09 Juli 2012

Lemon, Lemon, Lemon Cake! Yey, yummy!



Lama tidak membuat cake, tiba-tiba dua hari yang lalu, sepulang kantor saya ingin sekali menyantap sepotong cake yang lembut, legit dan moist. Sambil rebahan di atas spring bed yang cozy saya sibuk membuka-buka buku kumpulan resep yang selalu menumpuk dengan manis di atas meja kamar namun jarang saya praktekkan isinya. Membeli buku resep masakan memang menjadi kegemaran yang tak tertahankan namun ketika masuk dalam taraf mempraktekkannya maka browsing resep di internet menjadi alternatif paling cepat.^_^


Pilihan saya kali ini jatuh ke cake lemon dan ini semata karena saya mencari resep yang sesuai dengan isi kulkas. Lemon dan almond bubuk. Lemonnya sendiri sudah berusia sebulan di kulkas, selain kulitnya yang sedikit kisut dan berkerut secara keseluruhan kondisinya masih baik. Sementara almondnya sendiri saya bahkan telah lupa berapa usianya, namun karena tidak ada masa kedaluarsa di pembungkusnya, maka dengan pe-de saya tetap menggunakannya. Syukurlah, hingga saat ini saya masih sehat walafiat walau seloyang cake telah masuk ke perut. ^_^


Sesuai perkiraan saya, cake ini lezat! Moist, lembut, aroma lemonnya kuat terasa dengan sedikit rasa asam lemon segar yang beradu dengan manis gula yang pas di lidah. Lemon segar memang memberikan aroma yang lezat pada cake sehingga essence lemon yang diharuskan di resep pun saya skip. Mantap! Kalau melihat tampilannya, saya cenderung beranggapan ini jenis poundcake. Cake ini tidak terlalu mengembang, ketika dipanggang hanya sedikit naik, menjadikan teksturnya terlihat dan terasa padat namun remah. Proses membuatnya sangat mudah dan cepat. Adonan bahkan tidak perlu dimikser hingga mengembang hanya dikocok hingga tercampur rata saja. 


Jika anda tidak memiliki almond bubuk, anda bisa menggunakan kacang almond utuh yang banyak di jual di toko bahan kue dan supermarket besar. Giling almond menggunakan blender hingga halus dan almond bubuk siap digunakan. Almond ini membuat tekstur kue menjadi legit dan pulen serta tentu saja cita rasa gurihnya membuat cake terasa lebih yummy! Yuk, kita buat saja.


Lemon Cake
Resep diadaptasikan dari web Saveur - The Best Damn Meyer Lemon Cake  

Untuk 1 loyang cake menggunakan loyang loaf ukuran 20 x 10 x 10 cm

Bahan:
- 125 gram mentega, suhu ruang
- 250 gram gula pasir
- 2 butir telur, suhu ruang
- 180 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna
- 1 sendok teh baking powder, gunakan yang double acting, kondisi fresh
- 1/2 sendok teh garam
- 80 gram almond bubuk
- 125 ml susu cair
- parutan kulit jeruk lemon dari 2 butir jeruk
- perasan air jeruk lemon dari 2 butir jeruk
- 1 sendok teh lemon ekstrak (essence lemon), saya tidak pakai

Cara membuat:
Siapkan oven, set di suhu 170"C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas minyak pada pemukaanya. Sisakan kertas minyak sepanjang 4 cm di kiri dan kanan sisi loyang agar kita mudah mengeluarkan cake dari loyang dengan cara menarik kertas tersebut ketika cake matang.


Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, almond bubuk, garam dan baking powder, parutan kulit jeruk lemon, aduk rata menggunakan spatula.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula pasir. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur dengan baik. Tambahkan telur satu persatu, sambil terus dikocok.

Masukkan tepung dalam 3 tahapan berselang seling dengan susu cair hingga tepung dan susu habis. Kocok terus hingga tercampur rata. Tambahkan perasan air jeruk lemon dan lemon ekstrak. Terus kocok hingga adonan tercampur baik. Matikan mikser.

Note: mikser berfungsi hanya untuk mencampur adonan jadi gunakan speed yang rendah saja.


Tuangkan adonan ke loyang yang telah disiapkan, ratakan permukaan adonan. Panggang selama 45 menit atau hingga cake matang. Test dengan lidi jika tidak ada adonan yang menempel maka cake dianggap matang.

Keluarkan dari oven, biarkan uap panasnya hilang. Menggunakan pisau tajam, sisiri bagian tepi cake yang menempel di loyang, ketika cake telah lepas, tarik kertas minyak di sisi-sisi cake hingga cake terangkat dan lepas dari loyang.

Cake siap di potong dan disantap. Yummy!

Source:
Web Saveur - The Best Damn Meyer Lemon Cake 




35 komentar:

  1. I was looking for recipes from other countries than Germany because im always curious and thanks God that Google translator could help me. That´s really the best recipe site what i found because i can feel the authors passion in each word. Thank´s for this Blog. I promise i will read all articles.

    Colin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Colin, haha thanks a lot! This is so surprised that you really left a comment on this simple blog. I am flattered! Well, you promise me you will read all articles on it and it contains almost 500 articles. Haha, feel free to ask me if there are some confusing recipes in there. Success for you! ^_^

      Hapus
  2. Mbak, saya mau nanya nih. saya udah coba resep ini tapi cake saya gosong di luar tapi di dalam ga mateng. jadi bingung mba, apa yang menyebabkan cake saya ga mateng. padahal waktunya sdh sy sesuaikan. thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rimma, maaf telat balasnya. Hmm, masing-masing oven memang terkadang suhunya bisa berbeda2 walau diset dengan angka yang sama, kalau dirasa cake cepat gosong sementara bagian dalam masih belum matang, turunkan suhu oven dan tutup permukaan cake dengan alumunium foil. Ini untuk mencegah cake menjadi gosong dipermukaan. Semoga membantu.

      Hapus
  3. mba e, kl oven cake ini harus pakai api atas bawah? maap yaa baru belajar xixixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Winnie, yep, saya selalu pakai api atas bawah ya Mba untuk semua cake dan kue yang saya buat. pengalaman pakai api bawah saja gatot hahahah

      Hapus
  4. Mbak en, sy desi. Mau tanya knapa yaa cake ini cpt banget gosong diluarnya. Jd ga pede dgn penampilannya dan sy baru kali ini bkn cake bantat. Heheeheh apa krn ngocoknya kbanyakan kali yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desiy, yeppp cake ini lama mateng dan akhirnya permukaan atas jadi gosong, sebaiknya kalau permukaan mulai kecoklatan tutup dengan alumunium foil sampai matang.

      wah kenapa bantat? pakai BP double acting? Cake ini menurut saya super mudah ya

      Hapus
  5. Mbak, sya baru mencoba resep ini, saya pake perasan air lemon dr 1 lemon saja, rasanya sdh luemon skli, alias masam. Saya jg selalu pnya problem baking, klo saya bkin roti di bake itu ga mengembang sempurna, paking cm naik setengah centi saja, walo ga bantat sih.. Beda klo dikukus, mengembang naik, cantik. Apa msalah ada di oven saya ya, saya pake merk maspion.
    anyway, thanks for the recipe ya mbak.. Still waiting for the newest one. Sukses trs bwt mbak endang ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kayanya ovennya kurang panas ya jadi cake gak naik sempurna. Mmang faktor oven berperan penting saat memanggang cake. thanks sharingnya ya Mba

      Hapus
  6. Oya mbak, menyambung posting yg sblumnya. Waktu memasukkan terigu dan susu bergantian itu, pas tuangan susu terakhir koq tekstur sperti pcah ya? Saya pake mixer dg kcpatan paling rendah jg. Thanks a bunch
    -Yuli-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuli, sebenarnya wajar kok kalau cairan terkena adonan padat atau kocokan mentega maka terlohat seperti pecah, tapi biasanya gak papa kok. Pakai mikser kecepatan paling rendah oke kok asalkan gak over mixing ya.

      Hapus
  7. Saya udah praktekin dan berhasil ^^ yeyyy!!! pdhl sy pake baking powder yg single action lohhhh...dan telurnya cuma 2 yaaaa...ajaib adonannya nek banget pas di bakar...sy pake loyang seadanya dan anak sy pengen bikin di cetakan untuk cup cake, karena blum hafal takarannya (maklum beginner), adonannya ampe luberrrrr hahaha...tp rasanya uenakkk ^^ dan wanginya kaya permen. Cuma untuk keluarga sy takaran gulanya seprtinya harus dikurangi, karena kami tidak terlalu suka manis.
    Jadi bikin semangat pengen nyobain resep yang lain xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, wah mantappp. thanks sharingnya yaa, senang sekali hasilnya oke dan dsuka. Moga suka dengan resep lainnya yaaa

      Hapus
  8. Hallo mba endang... aku dah cobain resep lemon cake nya. sukses tapiiii.... wuuaaaasseeeemmmmmmmmmmm..... hahahahaha... lain kali pakai 1 lemon aja deh. oia mba... kl almond bubuk nya bisa di ganti rasa lain ga? suami ga begitu suka sama rasa almond nya. hiks. pake bubuk apa yah? kalau coklat jadi nya aneh ga yah? makasih pencerahannya mbakkk.... salam semangat memasak!

    ~vie~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vie, wah next time 1 lemon saja ya, tapi tetap pakai parutan jeruk lemon 2 buah. almond bubuk bisa skip saja ganti tepung terigu, tambahkan coklat bubuk 2 sendok makan, kalau pakai coklat sebaiknya lemon diskip saja, supaya rasanya gak nano2

      Hapus
  9. mbak...saya coba bikin kok gak bisa kering y??teksturnya basah bgt...

    BalasHapus
  10. Mbaa endang.....firda lagi nih...jangan bosen2 ya,kalo di tiap resep mesti aq koment..heheehhee......
    kalo pake jeruk biasa ato jeruk nya nutrisari gmn ya mba??males nge-supermarket nih..adanya di kulkas 2biji jeruk manis biasa..ato bisa coba di resepnya cupcake sunquick itu kah?enakan yg mana nih kalo menurut mba endang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, bisa pakai parutan kulit jeruk orange biasa dan nutrisari ya, gak harus pakai sirup sunquick. semuanya enak kok hehhehhe

      Hapus
  11. Mba endang,ada yg lupaa nih....kalo tepung almond nya diganti maizena gmn?kyk yg biasa di resep putri salju gitu.... Hehehhe..maaf klo salah ya..

    -firda lagii..... -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Firda, bisa pakai maizena atau tepung terigu saja ya,

      Hapus
  12. Hai mbak en....

    Cake ini bisa dikukus gak....? Maklum belom ada oven.... makasih mbak en.... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mitha, saya rasa bisa ya mba. walau saya sendiri belum pernah coba ya

      Hapus
  13. Ouw iya mbak.... satu lagi....
    Kalo almondnya diganti kacang tanah bisa gak....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mitha, nggak rekomended ya Mba, rasanya akan aneh. Jadinya bukan lemon cake tapi lebih cake kacang ya, rasa kacang tanah sangat kuat beda dengan almond yg lembut.

      Hapus
  14. Mba Endang, setelah telur dimasukkan satu persatu berapa lama lagi dikocok? Apakah sampai mengembang dan kental ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telur dimasukkan satu persatu dan harus tercampur rata sebelum memasukkan telur berikutnya ya. Hanya sampai tercampur saja telurnya dan menjadi adonan smooth. Jangan memasukkan telur kalau belum tercampur baik karena adonan akan jadi pecah.

      Hapus
  15. Terima Kasih mbak buat resepnya. Saya udah coba,hanya saja bubuk almond nya terlalu kuat aromanya ya mbak, apa hasilnya begitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, setahu saya bubuk almond tidak terlalu berbau ya hanya memberikan tekstur dan rasa yang lembut.

      Hapus
  16. Mba endang mau tanya..kalo 2lemon kira2 brp ml ya air lemonnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 buah lemon sekitar 20 ml ya airnya. Pakai 1 lemon saja, kayanya 2 memang agak2 asam ya, jangan lupa pakai parutan kulit jeruk lemonnya

      Hapus
  17. Selamat malam Mbak Endang...
    Mau sharing sedikit panjang nich. Bulan lalu sudah coba Brownies Kukus sama versi kukus Lemon Cake ini. Aq gak pake almond bubuk & essence lemon, air lemonnya aq takar pas 20ml cz takut keasaman tapi parutan kulitnya tetap pake 2.
    hasilnya....hmmmm...serumah wangi lemon. secara rumahnya minimalis ^_^ belum adem juga sudah dicuili sama suami & anakku.
    Cuma gulanya untuk ukuran keluargaku agak sedikit kemanisan mbak. Soalnya pada gak terlalu suka manis. Besoknya aq coba buat lagi dengan gula 200gr aja. Setelah adem, aq buatin pudding coklat atasnya, jadi berlapis gtu. Hasilnya......MANTAP!!! Suamiku sampe gak mau bawa buat bekal ke kantor. "Sayang", katanya. hahahaaa
    Makasih banyak ya mbak selalu update resep-resep anti gagalnya. Aq ini dari kecil suka buat kue tapi gak bisa masakan rumahan lho mbak soalnya gak suka apa-apa yang gak pasti & harus dikira-kira. Tapi sejak masak pake resep mbak Endang pasti dipuji sama suami n mertua.
    Dulu waktu anakku masih MPASI, sisa bahan MPASInya selalu aq olah jadi kue atau camilan lain berbekal resep dari mbak Endang. Sayang kan beli mahal-mahal bahan organik trus gak diolah atau cuma berakhir dimakan gitu aja kan bosan. Hasilnya dibawa ke kantor sama suamiku. Eh, tau-tau bos sama teman-teman kantor pada suka akhirnya dapat pesanan kue sama es tiap ada meeting atau mereka ada acara keluarga.
    Sekarang anakku sudah hampir 3 tahun, Alhamdulillah nambah dapat pesanan nasi kotak dari sekolahnya tiap outdoor learning. Isinya ya dari resep-resepnya mbak Endang, ya Nasi dikombi sama Mie Goreng Jawa & Dadar Gulung Isi Daging Kepiting & Ayam Cincang plus telur dadar yg diiris tipis sama saos cocolan. Kemarin baru aja nganterin tapi lauknya diganti Nugget Ayam dengan Wortel sama Bola-Bola Tahu Goreng. Waktu gurunya aq bilangin menunya nugget n tahu pada ngangkat alis, dipikir gak enak. Setelah tau rasanya, eh minggu depan pesan lagi. hahahaha....
    Ini baru aja selesai buat Bola-Bola Tahu Goreng lagi. Anakku gak suka tahu tapi tadi habis banyak bgt sampe kekenyangan trus nyerah dia ^_^
    Oiya mbak, maaf belum izin, adekku kan buka kafe tahun lalu, beberapa menunya aq ambilkan dari jtt sini mbak tapi gak diklaim resep atau a la adekku koq mbak. Boleh kan ya mbak??? Maaf lho mbak baru sempat izin.
    Makasih banyak ya mbak resep-resepnya. Aq sekeluarga doakan mbak Endang sehat trus biar bisa trus update resep terbaru. Sukses ya mbak...

    BalasHapus
  18. Mba harini dengan tekad yg luar biasa sya langsung bikin 4 resep. lemon cake, muffin lemon keju, mihun ala sze chuan sama bakso ayam spesial ooommmggggg semuanya uenakkkkkk makasih mba atas resep resepnya cuman buat muffin nya kok kurang berasa lemonnya mba klo ditambahin sama air perasaan lemon gimana? Makasih byk ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Mina, wah banyak juga yang dibuat yaa, kalau mau berasa lebih lemon pakai parutan kulit jeruk lemon lebih banyak, kalau jus lemonnya dibanyakin nanti terlalu asam. atau pakai essence lemon.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...