24 Juli 2017

Review Puding Cielov - Silky Pudding yang Super Nyutra


Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Puding, hm, siapa yang tidak menggemarinya. Makanan favorit saya, dan sepertinya menjadi makanan favorit bagi banyak orang, baik tua maupun muda. Beberapa waktu yang lalu puding sutera alias silky pudding menjadi makanan populer di Indonesia. Teksturnya yang lembut, super lumer dimulut, selayaknya sutera menjadikan makanan ini diburu banyak orang. Saya bahkan sanggup menyantap bercup-cup puding sutera tanpa bosan, karena sensasi lumernya membuat dessert ini sama sekali tidak 'memuakkan' atau menjadikan kita 'eneg' kala mengudapnya dalam porsi banyak. 

Biasanya bakery atau online shop menjualnya dalam wadah cup dengan harga yang cukup menguras kocek. Harganya yang mahal terkadang membuat saya menggaruk-garuk kepala dan bertanya di dalam hati, bahan apa sih yang membuatnya menjadi mahal? Jika dulu saya sering bertanya-tanya bagaimana caranya menciptakan tekstur puding yang super lumer ini, kini jawabannya ternyata sangat mudah. Kunci rahasianya adalah di bubuk puding khusus yang telah diracik sedemikian rupa untuk menghasilkan si sutera ini. Nah salah satu bubuk puding sutera atau silky pudding powder yang telah saya coba dan hasilnya mantap adalah merk Cielov. Super nyutra! ^_^

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut
Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Sebenarnya saya sudah tahu cukup lama mengenai bubuk silky pudding merk Cielov. Adik saya, Wiwin, bahkan sudah beberapa kali membelinya dan bahkan pernah memamerkan kemampuannya meracik puding sutera 'homemade' yang dia katakan, "Resepnya rahasia ya."  Resep rahasia yang dimaksud oleh adik saya ini ternyata melibatkan si bubuk silky pudding yang sudah ready dengan varian aneka rasa. Tapi dasar saya memang sukanya yang ribet-ribet, rasa penasaran membuat saya kemudian mencoba mengutak-atik resep puding sutera sendiri. Kali ini tanpa melibatkan bubuk silky pudding ready made, hasilnya bisa anda baca dan klik resepnya pada link disini. 

So far, buatan sendiri dengan mencampur adukkan aneka bahan tidaklah terlalu mengecewakan. Tapi saya akui, teksturnya memang tidak selumer silky pudding Cielov, kesan 'nyesss' yang umumnya terasa ketika menyantap puding sutera yang sebenarnya kurang muncul. Plus tentu saja prosesnya lebih ribet. Selain itu, puding sutera buatan sendiri terkendala dengan varian rasa yang terbatas. Rasa seperti taro, mangga, bubble gum, red velvet, tentunya sulit untuk diperoleh jika membuatnya sendiri dari bubuk agar-agar atau jelly biasa. Jadi ketika Mba Kiki dari Cielov mengontak saya melalui Instagram untuk mereview bubuk puding suteranya, langsung saja tawaran tersebut saya terima dengan senyum selebar ember.  ^_^

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut
Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Minggu lalu, paket puding saya terima. Isinya cukup membuat surprised karena sangat banyak. Enam paket puding aneka rasa: strawberry, bubble gum, taro, green tea, Thai tea, red velvet, dan mango membuat saya puyeng hendak mengeksekusi rasa yang mana terlebih dahulu karena saya tahu semua sedap! Selain itu Mbak Kiki juga membekali saya dengan aneka cup plastik untuk wadah puding, serta botol-botol gelas imut seperti gambar diatas. Tidak berhenti sampai disitu, paket juga disertai dengan dua kotak susu cair full cream dan susu kedelai. Terus terang isi paket ini sangat membuat saya ber-oh, dan ah sendiri di dapur kala membuka pembungkus masing-masing bahan dan alat satu persatu. Untungnya weekend lalu luka ditangan saya sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, jadi setelah dua minggu vakum memasak dan menyentuh alat dapur, puding sutera Cielov menjadi makanan perdana yang saya eksekusi.  

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut
Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Berbeda dengan puding sutera buatan sendiri, maka menggunakan  bubuk puding sutera yang sudah jadi seperti ini super duper mudah. Cukup masukkan 1 paket puding ke dalam panci, plus air dan susu, masak hingga hampir mendidih dan cetak di cup. Super simple. Setiap kemasan puding diberikan instruksi pembuatan dan takaran susu yang dipergunakan,  jadi cukup ikuti saja instruksi tersebut dan hasilnya pasti mantap. Disarankan menggunakan  dua jenis susu yaitu susu cair full cream dan susu kedelai, walau  salah satu dari kedua susu tersebut tetap lezat. Ciri khas puding sutera selain tekstur yang lembut dan halus, adalah rasanya yang ringan dan tidak terlalu manis. Mungkin maksud mencampurkan susu cair biasa dengan susu kedelai untuk menghasilkan rasa yang tidak terlalu berat tersebut. Yang jelas, ketika puding mendingin dan mulai mengeras, empat cup kecil puding saya gasak dengan cepat dan itupun masih kurang rasanya! Saya bermaksud hendak menyikat semuanya, jika saja tidak teringat teman-teman kantor yang berteriak ingin mencicipinya ketika paket puding itu saya terima. 

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut
Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Saya pribadi merekomendasikan bubuk puding sutera Cielov ini untuk dicoba dirumah, sama sekali tidak mengecewakan. Puding ini juga memiliki super banyak varian rasa yang pasti akan membuat kita pusing hendak memilih yang mana, seperti matcha greentea, red velvet, strawberry, taro, mango, chocolate, choco oreo, blueberry, bubble gum, vanilla blue, lyche, guava, honey dew, banana, cappuccino, mung bean, soursop, peppermint, pineapple dan masih banyak lagi. Bagi anda yang suka puding dengan guyuran vla maka Cielov menyediakan dua varian: Lava dan Original. Paket puding jenis Lava disertai dengan bubuk vla instannya, sedangkan Original hanya paket pudingnya saja. Sayangnya ketika mencobanya kemarin saya memilih jenis original semua. Hm, jadi penasaran dengan versi yang menggunakan vla. ^_^

Cielov silky pudding sudah mengantongi ijin nomor P-IRT: 5083273013121-22 dan Sertifikat Halal No: 01201183410317. Jika anda berminat untuk memiliki bubuk puding sutera merk Cielov dan tidak sabar untuk segera mencobanya, bisa langsung kontak Mbak Kiki (SMS/WhatsApp) di: 083871711801. Line ID: pratiwirizkie. Instagram: @silkypudding_cielov dan juga bisa klik pada link WA disini.  Mbak Kiki dengan happy akan membantu anda. 

Ah, saya lanjutkan menyantap sisa silky pudding di kulkas ya, puding ini terlalu enak untuk dibagi. ^_^

Berikut ini proses pembuatan silky pudding Cielov untuk rasa Thai tea dan red velvet. 

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Puding Cielov - Silky Pudding yang Super Nyutra
Resep tertera di kemasan pembungkus silky pudding Cielov

Untuk sekitar 16 cup per paketnya, dengan cup kecil diameter + 6 cm

Bahan:
- 1 bungkus puding Cielov, saya pakai rasa red velvet, bubble gum dan thai tea
- 500 ml susu cair full cream, merk apapun
- 500 ml susu kedelai kotak (saya pakai merk V-soy)
- 500 ml air biasa

Peralatan:
- panci (sauce pan) untuk merebus
- spatula / alat pengaduk
- saringan dengan kawat penyaring yang halus, bisa pakai selembar kain tipis
- aneka gelas/cup yang memiliki penutup untuk wadah puding (bisa menggunakan cup plastik atau botol gelas)

Cara membuat:
Puding Cielov rasa red velvet

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Siapkan panci, masukkan 1 bungkus puding Cielov rasa red velvet. Tuangkan susu cair full cream, susu kedelai dan air. Aduk hingga rata. 

Masak puding dengan api sedang sambil larutan diaduk-aduk hingga panas dan hampir mendidih (jangan sampai mendidih agar puding tidak pecah). Permukaan cairan puding tampak mengeluarkan uap panas dan muncul satu atau dua  letupan kecil. Angkat dan saring puding. 

Tuangkan ke cup-cup yang sudah dipersiapkan. Biarkan hingga uap panasnya hilang, tutup cup dan masukkan ke kulkas. Santap ketika puding benar-benar dingin. Super sutera!

Puding Cielov rasa Thai Tea

Review Puding Cielov - Silky Puding yang Super Lembut

Di dalam kemasan terdapat 2 paket terbungkus foil, berisi bubuk Thai tea dan bubuk puding. 

Siapkan panci, masukkan 500 ml air, masak hingga mendidih, matikan kompor. Tuangkan bubuk Thai tea ke air panas. Diamkan selama 10 menit, saring. 

Siapkan panci, masukkan bubuk puding, susu cair full cream dan susu kedelai,  aduk rata. Tambahkan air teh yang sudah disaring. Aduk hingga rata. 

Masak puding dengan api sedang sambil larutan diaduk-aduk hingga panas dan hampir mendidih (jangan sampai mendidih agar puding tidak pecah). Permukaan cairan puding tampak mengeluarkan uap panas dan muncul satu atau dua  letupan kecil. Angkat dan saring puding. 

Tuangkan ke cup-cup yang sudah dipersiapkan. Biarkan hingga uap panasnya hilang, tutup cup dan masukkan ke kulkas. Santap ketika puding benar-benar dingin. Super nampol!




13 komentar:

  1. Selamat pagi Mba. Wah dingin2 dari kota Bajawa lihat puding. Mau tanya apakah produk ini sudah dijual bebas? Dan wadah pudingnya beli dimana ya? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak dijual di supermarket mba, kalau mau pesan kudu ke nomor yang saya berikan diatas atau melalui IG ya, gelas2 puding juga bs dibeli dinomor tersebut. Kontaknya ke Mba Kiki ya.

      Hapus
  2. Mba Endang, ada rekomendasi cake/ouding tanpa susu atau telur? Lagi cari resep untuk bikin kue ultah anak saya, alergi susu,telur. Tq mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Risma, saya jarang buat cake/bolu tanpa telur Mba, ada brownies:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/10/brownies-kacang-merah-tanpa-telur-tanpa.html

      atau yang pakai tahu:
      http://www.justtryandtaste.com/2012/02/eggless-tofu-chocolate-cake-cake-coklat.html

      kalau ada susu cair bs diganti santan atau susu kedelai

      Hapus
    2. Mbaaa Endang, makasiii banget. Hepiiii nanya ke mba Endang dna dibalas. Msh ada waktu utk belajar resep kue nya sebelum benar2 ultah 10hr lagi. Thanks bgt mba

      Hapus
    3. sama2 mba, moga kue ultahnya sukses yaaa

      Hapus
  3. Mba, puding ini kenapa harus disaring ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya smooth, tdk bergerindil mba, tdk disaring juga tdk apa2 ya

      Hapus
    2. Pagi Mba Risma, Mba Endang.. sebenarnya tanpa disaring pun bisa halus ya. Caranya bubuk cielov dilarutkan dulu di air panas baru dicampur susu dan dimasak sampai hampir mendidih 😊

      Hapus
    3. Halo Mba Kiki, wah makasih tipsnya yaa. Yep sebenarnya sudah sangat smooth ya, saya mengikuti instruksi di kemasan hehhee

      Hapus
  4. Mba... klo susu kedelai d ganti dgn santan bisa tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya sih susu cair saja, tapi kalau mau santan ya bisa2 saja mba

      Hapus
  5. Mba endang, selalu suka sama tulisan2nya :) mba susu full cream itu mksdnya gimana ya? Kalau merek yg dijual bebas dipasaran contohnya apa?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...