05 September 2019

Resep Simple Chicken Fajitas & Perpanjangan Paspor Online


Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Kenapa ya jika berurusan dengan institusi pemerintahan selalu bikin deg-degan? Padahal yang mau saya urus hanya perpanjangan paspor. Tapi swear, saya sudah beberapa kali mengurus perpanjangan paspor, dan setiap kali aktifitas lima tahunan ini hendak dilakukan selalu merasa tidak pede. Hari Rabu kemarin saya hendak melakukan perpanjangan paspor yang ketiga kalinya, kali ini saya memilih mendaftar online. Atas saran Mbak Mirah, teman kantor, saya memilih memperpanjangnya di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan. Sebelum-sebelumnya saya selalu memperpanjangnya secara manual, datang ke kantor imigrasi terdekat dan melakukan antrian. Cara itu kini sudah urdu, dengan mendaftar secara online sangat mempersingkat waktu karena nomor antrian  dan waktu telah ditentukan. 

Mendaftar paspor secara online bisa dilakukan melalui  website Antrian Imigrasi atau melalui aplikasi di android, saya memilih cara terakhir karena hari itu website Antrian Imigrasi susah sekali dibuka. Setelah aplikasi terinstall di handphone maka kita cukup mendaftarkan diri untuk login kemudian memilih kantor imigrasi atau kantor pelayanan publik yang diinginkan. Saat itu MPP Kuningan tidak memiliki kuota pendaftaran lagi dan saya diminta untuk mencoba lagi di hari Jumat. Setiap Jumat, kuota pendaftaran online untuk kurun waktu satu minggu dibuka mulai pukul 2 siang dan ditutup pada hari Minggu. 

Resep Simple Chicken Fajitas JTT
Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Mall Pelayanan Publik di Rasuna Said ini hanya menerima perpanjangan paspor, tidak untuk membuat paspor baru. Kantor pelayanan publik untuk aneka perpanjangan surat kepemilikan seperti SIM, pajak hingga sertifikat tanah ini lumayan digemari orang, mungkin karena lokasinya strategis yang dekat dengan perkantoran. Kebetulan yang satu ini dekat dengan kantor saya, dan menurut Mbak Mirah tidak terlalu banyak yang menggunakan fasilitas perpanjangan paspor disini, jadi prosesnya sangat cepat. Hari Jumat jam sebelas siang saya membuka kembali aplikasi antrian imigrasi di hape dan ternyata proses pendaftaran sudah dimulai, kuota yang disediakan hanya 100 orang. 

Untuk di hari Senin sesi pagi di MPP Rasuna Said masih tersisa slot untuk  4 orang. Ketika saya memasukkan data-data, kebetulan saya mendaftaran diri sendiri dan adik saya, Dimas, yang paspornya telah expired, sistem meminta scan paspor untuk orang kedua. Berhubung tidak membawa paspornya di kantor terpaksa proses pendaftaran saya tunda. Saya baru mengulang prosesnya di jam dua belas malam dan saat itu jatah kursi untuk hari Senin dan Selasa sudah full book. Saya mendapatkan antrian di hari Rabu kemarin, sesi kedua yaitu jam 1 hingga  2 siang. 

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Berurusan dengan pemerintahan, saya biasanya ekstra hati-hati. Mindset saya tentang birokrasi yang kaku, proses berbelit, petugas yang kurang profesional dan sering kali jutek, telah tertanam dibenak sejak remaja dan susah dienyahkan. Maklum, saya terlalu sering berurusan dengan kantor pemerintahan daerah bahkan juga di Jakarta dengan model dan gaya petugas seperti ini. Bahkan saya pernah berurusan dengan salah satu bank BUMN besar dimana teller-nya super jutek, saat itu saya hendak meminta print out rekening koran 3 bulan guna keperluan pengajuan kredit. Kala itu saya ditanya macam-macam, mulai dari dimana saya hendak mengambil kredit hingga berapa besar kredit yang akan saya ambil. Pertanyaan yang menurut saya sangat tidak relevan. Print out rekening koran adalah hak nasabah untuk meminta ke bank tempat membuka rekening, dan kewajiban bagi bank untuk menyediakannya tanpa perlu banyak bertanya. Toh saya harus membayar untuk setiap lembar print out yang dikeluarkan oleh bank. Saat itu betapa gemasnya saya hendak mengajukan komplain ke Kepala Cabang dengan gaya teller yang sangat tidak ramah dan menurut saya 'menyebalkan', apalagi dengan kondisi saat ini dimana bank berlomba-lomba memberikan pelayanan yang sangat kooperatif dan helpful ke nasabah. Niat komplain saya urungkan, karena sebagaimana tipikal orang Indonesia lainnya, saya tidak mau repot. 😅

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Kembali ke urusan pendaftaran paspor online. Saya lantas mendapatkan notifikasi pendaftaran dan kode barcode yang berisi nama, nomor antrian registrasi dan waktunya. Kode ini saya print screen untuk ditunjukkan pada saat nanti mengajukan perpanjangan. Sebagaimana urusan perpanjangan paspor umumnya, maka saya mempersiapkan KTP, KK, paspor lama, dan akte kelahiran, semua dokumen asli beserta fotokopinya harus dibawa. Takut terlambat dan enggan gubrak-gubruk di lokasi, saya berangkat lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Jadwal saya di pukul satu siang, tapi saya ngacir dari kantor sejak pukul dua belas. Ternyata dengan taksi, MPP Rasuna Said cukup ditempuh dalam waktu 10 menit saja, jadi waktu saya luar biasa panjang. Gedung Mall Pelayanan Publik Rasuna Said ini terletak di samping Gedung Nyi Ageng Serang, ketika tiba di lobi saya dibantu oleh petugas untuk mengambil no antrian. Area pelayanan instansi pemerintahan dan BUMN ada di lantai 3, setelah mendapatkan nomor antrian saya langsung meluncur naik dalam lift.

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Kesan saya pertama kali dengan Mall Pelayanan Publik ini sangat mengesankan. Ruangannya rapi, nyaman, dengan banyak kursi. Konter-konter pelayanan milik instansi pemerintah berjajar memenuhi ruangan yang besar ini. Karena waktunya masih jam istirahat saya lantas memilih buku bacaan yang disediakan di sebuah rak buku didekat meja resepsionis, tak lama kemudian adik saya, Dimas, tiba juga di gedung tersebut. Sekitar pukul satu lewat lima belas menit, daftar antrian mulai dipanggil. Tidak banyak yang mengajukan perpanjangan paspor saat itu, hanya sekitar lima orang yang duduk didepan konter pelayanan imigrasi, saya mendapatkan nomor pertama untuk sesi siang. 

Dari sekian banyak dokumen yang saya bawa, petugas hanya meminta paspor lama asli beserta copy-nya, dan copy KTP. Akte kelahiran dan KK yang saya bawa sama sekali tidak diperlukan dan sama sekali tidak dilihat, bahkan kode barcode pendaftaran online sama sekali tidak diminta karena nama saya sudah tercantum didalam daftar yang dimiliki petugas. Petugas hanya mengajukan pertanyaan apakah saya ada rencana hendak ke luar negeri dan saya jawab mungkin akhir tahun berkunjung ke suatu negara. Setelah semua dokumen diserahkan saya diminta duduk kembali di kursi tunggu hingga nama saya dipanggil kembali untuk sesi pemotretan dan pengambilan sidik jari.

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Ada satu kendala sedikit ketika adik saya, Dimas, mendapatkan giliran pendaftaran. Namanya tidak tercantum didalam list yang dimiliki petugas. Untungnya kami sudah melakukan screenshot kode dan notifikasi, jadi cukup menunjukkan kode tersebut petugas kemudian melanjutkan proses pendaftaran. Sekitar dua puluh menit kemudian nama saya dipanggil, kali ini untuk proses foto dan pengambilan sidik jari. Sekali lagi petugas menanyakan rencana saya untuk pergi keluar negeri dan jenis paspor yang hendak saya ambil, apakah jenis paspor biasa atau e-paspor. Saya memilih e-paspor, walaupun biayanya menjadi lebih mahal (650 ribu rupiah) dibandingkan paspor biasa (350 ribu rupiah) dan waktu jadinya pun juga lebih panjang (10 hari kerja), namun e-paspor memiliki keuntungan salah satunya berkunjung ke Jepang tanpa perlu pengurusan visa. Entah kapan saya akan pergi ke Jepang, tapi jika tiba-tiba ada tiket murah betapa mudahnya meluncur kesana tanpa harus sibuk mengajukan visa terlebih dahulu.

Proses pembayarannya adalah melalui transfer bank. Petugas menjelaskan proses untuk mendapatkan Kode Bayar melalui WhatsApp dengan cara mengirimkan nomor pendaftaran yang sudah ditentukan. Sialnya hari itu sistem Simponi yang mengirimkan kode pembayaran sedang down sehingga tidak bisa mengirimkan kode. Tanpa Kode Bayar maka saya tidak bisa melakukan pembayaran melalui ATM. Hal yang menyebalkannya adalah waktu jadi paspor yang 10 hari kerja tersebut dihitung sejak pembayaran dilakukan, bukan sejak pendaftaran perpanjangan diajukan. Artinya, jika si Simponi yang mengirimkan kode bayar lama down-nya, maka akan semakin mundur lah waktu jadi si paspor. Petugas menjelaskan bahwa sistem biasanya hanya down sehari saja, jadi jika sampai sore saya belum mendapatkan kode maka bisa diajukan kembali melalui WA keesokan harinya. Ternyata sistem baru bisa mengirimkan kode ketika saya coba  kesekian kalinya di pukul sebelas malam. Tobat!


Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Overall pendapat saya mengenai perpanjangan paspor di MPP Rasuna Said sangat menyenangkan. Pelayanan petugasnya baik, profesional, antrian sama sekali tidak ramai, kondisinya juga nyaman, sangat jauh dengan kantor imigrasi yang biasanya antriannya tobat banyaknya. Untuk pendaftaran paspor online ini hal yang menyebalkan hanya satu, sistem yang mengeluarkan Kode Bayar yang down, sangat mengganggu bagi mereka yang ingin segera melakukan proses pembayaran. Seharusnya diberikan alternatif cara lainnya untuk melakukan pembayaran, bukan hanya mengandalkan Kode Bayar yang dikirimkan melalui WA. 

Wokeh saya akhiri cerita pengalaman memperpanjang paspor secara online, menuju ke resep chicken fajitas kali ini. Menu ini sudah sangat sering saya eksekusi dirumah karena simple, cepat dibuat dan rasanya unik dan lezat. Fajita (dibaca fahita) adalah masakan ala Texan-Mexican American yang biasanya terbuat dari daging sapi yang di grill dan disajikan dengan taco, atau tortilla. Daging sapi untuk fajita biasanya khusus yaitu jenis 'skirt steak' yang walaupun teksturnya tidak lembut namun memiliki rasa yang lezat. Seiring perkembangannya, fajita bisa dibuat dari daging sapi bagian apapun, fillet dada atau paha ayam dan sayuran. Fajitas juga disantap bukan hanya dengan taco atau tortilla melainkan juga dengan nasi dan pasta. Saya suka membuatnya dengan menggunakan dada ayam, walau teksturnya lebih kesat dibandingkan dengan bagian paha namun kandungan lemaknya lebih rendah. Kebetulan dada ayam juga sering saya stok didalam kulkas dalam jumlah banyak. Sayuran terbaik dan umum disandingkan dengan chicken fajitas adalah paprika, saya menggunakan jenis merah dan hijau. Tanpa sayur pun tidak masalah, nanti saat akan disantap cukup disandingkan dengan salad segambreng. Umumnya makanan ini disantap dalam gulungan tortilla (sejenis roti untuk kebab), tapi bersama nasi tak kalah nampolnya.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Simple Chicken Fajitas
Resep modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan masakan a la Meksiko lainnya? Silahkan klik link dibawah ini ya:
Mexican Bean Salad
Salsa Tomat Hijau
Nachos dengan Saus Keju

Bahan ayam + marinade:
- 2 potong dada ayam, iris tipis
- 1 buah jeruk nipis peras airnya
- 2 sendok makan minyak zaitun
- 2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1/2 sendok teh jintan bubuk
- 3 siung bawang putih, cincang halus / parut
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok teh cabai bubuk

Bahan lain:
- 1/2 sendok makan minyak zaitun untuk menumis
- 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
- 1 buah paprika hijau, iris tipis
- 1 buah paprika merah,iris tipis
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Siapkan paprika yang sudah diiris, sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan dada ayam dan bumbu marinadenya, aduk rata. Diamkan minimal 2 jam di kulkas, atau maksimal selama semalam.

Sipkan pan, tuangkan dada ayam dan bumbunya, masak sambil diaduk-aduk hingga dada ayam matang dan air rendaman habis. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Angkat.

Resep Simple Chicken Fajitas JTT

Siapkan wajan, panaskan 1/2 sendok makan minyak zaitun. Tumis bawang bombay hingga harum dan matang. Masukkan paprika, aduk dan tumis selama 1 menit. Masukkan garam dan merica, aduk rata. Tuangkan tumisan ayam, aduk rata dan masak selama 1 menit. Angkat dan sajikan chicken fajitas dengan nasi, pasta atau tortilla.

Sumber:
Wikipedia - Fajita




8 komentar:

  1. mba mau tanya apa perpanjang paspor di rasuna itu hanya untuk yg domisili di jkt ya? kalau sy di tangerang boleh ga ya perpanjang di situ? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya perpanjangan dan pembuatan paspor bisa dilakukan di kantor imigrasi atau pelayanan publik dimanapun mba, tidak tergantung sama domisili seperti pembuatan KTP ya.

      Hapus
  2. Siang Mbak Endang, minyak zaitun bisa diganti dengan minyak goreng biasa gak? atau dengan minyak apa saja? terima kasih.

    BalasHapus
  3. wah mba endang.. enak nih kayaknya. bumbunya juga ngga ribet. kalau pakai dada ayam kampung, mesti 4 kali ya ? karena ukurannya kecil. yang di foto mbak, potongannya banyak soalnya.

    -emily-

    BalasHapus
  4. Assalam.
    Mbak endang minyak zaitun sy rasanya getir,apakah nanti gak pengaruh ke rasa?
    Oiya, mbak endang jaman now jangan ragu untuk komplain dgn pelayanan publik, gak ribet koq, adukan ke LAPOR SP4N, ini aplikasi KemenpanRB, diawasi KPK, Ombudsman dan staf kepresidenan. Ada juga Aduan Konten yang digarap Kementerian Kominfo kalo terganggu dengan konten negatif, sms penipuan atau spam. Jadi ayo laprkan, jangan biarkn kita dijajah bangsa sendiri.
    Tati, kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti minyak goreng biasa saja Mbak Tati, gak masalah kok.

      Wah thanks info mengenai pelayana publiknya yaa, keknya mantap. Yep memang kita kudu jangan mau dijajah bangsa sendiri!

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...