12 Agustus 2016

Resep Kwetiaw Goreng Sayur & 25 Tips Berbelanja Bahan Makanan Untuk Berhemat


Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Jumat kembali tiba, bagi beberapa dari kita mungkin ini waktunya untuk mengecek persediaan bahan makanan di dapur dan kulkas serta mulai melirik apakah ada diskon spesial di supermarket yang biasanya jatuh di akhir pekan. Setidaknya itulah yang terjadi di kantor saya, beberapa rekan membuka website berisikan promo katalog dari beberapa supermarket dan mulai menyebutkan bahan makanan atau barang apa saja yang dihajar diskon. Seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya, kantor saya terjepit diantara dua mall yang memiliki dua supermarket yaitu TransMart dan LotteMart, jadi bisa dipastikan jika kegiatan mengecek harga diskon merupakan hal seru yang terjadi bukan hanya di setiap akhir pekan, tetapi hampir di setiap hari! ^_^

"Beras di rumah habis nih. Kenapa nggak ada promo beras murah lagi sih di Lotte"? Gumam Mba Ade sedikit terdengar desperate. Promo beras murah yang dimaksudnya adalah paket seharga seratus ribu rupiah berisikan 5 kg beras, gula, minyak dan teh atau kopi yang sering dijual di LotteMart. Beberapa kali saya juga membeli paket 'cepek' ini jika kebetulan persediaan beras telah habis. Namun beras adalah bahan pokok yang lama habisnya di rumah Pete dan sejak mulai berhitung dengan detail setiap kebutuhan dan pengeluaran maka saya pun menghindari membeli paket seperti ini. Gula dan minyak mungkin bisa ditimbun dalam jumlah banyak di dapur untuk waktu yang lama, namun teh dan kopi bukanlah barang yang saya butuhkan dan mendapatkannya di dalam paket beras merupakan hal yang mubazir. 

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT
Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Berbelanja bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga merupakan kegiatan tak terhindarkan yang harus tetap kita lakukan walau mati-matian menghindarinya untuk menghemat pengeluaran. Biaya bahan makanan umumnya menempati urutan terbesar pengeluaran rumah tangga bulanan karena itu beberapa tips dan ide untuk menekannya sangat saya sukai. Berikut ini adalah beberapa tips berbelanja smart yang saya ambil dari website My Money Coach dan berusaha dengan disiplin saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin beberapa diantaranya bisa membantu kita untuk mampu mengerem diri dan tidak berbelanja melebihi kemampuan.

1. Berbelanjalah dengan perut yang kenyang. Saat perut kenyang maka kita cenderung untuk tidak tertarik dengan berbagai makanan dan snack yang dipajang.  Percayalah, aneka makanan dan camilan itu sebenarnya tidak benar-benar kita perlukan. 
2.  Persenjatai diri dengan daftar belanjaan dan belilah sesuai daftar. 
3. Rencanakan makanan apa yang akan disantap untuk satu minggu dan belilah bahan makanan yang sesuai dengan menu tersebut. Jika satu minggu terlalu panjang maka mulailah dengan 3 atau 4 hari saja. 
5. Berbelanjalah  seminggu sekali saja. Kita cenderung untuk membeli lebih banyak jika sering mampir ke supermarket beberapa kali dalam seminggu. 
6. Jangan pergi berbelanja ketika merasa terlalu letih, kurang bersemangat, kurang berenergi, atau terlalu sibuk. Lebih mudah untuk fokus dan menentukan apa yang akan dibeli jika pikiran kita dalam kondisi tenang, fokus dan tidak terburu-buru.
7. Jika sedang lelah, stress atau terburu-buru maka berbelanjalah di toko atau supermarket yang kita kenali dengan baik. Tujuannya supaya mudah menemukan barang yang diperlukan dan bisa segera keluar dengan cepat dari toko tersebut. 

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

8. Rencanakan makanan yang akan dimasak sehingga bisa memiliki sisa makanan yang bisa disantap untuk sarapan atau makan siang keesokan harinya. Atau bekukan sisa makanan tersebut di freezer sehingga kita bisa menyediakan makanan dengan cepat di lain hari terutama ketika sedang terburu-buru. 
9. Suka 'ngemil' di jalan? Nah daripada sering mampir ke minimart untuk membeli sebungkus snack dan berakhir dengan sekantung besar aneka makanan (saya sering melakukan ini!) maka kemaslah camilan atau snack dalam bungkusan-bungkusan kecil, misal jus, oatmeal bars, atau makanan kecil lainnya, sehingga cepat untuk diambil ketika terburu-buru. Belilah dalam jumlah besar sekaligus supaya lebih murah harganya dan gunakan waktu luang di hari weekend untuk membaginya menjadi bungkusan-bungkusan kecil. 
10. Kurangi membeli salad ready made dan makanan kalengan seperti kacang merah, jagung atau kacang polong, lebih baik merebus kacang merah kering sendiri dan menyimpannya di freezer atau potong-potong bahan salad sendiri seperti lettuce, wortel, ketimun dan simpan dalam wadah kedap udara di chiller. Sewaktu-waktu dibutuhkan kita tinggal meraciknya saja, dan biayanya jauh lebih murah.
11. Bersihkan isi kulkas dan lemari dapur paling tidak sekali dalam sebulan dan gunakan apapun sisa bahan makanan yang ada sebelum membeli yang baru. 
12. Tata dan aturlah dengan baik wadah penyimpanan bahan makanan di rumah, seperti tempat bumbu, aneka tepung, pasta, kacang-kacangan dan biji-bijian. Beri label masing-masing wadahnya. Jika kita tidak tahu bahan apa yang kita punya atau sulit untuk menemukannya maka kita akan berakhir membeli bahan yang baru. 

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

13. Jika hendak menimbun bahan makanan karena bahan tersebut sedang sale atau diskon besar, perhatikan dengan baik masa kedaluarsanya dan kemas atau simpan dengan baik agar lebih tahan lama. 
14. Jika membeli daging atau ayam dalam jumlah banyak, atau tiba-tiba mendapat durian runtuh kiriman daging saat Hari Raya Kurban, rebus atau marinate dengan bumbu sebagian daging, kemas dengan baik dan simpan di freezer. Atau ungkep daging seperti pada resep disini. Ketika dibutuhkan kita tinggal memasaknya atau mencampurnya dengan bahan lain. Cara ini mempercepat waktu  memasak dan mampu mencegah kita tergoda makan di luar karena letih setelah seharian bekerja. 
15. Gunakan waktu di hari weekend untuk menyiangi sayur, mencuci buah atau mempersiapkan bahan makanan lainnya. Cara ini akan mempercepat waktu untuk mempersiapkan makan siang atau makan malam, serta buah/sayur yang sudah dicuci akan membuat kita lebih tergiur untuk menyantapnya sebagai camilan dan mencegah untuk meraih coklat atau kacang. 
16. Jangan membeli makanan kecil dengan terburu-buru. Biasanya akan berujung dengan membeli snack yang tidak sehat dan mahal.
17. Kreatiflah mengolah bahan makanan yang ada dan cobalah resep baru. Cara ini membuat kita lebih bersemangat menyiapkan makanan sendiri dan menghindari mencoba makanan baru di restoran.
18. Berbelanjalah dengan kalkulator di tangan, rata-rata semua handphone saat ini sudah memiliki fitur kalkulator jadi hitunglah dengan cermat setiap barang yang masuk ke keranjang belanja. Cara ini akan membantu kita untuk disiplin pada rencana belanja.   

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

19. Belajarlah memasak. Ada jutaan resep dan video cooking di internet yang bisa diikuti. Ajak keluarga untuk memasak bersama atau jika ingin lebih serius terjun di urusan memasak ini maka tidak ada ruginya untuk join di kursus memasak.
20. Belilah barang non-makanan seperti detergent, shampoo, lotion, sabun, pasta gigi, cairan pembersih saat sedang ada diskon besar. Tidak ada ruginya membeli sekaligus banyak karena barang-barang ini tahan lama dan pasti akan digunakan nantinya. Simpanlah dengan baik, jangan ditempat lembab atau terkena sinar matahari langsung.
21. Belilah barang yang benar-benar kita butuhkan. Ini seperti cerita tentang paket murah di paragraf awal. 5 barang dalam 1 paket memang pilihan yang bagus jika kelimanya benar-benar diperlukan.
22. Cek harga dan diskon dengan cermat terutama barang-barang yang memang kita beli secara reguler. 
23. Terkadang ukuran kecil lebih baik walau jatuhnya sedikit lebih mahal dibandingkan membeli ukuran yang besar. Ini berlaku untuk barang/bahan yang jarang kita perlukan sehari-hari. 
24. Sering ragu dengan merk buatan supermarket walau lebih murah harganya? Saya terkadang enggan membeli produk pembersih dengan merk supermarket semata-mata karena ragu dengan kualitasnya, padahal terkadang produk itu sebenarnya berasal dari merk ternama hanya saja di repacking ulang oleh supermarket dengan harga lebih murah.
25. Walaupun produk tersebut dihajar 'sale' besar hanya belilah jika memang kita benar-benar memerlukannya.    

Ke-25 tips berbelanja bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga diatas menurut saya sangat membantu agar kita lebih bijaksana dalam berbelanja dan tujuannya tentu saja menghemat pengeluaran 

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Wokeh kembali ke resep kwetiaw goreng sayur kali ini. Mohon dimaafkan jika artikel resep saya akhir-akhir ini sering diselingi dengan tips dan sharing tentang keuangan atau tips dan ide hidup hemat, semua informasi tersebut tentu saja bisa saya simpan untuk konsumsi pribadi namun berbagi hal yang bermanfaat sama sekali bukanlah hal yang menyakitkan. Nah sejak menyantap sepiring kwetiaw goreng di Taman Sabas beberapa bulan yang lalu (letak taman ini sangat dekat dengan rumah Pete namun saya baru tahu ternyata disana terdapat penjual kwetiaw super enak), seperti biasa saya pun ingin mencobanya sendiri di rumah. Sebagaimana umumnya orang Indonesia lainnya, maka saya pun penggemar berat mie dan aneka variannya. Kwetiaw yang 'kinyil-kinyil' juga termasuk ke dalam makanan favorit saya. 

Untuk resep kali ini saya menggunakan kwetiaw kering yang banyak dijual di supermarket, merk kwetiaw yang dipergunakan tidak terlalu menjadi perhatian saya. Anda juga bisa menggunakan kwetiaw segar, menurut saya kwetiaw segar memiliki tekstur lebih kenyal dan rasa yang lebih sedap. Sebenarnya bahan-bahan penyusun kwetiaw sangat bervariasi tergantung yang kita miliki di rumah, namun kwetiaw goreng di Taman Sambas hanya menggunakan daging ayam cincang, tauge dan rajangan sawi hijau. Untuk resep ini saya menggunakan ayam cincang, otak-otak ikan yang sudah lama mendekam di freezer, tauge, dan baby pakchoy, sayuran ini favorit saya karena teksturnya yang lembut dan tidak alot. 

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Proses membuatnya tidak jauh berbeda dengan mie goreng tek-tek yang resepnya pernah saya share beberapa waktu yang lalu, cek di link disini untuk melihat resepnya. Untuk bumbu kwetiaw kali ini saya skip penggunaan ebi yang dihaluskan karena saya tidak mendeteksi jejak rasanya di kwetiaw goreng Taman Sambas. Jika anda hendak menggunakan ebi kering, maka saya persilahkan ya.  Sebaiknya tidak mengeliminir minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan dari resep, karena ketiga bahan ini akan memberikan rasa spesial dan berbeda di masakan, dan umumnya abang-abang penjual mie goreng menggunakan ketiga bahan ini. Namun bagaimana jika tidak ada? Ah, tidak ada yang bisa saya katakan selain 'skip please', karena proses memasak tidak mungkin gagal total hanya karena satu atau sepuluh bahan tidak ada di rumah bukan? ^_^

Tips lainnya adalah jangan memasak sayuran terlalu berlebihan (over cooked), selain tampilannya menjadi tidak menarik, sayuran juga akan kehilangan teksturnya yang crunchy, vitaminnya pun menjadi berkurang dan tentu saja akan membuat kwetiaw goreng yang kita buat menjadi 'nyemek-nyemek'.  Tidak ada yang ingin kwetiaw goreng yang diving dalam kuah kawan, jadi masaklah bahan dengan cepat dan singkat. 

Berikut resep dan prosesnya ya.  


Resep Kwetiaw Goreng Sayur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan resep kwetiaw lainnya? Silahkan klik link resep di bawah ini:
Kwetiaw Rebus Kuah Ayam Kampung
Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Kwetiaw Kuah Ikan  

Bahan:
- 300 gram kwetiaw kering atau 500  gram kwetiaw basah
- 150 gram daging ayam cincang
- 3 butir telur ayam, kocok lepas bersama 1/2 sendok teh garam
- 1 mangkuk baby caisim
- 2 genggam tauge kacang hijau
- 1 batang daun bawang rajang halus

Bumbu dihaluskan:
- siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 4 butir kemiri, sangrai
- 1 sendok teh merica butiran

Bumbu lainnya: 
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1 1/2  sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok makan kecap asin  
- 3 - 4 sendok makan kecap manis
- sendok teh garam

note: 
bahan pengisi kwetiaw bisa bervariasi disesuaikan dengan stok bahan makanan di dapur atau kulkas. Anda bisa menggunakan bakso, otak-otak, sosis, irisan fillet daging ayam, kubis, sawi putih, cumi-cumi, udang, atau irisan tipis daging sapi has dalam.  

Pelengkap:
- kerupuk ikan
- bawang merah goreng untuk taburan
- acar ketimun

Cara membuat:

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Jika anda menggunakan kwetiaw kering.

Siapkan panci, isi air agak banyak dan rebus hingga mendidih. Masukkan kwetiaw kering, rebus hingga al dente, jangan terlalu lama merebus dan membuat kwetiaw menjadi bubur. Lebih baik rebuslah sedikit kurang matang dibandingkan over cooked. Angkat tiriskan dan siram dengan air dingin untuk mencegah kwetiaw melanjutkan kematangannya. Sisihkan.

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak dan panaskan. Masukkan telur kocok, diamkan sebentar agar telur agak mengeras namun permukaannya masih basah, aduk dan cacah telur dengan spatula hingga menjadi orak-arik. Goreng telur hingga matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan. 

Siapkan wajan bekas menggoreng telur, tambahkan 1 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum, aduk-aduk selama ditumis agar tidak gosong, gunakan api yang kecil saja. Tambahkan daging ayam cincang, aduk dan tumis hingga daging berubah warnanya menjadi tidak merah lagi.

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Masukkan minyak wijen, saus tiram, kecap asin, kecap manis, dan garam, aduk rata. Tumis selama beberapa detik agar saus harum dan matang. Tambahkan otak-otak, aduk rata.
Masukkan pakchoy, daun bawang,  telur orak-arik  dan kwetiaw rebus. Matikan api. 

Aduk semua bahan perlahan hingga tercampur baik, masak selama 1 menit agar sayur menjadi setengah matang.

Resep Kwetiaw Goreng Sayur JTT

Masukkan tauge, aduk rata dan masak dengan api kecil hingga kwetiaw panas, sayuran menjadi layu. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asin dan manisnya sesuai selera, jika kurang manis tambahkan  porsi kecap manis. Aduk rata. Angkat dan sajikan. Super yummy!

Source:
My Money Coach - 25 Budget Grocery Shopping Tips to Save Money

TESTIMONI PEMBACA

Indah Yanu:
Menu sarapan bareng kali ini temanya oriental/chinese food dan aku kebagian bawa kwetiau goreng. Pagi2 udah jadi bakul kwetiau hehehe. Resepnya nyontek di webnya Justtryandtaste Blogspot maturtengkyu mbak resepnya maknyusss bingiiittt  

 



28 komentar:

  1. Senang rasanya membaca smua sharing tips d blog ini...sgt membantu "mengingatkan" btapa mnjadi manajer keuangan itu sgt butuh prjuangan, trutama ktika d hadapkn pd tulisan SALE!!!
    Jgn brhnti sharing mba Endang, its really helpful to be honest ^_^
    Resep2nya jg maknyus tenan, krn udh lama saya brtanya2 apa yg bikin kwetiaw abang2 itu beda sama yg dbikin drumah??
    Makasih y mba Endang, smoga sehat selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Deetya sharingnya. senang artikel dan resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  2. Mbak Endang .. terima kasiiiih atas sharingnya ttg pengelolaan keuangan, jadi bahan masukan yang asangat bermanfaat, yang penting saya jadi 'ketularan' semangatnya mbak Endang untuk bisa lebih smart dan hemat dalam berbelanja. Resep kwetiauw nya menginspirasi sekali .. karena tiap kali melirik kwetiau basah di rak bahan makanan basah, pengeen sih tapi saya masih belum berani mengambilnya .. nah berbekal resep mbak Endang kali ini sudah siap rasanya saya untuk membawa si 'kwetiauw basah' pulang ;) ... sekali lagi matur nuwun sanget mbak Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Vita, thanks ya sudah menyukai artikel yang saya share. Moga resepnya juga sukses dicoba yaaa.

      Hapus
  3. Dengan sharing resep masakan di blog ini saja saya merasa sangat terbantu... apalagi ditambah dengan tips2 untuk berhemat saya merasa sangat lebih terbantu lagi, sering kalap kalo belanja soalnya hehehe... terima kasih banyak Mbak Endang, makin cinta sama JTT... Semoga Allah senantiasa melimpakan berkah dan pahala buat Mbak.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Nur Latifah sharingnya, senang resep dan artikel JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  4. mbak endang, makasih yaa resepnya..saya beberapa kali (berkali kali ding) mengikuti resepnya mbak endang dan selalu berhasil cocok pula di lidah saya. hahay
    makasih juga trips belanjanya mbak, lebih hemat lagi kalo belanja pas diskon via online mbak..belanjaan jelas sesuai daftar dan nggak melebar kemana-mana.
    tapi sebagai seorang perempuan shopping itu kayak semacam rekreasi gitu nggak sih? jadi saya kadang nggak puas kalo belanja nggak muter atau pegang barang/sayuran secara langsung. haha
    dan kata suami saya, saya selalu semangat (baca:kalap) kalo udah belanja..xixixi
    sekali lagi makasih yaa mbak endang atas posting resep2nya, karena fans-fans mbak endang selalu nungguin nih..hehehe
    -dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Dian sharingnya, senang resep2 JTT disuka. Yep terkadang sya beli onlen lebih murah untuk item tertentu, lebih suka belanja ke pasar karena bs tawar2an hehehheh.

      Hapus
  5. Hi mba endang... Aku prnh liat di toko itu ada jenis mie namanya 'hofun',bentuknya spt kwetiauw... Apa itu kwetiauw jg mba, cm sebutannya beda?

    Mba plis dong share cara mba nyimpen lauk makanan di kulkas... Jujur mba aku penasaran bnget sm isi kulkas mba endang, legend banget spt nya hehe, krn bs nyimpen bnyk... Hehe. Ato share resep lauk2 makanan apa ajah yg prnh or sering mba endang simpen di chiller, rangkum or buat dftar link resepnya klo udh prnh dibuat dlm satu artikel sndiri... Usul ajah nih mba,moga berkenan..mksh yah mba☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ridha, saya malah belum pernah lihat hofun ya, kalau bahan penyusunnya dari beras kemungkinan kwetiaw ya.

      beh isi kulkas berantakan hehhehe, apa saja saya masuk, cuman memang freezer besar, jadi bs nampung banyak. Kalau lauk pauk tergantung selera ya mba, saya tipe yag gak pemilih dan bs makan 1 jenis menu yang sama untuk 1 minggu hehheheh. Jadi klau mau share kok saya bingung jga. Yng paling sering dada ayam panggang, saya bumbui dan pan fried saja di teflon. Ayam ini bs saya makan dengan salad, pecel, campuran sup, atau cap cay. Saran saya, yang simple2 saja dan bs di mix dalam aneka makanan.

      Hapus
  6. Saya salah satu penggemar berat mie dan jenis2nya. Beberapa kali coba masak kwetiaw tapi koq gak seenak yang dijual di resto atau bahkan warung pinggiran. Dengan berbekal pikiran, "ah wajarlah yang jual kan pasti pake MSG seabrek". Untung buka JTT, jadi tau resep rahasianya jangan ngilangin kegunaan berbagai macam saus dan kecap itu. Terima kasih mbak.

    Dan seneng banget kembali diingatkan akan pentingnya manajemen keuangan sendiri. Akhir2 ini sudah males bikin catetang pengeluaran bulanan meski HP masih tetap dalam mode kalkulator saat di supermarket. Cuma memang poin ke-20 s.d. 25 itu terlihat sepele namun mematikan. Terima kasih lagi kembali diingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkak, memang MSG segambreng salah satu faktornya sih, tapi mereka juga pakai macam2 saus yang membuat masakan jadi hrum dan beda rasanya.

      Akhir2 ini saya lagi serius banget dengan mengelola keuangan dan 'ngirit mode on' , saya hanya menyesal kenapa gak dari dulu huuuuu

      Hapus
  7. calon ibu yang baikk .. peluk erat mba endangnya kita..

    BalasHapus
  8. mba.. boleh minta contoh daftar menu masakan utk seminggu.. yg resepnya ada di JTT.. buat referensi saya yg pemula ini mbak, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek disini mba
      http://www.justtryandtaste.com/2016/08/resep-cumi-cumi-saus-padang-JTT.html

      Hapus
  9. Kak endang, kebetulan banget aku baru beli kuetiaw segar. Renacananya mau masak kuetiaw goreng seafood. Thanks ya buat sharing resepnhya

    BalasHapus
  10. Mba masakan nya ngga perlu di tambah air ya mba . Dg minyak yg sedikit nanti matang kan mba hehehe ,ya maksud nya ibu saya kok masak sering pakai air gitu mba maaf mba pemula nih mau nyoba
    Septia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Septia, untuk mie goreng seperti ini tdk mba, minyak sudah cukup. Air akan membuat mie jadi basah dan saya kurang suka mie goreng yang basah, selain rasanya kurag oke juga cepat basi. Bahkan sayuran sebaiknya benar2 ditiriskan, kalau perlu dibungkus kain lap supaya air cuciannya meresap ke kain. Sayur terlalu banyak dan basah juga akan membuat mie goreng jadi basah.

      Hapus
  11. Mbak, resep ini resep yg pengen banget aku coba. tapi kwetiau basah atau kering adanya di supermarket. ketunda lama deh cobainnya. minggu lalu dapet kwetiau kering. coba beli sebungkus dan bikin kwetiau goreng ini. enak banget mbak rasanya. kayak kwetiau goreng beli di resto. suka bgt ama resep ini. bapak sama adek juga suka. cuma waktu bikin kemaren rada drama mbak. waktu sayur dan kwetiau udah masuk wajan baru inget kalo bumbu halusnya minus kemiri. langsung panik dan buru2 matikan kompor, blender kemiri, tumis di wajan lain dan masukkan ke wajan isi kwetiau. huft drama bgt. meski kwwetiaunya sedikit kematangan tapi rasa tetep juara. kapan2 fotonya aku upload dah di instagram. thank u resepnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Julia, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Yep, kadang2 saya juga suka lupa kemiri, soalnya basic bumbu seperti ini biasanya bawang, merica sama garam saja ya ehehehhe

      Hapus
  12. Mba endang mau tanya dong mba pake merk apa aja minyak wijen, kecap asin sm kecap ikannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ariana, berikut merknya ya:
      1. minyak wijen: lee kum kee; pagoda
      2. kecap asin: lee kum kee
      3. kecap ikan: goldfish

      Hapus
  13. Hallowe MB Endang semoga selalu dalam lindungan Tuhan yang maha Esa. Waaah share kali ini bagus sekali. Selalu suka dengan cara mb Endang share resep dibumbui tips yang bermanfaat. Kalo warung Chinese food biasanya mereka pake ang ciu kalo di ganti dengan parutan jahe dan lemon sama gak mb rasa nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Bambang, thanks ya sudah menyukai artikel JTT. Untuk ang ciu rasnaya sih memang berbeda ya, kalau mau diganti saran saya mix antara soy sauce + jeruk lemon. Kalau mau tambah jahe oke2 saja ya.

      Hapus
  14. Hai mba endang! Punya stok kwetiauw basah di kulkas tp ga punya resep,meluncurlah kemari hehehe mba endang kendala aku,males di ngulek bumbu halus,mba endang pake blender kah? Merk apa yg oke,ga ribet dan praktis pake dan nyuci nya hehe,terimakasih info nya mba endaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Tika, saya selalu pakai blender mba, udah bertahun2 gak pernah ngulek bumbu kecuali bikin sambal terasi saja. Saya pakai blender philips, pakai yang gelas dry mill kalau mau bumbu halus, atau beli chopper terpisah di olshop kalau mau buat mencincang.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...