16 Februari 2018

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara


Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Walau memasak merupakan hobi yang sudah mendarah daging dalam diri, tetap saja saya enggan menghabiskan banyak waktu didapur. Terkadang membayangkan aneka bumbu yang harus dipersiapkan, entah dicincang atau dihaluskan sudah cukup membuat semangat masak terbang hingga ke planet Mars. Jika bukan karena tuntutan blog yang harus diupdate betapa inginnya saya tidak memasak selama satu bulan full dan hanya mengandalkan makanan instan atau delivery order. 

Apesnya, makanan instan atau yang dibeli diluaran seringkali tidak memberikan rasa dan tampilan seperti yang saya inginkan. Jikapun ada, harganya pasti selangit dan saya merasa sayang harus melepaskan lembaran tipis di dompet. Pada satu titik tertentu tangan saya pun gatal hendak mengeksekusi versi sendiri di dapur. Ada nggak sih bumbu siap pakai praktis yang tidak perlu puyeng harus memikirkan rempah-rempah yang digunakan? Cukup aduk dan siap disantap? Well, ternyata masalah malas memasak saya menemukan jalan keluarnya yaitu bumbu komplit dari Rempah Nusantara. ^_^

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Pucuk dicinta ulam pun tiba, minggu ini saya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi bumbu komplit Rempah Nusantara. Libur tiga hari Imlek adalah waktu untuk bermalas-malasan dan bumbu praktis nan sedap adalah berkah. Tidak perlu bersusah payah meracik bumbu sendiri! Nah Rempah Nusantara sendiri merupakan produsen bumbu siap pakai yang memiliki banyak sekali varian bumbu yang bisa diklik pada website mereka Rempah Nusantara atau Instagram @rempahnusantaraid. Kerinduan akan makanan rumah menjadi inspirasi bagi Rempah Nusantara untuk menghadirkan aneka bumbu siap pakai nan praktis. Rempah Nusantara berkeinginan untuk membawa kembali budaya makan bersama di atas meja bersama keluarga. Dengan itu diciptakan resep makanan simple yang bisa dibuat secara instan sehingga semua orang bisa memasak dengan mudah dengan hasil yang mengenyangkan dan enak. Rempah Nusantara dibuat dengan sepenuh hati melalui proses produksi yang profesional dan higienis serta pengawasan yang terdepan untuk selalu memastikan kualitas makanan demi menjaga cita rasa Indonesia yang memenuhi standar kelas dunia. 

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara
Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Apa saja sih bumbu siap pakai yang dimiliki oleh Rempah Nusantara? Hm, banyak! Mulai dari Bumbu Komplit Nasi Goreng Rempah Nusantara; Sambal Rempah Nusantara; Bumbu Komplit Sop dan Soto Rempah Nusantara dan masih banyak varian lainnya. Asyiknya lagi, website mereka juga menghadirkan resep dan proses mengolah masing-masing bumbu tersebut menjadi aneka makanan sedap seperti rendang, rawon, tongseng, nasi goreng bawang dan banyak aneka jenis resep masakan lainnya. Uniknya, kita tidak  perlu terpaku pada satu bumbu untuk makanan tertentu, misal Bumbu Komplit Nasi Goreng Tongseng hanya dipakai untuk membuat nasi goreng saja, tetapi bisa dimodifikasi menjadi makanan lain yang tak kalah seru dan sedapnya. Contohnya pada resep di artikel ini saya menghadirkan Nasi Bakar Tongseng menggunakan Bumbu Komplit Nasi Goreng Tongseng  Rempah Nusantara, dan Bumbu Komplit Rica-Rica Merah disulap menjadi Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara. Jadi dengan 1 paket bumbu bisa menjelma menjadi aneka makanan sedap.

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Bumbu Rempah Nusantara dikemas dalam berbagai macam kemasan, botol kaca untuk aneka sambalnya yang menggiurkan dan kemasan karton cantik  untuk aneka bumbu komplitnya.  Pengalaman saya menggunakan bumbu siap pakai Rempah  Nusantara cukup memuaskan. Proses memasak menjadi sangat mudah dan cepat karena tinggal aduk-aduk saja dan dalam sekejap masakan siap disajikan. Nama yang mengandung kata 'rempah' memang tidak salah karena Rempah Nusantara sangat kaya akan bumbu dan rempahnya terasa nendang dilidah. Takaran gula dan garamnya pun sudah ditakar pas sehingga saya bahkan tidak perlu menambahkan garam lagi di Nasi Bakar Tongseng yang menggunakan Bumbu Komplit Nasi Goreng Tongseng Rempah Nusantara. Cocok sekali untuk mereka yang masih pemula dalam memasak dan sering kesulitan dalam menakar gula dan garam. 

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Bumbu Komplit Nasi Goreng Tongseng Rempah Nusantara berisikan dua sachet bumbu dengan berat masing-masing 50 gram plus 1 sachet berisi cabai. Masing-masing sachet bumbu bisa dipakai untuk sekitar 400 gram nasi, dan saya langsung menggunakan dua sachet untuk 800 gram nasi yang menghasilkan 5 buah nasi bakar tongseng yang sedap. Bumbu pun melumuri nasi dengan porsi melimpah. Untuk memberikan protein di nasi bakar saya menambahkan ayam cincang, yang bisa digantikan dengan  mudah menggunakan daging sapi cincang, bakso, seafood, atau jamur. Agar rasa nasi bakar lebih harum tambahkan beberapa tangkai daun kemangi. Alhasil seisi rumah dipenuhi aroma sedap nasi bakar dan langsung dua bungkus masuk ke dalam perut dengan nikmat. ^_^

Untuk ayam suwir bali, saya menggunakan Bumbu Komplit Rica-Rica Merah Rempah Nusantara. Proses membuatnya juga super duper mudah, bisa menggunakan ayam goreng atau ayam panggang yang disuwir dan dimasak didalam bumbu rica-rica nan medok, tambahan daun jeruk purut membuat ayam suwir Bali menjadi lebih wangi. 

Tertarik untuk turut mencicipi kelezatan aneka bumbu dan sambal a la Rempah Nusantara? Bumbu praktis siap pakai ini sudah dijual dimana-mana mulai dari Ranch Market, FoodHall, Farmers Market dan Total Buah. Ingin lebih praktis tinggal klik-kik saja? Rempah Nusantara juga hadir di Toko Online Tokopedia, Buka Lapak, Shopee dan Ralali.com (cari di toko Snackysnacky ya). Nah khusus bulan ini ada promo Imlek bonus lunch box khusus pembelian online ya. Yuk berkreasi makanan sedap dengan cara praktis dengan Rempah Nusantara!

Berikut ini resep dan proses membuat Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara ya.

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Nasi Bakar Tongseng Rempah Nusantara
Resep diadaptasikan dari Rempah Nusantara

Untuk 5 - 6  bungkus nasi bakar

Bahan & bumbu:
- 800 gram nasi putih
- 1 bungkus bumbu komplit nasi goreng tongseng dari Rempah Nusantara (100 gram)
- 100 gram daging ayam cincang kasar
- beberapa tangkai daun manginess
- daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Siapkan bahan dan bumbu nasi goreng tongseng Rempah Nusantara. Layukan daun pisang dengan mengukusnya di air mendidih selama 1 menit. Angkat dan lap permukaan daun hingga bersih. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan 1 sdm minyak. Tumis ayam cincang hingga matang dan sedikit kecoklatan. Matikan api kompor. Masukkan nasi putih dan bumbu Rempah Nusantara. Saya mengggunakan 1 paket sekaligus termasuk cabai sachetnya.

Aduk hingga rata, hidupkan api kompor dan masak selama 1 menit agar semua bahan dan bumbu menyatu. Angkat nasi. Siapkan  selembar daun pisang, letakkan kemangi secukupnya didasar, tambahkan sekitar  6 sdm nasi.  Tutup dengan daun kemangi. Gulung daun pisang hingga rapat. 

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Tekuk satu sisi gulungan, dengan mengggunakan sendok dorong nasi dari bagian ujung yang terbuka agar padat. Tambahkan nasi jika kurang. Semat kedua ujungnya dengan lidi. 

Siapkan alat pemanggang, olesi permukaannya dengan minyak. Tata bungkusan nasi diatasnya, olesi permukaan daun dengan minyak agar wangi. Panggang hingga permukaan daun terbakar gosong. Angkat dan sajikan.  Super yummy!

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara
Resep diadaptasikan dari Rempah Nusantara

Untuk 3 porsi

Bahan & bumbu:
- 250 gram fillet ayam (dada atau paha)
- 2 siung bawang putih, memarkan
- 300 ml air
- 1/2 sendok teh garam
- 1 bungkus bumbu komplit Rica-Rica Merah dari Rempah Nusantara (60 gram)
- 3 lembar daun jeruk

Cara membuat:

Resep Nasi Bakar Tongseng dan Ayam Suwir Bali Rempah Nusantara

Siapkan bahan dan bumbu rica-rica merah Rempah Nusantara.  Masukkan daging ayam ke panci kecil, tambahkan bawang putih, garam dan air. Masak hingga ayam matang. Angkat ayam dan tiriskan. Biarkan air kaldu ayam di panci.  Goreng ayam hingga kecoklatan permukaannya. Angkat. 

Suwir-suwir daging ayam menjadi ukuran kecil. Sisihkan. Siapkan panci bekas merebus ayam berisi air kaldu, masukkan bumbu rica-cira merah Rempah Nusantara dan daun jeruk. Masak hingga mendidih. Masukan suwiran daging ayam, aduk dan masak dengan api kecil hingga air habis dan masakan mengering. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sajikan dengan nasi bakar. Yummy!

Sumber:



2 komentar:

  1. mba....... bikin ngiler,,,,,
    ijin praktekin resepnya ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Anriani, kudu cari bumbu rempah nusantara nya dulu hehehhe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...