29 Februari 2016

Resep Mousse Coklat Alpukat


Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Sudah satu minggu belakangan ini alpukat di Lotte Mart luar biasa mantap mulusnya. Buah berlemak kegemaran saya ini memang susah-susah gampang ditebak isinya. Terkadang permukaan luarnya terlihat kinclong, namun ini bukan berarti lantas daging buahnya pun akan ikutan mulus juga. Seringkali ulat-ulat kecil bersarang disana atau daging buahnya penuh dengan serat-serat coklat kehitaman yang membuat tampilannya tidak menarik. Kejadian mengecewakan yang paling sering adalah alih-alih buah menjadi matang dan lembek, walau telah diperam berhari-hari alpukat tetap keras dan akhirnya menjadi busuk. Entah sudah berapa puluh kali saya kecewa kala membeli alpukat, bahkan ketika membelinya di Puncak sekalipun, tempat dimana barisan pedagang alpukat banyak berjejer ditepian jalan. 

Namun ketika dua minggu lalu saya iseng membeli 3 butir alpukat di Lotte Mart, saya cukup surprised dengan hasilnya. Ketiga buah tersebut ketika dibelah tampak kuning menyala, dengan daging lembut matang sempurna. Bahkan rasa dagingnya yang berlemak ini pun terasa manis. Sukses dengan pembelian pertama membuat saya membelinya lagi setiap kali berkunjung ke supermarket, dan berhubung Lotte Mart ini terletak disebelah kantor saya, maka kunjungannya bisa dikatakan setiap hari. Bagaimana saya tidak bersemangat jika semua buah tersebut mantap rasanya? ^_^
 
Resep Mousse Coklat Alpukat JTT
Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Alpukat yang kaya akan nutrisi ini (antara lain mengandung Vit. K, C, B5, B6, folate, potassium dalam jumlah tinggi, serta tidak mengandung kolesterol, non sodium dan rendah lemak jenuh) kemudian saya santap selama berhari-hari. Target saya sebenarnya adalah satu buah alpukat setiap hari, sesuai dengan yang dianjurkan disetiap artikel tentang kesehatan, namun berhubung saya sangat maniak dengan buah ini maka dua buah alpukat bisa saya sikat dalam sekali santap. Buah ini tentu saja disarankan dikonsumsi begitu saja, tanpa tambahan pemanis atau susu karena buah berlemak dengan kalori tinggi ini akan semakin bertambah berat kalorinya jika kita menyantapnya bersama bahan-bahan lain. Namun lidah saya yang sejak kecil selalu mengasosiasikan alpukat dengan susu atau gula menjadi tidak puas menyantapnya tanpa tambahan kedua bahan itu. Jadi sedikit kucuran madu dan beberapa sendok susu kalsium biasanya selalu saya aduk bersama daging buah alpukat untuk membuatnya rasanya menjadi lebih lekker.

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyantap alpukat tanpa gula atau susu, misalnya saja dengan mempermaknya menjadi guacamole dari Meksiko. Gucamole adalah sejenis saus pencelup untuk aneka snack seperti nachos dan chips, atau bisa juga digunakan sebagai saus salad. Rasanya gurih, asam dan sedikit spicy. Selain guacamole, alpukat juga sedap disantap bersama gulungan sushi atau menjadi pengisi tortilla. Sayangnya weekend lalu saya benar-benar craving dengan makanan berlemak dan manis, salad yang lebih sehat tentu saja tidak masuk ke dalam hitungan, apalagi sushi yang perlu bersusah payah untuk membuatnya terlebih dahulu. Jadi sepertinya mousse coklat alpukat yang sedap lebih sesuai dengan selera, membuatnya pun super duper mudah. 

Mousse, dari bahasa Perancis 'mu:s' atau busa adalah makanan sejenis dessert yang memiliki tekstur ringan karena kandungan gelembung udara yang banyak didalamnya (busa).  Makanan ini hadir mulai dari bentuk yang ringan dan mengembang hingga kental dan creamy, tergantung dari teknik pembuatannya. Mousse bisa hadir dengan rasa manis atau asin, umumnya mousse untuk dessert dibuat dari putih telur atau krim kental yang dikocok hingga kaku, kemudian bahan perasa sepeti coklat, kopi, karamel, jus buah-buahan atau aneka rempah-rempah dan bumbu seperti mint atau vanilla ditambahkan. Mousse dengan rasa yang manis biasanya disajikan sebagai dessert, atau digunakan sebagai bahan pelapis cake. Supaya teksturnya tetap bertahan kaku maka mousse sebagai pengisi cake distabilkan dengan gelatin. Mousse yang asin atau gurih biasanya ditambahkan bahan perasa telur rebus, rempah-rempah, ikan atau hati.

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Nah mousse coklat alpukat ini tentunya berbeda dengan mousse yang terbuat dari putih telur atau krim kental yang dikocok kaku, mousse ini lebih padat dan creamy karena kandungan alpukat pada bahan penyusunnya. Namun teksturnya yang super lembut membuatnya cocok untuk menyandang nama mousse juga. Untuk membuat mousse coklat alpukat maka saya menggunakan daging buah alpukat matang yang saya blender dengan sedikit madu, coklat compound yang telah dilelehkan, coklat bubuk, krim kental dan susu cair. Hasilnya adalah pasta pekat yang super berlemak dan sedap! Mousse ini kemudian saya masukkan ke gelas dan simpan di chiller hingga dingin, kondisi dingin membuat mousse menjadi lebih padat. 

Nah mousse coklat alpukat ini sebenarnya tidak hanya sedap disantap begitu saja, namun bisa juga menjadi frosting untuk cake, melapisi antar lapisan cake atau sebagai pengganti selai di roti. Jika anda bersedia kreatif sedikit maka pie dengan crust terbuat dari biskuit seperti pie labu kuning pada artikel disini juga juga bisa diisi dengan mousse coklat alpukat ini. Gunakan biskuit keju yang agak asin, sehingga kolaborasi dengan mousse yang manis terasa pas. Walau tentu saja pie yang terbuat dari remahan Oreo pun tak kalah sedapnya.^_^

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Untuk rasa coklat yang kuat maka gunakan coklat blok dan coklat bubuk dengan kualitas yang baik. Coklat blok ini perlu dilelehkan terlebih dahulu agar mudah diproses bersama bahan lainnya di blender. Anda bisa menggunakan aneka chocolate compound atau choco chips yang banyak dijual di pasaran, bahkan coklat putih pun oke jika menginginkan warna dan rasa mousse yang bukan coklat. Mousse coklat alpukat ini sedap disantap begitu saja, atau jika anda kebetulan memiliki persediaan Oreo di rumah, maka tidak ada salahnya untuk mencolekkan sepotong biskuit ke mousse yang super lembut ini. Rasanya super duper yummy!

Berikut proses dan resepnya ya.   

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Mousse Coklat Alpukat
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan dessert yang 'nyoklat' lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Resep Puding Coklat Super Nyoklat
Resep Fudgy Chocolate Pie
Resep Beetroot Chocolate Cake   

Bahan:
- 150 - 200 gram Dark Cooking Chocolate (DCC), potong dadu. Bisa menggunakan chocolate compund apapun.
- 1 sendok makan coklat bubuk
- 2 buah alpukat matang (sekitar 400 gram),  keruk dagingnya dengan sendok
- 3 sendok makan madu atau 3 sendok makan gula bubuk
- 100 ml krim kental, bisa digantikan dengan susu cair full cream
- 100 ml susu cair
- 1/4 sendok teh vanilla bubuk
- 1/8 sendok teh garam

Cara membuat:

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Siapkan buah alpukat yang telah benar-benar matang, tandanya ketika permukaan buah dipencet terasa lembek. Belah alpukat menjadi dua bagian, buang bijinya. Keruk daging buahnya dengan sendok hingga bersih dan menyentuh bagian kulitnya. 

Nutrisi tertinggi alpukat sebenarnya ada pada kulit dan bijinya, jadi semakin dekat anda mengeruk daging buahnya ke kulit maka nutrisinya akan semakin banyak yang terangkut. Sisihkan daging buahnya 

Siapkan panci kecil, masukkan potongan coklat blok, masak dengan cara di tim hingga meleleh. Tambahkan coklat bubuk dan aduk hingga tercampur baik, adonan coklat terlihat smooth. Angkat. 

Resep Mousse Coklat Alpukat JTT

Masukkan daging buah alpukat, dan sisa bahan lainnya ke dalam blender. Masukkan lelehan coklat blok, proses hingga smooth. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa manisnya sesuai selera.

Tuangkan mousse ke gelas-gelas saji. Tutup permukaan gelas dengan plastic wrap dan simpan di chiller kulkas selama minimal 3 jam. Sajikan dingin. Super yummy!

Sources:
Wikipedia - Mousse
Web Authority Nutrition -  12 Proven Benefits of Avocado (No. 5 is Very Impressive)
Wikipedia - Mousse 
 



35 komentar:

  1. wah mba ni gampang banget ya caranya. hehehe penasaran jd mau coba. Thx ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, memang gampang banget Mba Raisa, moga suka yaa

      Hapus
  2. Waduh waduh mba...ngeces tingkat dewa nih...cusss Lotte ah...

    BalasHapus
  3. Wow....sebenernya agak kurang minat sama alpokat tapi begitu lihat hasil mousse ntu jadi pengeen nyoba deh.Yummy banget nampaknya. Sukses terus mb Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Ari, ini super yummy dan nyoklat bangeet hehhehe

      Hapus
  4. Simpel ya mbak bikinnya. Selama ini aku olah alpukat cuma pake susu bubuk cokelat & gula pasir aja. Tar coba ah...
    Ohya mba, biar alpukat awet & enggak cepet busuk, tipsnya alpukat masih keras dipotong pangkalnya, trus ditutup pake tissue, dan rekatkan tissue dgn selotip/lakban sampai rapat & enggak ada celah. Tunggu sampe empuk, trus coba deh dibuka, isinya matang sempurna. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Noni, waaaah thanks tipsnya yaaa. Yep bener sekali alpukat cepat busuk bagian pangkalnya ya, saya akan coba tipsnya.

      Hapus
  5. Nom,,nom,,nom,, masuk list buat eksekusi, thanks mba Endang,, you are my inspiration,, hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Herlina, silahkan dicoba, moga suka yaaa. Sukses selalu!

      Hapus
  6. Aahh mau nyobaaaa...di ganti buah mangga arum manis kayanya gak kalah sedep nih, jadi rasanya nano nano gitu wkwkwkw. Trs pake ubi cilembu oke juga yaaak, di jamin bikin kenyang dah ahahaha...tos mba kalo setuju ma saya wkwkw *maksa

    Eeeehh iya mba kalo mousse coklat sendiri resepnya gimana ya? Pingin ihh nyoba kaya di urban cook tapi nihil euy.Udah nyari sih berbagai resep mousse coklat di google, tapi...tapi...tapi...eehhmmm

    Heeyyy mba endang apa kabaaaarrrr, sehat trs yaaakkk *kecuupp. kok org jepang gak ada yg kecantol sih sama mba wkwkw, kan sama2 sipit *dijitak sama alpukat. Mba endang gak lupa kan sekarang udh tahun 2016?? *ya terusssssss....hahahah udh ah ntar disiram sama mousse alpukat :p

    Salam sayang Anti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anti,

      Mangga kayanya oke, tapi ubi cilembu apa nggak terlalu berat yaaa, ini mau bikin dessert atau bikin menu utama ya wakkakakak. Tapi bs dicoba ^_^

      mousse coklat belum coba tapi saya juga pengen banget bikin, rencananya mau coba cake coklat gluten free dengan topping mousse coklat diatasnya, keknya sih sedap ngilerrr

      iyaa, orang Jepang banyak yang ganteng, tapi gak ada yang ngelirik wakakak. Apes bener dahhh. waduh ini 2016 udah bulan ke tiga! mengerikan! kondisi masih sama seperti tahun2 lalu, huaaaa. Minta doanya dooong Mba Anti!

      salam sayang, endang

      Hapus
    2. Hahaha perusak resep sayaaaa...

      Aaiihhh yuukk segera di eksekusi deh mba *cengir kuda lumping. Cocok banget tuh rencana bikin cakenya apalagi di musim penghujan gini, kan pinginnya manis2 mulu *alesan.

      Entah mba endang percaya apa gak...aku mendoakanmu mba serius! Hahahha gak ada yg ngelirik y iyalah...lha mba endang gandeng si ellan, y sungkan atuh si doi nglirik mba endang *criing criingg emoticon mata berbinar2

      Masih dengan Anti hihihi

      Hapus
  7. Hmmm.. kebetulan abis beli alpukat ni.. mu cb bikin deh.. makasih ya mbak buat resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip Mas Roni, monggo dicoba ya, moga suka yaaa

      Hapus
  8. mbak,klo krim kental diganti susu cair full cream itungannya susu cairnya jd 200 ml ya? beda susu cair sm susu cair full cream apa ya mbak?thank u mbak.. dina

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk 100 ml dulu mba dina, kalau blender susah bergerak tambah 100 ml lagi ya, tekstur mousse ini pekat padat dan tidak encer seperti jus alpukat yaa.

      susu cair beda2 ya mba, ada yang full cream (full fat), ada skim/non fat, ada kalsium.

      Hapus
  9. Mbak, kalo mau bikin yang tidak berwarna coklat, selain menggandi dcc dengan wcc, coklat bubuknya bisa diganti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja coklat bubuknya mba, mungkin bs tambah susu kental manis untuk rasa lebih milky

      Hapus
  10. kebetulan barusan beli buah alpukat. pas mbak endang share resep mouse alpukat. sepertinya enak bingitzzz. itu teksturnya kyk puding ato kyk es cream mbak. bisa masuk frezer kah mbak endang. thank's resepnya. Atik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mmba Lasmiati, teksturnya seperti custard ya, jadi kaya es krim yang lembek. Setahu saya alpukat di freezer rasanya jadi pahit ya mba

      Hapus
  11. Mba..,saya sudah coba, enak banget!! Dan lebih diet Friendly krn alpukat bukan telur, heavy cream dll. Lain kali mau coba pake chocolate yg dark, enak kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya disuka. Yep pakai dark choc pasti akan sedap ya, dan lebih sehat hehhe

      Hapus
  12. salam kenal dari pembaca setia JTT mbak.endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Meita, salam kenal juga ya Mba ^_^ thanks sudah menjadi pembaca setia JTT yaa

      Hapus
  13. Selamat malam mba endang,
    Rasa alpukatnya kerasa ga ya mba?!atau lebih dominan coklat?
    Aku lg cari inspirasi utk varian baru ice cream cake ku mba.
    Kebetulan klien mnta yg ada unsur alpukat nya.
    Ada saran ga mba pake cake alpukat apa, tentu nya yg rasanya nendang dan cocok utk di combine sama ice cream. Hehe

    Makasih mba ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, rasanya campuran alpukat dan coklat ya, tidak ada yang dominan satu dan lainnya. Setahu saya alpukat akan terasa getir ketika di bekukan ya.

      Hapus
  14. Permisi mau tanya mbak, klo mau ada rasa2 kopinya gmn ya? Apa bs? Jd ke arah mocca gt rasanya.
    Klo bs perlu ditambah apa dan brp bnyk?
    Maaf bnyk nanya, msh newbie ^^
    Thx be4, mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ardelia, tambah kopi instan espresso seperti nescafe, seduh 1 sd 2 sendok teh kopi dengan 2 sendok makan air panas, dan bs langsung dicampurkan

      Hapus
  15. Aku lg aku lg nih mba hehe, mba aku pernah makan cake coklat avocado, jd buttercreamnya itu lembut dan terasa bgt alpukatnya, enak bgt.. Aku pernah searching resepnya tp pake gelatin, susah dpt gelatin disini.. Cobain dong mba kapan2.. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nurlili, gelatin banyak dijual di onlen shop ya, setahu saya bs diganti bubuk agar2 juga ya

      Hapus
  16. Mbak kalo adonan coklatnya diskip, diganti dgn minuman coklat siap saji Kaya cadbu*y hot coklat bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa bisa ya, atau milo dan susu kental manis coklat juga enak ya

      Hapus
  17. Makasih untuk resepnya mbak :) Bisa dicoba nih weekend nanti. Hehe...
    Kalau mau pilih alpukat yg oke, biasanya saya goyang2in tuh buahnya, dengerin/rasakan apakah bijinya klotak2. Kalo iya, berarti alpukatnya sudah cukup tua pas dipanen, dan kalau masih agak keras bisa diperam di beras selama 2 hari biar matang sempurna. Lembut dan yummy... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Elisheva, thanks sharingnya ya, moga resepnya disuka. Yep salah satu cara lainnya dengan mengocok alpukat ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...