24 Juli 2019

Resep Klapertart Cielov


Resep Klapertart Cielov JTT

Saya sering sekali melakukan hal dengan terburu-buru, demikian pula saat menjajal produk terbaru dari Cielov yaitu klapertart siap masaknya. Sifat jelek itu membuat saya harus membuat makanan ini dua kali! Pertama karena tidak membaca instruksi didalam kemasan dan mengira adonan custard dimasak sebagaimana puding umumnya, membuat saya tidak menambahkan telur kedalam adonan. Kedua, karena mengira produk ini mirip adonan puding umumnya, saya tidak memasak adonan lapisan atas (topping). Ketika kue telah usai difoto saya masih terbingung-bingung sendiri dengan 1 bungkus bahan (bahan B) yang belum dimasak. Saat itu saya berpikir bahan B hanya berisi gula pasir, jadi tidak masalah jika diskip dari adonan. Ternyata oh ternyata, bahan B ini adalah topping klapertart yang harus dicampur dengan kocokan kaku putih telur. Keesokan harinya, sepulang kantor, sayapun harus mengulang memasaknya. Tobat!

Resep Klapertart Cielov JTT

Masalahnya adalah di sekitar rumah Pete sangat jarang yang menjual kelapa muda, sedangkan klapertart tanpa kelapa sama dengan sayur tanpa garam, artinya sama sekali tidak afdol. Kelapa mudanya pun harus yang benar-benar masih lembut, sehingga rasanya manis dengan sedikit rasa gurih khas kelapa. Saat weekend, saya bahkan harus keluyuran seputar jalan Petogogan dan pasar Blok A untuk mencari si kelapa muda, dan sialnya tidak ada satupun penjual kelapa yang buka. Untungnya saya teringat ada satu penjual kelapa yang cukup besar kiosnya di jalan Prof. Dr. Satrio, lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor. Sepulang kantor saya pun mampir ke Bapak penjual kelapa dan membeli beberapa butir kelapa biasa dan kelapa hijau. Saya sangat suka dengan kelapa muda dan airnya, sedangkan kelapa hijau sekaligus berfungsi sebagai detox ringan. Sialnya karena percobaan pertama membuat klapertart yang salah total, hari berikutnya saya harus kembali lagi ke si Bapak penjual kelapa yang tersenyum lebar melihat saya datang dua hari beturut-turut membeli kelapanya. Gubrak!

Resep Klapertart Cielov JTT
Resep Klapertart Cielov JTT

Kalau ada jalan yang super praktis mengapa harus rempong bukan? Termasuk juga jika ada cara membuat klapertart, makanan favorit dengan cara cepat dan instan, maka cara inilah yang saya akan pilih. Kue jadul khas Manado ini dulu termasuk ekslusif dan dijual dalam cup-cup kecil yang mahal harganya. Entah apa yang membuatnya menjadi mahal, mengingat bahannya sangat mudah dan terjangkau. Saya suka dengan camilan ini karena teksturnya yang lembut dan creamy sehingga mudah ditelan. Kelapa muda lembut didalam adonan custardnya membuat kue ini semakin gurih. Entah siapa si jenius yang menciptakan kue ini, yang jelas adonan custard klapertart sebenarnya kuliner yang berasal dari Belanda (Eropa) yang kemudian mendapatkan penyesuaian dengan lidah lokal sejak jaman kolonial. termasuk irisan kacang kenari sebagai topping-nya. Sudah umum dikenal jika daerah di Indonesia Timur banyak memproduksi kacang kenari. Kini klapertart menjadi kuliner lokal Manado yang populer di negara kita.

Resep Klapertart Cielov JTT
Resep Klapertart Cielov JTT

Ketika Cielov meminta saja menjajal produk baru mereka yaitu klapertart instan, saya langsung berminat. Selama ini Cielov terkenal dengan produk silky pudding mereka yang laziz. Saya suka produk puding Cielov, teksturnya lembut, varian rasanya pun sangat banyak dan memang lezat rasanya.  Adik saya, Wiwin, bahkan sering menyetok puding siap makan dari Cielov di chiller kulkasnya, kedua putranya sangat maniak dengan puding enak ini. Selama ini kendala membuat klapertart adalah menemukan komposisi tepung yang pas didalam adonan custardnya, terlalu banyak terigu akan membuat adonan agak keras, namun jika kurang maka custard terlalu lembek, kurang memiliki body. Nah sekarang tidak perlu pusing-pusing lagi karena takaran bahan didalam produk klapertart Cielov sudah sedemikian pas, kita hanya perlu menambahkan susu cair dan sebutir kuning telur saja. Teksturnya sungguh sesuai dengan selera saya. 

Resep Klapertart Cielov JTT

Uniknya selain bahan custard, Cielov juga melengkapi produk klapertart ini dengan bahan topping.  Cukup menambahkan sebutir putih telur yang dikocok hingga kaku ke bahan topping yang dimasak bersama susu cair, topping ini akan mengeras ketika dingin dan membuat klapertart menjadi terlihat cantik. Bukan klapertart namanya jika tidak menggunakan kismis, irisan almond dan kayu manis bubuk (di Manado biasanya menggunakan irisan kacang kenari), nah Cielov sudah memikirkan hal itu. Semua topping ini sudah tersedia didalam kemasan produk dan siap digunakan. Tak perlu pusing-pusing menyediakannya. Overall, produk klapertart Cielov ini super mudah dimasak, rasanya pun sangat lezat.

Klapertart dari Cielov ini bisa didapatkan di online shop seperti Tokopedia atau kontak IG Cielov di @cielov_indonesia, WA di 0853 7487 5616 atau kunjungi website Cielov di www.cielovsilkypudding.com ya. 

Berikut ini resep dan prosesnya. 

Resep Klapertart Cielov JTT

Cielov Klapertart
Untuk 13 cup

Resep Cielov lainnya:
Cielov Silky Pudding

Bahan lapisan bawah:
- 1 bungkus bahan A Cielov Klapertart
- 500 ml susu cair
- 250 ml air kelapa / susu cair
- 1 butir kuning telur, kocok lepas
- 200 gram daging kelapa muda, iris tipis

Bahan lapisan atas:
- 1 butir putih telur
- 1 bungkus bahan B Cielov Klapertart
- 250 ml susu cair

Topping:
-  kismis, irisan almond, kayu manis bubuk dalam paket Cielov Klapertart

Persiapan:
Siapkan cup alumunium foil atau wadah tahan panas lainnya, sisihkan. Siapkan daging kelapa muda, iris panjang kasar, sisihkan.

Membuat lapisan bawah:

Resep Klapertart Cielov JTT

Siapkan 1 bungkus bahan B Cielov Klapertart. Sisihkan.

Siapkan panci, tuangkan bahan B, susu cair dan air kelapa. Aduk rata dengan spatula balon. Masukkan kuning telur, aduk rata. 


Resep Klapertart Cielov JTT

Masak adonan dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga kental dan mendidih. Angkat, tambahkan irisan kelapa muda, aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang, kira-kira menjadi 13 cup. Sisihkan

Membuat lapisan atas:

Resep Klapertart Cielov JTT

Tuangkan putih telur di mangkuk, kocok dengan mikser speed tinggi hingga kaku. Sisihkan.

Siapkan panci, masukkan bahan B Cielov Klapertart dan 250 ml susu cair. Aduk dan masak dengan api sedang hingga hampir mendidih. Angkat.

Resep Klapertart Cielov JTT

Tuangkan adonan panas ini ke putih telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larutan habis dan adonan tercampur baik.

Tuangkan  adonan putih telur ke permukaan klapertart, bagi porsinya sama rata.

Tata kismis, almond iris di permukaan klapertart dan taburi dengan kayu manis bubuk. Masukkan ke chiller kulkas dan sajikan dingin.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...