12 Mei 2015

Pancake Sosis dengan Saus Keju



Sejak mencicipi pancake di Pancious beberapa tahun yang lalu, selain hati ini tertambat dengan tekstur pancakenya yang membelai lidah juga oleh saus kejunya yang creamy dan sedap. Nah pancakenya sendiri telah berhasil saya eksekusi dengan sukses dan menjadi salah satu resep pancake yang laris manis di JTT. Untuk melihat resepnya anda bisa klik Delicous Pancake disini. Sedangkan untuk saus kejunya sendiri, sebenarnya juga telah berhasil saya eksekusi hanya saja saat itu terlupa untuk diambil gambar prosesnya.  Saya pun sempat berjanji di artikel Delicious Pancake bahwa one day resepnya akan dihadirkan di JTT. 

Namun janji tinggallah janji hingga akhirnya weekend lalu saya pun membuatnya kembali. Kali ini bukan demi si pancake, tetapi karena nafsu besar ingin menyantap satu bungkus nachos yang saya beli dua minggu yang lalu. Si keripik tortilla jagung yang gurih ini akan semakin sedap jika dicocol ke dalam saus keju nan creamy. Walau rasa malas mendera, namun kemauan kuat saya jika  menginginkan sesuatu selalu lebih menang. Jadi berkutatlah saya di dapur dan menghasilkan semangkuk saus keju yang selain sedap disantap bersama nachos juga mantap jika dikucurkan di permukaan pancake yang fluffy. Bagi anda yang pernah menanyakan resep saus pancake, nah mungkin resep yang saya hadirkan kali ini bisa segera anda coba di rumah. ^_^ 


Pancake menurut saya termasuk makanan yang fleksibel untuk dipermak dan dimodifikasi sesuai dengan selera. Ketika kita menginginkan versi manisnya, maka aneka buah-buahan kering, potongan buah segar seperti mangga, chocolate chips dan meses bisa dimasukkan ke dalam adonan atau kucuran sirup dan madu untuk menemani kala menyantapnya. Namun versi asin atau gurihnya pun tak kalah sedap. Anda bisa memasukkan potongan sosis atau smoked beef ke dalam adonannya seperti yang saya lakukan kali ini dan santap si lembut pancake dengan saus kejunya. 

Seperti artikel yang sudah-sudah tentang pancake maka untuk menghasilkan kue yang fluffy dan empuk maka anda sebaiknya tidak mengaduk adonan secara berlebihan. Karena itu pancake sangat tergantung pada bahan pengembang, dalam hal ini saya menggunakan baking powder double acting untuk mengembangkannya. Saya sendiri belum pernah sukses jika menggunakan jenis baking powder single acting, jadi jika anda bertanya ke saya apakah bisa menggunakan jenis yang single acting maka jawabannya bisa ya atau tidak. Beberapa pembaca JTT sukses menggunakan baking powder biasa namun score saya nol untuk ini. Jadi mungkin tergantung juga dengan kualitas baking powder single acting yang digunakan dan masa pakainya.  

Ingin tahu mengenai baking powder dan bahan pengembang lainnya? Silahkan klik artikel saya disini. 


Membuat saus kejunya sendiri sangat mudah, hampir mirip seperti saat kita hendak membuat saus bechamel (saus putih) di lasagna. Poin penting pertama agar saus terasa sedap adalah saat menumis tepung terigu bersama mentega. Untuk menghindari rasa saus terasa mentah dan kurang kaya rasanya maka tepung terigu harus ditumis hingga mendidih, dan berwarna sedikit coklat muda. Gunakan api kecil dan aduk terus menerus dengan cepat agar tepung tidak gosong. Poin kedua yang perlu diperhatikan adalah saat memasukkan susu cair ke dalam tumisan tepung. Masukkan porsi susu sedikit terlebih dahulu sambil adonan diaduk dengan cepat agar tepung smooth dan tidak bergerindil. Ketika adonan mulai terlihat sedikit lembek dan halus tambahkan porsi susu cair berikutnya secara bertahap. Jangan lupa untuk selalu mengaduk adonan dengan cepat dan kuat. 

Lasagna Meleleh a la Sintya
Cheesy Macaroni Schotel


Dengan porsi keju yang saya berikan di resep sebenarnya sudah cukup membuat saus ini terasa 'ngeju' namun tentu saja anda bisa menambahkan porsinya jika dirasa kurang menggigit. Untuk jenis kejunya, saya menggunakan jenis keju cheddar yang mudah meleleh, kita bisa dengan mudah menemukannya di supermarket dalam kemasan kotak, biasanya hadir dengan merk Kraft. Namun keju cheddar biasa atau keju edam dan jenis lainnya yang tersedia di dapur anda juga bisa digunkan. Mengingat rasa keju yang sudah cukup asin maka berhati-hatilah jika anda ingin memasukkan porsi garam di resep. Cicipi saus yang telah matang terlebih dahulu, jika masih kurang asin maka anda bisa menambahkan porsi garam sesuai selera. 
 

Seingat saya, saus keju di Pancious tidak menggunakan cabai bubuk, karena warnanya kekuningan bukan sedikit jingga seperti saus yang saya hadirkan kali ini. Skip saja penggunaan cabai bubuk di resep jika anda tidak menyukainya. Tekstur saus yang terbentuk kental dan pekat, jika anda ingin versi yang sedikit lebih encer maka tambahkan sedikit porsi susu cair di resep.  

Seperti yang saya sebutkan di paragraf awal, saus  keju ini sedap untuk menemani nachos, sebagai saus untuk pasta, lasagna  dan macaronie schotel atau menggantikan peran mayonnaise di risoles isi smoked beef. Jika saus berlebih, masukkan ke dalam botol bekas selai atau wadah yang memiliki tutup rapat lainnya dan simpan di chiller selama 3 hari lamanya.

Berikut resep dan prosesnya ya! 

Fettuccine dengan Smoked Beef dan Saus Putih
Risoles Daging Asap


Pancake Sosis dengan Saus Keju
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah pancake diameter 10 cm

Tertarik dengan resep pancake lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Delicious Pancake
Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu
Pancake Coklat Choco Chips dengan Saus Strawberry

Bahan saus keju:
- 2 sendok makan mentega/margarine
- 1 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin
- 2 sendok makan tepung terigu protein sedang atau rendah
- 250 ml susu cair full cream
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 butir pala, parut halus
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 100 gram keju chedar parut (saya menggunakan keju cheddar mudah meleleh)

Bahan pancake:
- 110 gram tepung terigu serba guna
- 1 1/4 sendok teh baking powder  (gunakan yang double acting, pastikan masih fresh, cek masa pakainya)
- 1/2  sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 135 ml susu cair ( atau bisa diganti dengan 3 sendok makan susu bubuk full cream + 130 ml air aduk rata)
- 2 sendok teh white vinegar, bisa dibeli di supermarket. Bisa diganti dengan air jeruk nipis
- 2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam di resep.
- 1 buah sosis cincang kasar atau smoked beef

Cara membuat:
Membuat saus


Siapkan keju, parut atau cincang kasar. Sisihkan.

Siapkan panci, masukkan mentega, panaskan hingga meleleh. Tambahkan bawang putih, tumis hingga harum, jaga jangan sampai bawang menjadi kecoklatan. Gunakan api kecil kala memasak. 

Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan konstan hingga terigu mendidih dan tampak mulai berwarna coklat muda. Jaga jangan sampai tepung menjadi gosong.


Tambahkan sedikit porsi susu cair, aduk cepat hingga menjadi gumpalan adonan. Kita harus mengaduknya dengan kuat dan cepat agar adonan tidak bergerindil. Tambahkan kembali susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan kuat dan cepat hingga menjadi adonan smooth

Masukkan semua susu cair, masak hingga saus mulai mengental. Tambahkan cabai bubuk, pala dan merica. Aduk rata.


Masukkan parutan keju, aduk dan masak hingga keju meleleh dan saus mengental. Matikan kompor. Cicipi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam, atau jika saus terlalu kental maka tambahkan sedikit susu cair. Sisihkan. 

Membuat pancake


Siapkan gelas atau mangkuk, tuangkan susu cair dan vinegar (air jeruk nipis) kedalamnya, aduk rata. Biarkan susu selama 20 menit hingga mulai sedikit bergumpal-gumpal. 

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan pancake (kecuali sosis) termasuk susu cair bercampur air jeruk yang tadi telah kita siapkan. Aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Jangan berlebihan mengaduk karena adonan akan bantat.

Masukkan sosis, aduk rata. 


Siapkan pan datar anti lengket, olesi permukaan pan dengan tissue yang telah dibasahi minyak goreng. Panaskan pan dan tuangkan satu sendok sayur adonan. Biarkan hingga tampak gelembung udara di permukaan adonan. Balikkan dan jangan tekan pancake, biarkan kue matang dengan sendirinya. 

Jika bagian dasarnya telah kecoklatan, angkat dan letakkan di piring saji. Sajikan pancake bersama saus keju dan taburan keju parut jika suka. Super yummy!



38 komentar:

  1. mbaa begitu buka web ini ada resep pancake terbaru langsung aku catat... smoga bisa di eksekusi segera.. hehehe looks so yummy!

    Thanks ya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba raisa, thanks yaa, moga suka ya

      Hapus
    2. mba aku mau tanya, aku pernah eksekusi resep pancake dr mba endang yang terdahulu, satu yg aku bingung sampai sekarang, kenapa pancake saya hasilnya tidak seperti gambar mba yah. pinggirannya kering coklat, apa karna saya terlalu banyak pakai minyak/mentega di pan? atau pan saya terlalu tipis permukaannya yah jadi kena panas jadi cepat gosong pinggiran pancakenya, akibatnya permukaan lainnya masih berwarna putih kekuningan, krn saya buru2 angkat takut pinggirannya semakin gosong dan kering hahaha -__-

      Hapus
    3. Hai Mba Raisa, yep salah satu hal penting untuk memanggang pancake adalah pan yang agak tebal. Pan saya, yang saya gunakan diatas kebetulan memang lebih tebal dari umumnya pan, sehingga suka saya pakai untuk pancake.

      terlalu banyak minyak membuat pancake berbercak2 dan tidak merata kecoklatan permukaanya. minyak hanya dioleskan pakai tissue saja hanya supaya pancake tidak lengket.

      api tentu saja harus kecil dan pan jangan terlalu panas, kalau sudah dipakai beberapa kali adonan biasanya pan jadi panas, matikan dulu kompor sebentar baru lanjutkan lagi memanggang

      sukses ya

      Hapus
  2. Sama mbak, oya mbak endang ada facebook nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. facebook dan twitter ada ya mba, FB bs search saja dan twitter di @justtryandtaste

      Hapus
  3. Mbaaa.. ini pancakenya brapa kalori yaa.. wkwkwk
    Lg diet tp ngiler.. hiks.. saus kejunya ini menggoda bgt dehh..

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe, mulai itung2an kalori ya sekarang.

      pancake total sekitar 970 kcal, 1 buah pancake sekitar 160 kcal.
      untuk saus kejunya total sekitar 760 kcal ya.

      Hapus
  4. pancakenya sdh sy coba semalem, tp pake toping coklat leleh plus keju parut rasanya enaaak kt suami ngga kalah sama yg di mall, ada sisa dua buah di makan paginya masih tetep empuk dan lembut. Trims atas resepnya mba...
    Liz

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba Liz atas sharingnya, senang sekali panckenya sukses dicoba dan disuka yaaa

      Hapus
  5. Udah sering bikin pancake pake resepnya mbak endang... always delicious... :D
    Tinggal coba bikin saus keju nya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba fahmi, thanks yaa, yep saus kejunya mudah banget kok hehhehe

      Hapus
  6. Mba mau tanya...saya punya baking powder merk koepoe2, itu sama gak ya dgn baking powder double acting? Kl beda...saya hrs pake brp sendok teh ya? Makasih mba endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, setahu saya kupu2 bukan double acting ya, tapi single acting, tapi kalau sudah terbiasa pakai itu dan baik2 saja gak papa kok mba. Pakai sesuai resep saja, saya khawatirnya kalau BP dibanyakin rasa pancake nya jadi gak oke ya

      Hapus
  7. Sukaaaa bangeeettzz..
    Tapi entar kolesterolku jadi naik nggak yaaa??hikzzz...
    Mbak endang..mau dunk bikinin menu buat aq yg suka gampang naik kolesterol ma asam lambungnya..thanks ya mbak..

    -aries-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba aries, wakakka, saya rasa kalau makannya gak banyak gak papa kok mba. untuk kolesterol memang kayanya kudu menghindari kuning telur, daging sapi, dan jeroan ya. Kalau asam lambung makanan pedas, bergas, asam memang harus dikurangi hehehhe

      Hapus
  8. halow mbak endang...mau tanya nich soal saus keju, saya pernah makan sosis dengan saus keju di 7eleven, nah saus kejunya itu menurut saya enak..apa mungkin saus keju yang diresep mbak sama ya atau mirip2 gitu, kalo iya waduhhhsenang sekali saya hehehe...trimakasih..yani-bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba yani, wah saya belum pernah makan saus keju di 7eleven heheh, jadi gak tahu juga mirip atau nggak ya. Cuman kalau jejunya dibanyakin pasti enak kok wakakakak

      Hapus
  9. Mbak saus kejunya kok mirip sama vlanya soerabi asin ya ?. Kalau ditambah mayones untuk menggantikan keju mungkin mirip ya rasanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya malah nggak tahu vla serabi asin wakakka, yep pakai mayonaise enak ya mba

      Hapus
  10. Mbak Endaaangg....
    White vinegarnya bisa diganti cuka apel kah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mitha, bisa ya mba, atau pakai air jeruk nipis/lemon juga bs ya

      Hapus
  11. Mba, aku salah satu silent reader walopun mampirnya nyaris tiap hari hahaha... hari ini aku cobain resep ni dan..enaakkk beneran dietnya gagal hikzz..sisa saus kejunya malah dicamilin hehehe anyway thanks ya mba buat resep nya yg selalu cetarr :-) salam,nelly-batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Nelly, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. sisa saus kejunya juga enak untuk dicocol keripik hehhehe

      salam

      Hapus
  12. Memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas, jadilah pancake ini buat sarapan. Saya gak baca kalo pake margarine skip garam, jadi keasinan trus tambah gula lagi, jadi ada rasa manis dikit tapi ada asin juga wkwkwkwk

    Karena lidah saya lebih familiar sama makanan manis, kayaknya lebih suka versi manisnya mba. . . heheheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha, saya suka yang agak asin manis wakak, plus kucuran madu segambreng, nah itu manis sebenarnya yaaaa. Thanks sharingnya Mba Risa! ^_^

      Hapus
  13. Hai mba,sy cindy, pencinta blog mba endang ;)). Oya mba, klo ke pancious sy paling sering mesen pancake yg strawberry cheese, krn suka bgt sm saus kejunya, klo pancake nya sih sy jauh lebih suka pancake yg sy bikin sendiri dr resep mba Endang, hehe. Kebetulan baca resep saus keju mba endang ini, tp setelah sy baca, apakah utk mendapatkan hasil saus keju seperti di pancious itu perlu menggunakan pala dan merica? Krn klo utk topping sosis mgkn cocok ya mba, tp kalo dipadankan dg selai strawberry apa cocok mba? Sblm sy eksekusi sy nanya dulu ke mba Endang wkwkwk biar lebih yakin. Dan 1 lg mba, saos keju disana wrnanya agak putih ya mba, bkn kuning. Makasiiih banyak utk mba Endang yg baik hati sdh berbagi resepnya yg endang gulindang,,,heheheh lop u so much

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Cindy, kalau mau saus keju untuk menenami selai stroberi pakai skip saja pala dan mericanya mba, karena saus keju di resep ini untuk menemani sosis. Supaya warnanya putih, pakai cream cheese yang banyak Mba, bukan keju cheddar. Keju cheddar seprti yang saya pakaii akan memberikan warna kekuningan.

      Hapus
  14. Halo mba saya mau tanya ini kira kira rasanya saus keju nya mirip seperti saus keju nachos atau sistagor yang ada di XXI gk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fanny, saus kejunya tidk terlalu mirip, mungkin kualitas keju yang saya pakai kurang oke.

      Hapus
  15. Mbak, saya juga pakai keju kraft quick melt. Cuma warnanya knp ga kuning kayak yg difoto ya? Apa mgkn efek kamera aja kali ya? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak terlalu kuning, kemungkinan efek kamera ya

      Hapus
  16. Mbak, sisa saus keju bs disimpan di kulkas berapa lama? Lalu apakah bs dipanaskan lg biar bs dihidangkan hangat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bs tahan sekitar 3 -4 hari dalam wadah rapat di chiller ya, bs langsung digunakan atau panaskan di micro/kompor bentar ya

      Hapus
  17. wah,, liat gambarnya aja udah ngiler... cobain dulu ah... lumayan buat cemilan anak2,, hehe

    BalasHapus
  18. Mbaa tepung terigu rendah protein itu gimana ya? atau ada merk tertentu? Maklum mba baru pemula megang bumbu dapur wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau merk bogasari ada 3 jenis tepung: cakra kembar (protein tinggi), sgitiga biru (sedang), kunci biru (rendah). kalau merk lain saya kurang tahu ya mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...