26 Februari 2012

Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering


Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering

Minggu yang luar biasa sibuk, dan semua seakan berjalan begitu cepat membuat saya sedikit terengah mengejarnya. Akibatnya blog menjadi jarang ter-update. Namun saya tetap dan akan tetap berusaha untuk melakukan regular posting dan menyisihkan waktu mencoba aneka masakan di dapur rumah Pete yang kondisinya saat ini seperti kandang pecah karena saya tak punya waktu dan tenaga untuk membersihkannya. Hmm, alasan yang dicari-cari sebenarnya, karena ketika waktu sedang agak luang saya justru memanfaatkannya hanya dengan berbaring di pulau kapuk sambil browsing tak tentu arah dan cekikikan chatting dengan beberapa teman. Benar-benar cara membunuh waktu yang sangat, sangat tidak bermanfaat dan please don't try this at home. ^_^

Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering
Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering

Minggu pagi yang cerah di luar sedikit memberikan semangat untuk beraktifitas di dapur, dan pagi ini saya membuat sarapan lezat yang sangat simple namun mampu membuat nafsu makan melangit. Kebetulan tadi malam, Tedy, adik saya, membawa sekotak ikan bandeng presto satu merk terkenal dan pagi ini si bandeng presto saya goreng dan siram dengan tumisan tauco dengan irisan cabai merah keriting yang so yummy.  Tauco memang  tidak ada lawannya dalam memberikan aroma yang mantap di masakan, tumisan apapun sepertinya menjadi lebih dahsyat jika ditambahkan 2 atau 3 sendok makan olahan kedelai yang difermentasi ini. Tauco yang saya gunakan adalah jenis yang manis, karena tauco asin rasa garamnya benar-benar tak tertahankan dan menurut saya merusak taste masakan. Bahkan menggunakan versi manisnya pun saya masih harus menambahkan sedikit gula dan tidak menggunakan garam sama sekali.

Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering

Well, yang jelas begitu masakan ini matang, kami berdua langsung menyerbunya dengan sepiring penuh nasi merah. Menggasaknya dalam sekelebat mata. Perut pun terasa penuh, nyaman, dan.... sekarang saatnya untuk tidur? Upps, tentu saja untuk mengepel, mencuci dan menyikat lantai kamar mandi. ^_^

Berikut resepnya jika anda tertarik ya.

Tertarik dengan olahan ikan bandeng dengan tauco lainnya, silahkan klik di Bandeng Masak Tauco. 

Bandeng Presto Masak Taucho dengan Cabai Merah Kering
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk: 4 porsi

Bahan & bumbu:
- 2 ekor ikan bandeng presto, goreng hingga matang kecoklatan
- 1/2 butir bawang bombay ukuran besar, atau 1 buah ukuran sedang, cincang kasar
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 4 buah cabai merah kering, iris halus
- 2 sendok makan cabai merah giling, atau sesuai selera
- 4 - 5 sendok makan tauco manis
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh gula pasir
- 100 ml air 
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering

Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak dan panaskan. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabai giling dan cabai kering hingga harum dan bawang menjadi transparan dan sedikit kecoklatan. Aduk-aduk agar tidak gosong.

Masukkan tauco, air, gula dan kaldu bubuk, aduk rata dan masak hingga mendidih dan kental. Cicipi rasanya, angkat.

Resep Bandeng Presto Masak Tauco dengan Cabai Merah Kering

Tata ikan bandeng yang telah digoreng dan dipotong-potong di atas piring saji, siramkan tumisan tauco diatasnya. Siap disantap dengan nasi hangat. Yummy!

Selamat mencoba!



4 komentar:

  1. Kok tidak ada yg komen �� btw wah kelihatan enak bgt ya, bahan2nya juga simple. This included in my have-to-try list!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, postingan lama mba, waktu itu memang jarang yang komen hehehe. Btw, ini resep enak banget dan sampai sekarang masih sering saya buat di rumah. thanks ya

      Hapus
  2. mbak kalo taoco manisnya merk apa ya ?

    Imelda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba imelda, cap gajah kalau gak salah yaaa, pakai merk apa saja oke kok mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...