ibu ya.... ^_^ 

Berikut resepnya ya.

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips
 
Cake Wortel dengan Cincangan Kacang Mete  dan Chocolate Chips
Resep diadaptasikan dari buku Best Loved Dessert dari Good Housekeeping - Carrot Cake

Untuk 1 loyang ukuran  23 x 23 x 10 cm

Bahan Cake:
- 370 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 2 sendok teh kayu manis bubuk
- 1 sendok teh pala bubuk
- 2 sendok teh baking powder (pastikan double acting, masih fresh dan cek tanggal kedaluarsa)
- 1 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh garam
- 4 butir telur
- 215 gram gula pasir
- 90 gram gula palem
- 250 ml minyak zaitun
- 65 ml susu cair
- 1 sendok makan ekstrak vanila atau 1/2 sendok teh vanili bubuk 
- 4 - 5 buah wortel ukuran sedang, serut kasar (gunakan jenis yang berwarna jingga)
- 150 gram walnut, saya ganti dengan mete panggang cincang kasar
- 150 gram chocolate chips
- 100 gram kismis hitam cincang, saya tidak pakai

Bahan frosting:
- 85 gram cream cheese, biarkan di suhu ruang agar lembut
- 6 sendok makan mentega atau margarine, suhu ruang
- 370 gram gula halus
- 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 160'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang per segi empat ukuran  23 x 23 cm dengan mentega dan taburi tepung pada permukaannya. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan-bahan kering (tepung terigu, kayu manis, pala bubuk, baking powder, baking soda, garam), aduk rata dan sisihkan.

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Siapkan mangkuk mikser, masukkan gula pasir, gula palem, telur. Kocok dengan kecepatan sedang selama 2 menit hingga adonan kental dan pekat. Masukkan minyak zaitun, susu cair dan vanila ekstrak. Kocok hingga tercampur rata. Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah.

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips
Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Masukkan campuran tepung, kocok hingga menjadi adonan yang lembut dan halus. Tidak perlu lama-lama mengocoknya, jika telah menjadi adonan yang halus segera matikan mikser. Masukkan wortel, kacang mete cincang dan choco chips, aduk menggunakan spatula hingga menjadi adonan yang tercampur baik.

Resep Cake Wortel Dengan Mete Cincang & Chocolate Chips

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan, panggang selama 45 - 50 menit. Test dengan lidi untuk mengecek apakah kue telah matang sempurna, jika masih ada adonan yang menempel di lidi namun permukaan cake telah kecoklatan tutup permukaan loyang dengan alummunium foil dan lanjutkan memanggang hingga cake matang.

Keluarkan dari oven, dinginkan sejenak di loyang dan balikkan cake di piring/wadah datar. Jika anda akan mengoleskan cream cheese frosting pada permukaannya maka lakukan ketika cake benar-benar telah dingin. Potong-potong cake dan siap disajikan. Yummy! 

Membuat cream cheese frosting:
Dalam mangkuk mikser kocok semua bahan dengan speed rendah hingga semua bahan tercampur baik. Naikkan kecepatan menjadi speed sedang. Kocok hingga smooth dan mengembang, kira-kira 1 menit, bersihkan bagian tepian mangkuk dengan spatula. Matikan mikser dan frosting siap diaplikasikan ke permukaan cake.  


Sources:
Buku Best Loved Dessert dari Good Housekeeping - Carrot Cake
Wikipedia - Carrot Cake



36 komentar:

  1. waaaaaaaaaaahhh makasi mbak resepnya. selama ni bikin carrot cake basah banget mungkin karena wortelnya di parut halus ya. ntar coba deh diserut begini, :D

    BalasHapus
  2. Halo Mba Anita, dulu awalnya juga bikin carrot cake rada2 basah karena parutan wortelnya kurang kasar. Ternyata kudu kasar seperti bikin bakwan sayur ya hehehehe. Mete bisa diganti dengan kacang tanah sangrai ya Mba.

    BalasHapus
  3. mba, dr gambar sepertinya ennaq, cake wortelnya memang gk terlalu ngembang yah?oya mba, aq dl prnh bikin cake coba2 pake nanas, waktu dipanggang kembang,haruuum banget,ee tp stelah slesai dipanggang cake nya kempes, jeblos kedalam gk berbentuk..bablas harapn ku mbaee :D gatot gatot-gagal total hehehehe.. kl ada ide cake dg nanas yg enaq,bole tuch mba disharing makasiiy ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Mega, cake wortel ini nggak terlalu mekar banget tapi cukup moist dan enak kok. Cake nanas belum pernah coba, kalau kempes berarti struktur kuenya kurang kuat ya. Hmm, nanti kalau ada kesempatan saya coba deh mba hehehe. Jadi penasaran. Thanks atas idenya. ^_^

      Hapus
    2. munkin krn nanas bnyq airnya yah mba (wktu itu gk aq saring), pdhl sbenerny wl gagal rasany wktu itu enaq jg tp ya gt gk berbentuk hohoho. cake wortelnya nanti aq cb yah mba, makasiiy resepnya :)

      Hapus
    3. Mungkin juga Mba Mega, atau nanasnya mungkin bukan diparut ya tapi dicacacah/cincang jadi masih berbentuk potongan kecil. Kalau di parut airnya jadi keluar semua sehingga adonan jadi berat, susah naik hehehe.

      Hapus
  4. Hai, mbak Endang.. desi lg ni.. broniz kukus keju pandan sukseis, chocolate moist, cake coklat kukus jg uenaaaaakkk.. sup tuna nanas jg bikin org rumah pd ngileerrr... thx bgt ya, mbaakk.. loph u bgt deh

    Mau tanya, itu cake wortel nya kl gak ada baking soda gmn? Trus gula pasirnya bs dkurangi gak takarannya, mbak.. suamiku hrs jaga asupan gula nya ni.. kl ada resep yg u penderita diabetes dunk, mbak.. tku ya, mbak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Desi, pakai baking powder saja gpp kok, skip saja BS nya. Nggak ngaruh. Gula pasir kurangi saja Mba, karena wortel sudah manis. Atau saat santap dikucuri madu juga bisa. Thanks sharingnya ya mba. Moga tetap semangat mencoba hehhehe

      Hapus
  5. Oya mbak.. kelupaan, kl d kukus bs gak ya? Apa yg hrs dkurangi mbak? -desi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Desi, yep bisa dikukus kok, cuman teksturnya jadi lembab ya, gak kering seperti versi panggangnya, karena wortel berair ya. Tidak ada yang harus dikurangi Mba.

      Hapus
  6. Mba Endang, kalau gula palemnya diganti sama brown sugar bisa?
    Dirmh yg ada cuma brown sugar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh lebih enak yach :)
      Kira2 cake ini enak tidak utk cake ultah? Anak sy suka wortel jadi cake ultahnya mau sy bikin cake wortel ini ^.^

      Boleh nanya pertanyaan bodoh ya Mba, Maklum pemula :p
      Apa bedanya whipping cream dgn Evaporated milk? Masing2 kegunaannya apa ya?

      Hapus
    2. Hai Mba, bisa pakai untuk cake ultah kok ^_^

      whipping cream: kandungan lemak tinggi sehingga bisa dikocok hingga mengembang.

      evaporated milk: susu cair yang telah dikurangi kadar airnya sehingga lebih kental, umum dipakai untuk desert atau vla, karena lemaknya kurang tinggi gak bisa dikocok ya mba, jadi hanya supaya makanan lebih enak saja rasanya.

      Hapus
    3. Ok. Terima kasih utk penjelasannya.
      Besok rencananya mau bikin kue ini. Mudah2an berhasil :)

      Hapus
  7. Waaaaauuuu keeereen. Senang bener ketemu blog ini. Dua jempol buat penulisnya.

    BalasHapus
  8. mbak...mau tanya dong, diresep ini khan pki minyak zaitun, ada alternatif lainnya gak selain minyak zaitun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai minyak sayur atau minyak goreng biasa oke kok Mba.

      Hapus
  9. mbak klo minyak zaitun diganti mentega cair bisa nggak yah? trus klo misal kayu manis sm lada bubuk di skip ada prbdaan rasa nggak yah? soalnya takut 2 balita ku nggak suka sm rasa kayu manis sm lada, thanks before mbaakk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa diganti dengan minyak goreng biasa atau mentega/margarine cair ya. kayu manis dan pala skip saja, gak ngaruh kok.

      Hapus
  10. Mbak gula palemnya bisa diskip ga? Makasih

    BalasHapus
  11. Mbak,

    Thank you resepnya. Enak banget meskipun pake wortel lokal,trs aku hancurin wortelny pake chopper. Takaran gula jg aku kurangin. Mede aku ganti pake almond slice and skip choco chipsnya. Enak loh mba. Moist tapi gak basah. Thank you yah mbak. U r such a blessing for everyone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Amelia, thanks sharingya ya, waah saya juga suka banget cake wortel yang ini karena kering gak basah seperti cake wortel lainnya. Mantap banget modifikasinya hehhehe

      Hapus
  12. Halu mba, ni polina lg. Udh nyoba resep jtt yg ke sekian.
    Mau kasih kabar, udh ta coba resepnya loh tp skip susu cair (bkn gada, tp lupa dipake), kismis, vanili, baking soda. Baking powder cuma 1sdt. Wortel pun lokal ta bikin 400gr aja, krn ga tau takeran pas klo 4bh wortel.
    Luckily, ini wenak tenan, suami pun suka.
    Thanks y mba resepnya, carrot cake, you've been conquered. Hohoooo.
    *tjups

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Polina, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. Moga trial berikutnya sukses juga yaaaa

      Hapus
  13. halo mbak, sebelumnya thanks untuk sharing resep2nya dan berbagai tips nya :) saya suka banget baca blog nya.
    mbak apa bedanya kita pakai buttermilk dengan susu cair biasa? apa mungkin beda di rasa atau jadi lebih moist, etc ?

    - anne -

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anne, mungkin akan lebih moist dan mengembang ya, saya sendiri belum pernah coba pakai buttermilk krn susah dicari di indonesia.

      Hapus
    2. Halo mbak Endang,kalau dari yang saya baca2 buttermilk bisa dibuat dengan mencampur 1 cangkir susu (hangat suam2 kuku) + perasan jeruk lemon. thanks mbak :)

      - anne -

      Hapus
    3. hai mba anne, yep betul sekali ya mba, thanks ya.

      Hapus
  14. Mba, makasih ya resepnya.. Berhasil, tp saya ga pake loyang, pakenya loyang muffin.. Jadinya 12 bh munjung.. He he he.. Enaaakkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Joyce sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  15. Nemu resep ini lgsg di praktekin krna ada wortel nganggur dan kismis, cherry dan almond sisa icebox cookies. Sya udh cba resep icebox cookies mba Endang dan berhasil sesuai harapan hehehe. Di cake wortel ini sya skip baking soda, susu cair, kayu manis dan pala di krnakan rasa malas keluar rumah melanda hehe. Minyak zaitun sya ganti dgn minyak goreng biasa. Panggang pakai otang dgn api kecil smpi benar2 matang tanpa gosong. Begitu keluar dri oven cake tidak kempes dan matang sampai kedalam, rasax gk perlu sya jelasin krna bru dingin dikit udh lgsg di serbu org rumah and mrka blg lezatooosss. Sya selalu smngt di dpr krn resep2 mba Endang udh terbukti anti gagal. Trimakasih mba udh jdi berkat bgi bnyk org. Sehat dan sukses selalu ya mba. Salam dri kalimantan timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yos, thanks sharingnya yaa, senang resep cakenya disuka. Sukses selalu dan tetap bersemangat di dapur yaa hehehhe.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...