20 Februari 2019

Resep Cupcake Kacang Merah ( gluten-free)


Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Weekend adalah waktu yang sebenarnya super sibuk dibandingkan dengan 5 hari kerja dalam seminggu. Bagi saya. Di weekend, semua rencana 'tumplek blek' menjadi satu mulai dari eksperimen resep baru, project endorse (yang alhamdulilah sampai sekarang masih ada), belanja ke pasar agar kulkas terisi untuk satu atau dua minggu stock, mencuci pakaian dan membersihkan rumah. Urusan yang paling terakhir yaitu membersihkan rumah biasanya ter-skip ketika pekerjaan lain telah membuat tenaga terkuras dan meninggalkan badan yang pegal-pegal. 

Target saya di jam tiga sore pada hari Sabtu atau Minggu adalah tidak ada pekerjaan rumah yang menunggu, karena sore hari di hari libur adalah menit-menit indah yang mantap dinikmati dengan sebuah film yang bagus, segentong es Milo dan setoples camilan. Sungguh demi tiga hal itu saya rela berpontang-panting sejak pukul enam pagi, di hari weekend, mengerjakan semua pe-er agar di jam tiga sore bisa santai berleha-leha di depan laptop. Kenyataannya sungguh tidak mudah saudara-saudara, sebagian besar waktu tersebut habis untuk mempersiapkan makanan agar layak difoto, memotretnya berkali-kali dan berkali-kali dengan berbagai macam angle, dan ketika semua itu berakhir meninggalkan cucian piring segambreng. Kadang semuanya baru berakhir di jam delapan malam. 😎

Resep Cupcake Kacang Merah JTT
Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Sungguh food photography terkadang saya anggap sebagai kegiatan konyol. Agar hasil foto terlihat cantik, terkadang dua atau tiga piring harus dikorbankan saat memajang makanan. Demi memberikan ilusi seakan masakan dihidangkan untuk beberapa orang. Kenyataannya, pada akhir sesi foto semua makanan yang terpajang itu saya ceburkan kembali kedalam panci atau wajan. Terkadang agar tumpukan makanan terlihat membumbung tinggi sementara porsinya hanya pas-pasan, sebuah mangkuk kecil atau gumpalan tisu saya letakkan dibawahnya. Cara ini ampuh membuat volume makanan terlihat lebih banyak tanpa harus memasak dalam porsi besar. Fotografer profesional umumnya mengandalkan Photoshop untuk membuat obyek foto menjadi double atau triple, tapi saya hanyalah fotografer makanan amatiran, dan kemampuan Photoshop saya belum secanggih itu, jadi cara manual masih dilakukan. Tapi cara ini jugalah yang menyebabkan tumpukan perabotan kotor menjadi lebih banyak pada akhir sesi pemotretan. Kecuali jika kondisi sudah sedemikian melelahkan, biasanya saya sudah tidak peduli lagi dengan tata letak dan tampilan. Bahkan terkadang setting meja dengan pernik-pernik yang sama akan digunakan untuk memotret obyek makanan yang berbeda. Tobat dah.

Resep Cupcake Kacang Merah JTT
Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Kondisi hectic diatas tentu saja tidak selalu terjadi di setiap weekend. Ada saat-saat dimana rasa malas luar biasa mendera, sehingga yang ingin saya lakukan hanyalah melakukan kegiatan super tidak produktif yaitu menonton YouTube seharian. Swear, taraf kecanduan saya akan internet, terutama YouTube memang sudah masuk dalam tingkat akut. Betapa inginnya dari lubuk hati yang paling dalam, selama sehari penuh saya tidak berurusan dengan laptop dan handphone. Bahkan sepertinya minus di mata akhir-akhir ini semakin bertambah, karena tarif di argo taksi saja semakin susah dibaca. Radiasi layar handphone lebih berbahaya dibandingkan dengan komputer. Buktinya dulu ketika masih memakai handphone jadul, bukan smartphone seperti saat ini, mata saya masih termasuk normal walaupun tiap hari dari pagi hingga malam digeber didepan layar laptop. Tapi sejak sering dipakai browsing internet dan menonton video melalui smartphone, dalam beberapa tahun kemampuan mata menurun drastis. Sungguh, teknologi memang memberikan kemudahan tapi tidak tanpa pengorbanan yang besar. 

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Nah menuju ke resep cupcake kacang merah yang super mudah ini. Saya menemukan resepnya ketika menonton vlog Weed'em n Reap. Ini adalah vlog farming lainnya yang menjadi favorit saya dan selalu diikuti perkembangannya setiap waktu. Cara membuat cupcake ini super mudah, semua bahan cukup diblender hingga smooth, dituangkan ke loyang dan dipanggang. Tidak perlu dimasukkan kedalam loyang cupcake pun tidak masalah, bisa menggunakan loyang muffin atau loyang persegi atau bulat biasa. Kebetulan saya memiliki kacang merah sisa membuat sup brenebon, dan frosting cream cheese sisa membuat cupcake wortel yang telah saya post di Instagram beberapa waktu lalu, jadi keduanya lantas dikombinasikan. Tanpa tepung sama sekali, alias gluten-free, dan tekstur cake ini lembut, moist, dan kaya protein karena terbuat dari kacang merah. Apakah cake ini bisa dikukus? Yep, tentu saja bisa.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Red Bean Cupcake (gluten-free)
Resep diadaptasikan dari vlog Weed'em N Reap

Untuk 12 buah

Tertarik dengan olahan manis dari kacang merah lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Es Kacang Merah Nan Legit
Roti Isi Pasta Kacang Merah
Brownies Kacang Merah: Tanpa Telur! Tanpa Tepung! Tanpa Gluten!

Bahan:
- 425 gram kacang merah  (yang sudah direbus hingga lunak)
- 5 butir telur 
- 1 sendok teh vanilla extract
- 1/2 sendok teh garam
- 6 sendok makan minyak sayur
- 100 gram gula pasir
- 50 gram brown sugar/gula pasir
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 1 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda

Bahan frosting:
- 113 gram mentega
- 226 gram cream cheese
- 1 sendok teh vanilla extract
- 1/4 sendok teh garam
- 500 gram gula bubuk
- beberapa tetes pasta warna merah

Cara membuat:

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Siapkan loyang muffin, tata kertas cupcake kedalamnya. Atau gunakan cetakan cupcake silikon seperti yang saya pergunakan, tata cetakan disebuah loyang datar, sisihkan.

Panaskan oven, set disuhu 170'C. 

Masukkan semua bahan cupcake kedalam gelas blender, proses hingga smooth. 

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Tuangkan adonan ke masing-masing cup dengan porsi sama rata. Masukkan ke oven, panggang selama 25 - 30 menit atau tes dengan lidi, jika tidak ada adonan yang melekat ketika lidi ditusukkan ke tengah cupcake maka kue telah matang. Keluarkan dari oven. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dihias dengan frosting.

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan cream cheese (gunakan cream cheese batangan yang padat).  Kocok dengan speed sedang hingga smooth, bebas gumpalan, masukkan vanilla extract dan garam, kocok rata. Jangan over mixing karena akan membuat mentega meleleh dan frosting menjadi terlalu lembek. Masukkan gula bubuk, aduk dengan speed rendah hingga tercampur baik.  Beri beberapa tetes pasta warna merah, aduk rata.

Masukkan frosting ke plastik segitiga yang sudah dipasang spuit lubang bulat terbesar. 

Resep Cupcake Kacang Merah JTT

Semprotkan frosting ke masing-masing cupcake, pastikan kondisi kue sudah benar-benar dingin.  Cupcake yang masih hangat akan membuat frosting meleleh. Sajikan.



4 komentar:

  1. Alhamdulillaah
    ada lagi resep cake kacang merah...
    sy divonis kolesterol tinggi, syukurlah ada mbak endang yang mikirin resep sehat, segera dicoba nih.
    Trims ya
    Tati-Kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tati, kalau saya tensi agak tinggi Mba, memang kudu jaga makanan banget ya. Moga cepat sehat ya Mba.

      Hapus
  2. Assalaam..
    Mbak endang aq dah coba minggu kemaren, telur disesuaikan bagi penderita kolesterol tinggi: 4 putih + 1 utuh, gak pake frosting, aq taburin aja dark coklat chip banyak2 hehe... trus panggang di baking pan.
    Hasilnya oke, tapi agak basah, apa emang gitu ya? panggang 30 menit, tes lidi mulus.
    Kalo rasanya... testernya anak2, pada gak berhenti comot, malah pesan buat bekal sekolah :)
    Trims ya mbak endang
    TAti-Kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tati, thanks sharingnya ya, saya bikin nggak basah Mba, hanya memang moist banget teksturnya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...