31 Juli 2017

Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce) - Mari Kita 'Salted Egg-kan' Semua Makanan ^_^


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Beberapa waktu yang lalu Mba Nydia Jannah, dari Wanita Indonesia, meminta waktu bertemu untuk mengobrol sebentar seputar saus telur asin yang menurutnya sedang booming beberapa waktu ini. Saya hanya berperan sebagai nara sumber untuk satu artikel yang akan beliau tulis di tabloid Wanita Indonesia edisi 1432 tanggal 27 Juli - 2 Agustus 2017 berjudul 'Telur Asin Naik Kelas' yang artikelnya saya cuplik pada gambar dibawah. Sebenarnya hidangan dengan menggunakan kuning telur asin sebagai salah satu bahan/bumbunya sudah cukup lama beredar di berbagai restoran, saya sendiri sering sekali memesan kepiting soka telur asin atau cumi garing telur asin jika berkesempatan bersantap di resto Chinese food. Namun saus telur asin sepertinya sedang naik daun dan dimodifikasikan dalam aneka menu yang terkadang membuat kita menggeleng-gelengkan kepala sendiri. Contohnya onde-onde isi saus telur asin, atau es krim siram saus telur asin, croissant dan aneka roti manis dengan isian saus telur asin menjadi viral dimana-mana karena unik dan membuat orang penasaran ingin mencicipi rasanya. 

Jika anda penggemar berat telur asin,  maka sudah waktunya selangkah lebih maju untuk memodifikasi si kuning telur yang khas rasanya tersebut menjadi saus keju yang bukan hanya sedap untuk dikucurkan dianeka makanan namun juga super duper mudah dibuat. Yuk lanjut! ^_^


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Jika berbicara tentang telur asin alias salted egg maka ingatan kita selalu melayang ke kota Brebes di Jawa Tengah yang menjadi sentra penghasil telur asin terpopuler. Bukan hanya karena telur asin mudah ditemukan disetiap inci di jalanan kota tersebut, namun kualitas telurnya memang diakui sangat baik. Telur asin dan bawang merah seakan menjadi oleh-oleh wajib jika kita berkunjung ke Brebes. Namun apes bagi Samiun, rekan kantor saya yang asli Brebes, setiap pulang kampung maka telur asin menjadi komoditi yang banyak dipesan untuk dibawa ketika kembali ke Jakarta. Bayangkan betapa berat beban yang harus ditanggungnya membawa berkotak-kotak telur asin ke kantor. Berat di badan, berat juga di ongkos, karena pemesan umumnya berharap telur asin gratisan. ^_^

Selama ini jika kita membeli telur asin maka syarat utama adalah rasanya tidak terlalu asin, tidak berbau amis menusuk atau berbau aneh lainnya, dan kuning telur berwarna jingga cerah hingga kemerahan dan mengeluarkan minyak. Telur yang seperti ini berarti diasinkan dalam lingkungan yang baik dan masih fresh. Walau Brebes terkenal sebagai sentra telur asin, namun mengasinkan telur hingga tahan berbulan-bulan lamanya  ini sebenarnya diadopsi masyarakat Indonesia dari China.  Masyarakat China telah melakukan pengawetan telur dengan cara diasinkan sejak abad ke 6. Mereka membuat larutan dengan kadar garam tinggi dan merendam telur kedalam larutan tersebut. Telur bebek menjadi pilihan karena memiliki kulit lebih tebal sehingga kandungan garam yang berpenetrasi ke dalam telur tidak terlalu tinggi dan membuat rasanya tidak terlalu asin. Selain itu kuning telur bebek berwarna jingga cerah sehingga tampak lebih cantik kala dijadikan sebagai isian mooncake karena melambangkan bulan. 



Masyarakat Indonesia dan Filipina memiliki metode yang sama kala mengasinkan telur yaitu dengan tanah mengandung lempung yang dicampur garam dan sedikit air hingga menjadi adonan yang bisa dipakai untuk membungkus telur. Di Filipina metode ini disebut dengan Patero sytle, karena dipopulerkan di kota Pateros, Metro Manila. Saat ini masyarakat kita banyak menggunakan abu gosok atau bata merah yang dihancurkan hingga menjadi seperti pasir, mencampurkannya dengan garam dan sedikit air. Dulu, Ibu saya bahkan membuat telur asin sendiri di Paron, karena telur bebek yang sangat murah harganya. Beliau membuatnya dengan menggunakan abu gosok dan hasil telur asinnya tak kalah dengan yang dijual di Brebes. ^_^

Wokeh sekarang ke saus telur asin. Makanan dengan saus telur asin sebenarnya dipopulerkan di Singapura, yang kemudian kita adopsi dan disesuaikan dengan makanan lokal seperti serabi siram saus telur asin, atau onde-onde isi saus telur asin. Rekan kantor saya, Mbak Mirah, bahkan kemarin baru saja bercerita mendapatkan sebungkus potato chips rasa telur asin. Menurut beliau, adiknya yang berkunjung di Singapura harus rela antri panjang untuk bisa mendatkan snack tersebut karena penggemar yang membludak. Well, keripik kentang rasa telur asin belum masuk ke Indonesia saat ini, namun saya yakin sebentar lagi pasti akan ada versi lokalnya. ^_^


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)
Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Terpicu dengan rasa penasaran dengan saus telur asin versi sendiri maka minggu lalu, sepulang kantor saya mampir ke warteg dibelakang gedung dan membeli 6 butir telur asin. Andai tersedia telur asin Brebes, tentu saya akan memilih versi tersebut, tapi telur asin biasa ternyata sudah mantap rasanya. Untuk membuat saus atau aneka makanan berbalut adonan telur asin, maka hanya bagian kuning telur saja yang dipergunakan. Terus terang jika menyantap telur asin, maka bagian kuning selalu menjadi favorit dibandingkan putihnya, karena terasa tidak terlalu asin, gurih dan berlemak. Kuning telur biasanya dihancurkan dan dicampurkan ke dalam adonan, misal ketika hendak membuat adonan tepung untuk cumi-cumi garing telur asin, atau kepiting soka telur asin. 

Nah tiga bahan utama penyusun salted egg sauce sebenarnya hanyalah kuning telur asin rebus, susu cair dan mentega, sementara bahan-bahan lainnya hanya  sebagai bahan penunjang dan untuk meningkatkan rasanya menjadi lebih nendang. Mentega membuat rasa dan aroma saus lebih harum, milky dan sedap, jadi usahakan jangan menggantikan mentega dengan margarine atau minyak.  Agar rasa saus tidak terlalu asin, namun volumenya tetap banyak maka saya mencampurkan kuning  telur asin dengan kuning telur ayam rebus biasa. Tapi menurut saya menggunakan telur asin semua tidak akan membuat saus terlalu asin karena kandungan bahan lainnya yang banyak.


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)
Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Supaya rasanya lebih gurih, tidak terlalu eneg dan lebih sedap maka saya memasukkan tumisan bawang putih, cabai bubuk, saus tiram dan kecap Inggris (Worcestershire sauce). Keju parut dan susu bubuk sebenarnya optional, rasa saus sudah sangat sedap tanpa tambahan kedua bahan tersebut, namun saya akui tambahan keju dan susu bubuk membuat saus menjadi lebih kaya akan rasa. Jika anda hendak menghidangkannya untuk si kecil maka saus dengan rasa cheesy dan milky biasanya lebih mudah menjadi favorit. Skip penggunaan cabai bubuk di resep jika saus ditujukan untuk anak-anak, walau saya akui cabai bubuk dan saus tomat memberikan warna lebih menarik pada saus.

Saus ini terasa asin, gurih, creamy dan pedas, dan sangat sesuai untuk mendampingi makanan seperti ayam goreng tepung, calamari, cocolan ebi furai, sebagai saus spaghetti, dikucurkan pada kentang rebus, cocolan keripik dan aneka gorengan. Jika anda hendak membuat versi yang tidak pedas, lebih creamy dan cheesy misal untuk isian roti, olesan roti tawar, disantap bersama pancake, dikucurkan di atas permukaan es krim, cocolan kentang goreng, maka cukup masak kuning telur asin bersama susu cair, susu bubuk, keju dan sedikit gula dan garam. Versi yang terakhir ini lebih aman untuk dikudap anak-anak.



Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)
Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Proses membuat salted egg sauce super duper mudah, saya memasak terpisah antara rebusan kuning telur asin dengan tumisan bawang putih, karena rebusan telur perlu diproses hingga smooth di blender. Jika anda memiliki hand blender maka prosesnya lebih simple karena hand blender bisa langsung menghaluskan makanan di panci tanpa harus menuangkannya ke dalam gelas. Proses memblender ini penting karena akan membuat saus memiliki tekstur super smooth, jika tidak memiliki blender maka saus bisa disaring menggunakan saringan kawat biasa. Susu cair  di resep bisa ditambahkan sesuai selera mengingat saus ketika telah dingin akan mengental dan mungkin agak susah ketika dicampurkan dengan makanan, namun untuk cocolan keripik maka saus yang kental lebih mudah digunakan. Saus ini tahan hingga 3 hari di dalam chiller kulkas, saya belum pernah menyimpannya di freezer, tapi karena saus berbentuk seperti emulsi maka kemungkinan menjadi pecah dan rusak bisa saja terjadi jika disimpan dalam kondisi beku.

Nah weekend kemarin, setelah berhasil menghasilkan sekitar 500 ml salted egg sauce, saya lantas mempermaknya menjadi aneka masakan. Salah duanya adalah ayam goreng crispy siram saus telur asin seperti gambar diatas dan spaghetti jamur dengan saus telur asin yang hari ini saya bawa ke kantor untuk dicicipi beberapa rekan, menurut mereka rasanya sedap. Kedua resep makanan tersebut akan saya posting menyusul ya.


Berikut ini resep dan proses membuat Cheesy Salted Egg Sauce alias Saus Telur Asin Keju. 


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 500 ml saus telur asin

Tertarik dengan resep saus lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai
Pancake Sosis dengan Saus Keju
Yong Tau Foo dengan Saus Pedas Asam Manis

Bahan:
- 80 gram mentega (usahakan jangan diganti margarine)
- 6 butir kuning telur asin rebus
- 4 butir kuning telur biasa, rebus (bisa menggunakan kuning telur asin semua)
- 200 - 300 ml susu cair full cream
- 2 sendok makan susu bubuk full cream
- 55 gram keju cheddar parut

Bumbu:
- 1 sendok makan mentega
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok makan saus tomat
- 1 sendok teh cabai bubuk 
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire Sauce)
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh merica hitam tumbuk atau merica putih bubuk biasa
- 1/4 sendok teh garam
- 1 batang daun bawang, rajang halus (optional)

Bumbu lain yang bisa ditambahkan (optional):
- beberapa lembar daun kari/salam koja
- bubuk kari instan

Cara membuat:


Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Siapkan pan, panaskan 1 sendok makan mentega hingga meleleh. Tumis bawang putih hingga harum dan sedikit kecoklatan. Masukkan saus tomat, cabai bubuk, saus tiram, kecap Inggris, gula pasir, merica, dan garam. Aduk dan tumis hingga mendidih menggunakan api kecil saja, matikan kompor. Sisihkan tumisan. 

Siapkan panci kecil, masukkan 80 gram mentega (sekitar 3 sendok makan). Panaskan dengan api kecil hingga meleleh dan panas. Masukkan kuning telur, aduk dan hancurkan hingga tercampur rata dengan mentega. Masukkan susu cair dan susu bubuk, aduk dan masak dengan api kecil sambil saus diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan kompor, biarkan saus agak sedikit mendingin. 

Resep Saus Telur Asin Keju (Cheesy Salted Egg Sauce)

Masukkan saus dan tumisan ke dalam gelas blender, jika anda memiliki hand blender maka itu lebih baik karena saus bisa langsung diblender dipanci hingga smooth. Karena saya tidak memilikinya, maka saya proses saus di dalam gelas blender biasa. Proses selama beberapa detik saja hingga smooth. Tuangkan kembali saus ke panci, masukkan keju cheddar parut, dan masak saus  dengan api kecil hingga keju meleleh sempurna dan saus mendidih. Jika terlalu kental maka tambahkan susu cair.  Aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam sesuai selera. Segera angkat saus dari kompor. 

Note: Dalam daftar bahan susu cair yang saya berikan antara 200 - 300 ml, jika menginginkan saus yang agak encer maka gunakan semua takaran susu cair yang diberikan. Saus akan mengental ketika telah dingin. 

Saus bisa digunakan untuk menemani berbagai makanan, misal sebagai saus pasta, cocolan fish and chips, cocolan keripik,  disiram di permukaan ayam goreng atau seafood (calamari, dan ikan goreng). Super yummy!

Source:
Wikipedia - Salted Egg



58 komentar:

  1. Mba Endang, apakah bias juga diberi dengan daun kari? Soalnya jajanan yang saya makan dengan saus telur asin menggunakan daun kari yang bikin Wangi nya lebih nendang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan Mba, itu sesuai selera saja ya, ada yang menambahkan kari bubuk isntan juga untuk versi lain, dan daun kari jika suka. Saus ini bs dimodif sesuai selera mba.

      Hapus
    2. Mbak Endang, jika ditambahkan daun kari berapa banyak untuk resep di atas mbak? Terus apakah dimasukkan begitu saja atau disobek-sobek?
      Jikasudah paka daun kari apakah bisa menambahkan bumbu kari instan juga? Berapa banyak untuk resep di atas mbak?
      jika ditambahkan keduanya apakah nanti rasanya jauh lebih nendang mbak?
      Masaih ya mbak.

      Hapus
    3. pakai sekitar 1 atau 2 tangkai Mba, dilepaskan daunnya dari tangkainya ya tdk disobek2. Bisa menambahkan bubuk kari instan, sesuai selera saja mba. Rasanya akan kari banget ya, hehehhe. Tapi itu selera sih. Pengalaman saya makan di saus ini di sebuah resto, pakai daun kari tapi sausnya gak berasa kari

      Hapus
  2. hai mba endang, thanks sharing resep ini.

    karena sebetulnya saya jg suka banget menu makanan yg pakai saus telur asin ini, dan udah pernah coba buat juga cm bedanya ga pakai susu full cream, next kalau buat lagi sy pakai rsep mba yg ini supaya lbh nendang ^^

    sy nantikan resep ayam chrispy saus telur asin + spaghettinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Raisa, thanks ya, moga suka resep yang ini. Susu full cream memang membuat tastenya lebih mantap

      Hapus
  3. Halo mba endanh, salam kenal..
    Kalau boleh tau fungsi penggunaan 2 jenis susu (susu cair dan susu bubuk)apa gunanya ya dalam saus ini? Kalau susu cair saja bagaimana y? Sebelumnya terima kasih resepnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bs pakai susu cair semua, saya suka tambahkan susu bubuk supaya rasanya lebih miky tanpa menambahkan banyak cairan

      Hapus
  4. Senengnya ngikutin JTT... selalu dapat resep masakan yang lagi booming. Padahal sebelumnya gak tertarik, karena udah terasa amis duluan... Tapi baca tulisan mbak Endang jadi pengen banget nyoba... kudu dicoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nina, kudu dikasih bumbu dan cabai bubuk supaya gak amis. karena kalau tanpa bumbu2 maka aroma telurnya jadi kuat banget hehehhee

      Hapus
  5. Hai mba Endang salam kenal.. saya belum pernah makan saos telur asin karna terbayang bau amis telur,tapi penasaran banget mau nyoba resepnya.. setelah jadi tercium bau amis khas telur asin ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, salam kenal juga ya. Aroma amisnya sih terttup sama bumbu dan keju ya, tapi rasa telur asinnya masih terasa.

      Hapus
  6. Waaaaa, senangnya mbak Endang mengulas resep salted egg sauce! Saya suka banget salted egg chicken rice, siap dipraktikkan!

    BalasHapus
  7. menyadari mb End smakin ngembangin sayap malaikatnya, uda hampir jd seleb dr jalur pengamat kuliner, sy jd dikit khawatir waktu utk kita2 jd berkurang, please..tetap punya wkt utk kami dlm hal membagi cerita, berbagi resep dan membalas semua komen yg senantiasa penuh sabar dan bersahabat, trus sukses mb End, doa dan kecup slalu buat mb End

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, masih jaauuuh banget Mba, waktu tetap banyak buat nulis dan share masakan hehehe

      Hapus
  8. g sabar nunggu resep ayam krispi saus telur asinnya

    BalasHapus
  9. Halo mbak endang. Resep saus telur asinnya sepertinya wajib dicoba.
    Mbak request dong, Resep telur dadar Padang yg enak. Saya sudah coba beberapa resep dari Google tapi gak da yg seenak rumah makan Padang. Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba, telur dadar padang belum pernah coba wakakka, keknya cuman telur pakai rajangan daun bawang ya, atau ternyata bukan begitu ya hehehehe

      Hapus
  10. Mba Endang, you are the best^.^
    Akhirnya nemu juga cara bikin saus telur asin, yeeayy
    Akan segera dicoba nih

    BalasHapus
  11. Mbak Endang, kalau masak dengan kuning telur asin sebanyak itu, lalu yang putih telurnya enaknya dibikin apa ya biar gak mubadzir?
    Hehe..
    Terima kasih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. putihnya saya bikin nasi goreng, campuran pasta atau mie goreng hehehe

      Hapus
    2. Hehe, udah ada yg nanya.. putihnya diapain biar ga mubazir
      Kalo dibuat mie goreng dll, cukup dicincang ato dihancurkan trus perlu mengurangi porsi garam ga mba

      Hapus
    3. Di cincang saja Mba, bukan dihancurkan ya, jadi kek telur dadar orak arik heehhe

      Hapus
  12. Mbak endang makasiii banyak ya ilmunya ini yg saya cari, hihii.. mbak mau tanya kalau bikin banyak terus disimpan di kulkas/freezer bisa gak ya? Tahan berapa lama? Makasiii mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Christina, saya belum trial simpan di freezer Mba, kalau di chiller bs tahan selama 3 hari an ya.

      Hapus
  13. halo Mbak... saya mau tanya, jika saus telur asin ingin dicampur ke keripik seperti model keripik saus telur asin yg hits itu, apakah sama seperti ini resepnya, lalu tinggal di aduk2 sama keripik kentang yg masih polos??

    bagaimana dengan keawetannya.. karena keripik kentang itu kan tahan berbulan2.. apakah ini bisa tahan juga?

    terima kasih sblmnya.. semoga jawaban dari mbak bisa menutupi rasa penasaran saya.. ^^

    regards,
    sisca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sica, kalau keripik itu setahu saya diaduk bersama adonan campuran tepung, baru kemudian keripik dicelupkan ke adonan dan digoreng hingga crispy ya. Jadi keripiknya garing renyah hanya berasa telur asin.

      Hapus
  14. Telur asin... anak saya suka banget gadoin telur asin. Kalo beli 3 biji 10 ribu,cuma cukup buat dya makan doang, ga bisa dibikin apa2 πŸ˜‚.... pernah coba bikin dari telur ayam di rendem air garam 3 minggu, abis sama dya juga. Ampun, dah....
    Saus telur asin ini bisa disimpan berapa lama di kulkas/freezer, Mba? Pengen bikin sekalian banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Emilia, saya biasanya telur asin juga digadoin wakkakak, gak pakai nasi dan bs habis 3 telur sekali makan, tobat.

      saya belum pernah simpan di freezer mba, keknya tetap bs ya, kalau di chiller bs sampai 4 hari mba.

      Hapus
  15. Sudah bbrpp kali coba resep di JTT ini, Dan enak enak 😍 Selanjutnya mau coba buat saus telur asin ini 🀀

    BalasHapus
  16. selamat malam mba Endang. saya mau tanya nih. bbrp waktu yang lalu sy pernah buat saus telur asin juga (sebelum mba posting resep ini). ketika sy buat, saus nya gampang sekali mengeras/padat. padahal saya tidak memasukannya ke kulkas. sehingga ketika sy ingin mengolahnya, sy harus mencampur dengan susu/air lagi. kira2 itu mengapa ya mba? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ria, memang ketika mendingin agak mengental, tapi bukan mengeras. Kalau keras berarti kurang porsi susu cair, tambahkan agak banyak susunya

      Hapus
  17. mbak ini pakai margarin dan mentega apa bedanya ya? saya tidak berani ambil wysman milik ibu saya πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai mentega mba, tapi sya tdk sarankan wysman, karena aromanya terlalu harum untuk masakan. pakai margarine juga bs

      Hapus
  18. Mba endang.. makasih resepnya.. mau tanya kl cheddar biasa pake merek apa? Sy biasa pake kraft. Tapi pucat ya hasilnya hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, pakai cheddar merk apapun di supermarket Mba, memang pucat hahahha, tambah dikit pasta orange supaya warnanya menarik.

      Hapus
    2. Halo mbak, maaf kalo OOT dari saus telur asin..
      Baca ini jadi pingin tanya, kalo red cheddar dg cheddar biasa apa bedanya ya? Kalo pakai cheddar biasa tapi dikasih sedikit pasta orange bisa ya? Apa akan ada jejak rasa orangenya? Thanks, dian

      Hapus
    3. Hai Mba Dian, red cheddar adalah keju cheddar biasa yang mendapatkan tambahan pewarna bisanya dari pewarna alami seperti buah tanaman annato. Bisa tambah pasta pewarna warna orange, bukan perasa orange ya.

      Hapus
  19. Salam, ibu endang kalo saya pake nya telur utuh bisa tidak ya ? Kol rasanya sayang kalo hanya dipake kuning nya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ya mba, hanya kuning telurnya saja, tapi kalau mau dicoba silahkan ya mba

      Hapus
  20. halo mbak :)
    kalau saya pakai unsalted butter nya Anchor bisa gak ya mbak sebagai mentega? apa harus yang salted?

    BalasHapus
  21. Mbak mau tanya haruskah pakai kecap inggris ? Bisa diganti dengan yang lain gak ? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecap Inggris membuat rasanya unik, skip saja kalau nggak ada mba, tetap enak sausnya

      Hapus
  22. Mba, saus telur asin ini apa cocok untuk makanan manis. Soalnya kan ada tuh yg jual marshmalow salted egg yolk sama cheesecake melted isi saus telur asin. Apa perlu ditambah bahan lain? Thanks mba Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba versi manisnya, kayanya bs2 saja, karena kan rasanya creamy.

      Hapus
  23. Mba endang,boleh tidak kalau misalnya untuk daun karinya di ganti dengan daun jeruk. Apakah akan berpengaruh jauh terhadap rasanya? Terimakasih mba

    BalasHapus
  24. Mbak Endang barusan saya eksekusi resepnya. Ayam saya ganti dori. Telur asin kebetulan punyanya yang bubuk. Biar anak bisa makan, sausnya tanpa cabe bubuk. Duh pada bilang enak banget. Anak yang kecil makannya nambah 3x. Saya dan suami nambah 2x. Anak pertama saja yang ga nambah karena dah ngambil porsi besar di awalπŸ˜‚ Biasa beli menu serupa di resto seafood dapatnya sedikit. Masak sendiri puas dapat porsi segambreng. Makasih ya mbak Endang kesayangan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bunda Ghania, thanks sharingnya yaaa, memang bikin nambah2 kalau makan pakai saus ini wakakak. Saya juga lagi kepengen coba versi ikan dori, kebetulan punya banyak di freezer.

      Hapus
  25. Kalo untuk 1 porsi chicken salted egg kira2 butuh telur asin brp butir ya?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...