20 September 2012

Burrito Isi Daging Cincang & Sayur: Yuk Mencicipi Makanan Meksiko!



Burrito atau taco de harina merupakan salah satu jenis makanan Meksiko. Makanan ini terbuat dari selapis tipis tortilla yang dilipat seperti silinder untuk membungkus rapat bagian isinya. Tortilla sendiri terbuat dari tepung jagung atau terkadang tepung terigu yang berbentuk lempengan tipis nan lebar hampir mirip seperti kulit pembungkus lumpia atau risoles hanya saja tortilla sedikit lebih tebal, lebar, liat dan berwarna putih. Saat akan digunakan untuk membungkus, tortilla biasanya dipanggang atau dipanaskan di wajan datar/microwave terlebih dahulu untuk membuatnya lebih lembut dan lunak sehingga mudah untuk dilipat tanpa membuatnya menjadi robek. 

Tortilla untuk pembuatan burrito

Isi burrito sangat bervariasi, di Meksiko sendiri burrito biasanya berisi kacang merah atau daging cincang yang dimasak dalam aneka bumbu rempah khas Meksiko. Sedangkan di US, isi burrito bisa banyak macam ragamnya, terkadang mereka menggunakan nasi ala Meksiko, atau nasi biasa, kacang merah, daging cincang, daun lettuce, saus salsa, guacamole, keju dan krim asam. Salsa merupakan istilah dalam bahasa Spanyol yang berarti saus. Namun di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mereka menghubungkan  salsa dengan sejenis saus berbahan dasar cincangan tomat dengan rasa pedas yang menjadi ciri khas utama hidangan Meksiko. Umumnya salsa digunakan sebagai saus pencelup kala menyantap keripik jagung (tortilla chips) dan salad. Sedangkan guacamole merupakan sejenis saus ala Meksiko yang berbahan dasar alpukat dan juga umum digunakan sebagai saus pencelup dan pelengkap di salad.

Homemade Tomato Salsa - It's Hot and Super Yummy! 

Saus salsa siap pakai

Untuk membuat burrito ada dua hal yang harus anda miliki yaitu kulit tortilla dan bumbu rempah untuk membumbui daging cincang isi burrito. Nah, berbicara mengenai tortilla, perjuangan saya untuk membuatnya sebenarnya sudah tak terhitung banyaknya. Karena sulitnya menemukan kulit tortilla di supermarket maka saya pun mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk tepungnya saya menggunakan tepung terigu dan resep yang saya pakai adalah resep hasil browsing dan searching puluhan resep di internet. Namun hasilnya sama sekali tidak memuaskan, tortilla yang saya hasilkan ukurannya tidak mau lebar walau telah saya gilas sekuat tenaga. Setelah dipanggang tortilla juga terasa keras, kering dan ketika dipakai untuk membungkus maka tortilla menjadi pecah-pecah tidak karuan. Akhirnya saya pun menyerah.  Hingga suatu waktu, ketika saya melongok-longok di counter makanan beku dan siap saji di salah satu Carefour, saya melihat tortilla ini terpajang manis di sana. Kala itu, karena semangat untuk membuat burrito telah hilang maka saya hanya memandangnya sebentar dan berlalu. Sampai suatu ketika seorang teman bersedia mengajarkan ke saya bagaimana membuat burrito dan juga menyantapnya hingga puas! ^_^

Roti Gulung Isi Daging Cincang, Sayuran dan Salsa
Bumbu instan khas Meksiko

Okeh, jadilah kemarin dengan bermodalkan kamera andalan dan perut yang kelaparan saya nangkring di dapur apartemen teman saya ini. Dia menunjukkan ke saya, tortilla yang di dibelinya di sebuah supermarket di Pondok Indah Mall dan 1 sachet bumbu rempah instan khas Meksiko untuk membumbui daging yang dibawanya langsung dari Swedia. Untuk bumbu rempah ini kami menggunakan bumbu instan untuk fajiita. Fajita adalah sejenis masakan Meksiko yang terbuat dari tumisan daging sapi atau ayam yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah khas hidangan Meksiko. Untuk membuat burrito/taco ini, anda bisa menggunakan bumbu instan untuk fajita atau bumbu instan khusus untuk taco/burrito yang dijual di Carefour  atau supermarket besar lainnya. Letaknya bisanya di bagian bumbu instan dengan merk yang berbeda dari yang saya gunakan, kalau tidak salah McCormick merknya.

Keripik jagung atau tortilla chips

Sesungguhnya, tidak ada yang sulit dari membuat burrito, bahan yang perlu di masak hanyalah daging cincang saja, sementara bahan lainnya berupa sayur-mayur cukup dirajang kasar. Jadi, sementara si Chef sedang memasak daging maka saya yang kali ini berperan sebagai asisten melakukan tugas memotret,  merajang sayuran, membersihkan meja dapur, mencuci perabotan serta terakhir juga menyapu dan mengepel lantai dapur. Argghh, demi burrito! ^_^


Sekarang kita ulas rasanya. Ketika kulit tortilla yang hangat dan empuk tergigit dan dikunyah bersama aneka sayuran nan crispy, tumisan daging cincang yang gurih, saus salsa dan keripik jagung, alis saya langsung naik dengan cepat. It's yummy! Ada rempah yang terasa asing di lidah yang membuatnya berbeda dari bumbu yang umum kita rasakan di Indonesia, dan inilah sebenarnya yang membuat makanan ini menjadi terasa istimewa. Selain itu, kandungan sayurannya yang banyak membuat burrito isi sayuran ini juga menyehatkan yang membuat saya sekarang memasukkannya ke dalam salah satu makanan favorit. Agar lebih sedap maka burrito sebaiknya disantap bersama remukan keripik jagung/tortilla chips dan siraman saus salsa. Cukup puas hanya menyantap satu buah burrito ukuran besar? Tentu tidak! Ketika teman saya menawarkan burrito kedua saya pun menganggukkan kepala dengan antusias! Yey!

Tertarik untuk mencobanya? Hyuuk kita lihat resep dan prosesnya di bawah ini.


Burrito Isi Daging Cincang & Sayur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 buah burrito

Bahan:
- 8 lembar tortilla, bisa dibeli di supermarket besar
- 400 gram daging sapi cincang
- 1/2 batang wortel, serut kasar
- 1 buah ketimun, potong kubus
- 1 buah jagung manis, dipipil dan direbus hingga matang (saya tidak pakai)
- 3 lembar daun lettuce/selada, rajang kasar
- 2 buah tomat, potong kubus 
- 2 buah cabai besar hijau, iris tipis
- 2 tangkai kemangi, ambil daunnya saja

Bumbu untuk menumis daging:
- 1 butir bawang bombay, cincang kasar
- 4 butir bawang putih, cincang halus 
- 1 sachet bumbu rempah untuk burrito bisa dibeli di supermarket besar (atau ganti dengan 1/2 sendok teh jintan bubuk+2 sendok teh ketumbar bubuk+ 2 sendok teh cabai bubuk)
- 5 sendok makan saus/pasta tomat
- 100 ml susu cair/air biasa atau krim kental jika ingin rasanya lebih nendang
- 1 1/2  sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh gula pasir (optional)
- 2 batang cabai merah keriting, rajang tipis
- 1 sendok teh maizena dilarutkan dengan 3 sendok makan air

Pelengkap (optional):
- Keripik jagung/tortilla chips, secukupnya
- Saus salsa. Untuk homemade saus salsa silahkan klik link di sini

Cara membuat:
Membuat tumis daging


Siapkan wajan/penggorengan, panaskan 1 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang bombay hingga harum dan berubah warna menjadi transparan. Tambahkan bawang putih. Tumis hingga semua bahan matang. 

Masukkan daging cincang, aduk-aduk dan masak hingga daging matang dan berubah menjadi butiran-butiran kecil. Masukkan bumbu rempah instan burrito, pasta tomat, merica, garam dan cabai ke dalamnya. Aduk rata. 


Tuangkan susu cair, dan larutan maizena, aduk dan masak dengan menggunakan api kecil hingga semua bahan matang dan air di tumisan daging menyusut. Jaga jangan sampai tumisan daging benar-benar kering. Hasilnya adalah tumisan daging yang sedikit lembab atau nyemek-nyemek dalam istilah Jawa-nya. Cicipi rasanya.


Jika tumisan daging sudah matang dan siap, angkat dan tuangkan ke piring/mangkuk. Sisihkan. 

Siapkan semua rajangan sayuran piring. 

Penyajian


Siapkan tortilla, panaskan tortilla di microwave 1 menit saja, hanya agar tortilla hangat dan lembut. 

Lakukan dengan cepat selagi tortilla hangat:


Letakkan selembar tortilla di piring. Di tengah-tengah tortilla: tuangkan 2 sendok makan tumisan daging, ratakan memanjang. Taburkan rajangan ketimun, tomat, lettuce, kemangi, cabe hijau, dan butiran jagung manis (jika pakai). Remukkan keripik jagung/tortilla chips di atasnya, akan lebih sedap lagi jika kita berikan saus salsa juga. 


Lipat tortilla hingga isi tertutup dengan baik dan.... sikat! Yep, santap burrito selagi tortilla masih hangat. Hmm, yummy!

Masih ada keripik jagung yang tersisa? Makanan ini sedap dicemil dalam celupan saus salsa dan tumisan daging.  ^_^


Selamat mencoba!

Sources:
Wikipedia - Burrito
Wikipedia - Tortilla
Wikipedia - Salsa
Wikipedia - Guacamole
Wikipedia - Tortilla chips
Wikipedia - Fajita





14 komentar:

  1. pak/bu, ini gak pake keju kah? saya liat resep burrito di tempat lain pake keju cheddar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ya, silahkan kalau mau ditambahkan keju, sesuai selera saja ^_^

      Hapus
  2. bro/sist... kira2 harga per satuannya tu burrito berapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaak, harus hitung sendiri yaaaaa tergantung bahan yang dipakai, modifikasinya bisa macam2 kan,

      Hapus
  3. Hii mau tau dong merek saus salsa dan merek tortilla nya apa ya? thank you ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaduh lupaaa, udah lama banget makannya. tortilla nya bisa dicari di supermarket besar ya, banyak disana.

      Hapus
  4. Mbak.... kalo gak ada bumbu rempah buritto bisa diganti apa yak...?
    Makasih.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb mitha, sudah sy revisi resepnya ya. bs diganti dengan jinten, ketumbar dan cabai bubuk ya.

      Hapus
  5. Ijin share ya mbak kayaknya maknyus nih :D

    BalasHapus
  6. Mbak endang, itu wortel serutnya untuk penyajian aja apa dimasukin di tumisan daging?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, untuk penyajian saja ya, tidak dimasukkan ke tumisan

      Hapus
  7. Mba gimana cara pisahin antara kulit nya ya?soalnya saya beli kulit nya tp nempel semua gak bisa di pisahin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya mudah dipisahkan kok mba, saya lepaskan biasa saja karena gak nempel

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...