25 Mei 2015

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko



Masakan Meksiko sebenarnya cukup simple, mudah dibuat dan bahan-bahannya pun terjangkau serta sangat gampang ditemukan di negeri kita. Namun yang membuat saya tidak mengerti adalah mengapa harga seporsi makanan Meksiko seperti enchiladas, quesadilas, taco, burrito atau bahkan yang super mudah seperti nachos harganya sangat mahal di restoran Meksiko? Padahal kalau mau ditelaah maka bahan-bahan penyusun masakan Meksiko tak jauh-jauh dari daging sapi, kacang-kacangan, tomat, beberapa jenis sayuran, tortilla, dan keju. Walau saya akui harga daging sapi dan keju cukup mahal di negeri ini namun tetap saja harga yang dibandrol untuk seporsi masakan Meksiko sulit saya terima dengan akal sehat.

Seperti ketika minggu lalu  kala saya bertemu dengan seorang teman di sebuah restoran Meksiko di mall Kota Kasablanka. Kami memilih restoran ini bukan  karena makanannya, karena jujur saja ini adalah kali pertama kami menginjakkan diri di restoran tersebut, melainkan karena akses wifinya yang lumayan cepat. Untuk dua gelas jus jeruk dan seporsi nachos dengan cincangan daging sapi di atasnya, maka kami harus merogoh kocek sebesar seratus enam puluh ribu rupiah. Sebuah harga yang menurut saya keterlaluan untuk makanan yang sepele. Namun berhubung karena teman saya memerlukan akses wifi dan tempat yang cozy untuk berdiskusi maka dengan terpaksa beberapa lembar lima puluh ribuan pun melayang keluar dari dalam dompet. ^_^


Walau saya akui rasa nachos di restoran tersebut sangat lezat namun tetap saja saya merasa sedikit miris kala harus membayarnya. Hati ini pun langsung berjanji akan membuatnya sendiri di rumah saat weekend tiba. Jadi hari Minggu kemarin ketika Dimas, adik saya, datang ke rumah Pete, saya pun langsung tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Sebagaimana cowok umumnya, maka adik saya ini penggemar makanan asin dan gurih, jadi saya yakin dia pasti akan menyukai camilan ini. Karena tidak memiliki persediaan keripik jagung  tortilla di rumah maka saya pun membujuk Dimas yang sedang bergeletakan di atas kasur sambil bermain game. "Mau makanan Meksiko gak? Sana pergi beli tortilla chips gih di Indomart. Nanti kita makan pakai saus dagingnya." Tak perlu menunggu perintah dua kali, Dimas pun langsung berjalan ke minimart yang tak jauh dari rumah.

Seperempat kilogram daging sapi seharga dua puluh lima ribu rupiah, sedikit kacang merah rebus  yang telah lama membeku di freezer (saya menggunakan kacang adzuki yang berwarna sangat gelap) dan dua pak corn tortilla chips yang tidak terlalu mahal harganya adalah modal dasar yang harus saya siapkan untuk menghadirkan nachos di rumah. Percayalah semua itu sangat jauh dan jauh lebih murah dibandingkan jika kita menyantapnya di restoran, selain itu porsinya pun sangat banyak sehingga saya, Dimas dan Heni bisa menyantapnya hingga kenyang. Komentar Dimas, "Wah beruntung banget punya Mbak bisa masak, aku jadi bisa mencicipi makanan Meksiko di rumah," telah cukup membuat senyum saya terkembang lebar.


Nachos adalah makanan a la Tex-Mex (Texan dan Mexican) yang berasal dari Meksiko bagian Utara. Makanan ini terdiri atas keripik tortilla jagung yang ditutup dengan keju atau saus dengan bahan dasar keju pada permukaannya, dan seringkali disajikan sebagai camilan. Versi yang lebih lengkap dengan menambahkan banyak bahan lainnya bisa juga dihidangkan sebagai makanan utama. Nachos pertama kali dibuat pada tahun 1943 oleh Ignacio "Nacho" Anaya, nachos original buatannya terdiri atas keripik jagung tortilla goreng yang disiram dengan lelehan keju cheddar dan irisan cabai jalapeno. 

Nachos berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila, Meksiko, yang berdekatan dengan perbatasan Eagle Pass.  Pada tahun 1943, para istri tentara Amerika yang bermukim di Fort Duncan, tak jauh dari Eagle Pass, berkunjung ke Piedras Negras untuk berbelanja. Mereka kemudian tiba di sebuah restoran yang hampir saja tutup. Sang Kepala Pelayan yaitu Ignacio "Nacho" Anaya kemudian menghidangkan makanan ringan untuk mereka dengan bahan apapun yang masih tersedia di dapur yaitu tortilla dan keju. Anaya kemudian memotong tortilla menjadi bentuk segitiga, menambahkan parutan keju cheddar, memanggangnya sebentar dan menambahkan irisan cabai jalapeno diatasnya dan lantas menghidangkan makanan ini. Ketika para tamu ini bertanya apa nama makanan yang disajikan tersebut, Anaya menjawab "Nacho's especiales". Nama makanan ini kemudian tersebar, dan berubah menjadi "spesial nachos".

Anaya kemudian pindah dan bekerja di Restoran Moderno di Piedras Negras, dimana beliau masih menggunakan resep aslinya. Beliau kemudian membuka restoran sendiri bernama "Nacho's Restaurant", di Piedras Negras. Resep nachos asli Anaya kemudian dicetak pada St. Anne's Cookbook pada tahun 1954. Makanan ini kemudian menjadi sangat terkenal dan menyebar ke seluruh Texas dan Bagian Barat Daya. Kehadiran kata "nachos" dalam bahasa Inggris pertama kali dikenal pada tahun 1950, dari buku A Taste of Texas.  Menurut sejarah restoran El Cholo, pelayan Carmen Rocha dihargai karena membuat nachos di San Antonio, Texas, sebelum kemudian memperkenalkan makanan ini di restoran Meksiko El Cholo di Los Angeles pada tahun 1959. Saat ini nachos hadir dengan aneka variasi, yang umum adalah keripik jagung tortilla goreng yang di beri topping kacang merah, daging dan parutan keju parut diatasnya.


Untuk membuat nachos sendiri sangat lah mudah. Hal pertama yang kita perlukan adalah keripik jagung tortilla, bahan ini mudah ditemukan di supermarket, atau minimart, aneka merk tersedia disana namun biasanya merk Happytos paling mudah ditemukan. Kita bisa membeli yang berbentuk segitiga atau persegi panjang seperti yang saya pergunakan. Selain dengan topping cincangan daging seperti resep yang saya bagikan kali ini, maka nachos juga bisa disantap dengan saus keju. Jika anda pernah mengikuti postingan pancake dengan saus keju yang pernah saya hadirkan sebelumnya di JTT, maka saus kejunya bisa anda gunakan untuk menemani si tortilla chips. Resep saus keju bisa anda klik pada link disini. Walau dengan saus keju rasa tortilla chips ini sudah terasa lezat namun dengan saus daging plus salsa maka saya yakin akan membuat anda semakin ketagihan.

Nah sebagaimana makanan Meksiko umumnya, maka ada beberapa rempah yang wajib kudu ada jika kita hendak mencoba membuat nachos. Walau tentu saja kita bisa skip rempah ini jika memang tidak tersedia di dapur namun saran saya, usahakan untuk tetap mengikuti resep aslinya karena rasanya akan jauh berbeda ketika menggunakan rempah-rempah yang disarankan.  Jintan (cumin) dan oregano adalah dua rempah yang akan membuat hidangan ini menjadi spesial. Untuk jintan, saya yakin kita tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkannya, sedangkan oregano biasanya supermarket besar menyediakannya dibagian bumbu instan dan bubuk. Carilah oregano bubuk yang berkualitas baik, saya menggunakan merk McCormick, karena berbau harum dan awet. Satu botol kecil oregano bubuk harganya sekitar tiga puluh ribu rupiah dan bisa digunakan untuk berpuluh-puluh masakan. Simpan di chiller kulkas agar tidak berjamur dan tidak mudah berbau apak.


Nachos biasanya selain disantap bersama saus dagingnya juga dengan siraman saus salsa segar yang terbuat dari tomat, cabai dan air jeruk nipis atau lemon. Berbeda dengan saus salsa yang pernah saya hadirkan di JTT dengan resep dan proses yang lebih ribet maka versi saus salsa yang ini lebih mudah dibuat dari bahan-bahan yang masih fresh dan mirip dengan sambal dabu-dabu Manado. Nah rempah lain yang bisa ditambahkan di salsa adalah daun ketumbar atau coriander leaves. Walau saya sangat menggemari tumbuhan rempah ini namun sayangnya jarang tersedia di rumah Pete sehingga dengan terpaksa saya skip dari resep. Namun jika anda memilikinya maka daun ketumbar akan membuat rasa nachos menjadi lebih sedap.

Ingin tahu cara membuat saus salsa sedap versi lainnya? Klik di Homemade Tomato Salsa.

Untuk kacang yang digunakan, biasanya makanan Meksiko menggunakan kacang pinto dan kacang hitam (black beans). Kacang pinto merupakan sejenis kacang merah (kidney beans) hanya saja memiliki bercak atau totol-totol di permukannya. Kita bisa menggunakan jenis kacang merah biasa untuk menggantikannya. Untuk hidangan ini saya menggunakan kacang adzuki, sejenis kacang merah dari Jepang yang berukuran lebih kecil dan lebih gelap warnanya, biasanya digunakan untuk bahan pengisi mochi atau roti. 

Okeh saya akhiri penjelasan saya mengenai nachos, asal muasal dan bahan-bahan penyusunnya. Yuk kita lihat resep dan prosesnya di bawah ini.


Nachos Topping Daging Cincang dan Salsa
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 pak nachos

Tertarik dengan makanan a la Meksiko lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Enchiladas Isi Ayam
Homemade Tortilla - Lembut, empuk dan mudah digulung!
Chicken Fajitas - Masakan Ayam a la Tex-Mex 

Bahan:
- 2 pak keripik jagung tortilla (corn tortilla chips)

Bahan dan bumbu saus:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 butir bawang bombay, rajang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 250 gram daging sapi cincang
- 1/2 sendok teh oregano bubuk
- 1/2 sendok teh jintan bubuk
- 2 sendok teh cabai bubuk (optional)
- 1/2 sdt merica hitam bubuk
- 2 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 200 gram kacang merah rebus
- 1 batang daun bawang rajang halus  
- 50 ml air
- 1/2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan cincang halus (optional)
- 1/2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan cincang halus (optional)
- 1 1/2  sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir  

Bahan saus salsa:
- 1/2 buah cabe merah besar, buang bijinya dan cincang halus
- 1/2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan cincang halus
- 1 buah tomat merah potong kotak kecil
- jus lemon/jeruk nipis dari 1/2 butir jeruk

Cara membuat:


Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay hingga harum dan transparan. Tambahkan bawang putih, tumis hingga harum dan matang. Masukkan cincangan daging sapi, aduk dan tumis hingga daging berubah warna menjadi tidak pink lagi.

Masukkan jintan bubuk, oregano bubuk, cabai bubuk, merica, saus tomat dan saus sambal, aduk hingga rata dan tumis selama 1 menit. 


Tambahkan kacang merah rebus, dan daun bawang, aduk rata. Tuangkan air, masak hingga air mengering. Masukkan gula, garam dan cabai, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sisihkan. 

Note: saus harus kering dan tidak basah, saus yang basah akan membuat keripik menjadi mudah melempem kala saus disiramkan ke atasnya.


Untuk saus salsa, siapkan mangkuk, masukkan semua bahan saus, aduk rata. 

Tata keripik tortilla di piring atau mangkuk, taburi saus daging, saus salsa dan sedikit keju parut (optional), santap saat itu juga. Atau sajikan saus secara terpisah. Super yummy!

Source:
Wikipedia - Nachos



24 komentar:

  1. asik... akhirnya yg saya harapkan di munculkan jg di blog JTT. sejak mba endang posting enchiladas, saya ingin skali makan nachos, mau email mba untuk posting resepnya tp lupa terus.... hehehe

    kebetulan di rumah ada daging giling, 2 mggu saya taro di freezer masih bagus ga yah mba untuk di olah?? btw tq resepnya ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba raisa, thanks ya, moga2 suka dengan resepnya. selama dibekukan di freezer maka daging oke2 saja kok, saya sering sampai berbulan2 hahhaha

      Hapus
    2. aku sudah coba mba semalam resepnya. pulang ke indomaret beli tortila chips langsung di olah. gampang banget tnyt ya hehehe murah ga pake mahal modalnya, drpd beli di luar slain mahal plus kena pajak restoran :P hahaha ^^

      Hapus
    3. hi mba Raisa, thanks ya sharingnya, senang sekali resepya disuka. Yep memang jauh lebih murah meriah jika buat sendiri ya ^_^

      Hapus
  2. klo males bikin sausnya, bisa aja kan pake saus spagheti Del M*nte. tinggal numis bawang bombay n daging cincang trus msk kan sausnya, tumis mpe kering. jadilah resep Italia! *ngarang bebas*
    makasih mbak, ini bisa buat inspirasi. kmaren k Pi**a H*t nih menu 50 rb lebih loh. untung ga jd beli #CeweMuree

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba julia, thanks sharingnya ya, yep bs pakai saus spaghetti, tapi nanti rasanya gak kaya makanan meksiko ya, karena rempah italia dan meksiko berbeda, saya juga pernah kok posting beberapa resep memberdayakan sebotol saus spaghetti untuk pizza, calzone dan spaghetti tentunya. sukses selalu!

      Hapus
  3. Mbak Endang,ngiler banget liat fotonya.Pasti enak:-))

    BalasHapus
  4. Mbak, saya pernah iseng saus salsanya ditambah potongan nanas, trus dimasukin ke kulkas dulu. jadi seger banget mbak, jadi rasanya komplit, manis, rada asem ples gurih dari nachos, huehehe. Resep topping oke banget mbak, tinggal nunggu eksekusi. Thank you for sharing Mbak Endang yg baik hati :D -kiki-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba kiki, wah idenya mantap tuh pakai potongn nanas, pasti jauh lebih segar ya. Saya gak kepikiran, kalau pakai tomat saja jadi kaya sambal dabu2 ya hehehheh.

      monggo dicoba mba, moga suka yaa. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  5. Udah aku coba hari ini mbak endang...uenaaaakkk. pake kacang merah yg biasanya buat es campur. Hehe. Makasih mbak endang


    Renny

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba renny, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka ya. Yep pakai kacang merah juga enak.

      Hapus
  6. Mbak Endang,,, kalau daging diganti daging ayam enak ga ya mbak?? hehehe.. maklum ga bisa makan daging sapi/kambing. :(
    btw.. resep dan tutorialnya mb Endang super mantap... sukaa... terima kasih mb Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ika, bisa pakai daging ayam ya, atau cincangan sosis juga oke, tetap enak kok. Thanks ya resep dan tutorialnya disuka ^_^

      Hapus
  7. makasih ya mbak endang resepnya. udah saya tunggu-tunggu akhirnya muncul juga.

    BalasHapus
  8. Halo mbak endang...kalo resep homemade keripik jagung tortilanya ada gak mbak...coz di tempat sy tinggal keripik jagung tortila langkaaaaa....thanks b4 ya mbak endang.. sherly liphandika tenggarong

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau untuk keripik saya belum pernah buat, karena tepung jagung untuk tortillanya ini agk susah dicari ya,

      Hapus
  9. Halo mbak.. sy sdh coba resepnya.. tpai pakai ayam cincang.. rasanya super yummii... kata anak sy top.. tq ya mbaak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Mustika, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  10. Mba Endang...

    Klo Nachos versi daging giling ini digabungkan dgn versi saos keju, apakah oke? Jadi Nachos dikirim dengan tulisanku daging dan saos keju...
    Mohon pencerahannya.. Mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke kok mba, terkadang memang disajikan berdua dengan tumisan daging dan saus keju

      Hapus
  11. Mau share jg boleh ya mba endang, saya buat nya dr corned beef saja mba jd tumis bawang bombay pakai minyak sedikit trus setelah layu masukan cornet oseng2 bentar lalu masukkan saus spaghetinya dan taraaaa ternyata rasa x sama kaya di nachos cheese pizza hut . Makasih ya mba hbs baca tulisan mba endang lsng terinspirasi buat walaupun di modif semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Sofie sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...