08 Maret 2016

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten -Super legit dan gurih!


Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Betapa mengantuknya saya pagi ini! Walau berusaha mengganjal mata dengan deretan angka dalam laporan yang sedang saya buat, tetap saja ribuan kuapan susah ditahan. Okeh mungkin ribuan terdengar lebay, tapi yang jelas rahang saya mulai terasa pegal karena harus membuka mulut lebar-lebar berulangkali. Kantor yang dingin dan cuaca mendung di luar sepertinya mendukung rasa kantuk ini, saya bahkan hampir menarik bantal kursi ke atas meja, dan meletakkan kepala disana untuk bobo siang. Tobat!

Kondisi mengantuk ini gara-gara tadi malam saya tidur terlalu larut, terbuai dengan video Yuka Kinoshita di YouTube. Bagi anda yang suka mengikuti tingkah polah Yuka, cewek Jepang cantik yang menyantap makanan dalam porsi super jumbo namun tetap slim, mungkin akan seperti saya yang tanpa henti menonton setiap videonya. Benar-benar menghipnotis! Satu video akan diikuti dengan video lainnya, dan gilanya jumlahnya ratusan. Ujung-ujungnya waktu telah menunjukkan pukul satu malam, membuat saya terperanjat dan segera menutup hand-phoneHari ini mata saya pun susah dibuka, dan walau kepala sedikit terasa melayang karena kurang tidur tetap saja kegiatan ini akan saya ulangi lagi keesokan malamnya. ^_^

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT
Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Tak tahan dengan suhu AC yang menggigit, saat jam makan siang tiba saya pun berjalan ke Mall Kuningan City di sebelah kantor. Besok hari libur nasional, jadi hari ini merupakan waktu yang tepat untuk cuci mata di Lotte Mart. Ada beberapa resep yang perlu saya eksekusi di hari libur dan beberapa bahan penyusunnya tidak saya miliki di rumah. Seperti biasa, rencana membeli hanya dua atau tiga bahan berubah menjadi tumpukan belanjaan, dan dengan terseok-seok saya pun berjalan ke kasir menenteng keranjang belanjaan yang berat.  

Antrian cukup panjang di kasir jika jam istirahat kantor seperti ini, namun saya tidak terlalu khawatir karena kasir yang akan dituju adalah favorit saya dan teman-teman kantor. Walau pengalaman selama ini pelayanan para kasir di Lotte Mart, Kuningan City jarang mengecewakan, namun  kami memiliki beberapa kasir favorit karena mereka bekerja ekstra cepat, ramah dan sangat cekatan. Rasa-rasanya, jika ada perlombaan kasir favorit di Lotte Mart saya pasti akan memilihnya. ^_^

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT
Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Berjalan-jalan sebentar di luar kantor, menghirup udara hangat dan melihat dunia luar membuat kantuk saya sedikit 'menghilang'. Belanjaan berat tergantung di bahu dalam tas kain yang selalu saya bawa ketika ke supermarket. Walau harga kantung plastik hanya dibandrol dua ratus rupiah saja - menurut saya terlalu murah jika tujuan pemerintah hendak mengurangi pemakaian kantung plastik - tetap saja saya memilih menggunakan tas belanja sendiri. Untungnya di kantor terdapat dua buah kulkas yang bisa dipakai oleh karyawan, saya pun bisa menyimpan daging dan sayuran disana hingga jam kantor usai. 

Kembali ke meja dan kantuk pun kembali menyerang, membuat saya kembali menguap berkali-kaliTak tahan juga akhirnya saya memilih untuk menarik lepas earphone di telinga dan mulai mendengarkan guyonan rekan-rekan kantor yang duduk di seputaran meja saya. Seperti biasa topik yang seru di Detik dan Kompas dot com selalu menarik untuk dibahas, dan beberapa bulan belakangan ini topik hangatnya adalah pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun depan.

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Hampir semua rekan-rekan kantor (termasuk saya),  merupakan pendukung gubernur saat ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sejak tahun lalu kami bahkan telah menggalang KTP untuk diserahkan ke Teman Ahok yang membuka counter di mall Kuningan City. Berbeda dengan pemilihan presiden waktu lalu dimana suara kami terpecah antara Jokowi dan Prabowo, maka pada pemilihan gubernur kali ini kami sepertinya kompak mendukung incumbent. Satu suara seperti ini menjadi kurang seru karena tidak ada yang bisa dikeroyok dan di-bully beramai-ramai, ujung-ujungnya berita-berita di koran online lah yang menjadi sasaran kami untuk dikomentari dengan pedas. Terutama berita yang kontra dengan Ahok. 

"Ahok mau dipasangin  sama sandal jepit pun gue tetap akan pilih," kata pendukung di depan meja saya dengan suara bersemangat.  "Gue gak suka dengan Ahok, ntar dibilik suara gue coblos deh mukanya di kertas," sahut rekan yang lain. "Mau dipilih seratus kali juga suara gue cuman buat Ahok!" Komen saya menimpali keriuhan itu. "Baru sekarang nyesel gak punya KTP DKI, gak bisa nyumbang KTP buat mendukung Ahok," kata beberapa teman yang tinggal di Bekasi dan Tangerang. Komentar-komentar pembaca di Detik dan Kompas dot com yang terkadang membuat ngakak pun tak luput dari pembahasan kami. Mata saya akhirnya menjadi melek dan kantuk kontan menghilang mendengar semua komen  ngocol tersebut. ^_^

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT
Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Sekarang menuju ke brownies bebas gluten yang kali ini saya hadirkan. Membuat brownies dengan tekstur padat, legit dan fudgy sepertinya menjadi impian setiap pecinta brownies. Saya sendiri sudah banyak sekali menghadirkan resep brownies dan hasilnya beraneka ragam. Ada yang memiliki tekstur padat;  remah; atau justru seperti cake coklat. Dari sekian banyak petualangan tersebut saya berkesimpulan bahwa brownies padat dan fudgy biasanya diperoleh dari komposisi coklat (DCC atau choco chips), telur, mentega dan gula yang cukup banyak, sedangkan tepung hanya memegang peranan yang sangat kecil. Adonan akhir yang terbentuk umumnya cukup berat, kental dan pekat. 

Untuk resep brownies kali ini karena bebas gluten maka tidak menggunakan tepung terigu sama sekali dan digantikan dengan maizena. Bukan karena saya alergi akan gluten tetapi semata-mata hanya ingin mencoba membuat makanan gluten free yang mungkin berguna bagi mereka atau Ibu-Ibu yang memiliki buah hati dan keluarga dengan gluten intolerance. Bagi anda yang tidak bermasalah dengan gluten, anda bisa mengganti porsi maizena dengan tepung terigu serba guna atau protein rendah. 

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Proses membuat brownies ini sangat mudah. Saya menggunakan dark cooking chocolate yang dilumerkan dengan mentega dengan cara di tim. Kemudian semua bahan tinggal dicampurkan dan diaduk hingga smooth. Umumnya semua resep brownies melarang kita mengaduk berlebihan karena akan menyebabkan teksturnya bantat, terutama jika di adonan tidak menggunakan baking powder sama sekali. Bantat karena over mixing disebabkan gluten (protein yang terdapat di dalam tepung terigu dan menjadi penyebab bantat) akan semakin banyak terbentuk ketika tepung terkena air dan semakin banyak ketika adonan diaduk terus menerus. Namun karena adonan kali ini bebas tepung terigu maka anda tidak perlu khawatir dengan masalah over mixing. 

Saya menggunakan cincangan kacang mete panggang di dalam adonan, kacang selain membuat potongan brownies tampak cantik dengan pola bulatan kekuningan di dalamnya, juga menambah  rasa gurih pada brownies, tidak semata hanya manis dan coklat. Kacang mete tentu saja bisa digantikan dengan kacang-kacangan lainnya seperti pecan, walnut, atau almond yang telah dipanggang dan dicincang kasar, atau skip saja jika anda tidak memilikinya di rumah.

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Beberapa pembaca JTT menanyakan ke saya, bagaimana membuat permukaan brownies yang dipanggang membentuk crust (kerak) yang mengkilap (shiny) di permukaannya. Terus terang saya sendiri terkadang sering bingung dengan brownies yang saya buat karena beberapa permukaannya tampak buram namun beberapa terlihat shiny. Dari hasil membaca beberapa artikel di internet, saya menemukan tips dari website King Arthur Flour yang mungkin bisa menjadi acuan. Crust yang mengkilap disebabkan oleh gula yang larut dan telur di dalam adonan bermigrasi ke permukaan ketika brownies dipanggang, gula pasir akan meleleh dan menjadi mengkilap ketika terkena panas oven; dan putih telur kemudian bergabung dengan gula membentuk lapisan meringue yang sangat tipis dan lembut. 

Apakah hanya gula dan telur? Ternyata hanya dengan kedua bahan tersebut saja tidak akan cukup membentuk crust yang sempurna, kita membutuhkan bahan ketiga yaitu chocolate chips. Tambahan beberapa gram choco chips di adonan akan membuat permukaan brownies membentuk shiny crust yang sempurna. Sayangnya saya membaca tips ini setelah gluten free brownies ini selesai terpanggang, walau permukaan brownies ini cukup shiny namun tidak seperti crust yang saya inginkan. Namun jika anda ingin membuat brownies di rumah maka tips dari King Arthur Flour diatas mungkin bisa menjadi pegangan. 

Berikut resep dan proses brownies kacang mete bebas gluten ya. 

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Resep Brownies Legit Bebas Gluten
Resep diadaptasikan dari web Martha Stewart - Gluten-Free Fudgy Pecan Brownies 

Untuk 1 loyang brownies diameter 20 cm 

Tertarik dengan resep brownies lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Brownies Klasik
Brownies Kukus Pisang
Brownies a la Chanti 

Bahan: 
- 85 gram mentega atau margarine (saya pakai Orchid butter)
- 340 gram coklat batangan (dark cooking chocolate), potong-potong sebesar 3 x 3 cm (saya pakai Carat dari Purratos)
- 25 gram coklat bubuk kualitas yang baik  (saya pakai merk Bensdorp)
- 35 gram tepung maizena *)
- 125 gram gula pasir 
- ½ sendok teh garam 
- 2 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/2 sendok teh vanilli bubuk
- 4 butir telur suhu ruang  
- 125 gram kacang mete dipanggang, cincang kasar (bisa diganti dengan kacang jenis lain seperti walnut, almond, atau pecan)

Bahan lain (optional):
- 200 gram choco chips

*) bisa digantikan dengan tepung gluten free lainnya atau tepung terigu protein rendah dan sedang.

Cara membuat:

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Siapkan oven, set di suhu 170'C, saya menggunakan api atas bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 x 10 cm, olesi permukaannya dengan margarine dan alasi dengan kertas baking. Lebihkan panjang kertas di sisi-sisi loyang. Sisihkan. 

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Jika anda menggunakan kacang mete mentah, maka panggang kacang mete sebentar di oven dengan suhu 170'C hingga permukaannya kuning keemasan. Balik-balikkan kacang  beberapa kali selama dipanggang agar matang merata. Jangan berlebihan memanggang, kacang akan melanjutkan pematangannya kala masih panas walau di luar oven. Cincang kasar kacang mete. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, ayak jadi satu coklat bubuk dan tepung maizena. Sisihkan. Jika anda menggunakan vanili bubuk maka masukkan bersama campuran tepung dan coklat bubuk ini.

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Siapkan panci kecil, masukkan mentega dan coklat blok, letakkan panci berisi mentega di atas panci lainnya yang lebih kecil dan berisikan air. Jaga jangan sampai dasar panci berisi coklat menyentuh air. Kita akan memasak coklat dengan cara tim.  

Panaskan panci dengan api kecil. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan menjadi larutan yang smooth. Angkat dari kompor. 

Note: jangan memasak coklat berlebihan (over cooking), jika 80% coklat sudah meleleh, angkat saja dari kompor dan aduk terus hingga coklat meleleh sempurna. Suhu tinggi dan memasak berlebihan akan menyebabkan coklat pecah: terpisah antara lemak dan bahan penyusun lainnya, dan tidak akan bisa digunakan untuk brownies.

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Masukkan gula pasir, vanilla extract, dan garam ke dalam lelehan coklat, aduk hingga rata. Tuangkan adonan coklat di mangkuk yang besar, biarkan hingga adonan coklat menjadi tidak terlalu panas lagi.

Masukkan telur satu persatu, aduk cepat dan kuat dengan spatula balon atau spatula biasa. Pastikan telur tercampur baik dengan adonan sebelum menambahkan telur berikutnya. Aduk hingga adonan smooth.

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Tuangkan tepung ke dalam adonan coklat, aduk dengan spatula hingga tercampur baik. Tambahkan kacang mete cincang, aduk hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, haluskan permukaan adonan dengan spatula, panggang selama 40 menit atau hingga lidi ditusukkan maka tidak ada adonan yang menempel. 

Note: Jika anda menggunakan choco chips maka masukkan bersamaan dengan kacang mete

Resep Brownies Kacang Mete Bebas Gluten JTT

Keluarkan dari oven, biarkan hilang uap panasnya dan keluarkan brownies dengan mengangkat kelebihan kertas baking. Jangan balikkan brownies karena bagian yang shiny harus diatas. Letakkan di rak kawat dan pastikan benar-benar dingin sebelum kue dipotong.  

Super yummy!

Sources:
Web King Arthur Flour - How to make brownies with shiny crust 
Web Martha Stewart - Gluten-Free Fudgy Pecan Brownies  



57 komentar:

  1. Mba Endang..kalo boleh tau dcc yg dipake merk apa ya?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai Carat dari Purratos ya mba, ada di toko bahan kue

      Hapus
    2. Terima kasih mba Endang.. Salam kenal..ratna. penggemar blog ini

      Hapus
  2. mb Endang, untuk permukaan shiny itu sy uda prnh cb berulang2, diks tau teman kl gula dilarutkan sama2 dgn DCC, ujung1 gatot, gula malah menggumpal berakhr di tong sampah, di joy of baking sy liat dia pk mixer utk larutkan gula pasir dgn telur, kt teman sy ga boleh mixer kl brownies, tp joy of baking pk chocochips yg dilelehkan, apakah begitu jg maksud mb Endang? sy bnr2 penasaran dg hasil shiny crust ini, sy ud cb lbh dr 10 x ga prnh berhasil, ga ada tips yg benar. Thx ya mb (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mBa Lena, coba klik ke web king arthur yang saya berikan di atas, ada instruksi disana untuk membuat permukaan crust shiny mungkin bs dicoba ya.

      Hapus
    2. Bantu jawab yah..hehe..shiny crust terbentuk kl gula dlm adonan itu bener2 larut. Jadi tipsnya kl mau pake gula biasa,blender dulu di grinder sampai halus (bubuk). Sbg pengganti granulated white sugar jadi yg harganya mahal :) gudlak eniwei. Salam -Nidya-

      Hapus
    3. Eh maaf diralat..mksdnya castor sugar atau gula kastor :D

      Hapus
  3. Mba kalau misalkan saya pakai oven api bawah saja apakah bisa? Soalnya punya nya itu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba Novi, untuk brownies gak masalah ya

      Hapus
  4. Haii mba endang, saya pernah berhasil sekaliiii tuh bikin shiny crust permukaan. Waktu itu saya mixer telur dan gula hingga putih trus tambah choco chip jg. Brownies ttp fudgy sih tapiii setelah itu berbagai cara saya coba ga seberhasil yg itu hiksss. Ntar coba ala king arthur ahhh
    Oo iya saya biasa pake coklat jenis couverture krn dcc merk cholata atau tulip yg paling gampang didapat rasa lemak nabatinya dominan bgt. Carat gmn mba??? Blm pernah coba. Review dong mba endang. Makasih mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Theodora, thanks sharingnya ya, yep katanya kudu kocok gula telur dan pakai DCC cincang atau choco chips yang banyak. Carat oke ya, menurut saya lebih oke dibanding lainnya, habis saya bingung merk apa yang oke, biasanya pakai colata, tapi lama2 bosan, coba Carat lebih mending sih hehehhe

      Hapus
  5. Hi mba endang kl blh tau utk menteganya menggunakan merk apa yaa..soale saya msh suka bgg antara,butter dan mentega.maklum saya newbiiii bgt nih mba endang dlm dunia perbakingan.makasiy ya mb endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, butter = mentega ya, margarine bukan mentega. Mentega diatas saya hanya pakai Orchid saja ya.

      Hapus
  6. Mbak Endang bagi tips donk, gimana caranya bisa makan enak tp ttp gak gendut ya? Saya gampang banget naik bb nya mbk, hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkak, saya puasa senin kemis mba Dessy, dan saya genduuuut, tapi kadang ngerem makan hehhehe

      Hapus
  7. Hi mba Endang, salam kenal. Kalo tepung maizena nya saya ganti tepung terigu gluten Free bs ga mba? Hasilnya sama aja ato tidak ya? Makasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, di resep sudah saya cantumkan ya, bs digantikan dengan tepung gluten free atau terigu, takaran sama debgan maizena

      Hapus
  8. Lg mikir utk buat yg ini Mba.. 340gr DCC cukup fantastis.. hampir spt mengigit batangan coklat hehe.. sdh bs dipastikan enak.. btw blm semua nih cerita2 pemenang buku resep JTT yg di publish disini Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Nurlili, yep memang banyak ya. Cerita pemenang akan di upload di lain kesempatan mba, karena melihat respon pembaca juga.

      Hapus
  9. Assalaamu'alaikum mba...salam kenal,mu berbagisedikit ttg shiny n crust,sy biasa buat dr resep jtt yg brownise classic dg sdkt modif,hslny crust n shiny,sya kocok telur dg gula castor pke whisk sampai gula larut n ngembang telurny,bru msukin bhn lainny..smoga bermanfaat..btw tq y mba jazaakillaah khoir,resp2 jtt selalu jd inspirasi memasak didapurku...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Karmila, salam kenal juga ya. Thanks ya sharingnya, yep tips king arthur juga menyarankan untuk mengocok gula dan telur, next time saya akan coba cara ini. thanks yaa

      Hapus
  10. Assalamualaikum... mba endang
    Saya sering bolak balik blog jtt ini, seneng banget banyak resep nya
    Saya udah nyoba bikin muffin coklat dan keju, enakk
    Saya mo nanya nih mba, pengen bikin brownies, saya sukanya yg dalemnya basah dan lembek, itu enaknya pake resep gluten free ini ato yg fudgy brownies mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam Mba Nonna, thanks sharingnya dan senang resep2 JTT disuka ya. Untuk brownies yng moist sebaiknya tidak dipanggang terlalu lama, over baking akan kering. Bisa pakai resep ini atau brownies classic ya

      Hapus
  11. Hai mba endang,
    Sebelum nya makasih byk ya utk resep2 nya yg Sgt bermanfaat
    Saya udh prnh coba yg Brownies klasik,Alhamdulillah sukses
    Oh ya mba Mohon saran nya kira2 perlu brp gram choco chips ya supaya bisa menghasilkan shiny crust?
    Qo saya baca dari link King Arthur Gak nemu takarannya nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sekitar 150 - 200 gram choco chipsnya, lebih juga gak papa. King Arthur kasih saran 2 cups, jadi kalau punya cup bs dipakai takaran itu

      Hapus
  12. Hai mbak,
    saya pernah bikin brownies, tanpa kacang mete.
    Resepnya bagus nih, jadi pengen nyoba.
    Thanks mbak..

    BalasHapus
  13. Mbak En, pakai oat yang di blender untuk pengganti maizena-nya bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya sih bs ya mba ayu, saya sendiri blm pernah coba ya

      Hapus
  14. halo mbak endang. hmm saya tdk ada oven, kl dikukus bisa gak ya pake resep ini?berapa menit?
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Khusnul, mungkin bs dikukus ya, saya belum pernah coba ya

      Hapus
  15. assalamualaikum mba aku bikin browkus tanpa tb hasilnya bagus n enyak maknyus pokoe heheheh.... klo brownies ini dkukus bisa gak mba trimakasih wasalam -anni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anni, mungkin bs ya, tapi sy belum pernah coba juga ya

      Hapus
  16. mb endang q bikin ini kok jadinya choco lava ya! apa karena topingnya kacang mete q ganti coklat tobleron? udah gitu q kukus ga di panggang? tapi tetep enak sih apalagi klo masih panas + ngebul hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bukannya enak ya jadinya coklat lava hehehe. saya malah belum pernah kukus mba, jadi bs sukses juga ya dikukus hehhehe. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  17. halo mbak endang,

    Saya sdh coba resep ini. Memang enak! Tapi ketika saya potong kuenya dlm keadaan dingin, bagian tengahnya gampang hancur. Apa ya kira2 yg bikin kuenya gampang hancur? Selain itu permukaannya agak retak, tapi cukup shiny.

    Oh ya, pada saat saya memasukkan gula pasir ke dlm coklat yg sdh ditim, gula tsb diaduk terus tapi tidak bs bener2 larut sampai hilang. Masih nampak gula pasirnya meski kecil2.. apa pengaruh ya ke kue yg gampang hancur tsb?

    Kalau gula pasir diganti gula halus, takarannya berapa? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Natallya, gula harus sampai larut ya mba, bs pakai gula bubuk, takarannya sama dengan gula pasir. Coba masukkan ke kulkas sebelum dipotong supaya kue padat dan menghindar hancur ketika dipottong.

      Hapus
  18. cie....mbak endang fotonya makin hari makin bagus aja :3 eh mbak endang saya bisa bikin roti gara-gara ini blog lagi nyari resep kue tepung beras gula merah jadi kecanduan baca resep mbak endang. sukses selalu ya!!
    (safira)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Safira sharingnya ya, senang resep JTT disuka, sukses selalu juga yaa

      Hapus
  19. Hai mba endang..
    Mohon bantuan nya,kalo saya ganti loyang nya pake yg ukuran 30x10 bisa gak ya? Ato resepnya harus disesuaikan...
    Trus saya bikin brownies beberapa kli hasilnya seperti msh lembek di bagian tengah,walopun sdh dingin
    Makasih utk sharing nya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bs pakai loyang 30x10 mungkin hasilnya lebih tipis saja ya. Bagian tengah lembek mungkin kurang lama dipanggang mba, tp sebaiknya brownies memang moist di tengah ya

      Hapus
  20. kalau DCC nya di skip, dan diganti cocoa powder, gimana Mba takarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak sarankan DCC diskip mba, takutnya brwoniesnya gak mau padat ketika dingin dan hancur, mengingat kue ini gak pakai tepung ya

      Hapus
    2. Hai mba Endang, kalo kacang metenya diskip bisa gak ya? Apa kacang mete termasuk bahan untjuk memadatkan browniesnya?

      Hapus
    3. nggak bs diskip mba, kacng mete bahan utama di resep ini

      Hapus
  21. Mbak klo pakai tepung beras bisa ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu ya mba, saya belum pernah coba ya

      Hapus
  22. Saya barusan mencoba resep brownies gluten free ini tp dr instagram. Katanya terinspirasi dr resep di JTT ini. semua resep takarannya sama tp caranya beda. Pertama telur gula dimixer dgn kecepatan sedang setelah itu dicampur dgn lelehan DCC dan mentega kemudian dicampur dgn coklat bubuk dan maizena. Yg jd masalah hasil ovenan si brownies ini tidak rata, seperti gelembung besar disana sini. Itu kira2 kenapa ya mbak. Mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. brownies ini tidak boleh dimikser actually, karena kita tidak berusaha membuat gelembung udara di dalamnya, agar teksturnya padat dan fudgy, bukan mengembang. Tapi mungkin ada faktor lain seperti suhu oven terlalu tinggi, dll.

      Hapus
    2. Oh iya saya pke oven tangkring. Apinya harus kecil ya

      Hapus
    3. suhu oven sebiknya stabil mba, sekitar 170'C, jadi tergantung jenis oven masing2 ya mba

      Hapus
  23. Selamat pagi mbk endang. Makasih udh berbagi resep brownies gluten freenya. Enak, saya udh beberapa kali bikin. Tapi caranya saya pakai punya king arthur. Alhamdulillah permukaannya shinny meski belum sempurna.oya mbk mau tanya, kalau saya pingin nambahkan krim di browniesnya, apakah ada yang harus di kurangi komposisinya. Mohon bimbingannya :-D. Sukses terus ya mbk :-D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Elly, thanks sharingnya, senang resepnya disuka ya. Silahkan tambah krim, kalau porsiya gak banyak tdk ada bahan yang perlu dirubah mba.

      Hapus
  24. Halo Endang...
    Kalau saya tambah kan Rum bisa gak yah? Dan dicampurnya pas ditahap yg mana yah? Mohon infonya.. Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Merry, bs ya mba, masukkan tahap akhir saja, ketika bahan sudah masuk semua menjdi adonan

      Hapus
  25. Lagi cari2 resep brownies, ketemu blognya..
    Kayaknya enak nih, bikin ahh..
    Makasi mba.. :D dan slm kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba, moga suka setelah dicoba ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...