01 Maret 2016

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai


Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Teman sayaNovi, beberapa waktu yang lalu pernah mengirimkan saya paket salad dan jus dari Amazing Farm. Suaminya kebetulan bekerja di perusahaan penyuplai aneka sayuran organik yang produknya mudah kita temui di supermarket ini. Jika dulu Amazing Farm hanya menyediakan sayuran organik yang belum diproses, maka kini mereka telah mengeluarkan produk-produk salad dan jus siap santap yang rasanya 'alamak' sedapnya. Walau saya sudah menahan diri untuk tidak menghabiskan dua botol jus sayuran itu sekaligus, namun rasanya yang sedap membuat iman saya runtuh. Dalam sekejap dua botol jus dengan volume sekitar 250 ml itu langsung masuk ke perut hanya dalam satu kali kesempatan saja. Jus ini merupakan campuran daun rempah mint dan basil, serta sayuran seperti seledri. Rasanya sangat segar dan lezat. 

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Saladnya sendiri sebenarnya tidak lah terlalu luar biasa, komposisinya seperti salad umumnya yang terdiri atas daun selada keriting, lettuce, paprika, brokoli dan alfalfa sprouts. Tampilannya tentu saja segar dan di-packing di dalam plastik mika. Masing-masing paket kemudian dibekali dengan sebungkus kecil saus. Nah kalau berbicara tentang sausnya, baru salad ini luar biasa. Berbeda dengan saus salad umumnya yang kita jumpai di pasaran seperti Thousand Island, yogurt, dan Italian dressing, maka saus salad dari Amazing Farm ini bernama Asian dressing. Saus ini ringan dengan rasa asam, manis, asin dan diwarnai dengan rempah-rempah Thai yang kuat. Dressing ini juga yang menyebabkan dua mangkuk salad menjadi begitu mudah disantap dan terasa kurang. ^_^

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Beberapa pembaca JTT yang juga mencicipi salad dari Amazing Farm ini pernah menanyakan resep saus ini ke saya melalui kolom komentar. Saat itu saya belum bisa membayangkan rasa dressing yang mereka maksudkan karena belum pernah mencicipinya sendiri. Namun kini, tentu saja saya dengan senang hati berbagi resep dan cara membuat saus yang mudah ini. Sebenarnya dressing salad yang ini tidak jauh berbeda dengan saus asam pedas manis a la Thai yang banyak dijual di supermarket, biasanya yang sering ditemukan di pasaran adalah merk Pantai. Saus ini multiguna artinya bisa dipergunakan untuk menemani aneka makanan, mulai dari bakwan sayuran (resepnya bisa anda klik disini) hingga ikan goreng pun sedap. 

Untuk saladnya, anda bisa menggunakan aneka jenis sayuran seperti selada keriting, lettuce head, selada Romaine, rajangan batang seledri, parutan kasar wortel, ketimun, zukini, tomat, jagung manis rebus, brokoli yang dikukus setengah matang, dan tentunya masih banyak sayuran crunchy lainnya yang sedap dimakan mentah. Untuk buahnya, saya menggunakan apel dan jeruk, namun nanas, anggur, serutan mangga dan kedondong, atau melon juga mantap untuk menemani.  

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Jika kebetulan daun mint dan daun ketumbar mudah ditemukan di sekitar rumah anda, maka cincangan beberapa sendok kedua daun tersebut bisa anda taburkan di permukaan salad. Kedua rempah ini membuat salad anda terasa lebih 'Thai'. Namun jika tidak ada maka salad plus dressing ini sudah cukup lezat. 

Kembali ke dressing, bumbu dan bahannya sangat simple. Cincangan cabai merah dan bawang putih direbus bersama air, cuka, gula dan garam. Untuk membuat rasanya lebih nendang beberapa sendok makan kecap ikan (fish sauce) ditambahkan. Saus yang telah mendidih kemudian dikentalkan dengan menambahkan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air. Saus harus terasa manis, pedas, asam dan asin, mirip dengan rasa cuko pempek serta sedikit kental. Tips utama untuk saus ini agar tidak berakhir menjadi fla pekat adalah menambahkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil saus diaduk hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Saus ini tahan hingga 4 hari lamanya di chiller, jadi anda bisa menuangkan sisa saus ke dalam wadah tertutup rapat untuk dipergunakan next time. 

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai
Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Sebagaimana salad umumnya maka santaplah selagi segar dan tuangkan dressing di detik terakhir ketika salad akan disantap. Menuangkan dressing yang terasa asam, asin dan manis jauh-jauh waktu sebelum dimakan akan membuat sayuran menjadi layu, berwarna kecoklatan dan tidak menarik. Saya biasanya membuat campuran sayuran dan buah ini dalam jumlah banyak, saya masukkan ke wadah besar tertutup rapat dan simpan di chiller. Sewaktu-waktu saya menginginkan salad maka potongan dedaunan dan buah ini telah siap sedia tanpa perlu capek-capek membersihkan dan menyianginya terlebih dahulu.

Hal utama yang menghambat kita mengudap salad sebanyak-banyaknya, biasanya karena malas mempersiapkan sayur dan buahnya. Setidaknya ini untuk kasus saya. Walau terus terang saya akui, sayuran dan buah akan memiliki kandungan nutrisi lebih baik jika dipotong di menit-menit terakhir ketika akan dikonsumsi. Paparan udara pada permukaan buah dan sayuran potong akan membuat buah dan sayur teroksidasi dan mengurangi gizi yang terkandung di dalamnya. Jadi untuk mengurangi proses oksidasi terjadi maka simpanlah potongan buah dan sayuran di dalam wadah rapat di chiller. 

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Seperti yang saya sebutkan diatas, saus ini multiguna karena selain lezat untuk salad juga mantap untuk aneka makanan lainnya. Jika anda membuatnya untuk makanan gurih seperti gorengan atau seafood maka buatlah saus dengan rasa lebih pedas, lebih asam dan asin, karena untuk salad seperti yang dihadirkan kali ini saya membuat rasanya lebih manis. Untuk makanan gurih maka tambahan jahe dan rempah-rempah kuat seperti daun ketumbar juga akan membuat saus ini lebih pas, misalnya untuk menemani ikan gurami yang digoreng utuh, ikan bakar, calamari dan udang goreng. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Resep Salad Sayuran dengan Saus Thai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Salad Sayuran dengan Dressing Jeruk
Russian Salad (Olivier) 
Caesar Salad dengan Ayam Goreng 

Bahan sayur dan buah:
- 1 pohon selada keriting, sobek kasar
- 1 bongkah lettuce head ukuran kecil,  sobek kasar
- 1/2 batang wortel serut kasar
- 2 buah jagung manis rebus/kukus, serut/pipil
- 1 buah apel fuji, potong kubus
- 2 buah jeruk mandarin,  kupas dan lepaskan juringnya

Bahan dan bumbu saus Thai:
- 4 buah cabai rawit merah atau cabai merah keriting, cincang kasar (kurangi jika tidak suka pedas)
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 5 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam
- 3  sendok makan saus sambal botolan
- 2 sendok makan saus tomat
- 2 - 3 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
- 2 sendok teh cuka/vinegar (bisa digantikan dengan air asam jawa atau air jeruk nipis)
- 300 ml air
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 4 sendok makan air 

Bahan lain (optional):
- cincangan daun ketumbar
- cincangan daun mint

Cara membuat:

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Siapkan panci kecil, masukkan semua bahan saus kecuali larutan maizena. Aduk rata. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil saus diaduk hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Jangan memasukkan semua larutan maizena secara sekaligus. Jika saus kurang kental, tambahkan larutan maizena. Aduk hingga saus mendidih. 

Cicipi rasa saus, harus terasa manis, asin dan asam. Angkat dan biarkan saus dingin. 

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Siapkan semua sayuran dan buah, potong dan cuci bersih. Jika anda memiliki salad spinner (alat untuk meniriskan sayuran), maka gunakan alat tersebut agar sayuran menjadi kering. Tata sayur dan buah di mangkuk besar. Tutup permukaan salad dengan plastic wrap dan simpan di chiller. Sisihkan. 

Resep Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Jika saus telah dingin, santap salad bersama kucuran saus di atasnya. Yummy!

Note: sisa saus bisa disimpan di kulkas dalam wadah rapat untuk 3 - 4 hari.




16 komentar:

  1. Sausnya untuk aneka seafood sepertinya sangat cocok ya mba,dan aneka gorengan pastinya hehe..krna saya kurang suka dengan salad. Oya mba endang mau tanya nih,klo abis disimpan dichiller sebaiknya dipanaskan kembali atau tidak usah, jika ingin disantap?
    Thanks. AYU

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ayu, yep bs buat aneka gorengan dan seafood ya, sedap, bikin lebih pedas dan sedikit asam hehehe. Tidak perlu dipanaskan mba, langsung bs buat cocolan ya.

      Hapus
  2. Ak lebih ngiler liat sausnya mba hahaha kayanya enak & seger bgt. Bisa untuk cocolan gorengan ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sausnya mantap mba Raisa, multiguna hehehhe

      Hapus
  3. Alamak sedap nian nampak.
    Wajib dicoba nih.....
    T.O.P deh mba Endang ini.
    Terus berkarya ya mbak....semangat!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Ari, salad ini segar dan sedap buanget. layak dicoba ^_^

      Hapus
  4. Ini yg saya cari2, makasih resepnya mba endang 😝 patut dicoba bikin!
    Oh ya mba minta resep makanan korea tteobeokki dong 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharon sharingnya, tteokbokki sedang mencari waktu untuk dicoba hehheh

      Hapus
    2. Saya juga udah nyoba bkin fire chicken wing ala mba endang. Mantap mba enak bgt ! suamiku minta dibikinin terus. Skrg aku mau nunggu resep tteobeokki dr mba endang aja 😝

      Hapus
    3. Thanks ya Mba Sharon, senang resepnya disuka. Tteokbokki-nya ditunggu saja yaa hehhehe

      Hapus
  5. Resepnya enak2 mbak, udh ada yg aq recook.. Mantap mbak...

    BalasHapus
  6. Fish sauce kalo di skip mempengaruhi rasa bgt gak mba? Susah nyari disini.. Misal diganti dgn ebi kering yg dihaluskan bs gak ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja ya, bisa diganti ebi kering dihaluskan, enak menurut saya Mba Nurlili

      Hapus
  7. Mbaa aku udah bikin sausnya cuma cuka aku tambah 1 sdt. Ya ampun uenakkkk.. Makasih resepnya ya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mb Harsi, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...