06 September 2013

Steak Daging Sapi dengan Saus Jamur, Sayur Rebus dan Kentang Goreng



Bayangkan betapa sedapnya dunia ketika asyik bersantai di rumah, menonton film yang seru sambil menyantap sepiring steak daging lezat yang dilengkapi kentang goreng nan empuk dan sayuran rebus yang crunchy.  Hmm, mantap! Terdengar seperti liburan impian, namun yang menjadi masalah aktor utama dalam impian ini yaitu si steak daging yang empuk tidak mudah diwujudkan. Kendala utama jika membuat steak daging sapi sendiri di rumah adalah daging yang alot dan membutuhkan perjuangan untuk mengunyahnya. Maklum saja, steak yang kita buat umumnya di panggang dengan menggunakan pan anti lengket bukan di pemanggang yang dilengkapi dengan bara panas seperti di restoran. Kendala tersebut tentu saja bisa diatasi dengan menggunakan daging sapi kualitas yang baik, namun mengingat harga daging sapi di Indonesia yang gila-gilaan, maka cita-cita luhur tersebut terpaksa dihapus karena mampu menguras isi kocek.  Jadi tantangan selanjutnya adalah bagaimana agar tetap bisa menyantap steak enak tanpa harus repot-repot jalan ke restoran dan dengan harga yang terjangkau. Apakah mungkin? Tentu saja! ^_^


Dari beberapa kali percobaan memasak daging, steak menurut saya menduduki peringkat paling sulit untuk dibuat. Jika pada masakan lainnya daging bisa saya saya masukkan ke panci presto dan direbus hingga empuk maka untuk steak, tentu saja perlakuan ini tidak bisa kita terapkan. Saya pernah membuat steak dengan memanggangnya di atas kompor menggunakan pemanggang kawat yang saya miliki, atau menggorengnya di pan seperti resep kali ini, semua berhasil mengecewakan. Puncaknya pada bulan lalu, saya nekat memanggang daging yang telah saya bumbui ke dalam oven, kali ini hasilnya adalah seonggok daging gosong yang membuat saya harus merelakan satu loyang anti lengket menjadi loyang super lengket dalam sekejap. 

Nah beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan info dari teman saya, Said, jika kiwi mampu membuat daging alot menjadi empuk dalam sebentar. Cukup lumuri permukaan daging dengan lumatan buah kiwi, diamkan 20 - 30 menit dan daging siap diolah sesuai kebutuhan. Kiwi memiliki kemampuan seperti getah pepaya yang memiliki enzym untuk membuat daging menjadi empuk. Metode ini tentu saja tepat jika saya terapkan untuk membuat steak. 


Selain kiwi, satu hal yang perlu kita lakukan supaya daging menjadi empuk adalah dengan mengiris tipis daging, kira-kira dengan ketebalan 1,5 - 2 cm. Cara ini membuat jus kiwi mampu meresap hingga ke dalam serat daging dan membantu proses pengempukan menjadi lebih cepat, selain itu irisan tipis juga membuat daging menjadi cepat matang. Walau tampilannya mungkin tidak semenggoda steak a la resto yang terlihat tebal dan juicy tapi percayalah rasanya juga tak kalah sedapnya. Sebagai pelengkap steak, saya menggunakan kentang yang digoreng bersama kulitnya. Kentang saya goreng dengan sedikit minyak dalam wajan tertutup untuk menghasilkan kentang yang empuk dengan permukaan yang kering. Untuk sayurannya, anda bisa menggunakan aneka sayuran apapun yang anda miliki di rumah. Cukup rebus sayur dengan sedikit garam hingga matang. Saat disantap, cocolkan sayur dengan saus steak yang gurih. Yummy.   

Selain daging yang empuk, maka sausnya sendiri merupakan poin penting pada steak daging ini. Rasanya yang gurih, creamy dengan aroma jamur yang membuat air liur menetes memang pas untuk disandingkan. Anda bisa menggunakan aneka jenis jamur, namun saya rasa jamur champignon, jamur merang, jamur tiram atau jamur kancing bisa menjadi pilihan yang tepat. Rajang jamur kasar-kasar dan tumis bersama bumbu lainnya. Saya menggunakan susu cair untuk mengentalkan saus namun jika menginginkan rasa yang lebih nendang maka krim kental bisa menjadi pilihan. Tidak ada yang sulit untuk membuat hidangan lezat ini dan sambil menonton Sam Worthington berlaga, sepiring steak amblas tak bersisa dengan cepat.  

Berikut resep dan proses pembuatannya ya.


Steak Daging Sapi dengan Saus Jamur, Sayur Rebus dan Kentang Goreng
Resep diadaptasikan dari Said Z.

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan hidangan steak atau menu daging sapi lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Steak Ayam, Salad Sayuran & Kentang Rebus
Empal Gepuk Daging Sapi
Iga Panggang a la Just Try & Taste 

Bahan steak:
- 350 gram daging sapi. Pilih yang memiliki sedikit lemak.
- 1/2 buah kiwi, lumatkan untuk mengempukkan daging
- 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar

Bahan & Bumbu Saus:
- 1/2 butir bawang bombang, cincang kasar
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 1 batang cabai merah keriting, rajang halus
- 1/4 sendok teh merica hitam butiran yang ditumbuk kasar
- 1/4 sendok teh kunyit bubuk
- 2 sendok teh saus tiram
- 2 sendok teh kecap manis
- 200 ml susu cair  
- seujung kuku garam
- 1 sendok minyak untuk menumis
- 4 buah jamur tiram, bisa menggunakan jamur kancing, champignon, merang atau jamur lainnya. Cincang kasar. 

Pelengkap:
- 4 buah kentang, ukuran sedang. Biarkan kulitnya, cuci hingga bersih dan belah masing-masing menjadi 4 bagian, rendam dengan air dingin jika belum akan digunakan. Bumbu kentang: 1/4 sendok teh garam + 1/4 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar
- 1 batang wortel, potong melintang tipis
- 1/2 buah zukini, potong melintang tipis
- 6 buah buncis, potong sepanjang 3 cm

Cara membuat:
 

Siapkan sayuran yang akan digunakan, rebus semua sayuran bersama 1/2 sendok teh garam hingga empuk dan matang. Angkat dan tiriskan. 

Siapkan kentang, tiriskan dari air. Keringkan kentang dengan meletakkannya di permukaan selembar kain bersih. Tekan-tekan permukaannya dengan kain hingga kentang kering. Taburi kentang dengan 1/4 sendok teh garam dan seujung kuku merica bubuk. 

Siapkan panci atau wajan anti lengket. Panaskan 2 sendok makan minyak. Goreng kentang dengan api kecil sambil sesekali dibalik-balik hingga kentang matang, kecoklatan.  Jika minyak habis tambahkan sedikit demi sedikit. Tutup panci atau wajan selama kentang di masak agar kentang cepat empuk. Cara ini membuat anda tidak perlu menggunakan banyak minyak untuk menggoreng. 

Jika kentang telah matang, warnanya kecoklatan dan ketika anda tusuk dengan ujung garpu terasa empuk maka angkat kentang dan tiriskan. 

Membuat steak:


Siapkan daging sapi yang akan digunakan, iris tipis melebar setebal 1 1/2 cm. Pukul-pukul permukaan daging dengan punggung pisau, hingga tampak guratan-guratan tapi tidak membuat daging teriris hingga putus. 

Lumuri permukaan daging dengan buah kiwi yang telah dilumatkan hingga merata ke seluruh permukaannya. Tutup wadah berisi daging dengan plastik wrap dan diamkan di kulkas selama 30 menit.  Cuci bersih daging dari kiwi yang melekat, lap permukaan daging hingga kering menggunakan tissue dapur. Taburi permukaanya dengan 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar dan 1/2 sendok teh garam. Lumuri hingga rata. 

Siapkan pan datar anti lengket,  beri sekitar 1 sendok makan minyak. Letakkan daging di minyak panas dan goreng dengan api kecil hingga satu sisi kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang. Angkat.  Biarkan wajan sisa menggoreng beserta minyaknya, kita akan menggunakannya untuk membuat saus jamur.

Membuat saus jamur:


Siapkan wajan bekas menggoreng daging. Biarkan sisa minyak yang ada disana. Panaskan wajan dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, transparan dan sedikit kecoklatan. Tambahkan minyak jika kurang. 

Masukkan kunyit bubuk dan cabai merah keriting, aduk dan masak hingga kunyit menjadi harum dan tercampur dengan bumbu lainnya serta cabai menjadi layu. Tambahkan jamur, aduk-aduk hingga jamur layu. Masukkan saus tiram dan kecap manis, tumis beberapa detik.

Tuangkan susu cair, aduk rata dan masak hingga susu mendidih dan saus mengental. Cicipi rasanya dan tambahkan garam jika kurang asin. Saus tiram telah mengandung garam dan membuat asin saus. 

Masukkan potongan daging ke dalam saus, lumuri permukaan daging hingga saus menutupinya. Masak selama 1 menit. Matikan api kompor.


Siapkan piring saji, tata sayur rebus, kentang goreng dan irisan daging di atasnya. Siram daging dengan saus jamur. Siap disantap. Yummy!





18 komentar:

  1. kenapa kentang'y ga d kupas mba? Apakah mempengruhi terhadap rasa'y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, menurut hasil baca2, rasa kentang terlezat berada di bawah kulitnya hehhehe. Lebih unik juga sih Mba hihihiih

      Hapus
  2. Ini resep yang aku tunggu-tunggu mbak Endang, tapi saya kurang suka jamur. nah kalau untuk saus blackpepper apakah bumbu sausnya sama tinggal ganti jamurnya dengan blackpepper atau gabisa mbak? hehe kalau nggak bisa bikin saus blackpepper/barbeque caranya gimana? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, untuk saus black peper pakai resep ini saja, beda soalnya wkwkakak: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/rolade-daging-sapi-dengan-saus-coklat.html

      ganti merica bubuknya dengan black pepper tumbuk kasar yang banyak.

      Hapus
  3. wahhh, sayang banget kalo kiwi dipake buat ngelumuri daging sapi, hehehee...
    kalau saya biasanya pake potongan nanas atau dibungkus pake daun pepaya... bisa juga koq:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Lina, nanas dan daun pepaya memang bisa untuk mengempuk daging, saya prefer kiwi karena selalu tersedia di kulkas dan mudah digunakan hehhe. Thanks tipsnya ya.

      Hapus
  4. Ciee mbak Endang yang gas nya udah ada lagi *eh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, ini steak daging dibuat beberapa minggu lalu mbaaaa, tapi yep gas udah ada kok, yipiyyy

      Hapus
  5. saya belum coba resep, tp emang pake bubuk kunyit yaaa... kok rasanya agak gimanaaaa gituuu...saya suka makan steak yg pake saus cokelat... itu gimana buatnya yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rosma, bumbu steak pakai kunyit? Enaaakkk, cobain dah nanti pasti akan setuju sama pendapat saya wakkakka. Saus coklat saya pernah bikin di resep ayam kodok, ini linknya: http://www.justtryandtaste.com/2012/11/yuk-membuat-ayam-kodok.html

      Hapus
  6. Kiwi?? Woohhooo asiikkkk... Pengen nyoba aaahhhhh,,, makasih resepnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kiwi atau nanas parut ya Mba Cindy, keduanya manjur untuk daging alot wakakka

      Hapus
  7. Mba ak uda coba tp kok alot ya diiris susah bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak faktor, dagingnya memang kurang oke, merendam dengan kiwi kurang lama. Pakai nanas juga bisa kok untuk membuat daging empuk

      Hapus
  8. kalau pake daun pepaya aja boleh nggak? kiwi kemahalan mending dimakan buahnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, atau pakai nanas parut juga oke. 1/4 buah nanas ukuran sedang diparut untuk 500 gram daging ya.

      Hapus
  9. Mbak Endang, saya lagi cari2 resep saus jamur, mau disiram ke chicken cordon bleu (resep JTT juga), cuma mungkin yang tanpa kunyit ya
    oya, kapan ada resep sapi lada hitam ?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dewi, skip saja kunyitnya mba, gak masalah tetap enak kok.

      ini resep sapi lada hitamnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/01/sapi-lada-hitam.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...