04 November 2021

Resep Asam Padeh Ikan dengan Daun Ruku-Ruku


Resep Asam Padeh Ikan JTT

Dari sekian banyak tanaman yang suka saya tumbuhkan di halaman maka jenis rempah aromatik menduduki peringkat pertama, alias kudu wajib ada. Alasannya, daun rempah aromatik atau herbs umumnya tidak diperlukan dalam jumlah banyak di dalam masakan, jadi membelinya dalam partai besar, cenderung mubazir. Alasan lainnya, beberapa jenis daun rempah tidak umum ditemukan di pasaran, misal ruku-ruku untuk masakan asam padeh ikan ini, jadi menanamnya sendiri adalah cara mudah agar daun tersedia ketika diperlukan. Selain itu, mengkoleksi daun rempah menurut saya mengasyikkan, aromanya bermacam-macam dan menjadi tantangan sendiri saat menceburkannya ke dalam masakan. 

Resep Asam Padeh Ikan JTT

Ada banyak tanaman rempah yang saya tanam dalam pot di kebun secuplik di pekarangan rumah, umumnya yang sering digunakan di dalam aneka masakan mulai dari daun bawang, seledri, kemangi, kunyit, thai basil, italian basil, hingga daun rempah yang belum pernah saya gunakan di dalam masakan tapi mati-matian saya tanam, misal rice paddy herbs atau ngo om (Limnophila aromatica). Saya suka menonton vlog gardening dan cooking dari Thailand, Vietnam dan Kamboja, mereka sering memasukkan aneka rempah daun aromatik di dalam hidangan terutama sup. 

Resep Asam Padeh Ikan JTT
Daun Ruku-Ruku


Tanaman daun rempah aromatik yang biasa dikonsumsi di negara-negara Asia Tenggara umumnya tidak jauh berbeda, biasanya digunakan di dalam hidangan berkuah yang menggunakan protein hewani seperti ayam, seafood, dan daging. Tujuannya untuk mengurangi aroma amis dan menyegarkan masakan. Di Indonesia sendiri kita umum menggunakan daun kemangi, daun kunyit, daun kencur, pandan, selain tentu saja daun bawang dan seledri untuk sehari-hari. Tapi beberapa daerah menggunakan rempah yang berbeda seperti daun ruku-ruku ini terutama di dalam gulai dan pepes. Ruku-ruku atau holy basil masih satu keluarga dengan kemangi dan jenis basil lainnya, tapi memiliki aroma berbeda. Daunnya agak sedikit berbulu dan bergerigi di tepiannya, aromanya bagi yang kurang suka akan mengatakan langu, tapi yang maniak akan berkata wangi.

Resep Asam Padeh Ikan JTT
Resep Asam Padeh Ikan JTT

Demi aneka masakan ini lah saya tanam rempah di pekarangan dan semua di dalam pot, so far beberapa bisa tumbuh dengan baik. Tanaman rempah umumnya tidak terlalu suka sinar matahari full (6-8 jam/hari) jadi cocok untuk halaman rumah yang hanya terkena sinar matahari 4-5 jam saja. Walau ruku-ruku banyak ditemukan tumbuh liar di tepian jalan atau pekarangan kosong, tapi saya belum pernah menemukannya di sekitar rumah, jadi saya beli benihnya di online shop. Dari sekian banyak biji hanya beberapa saja yang bisa tumbuh dewasa dan daunnya bisa dipanen. Sebagaimana kemangi dan basil, semakin sering pucuk tunasnya dipetik maka cabangnya akan semakin banyak, artinya daun lebih berlimpah dan mencegah tanaman lekas berbunga, jadi memang sebaiknya sering dipakai di dalam aneka masakan. 

Ini adalah kali pertama saya memasak asam padeh ikan menggunakan ruku-ruku, tapi masakan asam padeh khas Minang umumnya selalu menambahkan daun ini. Rasanya memang lebih sedap dan aromanya lebih unik, tapi tanpa daun ruku-ruku pun tetap mantap.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Asam Padeh Ikan JTT

Asam Padeh Ikan
Resep modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 2 ekor ikan baronang, berat sekitar 1000 gram, siangi, cuci bersih dan masing2 potong menjadi 2 bagian.
- 2 buah tomat merah, iris tipis
- 600 ml air

Bumbu, dihaluskan:
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 20 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak
- 2 cm kunyit
- 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:
- 2 batang serai, memarkan
- 4 lembar daun jeruk
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 4 keping asam gelugur/kandis
- 2 lembar daun kunyit, ikat
- 1 genggam daun ruku-ruku, rajang kasar

Cara membuat:

Resep Asam Padeh Ikan JTT

Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu berubah warna dan harum baunya. Masukkan serai dan daun jeruk, tumis 1 menit.

Tuangkan air ke dalam bumbu.

Resep Asam Padeh Ikan JTT

Masak hingga air mendidih. Tambahkan kaldu bubuk, gula, garam, dan tomat, aduk rata dan masak hingga kuah mendidih. Masukkan ikan. Masak hingga ikan setengah matang.

Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Masukkan irisan daun kunyit dan ruku-ruku, aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa gula, garam dan asam. Angkat dan hidangkan dengan nasi putih. Yummy!




2 komentar:

  1. Pake kemiri gak mba? kalo pake kemiri mempengaruhi rasa gak? Kok kelihatannya kuahnya kental..

    BalasHapus
  2. Mbak Endang, itu menghaluskan bumbu pakai blender atau chopper? Kalau chopper merek apa bisa halus begitu?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...