25 Februari 2012

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake: Cake coklat dari tahu tanpa telur untuk vegetarian


Resep Eggless Tofu Chocolate Cake

Setahun yang lalu saya sempat terinspirasi untuk mencoba hidup ala vegetarian. Begitu semangatnya saya hingga bahkan membuat sendiri daging tiruan (mock meat atau gluten) untuk vegan yang terbuat dari tepung terigu protein tinggi. Hampir tiga bulan lamanya saya menjalani hidup dengan makan makanan yang tidak bernyawa. Nah, ternyata sepertinya pola hidup ini tidak sesuai untuk saya. Entah mengapa saya merasa kepala ini susah sekali untuk diajak berfikir dan berkonsentrasi. Tulalit, lemot (lemah otak) dan kehilangan daya kreatifitas membuat hidup saya pun menjadi sengsara. Apalagi saat itu di kantor sedang banyak-banyaknya project dan pekerjaan yang menanti. Akhirnya dengan berat hati saya akhiri perjuangan saya menjadi seorang vegetarian dan kembali ke selera asal, ikan, ikan dan ikan. ^_^.

Namun bagi anda yang biasa menjalani hidup vegetarian dan memiliki niat yang luar biasa kuat seperti teman kantor saya, Mba Mirah, hidup pun terasa enjoy-enjoy saja. Saya justru melihat sendiri efek positifnya di beliau. Walaupun telah berusia di atas empat puluh lima tahun dengan tiga putera-puteri yang saat ini sedang melanjutkan kuliah di Korea, Mba Mirah terlihat awet muda, dengan kulit yang kencang, bersinar sehat dan tubuh yang langsing. Hmm, mantap!

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:
Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Vegetarian sendiri ada 4 tipe, yaitu lacto-ovo-vegetarianism, lacto-vegetarianism, veganism dan fruitarianism. Bagi para lacto-ovo-vegetarianism (umumnya penganut vegetarian tipe ini berasal dari dunia Barat), konsumsi telur dan produk dairy seperti susu dan keju masih diperbolehkan. Sedangkan tipe lacto-vegetarianism, merupakan tipe vegetarian yang paling awal dikenal (tercatat di India), melarang konsumsi produk dairy seperti keju dan susu. Tipe vegetarian paling ketat adalah veganism dan fruitarianism, yang melarang mengkonsumsi semua produk dari hewan seperti produk dairy dan juga madu.

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:
Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Okay, bagi anda penganut tipe lacto-vegetarianism maka  resep cake coklat tahu yang saya posting kali ini bisa menjadi salah satu alternatif di rumah. Resep cake ini tidak menggunakan produk hewani sama sekali seperti telur namun untuk rasanya tidak kalah dengan cake coklat umumnya, yummy! Bahkan sepotong besar tahu yang dimasukkan ke dalam cake sulit terdeksi rasa dan aromanya. Hmm, mungkin tertutup dengan coklat bubuk segunung yang ditambahkan ke adonan ^_^.  Ketika cake coklat ini saya bawa ke kantor, beberapa teman yang mencicipinya tidak percaya ketika saya katakan cake ini minus telur dan mengandung tahu. Menurut saya, kekurangan cake ini dibandingkan dengan cake coklat yang biasa adalah ketika telah dingin cake menjadi kering dan kurang begitu moist. Namun secara keseluruhan cake ini tetap sedap dan layak untuk dicoba, hmm.... mungkin kala anda sedang kehabisan stock telur di rumah? ^_^

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, tidak perlu khawatir karena cake ini sangat mudah dibuat dalam waktu singkat. Tidak percaya? Yuuk, kita langsung ke dapur saja.  Berikut resepnya ya.

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:


Cake Coklat Tahu Tanpa Telur
Resep diadaptasikan dari web Chef in You - Chocolate Pound Cake with Tofu

Menggunakan loyang cake 20 x 20 cm

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 50 gram coklat bubuk (gunakan yang berkualitas baik)
- 1/2  sendok teh baking soda
- 1 sendok teh baking powder, pastikan fresh, double acting dan perhatikan masa kedaluarsanya. (jika tidak menggunakan baking soda maka takaran baking powder menjadi 1 1/2 sendok teh)
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 200 gram gula pasir (resep asli 250 gram)
- 200 gram margarine atau mentega (resep asli 250 gram)
- 200   gram tahu sutera/tahu putih yang halus (tahu ini sebagai pengganti 4 butir telur ayam)
- susu cair secukupnya hanya untuk membuat adonan tidak terlalu kental (+ 50 ml hingga 100 ml)

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 180'C, letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm, oleskan mentega dan taburkan tepung pada permukaannya. Sisihkan. 

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Haluskan tahu hingga sehalus mungkin, anda bisa menggunakan blender atau food processor seperti yang saya lakukan. Atau masukkan tahu ke dalam plastik dan ulek dengan ulekan yang anda miliki di rumah. Tahu yang masih menggumpal akan membuat tekstur cake tidak smooth.

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, baking soda,  garam dan vanili bubuk, aduk hingga rata dengan spatula dan sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula, kocok dengan kecepatan sedang hingga kental, pucat dan halus. Masukkan tahu yang telah dihaluskan dan teruskan mengocok hingga menjadi adonan yang halus. Matikan mikser.

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Masukkan tepung terigu ke dalam adonan mentega dan tahu, aduk menggunakan spatula perlahan hingga semua bahan tercampur baik. Jangan berlebihan mengaduk, jika telah tercampur baik segera hentikan adukan. 

Adonan yang terbentuk pekat dan kental, tambahkan susu cair secara perlahan, hingga adonan tidak terlalu pekat. Aduk rata sebentar saja.

Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:
Resep Eggless Tofu Chocolate Cake:

Tuangkan adonan ke loyang, ratakan permukaannya dan panggang di oven selama 40 - 50 menit atau hingga ketika lidi ditusukkan di tengah kue, tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven dan hilangkan uap panasnya. 

Balikkan kue dan potong-potong sesuai selera. 

Cake coklat ini sedap selagi hangat dan agak kering ketika telah dingin.

Sources:
Web Chef in You
Wikipedia - Vegetarian Cuisine



41 komentar:

  1. waaaw...mantaabbb,,,
    mbak ,, kalo ini di kukus kira" bisa gag yaa..
    putri@malang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Non Putri, sepertinya bisa Jeng, cuman saya belum coba, mungkin justru hasilnya akan lebih moist.

      Hapus
  2. hallo mba endang,
    saya sudah coba resep ini dengan cara dikukus. ternyata enak ya. . .awal baru jadi masih tercium bau tahunya tapi lama-lama enak kok :) waktu bagi-bagi ke teman-teman di rumah pada ga nyangka kalo ini ada tahunya. makasih ya mba untuk resp-resep kue yg enak ^_^

    offin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Offin, mungkin lebih enak kukus daripada panggang ya, karena dipanggang teksturnya kering. Next mungkin harus dicoba lagi, thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  3. hi mbak.kalau ga pake baking soda n baking powder bs ga?*spy lebih sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, hmm belum pernah coba, tapi saran saya, pastikan mentega dan gula harus dikocok hingga kembang ya baru dimasukkan bahan lain.

      Hapus
    2. okeh mbk.sy udah coba cake tape kukus &homamade ice cream.tapi homemade ice creamny ko ga kayak ice cream di pasaran ya.emang c saya ga pake SKM hehe.apa itu penyebabny?
      mau tanya lagi tentang butter cake.bisa ga ya butter diganti myk barco yang di bekuin?(i think its silly question haha) soalnya butter mihil mbk

      Hapus
    3. hai Mba, tentu saja ice cream ini tidak akan 100% sama rasanya dengan ice cream di luaran. Ice cream yang sebenarnya menggunakan krim kental, susu dan kemungkinan kuning telur. Es krim ini terbuat dari pisang, tujuannya supaya lebih sehat. untuk es krim dari krim kental silahkan buka link ini Mba: http://www.justtryandtaste.com/2011/11/es-krim-mangga.html

      Untuk butter cake, barco ini mirip margarine ya? atau mentega putih? Saya belum pernah menggunakan Barco beku untuk baking, tapi kalau mirip seperti shortening atau mentega putih mungkin bisa tetapi rasanya tentu saja tidak akan seenak butter ya.

      Hapus
    4. barco merk myk kelapa mbk.aq suka ganti pake minyak barco ini klo di resep pake margarin.

      kalau tekstur ice creamny gimana mbk.apakah mirip dengan ice cream di pasaran?

      aq baru selesai bikin homemade bakso sapinya mbk.belum bisa mental.mgk karena ga pake bpda n b soda.tapi walau blm mental,senangnya ga bisa di ungkapkan bisa menghidangkan makanan sehat untuk keluarga.

      terus update resepny ya mbk.apalagi yg homemade.aq intip terus blogny.hehe

      Hapus
    5. oia tadi selain bikin homemade bakso sapi.aq juga bikin eggless tofu cake ini

      Hapus
    6. untuk link es krim yang saya sertakan, yep sama dengan es krim umumnya. Kalau Barco bisa menggantikan margarine maka saya rasa bisa menggantikan mentega Mba.

      Yep, supaya mental bakso harus menggunakan BP & BS.

      Sip, thanks sharingnya disini ya Mba. Sukses selalu. ^_^

      Hapus
  4. mba...thank you untuk resepnya...sip banget
    anakku terlahir alergi semua protein hewani (telur, daging, ayam , whey protein bubuk)
    segala bentuk makanan yang dibuat dari bahan yang melalui proses fermentasi - keju, ragi dll

    jadi terpaksa dia vegan, hanya makan sayur mayur, semua kue dan cake serta kudapan saya buat sendiri di rumah..

    resep ini OK banget buat dicoba...thank youuu and aku selalu tunggu untuk next resepnya, eggles and yeastless...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep ini disuka. Memang harus pintar2 mengubek2 resep ya kalau punya krucil yang alergi macam2 makanan, kebetulan keponakan saya juga sama, alergi gluten kasein, tapi masih bisa makan protein hewani.

      sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  5. Hi mba endang,
    mau tanya di bahan ada baking soda, tapi kalo dicara membuat tidak disebutkan ada baking soda. Apa dicampur bareng dengan terigu ya? Atau sudah cukup dengan baking powder aja? Terima kasih sebelumnya

    nana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nana, thanks koreksinya ya, yep menggunakan baking soda dan dicampur di dalam terigu sama seperti baking powder. Kalau sudah pakai Baking powder yang double acting, bisa skip saja baking sodanya ya dan takaran BP jadi 1 1/2 sdt.

      Hapus
  6. Bismillah..
    Q udah cobain ini mba..dikukus..dan setengah resep pastinya..hehe. Tp q ga pake bp mba..
    Mm...rasanya lembut..agak kenyal.. Ohya, adonan setelah ditambah air itu tetap Agak kental n pekat ya mb? Lama2 jadi mirip2 kaya jenang..wkwkwk... Tp lembutan ini..hihi.
    Sayangnya q ngalusin tahunya kurang halus mb..(pdhl perasaan udah halus..) ternyata stelah mateng agak keliatan bintik2 halus..hehe. yg penting suami suka..karna memang agak alergi dg telur..
    Makasi ya mba untuk share resepnya..
    Kalo bisa sering share eggless cake.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Aiie, thanks ya Mba. Yep memang adonannya kental dan pekat ya, keknya efek tahunya wakkaka. Kepengin juga banyakin resep2 eggless tapi memang yang simple rada2 jarang ya resepnya hehehe. sukses ya mba!

      Hapus
  7. Makasih resepnya, oh iya, kalau dijadikan kue kering bs nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa ya, hanya saja teksturnya sangat remah ya.

      Hapus
  8. Mba tahu sutera itu dimana belinya y?merknya apa?makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Enie, saya bisanya beli di pasar, cari saja tahu yang dibungkus kain, harganya lebih mahal sedikit tapi teksturnya lebih halus ya

      Hapus
  9. mbak kalo dikukus apa perlu dipake baking powder ?
    hehehe thanks before ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Wahyu, kukus dan panggang tetap pakai baking powder ya. Fungsinya untuk mengembangkan adonan

      Hapus
  10. Haii Mbak Endang, jika coklat bubuk nya aku ganti susu bubuk bisa gak yaa? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, hanya saja mungkin kurang nendang rasa coklatnya ya

      Hapus
    2. Barusan aku coba buat mbak endang, untuk rasa sudah ok.. Cuman tekstur kue saat di sentuh hancur, apa karena efek penggunaan susu bubuk yang membuat tekstur kue seperti itu. Susu cair yang aku gunakan 50ml.

      Hapus
    3. haloow mba lingga, saya rasa kurang cairan, diatas takaran susu cair 50 - 100 ml, kalau adonan terlalu padat tambahkan cairannya ya. kurag cairan membuat cake mudah patah dan remah

      Hapus
  11. Mba Endang, kalau tahu sutranya diganti dengan tahu biasa namun lembut juga bisa tidak ya mba? terimakasih sebelumnya mba :)

    BalasHapus
  12. Mba, bisa skip mentega dan susu nya gak? Kan produk hewani

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, mentega bisa diganti margarine ya, susu bs pakai soy milk. yep untuk vegan memang tidak bs konsumsi produk hewani termasuk susu dan telur, tetapi untuk lacto-ovo vegetaria masih bs ya.

      Hapus
  13. Sudah dicoba mba...kebetulan anak sy alergi telur dan susu serta sulit makan nasi sukanya makan roti dan kue2 begini. Tambahan tahu pd kue ini lumayan nambah asupan proteinnya. Sy buat 2 versi, yg tanpa coklat utk bocil yg dg coklat utk saya (krn masih asi jd sy ikutan pantang telur dan susu) susu dlm resep ini sy skip pakai air biasa...alhamdulillah enaaak, bocil suka sy juga suka...cuma agak terlalu manis menurut sy, lain kali sy akan kurangi gulanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya oke dicoba dan disuka. susu bs digantikan dengan santan juga ya mba

      kurangi saja gula di resep jika terlalu manis yaa, sukses selalu!

      Hapus
    2. Mba Endang, yg anonim lakukan, tanpa coklat, brarti coklat ny skip ya? Alias ga ada digantikan oleh apapun.sy mau coba ini,tanpa coklat.anak sy ga bisa makan coklat

      Hapus
    3. Hai Mba Risma, skip saja coklatnyam gantikan porsi coklat bubuk dengan tepung ya.

      Hapus
  14. ^_^ Mba, matur suwun sudah berkenan berbagi resep. Ini adalah resep kesekian darimyu yg berhasil aku buat. Laporrrr...sore ini cake eggless telah berhasil (dengan sedikit modifikasi). Masaknya dikukus dan takaran gula aku kurangi 20% dari resepnya mbak. Tenan...teksturnya lembutttt banget. Hohoho...... Lumayan bisa untuk stok snack anak- anakku yg masih balita. _Hapsari_

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Hapsari, salam kenal dan thanks sudah menyukai resepnya ya. senang sekali eggless cokkat cake ini disuka dan bs menjadi camilan krucil2 di rumah yaa. ^_^

      Hapus
  15. Hai mba endang...kalau tepung terigu diganti dengan tepung oat/quaker oat takarannya apakah sama?
    Terima Kasih, Dina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dina, sama takaranya ya mba, tapi takutnya kalau semua tepung oat hasilnya gak mau padat ya alias buyar/remah karena gak pakai telur juga di resep ya

      Hapus
  16. Hi mba Endang, kalau tepung terigu disini saya ganti dengan tepung gluten free bisa kah? (Campuran tepung beras, maizena,tapioka).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Risma, yep kemungkinan bisa ya, tapi saya khawatir teksturnya lebih remah.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...