06 Desember 2012

Hong Kong Egg Tart




Egg tart atau egg custard tart merupakan sejenis tart pastry dengan custard (adonan yang terbuat dari campuran susu atau krim, gula dan kuning telur) yang umum ditemui di Hong Kong dan negara Asia lainnya, makanan ini berupa kulit pastry yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Egg tart terdaftar sebagai salah satu dari 50 Makanan Paling Lezat di Dunia versi CNN Go pada tahun 2011.

Tart dengan isi custard pertama kali diperkenalkan oleh kedai-kedai teh  di Hong Kong pada tahun 1940. Makanan ini kemudian di sajikan juga di cafe-cafe a la western dan bakery sebagai teman minum teh, tujuannya agar bisa bersaing dengan dim sum yang telah lebih dahulu dikenal. Seiring dengan meledaknya sektor perekonomian pada tahun 1950 dan 1960, kedai teh Lu Yu menjadi pemimpin dalam memperkenalkan mini egg tart. Irosnisnya, mini egg tart ini justru sekarang menjadi makanan yang umum disajikan di dim sum dan memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan yang dijual di bakery.

Teori lain mengenai sejarah egg tart mengatakan bahwa Hong Kong egg tart sebenarnya merupakan hasil adaptasi custard tart a la Inggris. Guangdong, dikenal memiliki interaksi yang lebih sering dengan dunia Barat, terutama Inggris, dibandingkan dengan daerah lainnya di China. Sebagai koloni utama Inggris, Hong Kong mengadopsi beberapa kuliner a la Inggris. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa egg tart sebenarnya merupakan hasil evolusi tart pastry sejenis yang sangat mirip di Portugis yang dikenal dengan nama pastel de nata, makanan ini diduga berlayar ke Hong Kong melalui koloni Portugis di Macau.


Umumnya kita mengenal dua jenis egg tart di pasaran, jenis yang memiliki kulit terbuat dari crust pastry seperti yang saya posting ini, dikenal dengan egg tarts style Hong Kong dan jenis yang terbuat dari puff pastry, dikenal dengan egg tarts style Portugis. Hal lainnya yang membedakan kedua egg tart ini adalah permukaan egg tart a la Hong Kong biasanya bersih dan mulus. Berbeda dengan yang a la Portugis, permukaan custard berwarna kecoklatan karena proses karamelisasi adonan custard.

Secara keseluruhan proses pembuatan egg tart sangat mudah. Anda bisa menggunakan loyang pie bongkar pasang seperti yang saya gunakan atau menggunakan loyang mini alumunium foil yang banyak dijual untuk pembuatan mini pie. Adonan kulit/crust untuk egg tart digilas setipis mungkin agar bisa menampung custard semaksimal mungkin. Bagian terlezat dari egg tart ini memang isinya yang lembut dan manis. Nah kalau urusan gilas menggilas kulit tart/pie saya memang sama sekali bukan ahlinya, anda bisa melihatnya sendiri betapa tebalnya kulit tart yang saya hasilkan. Untuk memudahkan anda menggilasnya, simpan terlebih dahulu adonan kulit ke dalam kulkas hingga crust agak mengeras dan mudah untuk digilas dan dimasukkan ke dalam loyang. Jika cara ini masih anda anggap terlalu susah, masukkan saja gumpalan adonan kulit ke loyang, tekan-tekan dengan ujung jari hingga memenuhi loyang. Potong bagian adonan yang keluar dari loyang.

Untuk melihat proses pembuatan mini egg tart anda bisa buka blog Kitchen Tigress dan Yochana's Cake Delight yang menjadi acuan saya.


Sebenarnya banyak varian rasa yang bisa anda buat, coklat, pandan, lemon atau vanilla seperti yang saya posting ini. Kunci kelezatan egg tart adalah custard yang tidak berbau dan berasa amis. Nah, mengingat bahan utama custard adalah telur maka cukup sulit untuk menghasilkan tart lezat tanpa jejak rasa amis. Menambahkan essens dan bahan perasa lainnya memang menjadi cara yang dilakukan. Saya sendiri lebih memilih menambahkan vanilla ekstrak ke dalam adonan custard. Bau harum vanilla yang nendang mampu menetralisir bau amis telur. Vanilla ekstrak merupakan campuran larutan berbentuk cairan kental berwarna coklat seperti madu dengan aroma vanilla yang sangat kuat. Aromanya jauh lebih nendang dibandingkan jika kita menggunakan vanili bubuk dan kelebihan lainnya adalah tidak meninggalkan rasa pahit jika digunakan berlebihan. Saya biasanya membelinya di Titan dalam ukuran botol kecil 100 ml, namun kemarin ketika berkunjung ke toko bahan kue Wilton di dekat rumah, saya menemukan versi Wilton yang memiliki aroma jauh lebih sedap. Mantap. 


Selain rasa yang bebas amis, egg tart dikatakan oke jika permukaannya mulus, dan halus. Salah satu penyebab custard terlihat berlubang adalah gelembung udara di permukaan cairan custard. Anda bisa melihatnya sendiri kan dari egg tart yang saya hasilkan? Tampak lubang-lubang gelembung udara yang pecah plus serpihan crust yang jatuh ke atas custard,  hasilnya adalah egg tart yang bopeng-bopeng seperti terkena penyakit cacar. Untuk menghasilkan custard yang mulus, larutan custard setelah diaduk rata harus didiamkan paling tidak satu setengah jam, hingga gelembung udara hilang. Jika masih ada gelembung saat custard di tuangkan ke loyang, tusuk gelembung dengan tusuk gigi hingga gelembung pecah.

Jika permukaan custard terlihat telah mengeras segera keluarkan tart dari oven, jangan berlebihan memanggang hingga permukaan custard menjadi kecoklatan. Tujuan kita adalah menghasilkan custard yang berwarna kuning keemasan bukan coklat keemasan, menambahkan sedikit pewarna makanan berwarna kuning juga akan membuat custard anda berwarna tidak terlalu pucat. 

Sedikit terdengar ribet ya tetapi sebenarnya tidak memerlukan usaha yang terlalu berat kok, karena selebihnya membuat egg tart ini sangat mudah. Yuk kita lihat prosesnya.


Hong Kong Egg Tart
Resep diadaptasikan dari blog Kitchen Tigress -  Hongkong Egg Tarts dan blog Yochana's Cake Delight - Egg Tarts.

Untuk 1 loyang tart bongkar pasang diameter 20 cm.

Bahan custard:
- 3 butir telur
- 160 gram gula bubuk (blender gula pasir hingga halus)
- 280 gram susu cair
- 1 sendok teh ekstrak vanila (saya pakai Wilton vanilla ekstrak)
- 1 sendok teh ekstrak rum (saya tidak pakai)

Bahan crust/kulit tart:
- 125 gram mentega/margarine
- 60 gram gula bubuk
- 1 butir kuning telur
- 1/2 butir putih telur
- 1 sendok teh vanilla ekstrak (saya pakai Wilton vanilla ekstrak)
- 210 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)

Cara membuat:
Membuat custard




Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula bubuk. Dengan menggunakan spatula balon, aduk adonan hingga tercampur dengan baik. Jangan kocok adonan tetapi aduklah searah jarum jam, kita berusaha mengurangi munculnya gelembung udara sebanyak mungkin. 

Masukkan susu cair dan vanila ekstrak, aduk rata.




Saring adonan untuk menghilangkan gelembung dan gumpalan telur dan gula. Diamkan adonan custard selama 1 1/2 jam agar gelembung udara hilang. Sisihkan.

Membuat crust/kulit tart:


Siapkan mangkuk, masukkan  mentega dan gula bubuk, dengan menggunakan garpu aduk cepat hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang smooth. Tambahkan kuning telur, 1/2 putih telur, dan vanilla ekstrak, aduk dengan cepat.  



Tuangkan tepung ke dalam adonan mentega, aduk dengan garpu hingga tercampur baik dan menjadi gumpalan adonan. Siapkan sehelai plastik wrap, tuangkan adonan ke atas permukaan plastik, bulatkan adonan dengan kedua tangan dan pipihkan adonan. Tujuannya agar kita mudah menggilasnya. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas minimal 1/2 jam hingga agak mengeras.


Taburkan tepung ke permukaan meja, letakkan adonan di atas tepung. Lumuri kayu penggilas dengan tepung, kemudian gilas adonan hingga tipis dan lebar. Mengangkat adonan yang tipis dan meletakkannya ke loyang merupakan pekerjaan yang agak susah karena itu gulung adonan ke kayu penggilas kemudian letakkan adonan ke atas permukaan loyang bongkar pasang yang akan digunakan. Tekan-tekan dengan ujung jari agar adonan pas di loyang. Potong kelebihan adonan. 

Cara lainnya yang lebih mudah adalah setelah adonan jadi, langsung letakkan di dalam loyang, dalam kondisi adonan yang masih lembek tekan-tekan dengan ujung jari sehingga memenuhi loyang. Atur agar ketebalan adonan merata dan potong sisa kelebihan adonan.




Tusuk permukaan adonan crust dengan garpu, sebagai aerasi agar kulit tidak menggelembung saat dipanggang. 

Panaskan oven di suhu 150 derajat. Masukkan loyang berisi crust ke oven yang telah panas dan panggang selama 15 menit di rak paling bawah. Kemudian naikkan suhu menjadi 180'C dan panggang kulit di rak tengah selama 10 menit hingga permukaan crust menjadi kuning keemasan. Kita hanya akan memanggangnya setengah matang. 

Jika oven anda pendek seperti oven yang saya gunakan maka tidak perlu memindahkan loyang ke rak tengah, biarkan loyang berada di rak paling bawah.

Keluarkan loyang dan diamkan hingga crust/kulit benar-benar dingin. 

Tuangkan larutan custard ke crust/kulit yang telah dingin hingga hampir meyentuh tepian crust. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya di suhu 165'C selama 15 menit kemudian kurangi panas oven menjadi 150'C dan panggang tart hingga custard mengeras namun masih sedikit berguncang kala loyang kita gerakkan.  

Jika custard telihat mengembang pada bagian tepinya namun di bagian tengah masih basah, keluarkan tart dari dalam oven, dinginkan sebentar hingga custard kembali rata dan panggang kembali hingga matang. Jangan berlebihan memanggang, karena itu selalu cek tart selama proses pemanggangan.

Keluarkan tart dari oven, biarkan mendingin dan lepaskan dari loyang. Potong-potong tart sesuai keinginan anda, santap selagi hangat, atau tutup wadah berisi tart dengan plastik wrap dan simpan di kulkas.  

Masih ada larutan custard tersisa? Jangan khawatir, masukkan saja ke dalam cup tahan panas dan kukus selama 15 menit. Anda pun bisa menikmati puding custard yang sedap. Yummy! 

Sources: 
Blog Kitchen Tigress -  Hongkong Egg Tarts 
Blog Yochana's Cake Delight - Egg Tarts. 
Wikipedia - Egg Tart 



72 komentar:

  1. woooo...keliatan syedap egg tartnya mb Endang...
    penjelasannya juga rinci banget. Kapan-kapan nyobain ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rina, makasih atas komentarnya ya. Monggo silahkan dicoba ^_^

      Hapus
  2. keren mbak Endang...sll puas deh baca resep diblog dikau mbak...lengkap...kap...kaaap....makasiih yaaa....
    sukses sll ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Venny, sip thanks ya, senang jika resep dan ulasannya berguna. ^_^

      Hapus
  3. misalnya kalau untuk puding custardnya (yang dikukus) boleh ditambahkan vla ga mbak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, yep tentu saja bisa ya pakai vla. Paling gampang pakai vla instan, tinggal tambahin susu cair, rebus sebentar jadi deh hehehhe

      Hapus
  4. mba, saya coba resepnya kok setelah dipanggang kulitnya aja, bagian pinggirnya jadi turun ya? adonan kulitnya tidak saya masukkan kulkas tp langsung ditekan2 di cetakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya rasa mentega terlalu hangat karena proses pembuatan sehingga kala dipanggang akan turun dari pinggir cetakan. Tujuan dimasukkan ke kulkas supaya mentega dalam adonan menajdi keras, shg saat dipanggang adonan tidak akan turun. Resep2 kulit pie memang meminta kita memasukkan ke kulkas.

      Hapus
  5. Hai mba.. Dari pic mba, kue nya sungguh menggoda :) Maaf sy mau nanya dikit utk bahan custard nya, apakah tdk menggunakan tepung custard ? Maklum mba, sy pemula utk urusan dapur :D makasih utk infonya mba ;) -Non-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, bisa juga pakai tepung custard, yang ini nggak pakai, fillingnya lebih lembut seperti puding.

      Hapus
  6. Mba Endang saya ijin copy resepnya ya,... udah dicobain hasilnya enak banget. Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sashy, monggo silahkan Mba. Kasih back link ya heheh ^_^

      Hapus
  7. Mba, cetakannya dioles mentega plus ditaburi terigu ga?

    BalasHapus
  8. halooo mb Endang...

    mbak saya mw tanya kalau pakai cetakan pie yg kecil2 apakah bisa mb...terus kalau manggangnya paki otang gimana cara pengaturan suhunya ya mb?
    maklum drumah tidak punya otrik adanya otang...

    terima kasih mbak

    _risa_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Risa, bisa kok pakai cetakan kecil2 kaya alumunium foil ya. Kalau pakai otang sebaiknya pakai termometer suhu atau kalau nggak ada ya harus dikira2 pakai feeling ya. Oven harus dipanaskan dulu baru kue masuk, kemudian api kompor harus disesuaikan sambil melihat kondisi kue. Kudu banyak trial error dan feeling Mba.

      Hapus
  9. Hi mb endang,mau tanya soal rasa hongkong egg tart ini. Apakah sama dengan pie susu bali? ‎​maturnuwun mb. Soalnya kepengen buat pie susu yg terkenal di bali itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Weedya, sayang sekali belum pernah coba pie susu bali jadi nggak bisa kasih jawaban. Bisanya pie ini dicetak kecil2 ya.

      Hapus
  10. Mbak, v ada kulit pastry yg siap jd di rumah mbak.v gak tau mau diapain.V pengen buat yg kyk dijual di bakery yg diatasnya ditaburi peterseli itu tp gak tau gmn cr buatnya.mbak ada gak ya resepnya?oya mbak v udah browsing ke webnya titan, gandum utuh itu yg tepung whole wheat itu ya mbak?maaf nih mbak bnyk bgt tnynya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vivi, wah pakai peterseli cincang diatasnya? Apa ya, hehehe, gak bisa nebak saya. Kulit pastry flexible banget, bisa dibuat macam2, diisi sama selai, tumis daging cincang, buat zuppa soup juga enak. Tepung gandum utuh: whole wheat flour, jangan sampai salah dengan wheat bran ya, yang ini kulit ari gandum. tepung gandum bentuknya tepung putih kecoklatan dengan butiran2 halus kaya bekatul. kalau wheat bran bentuknya kepingan halus coklat.

      Hapus
  11. v udah pesan keduanya di titan mbak, tp blom tau nih ada stoknya apa gak mbak.v liat deh di pastry mbak aja deh mana tau ada yg cocok :).makasih ya mbak

    BalasHapus
  12. hai bisa ga ya custard nya diganti krem keju?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau konsistensi dan teksturnya mirip custard, saya rasa bisa ya Mba

      Hapus
  13. oh oke deh hehe..terimakasi banyak ya :D kalo suda nyoba saya lapor deh hehehe..

    BalasHapus
  14. hai salam kenal mba endang, mba tau portuguese eggtart?yag kayak dijual di golden eggtart itu loh yg lapisan pastry tapi atasnya eggtart yg agak dibakar jadi coklat atasnya, mba ada resepnya?beda ya sama hongkong eggtart?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, kulitnya pakai puff pastry ya, dan beda sama hongkong egg tart ya, saya belum pernah coba heheheh

      Hapus
  15. Mbak Endang thanx ya buat resep2nya, saya banyak mencoba resep di blog ini dan hasilnya anak-anak suka, saya emang dari dulu hobi bikin kue dan camilan, padahal saya termasuk orang yg pemalas. Jadi harus benar-benar moodnya lg tinggi buat bikin kue atau terpaksa harus bikin karena permintaan anak-anakku, he... he... he.. (emang harus dalam keadaan tertekan dulu). Klo boleh tau, Mbak Endang udah berkeluarga belum ? Oh iya.. saya mau tanya Mbak, klo egg tart ini saya paket ke Kota Palu untuk adik saya disana, dikirim hari ini besok sampai, tahan gak ya Mbak ? pengen banget dikirim kesana, soalnya adik saya 2 tahun ini gak pulang2 tugas disana. Ditunggu jawabannya ya Mbak, Thanx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mBa Tetis, salam kenal ya dan thanks sahringnya, Saya blm berkeluarga Mba, tapi saya bisa bayangin senangnya menyiapkan makanan buat keluarga ya hehehhe. egg tart ini kalau dikirim kayanya gak tahan ya, harus dibawa sendiri, kirim kan butuh waktu bebrapa hari, kue bisa basi ya.

      Hapus
  16. Mb. Endang resepenya TOP bgt, apalagi disertai tips yang oke..begitu buka blognya mbak besoknya aku lgsng praktek..lumayan lah buat pemula sepertiku..aq bw ke kantor temen2q pada bilang enyyaakk..tp ada sedikit yg perlu qtanyakan tentang kulit pie ini...begitu keluar dr oven kulitnya renyah tp setelah 2 jam kok jadi lembek ya mbak..trus custardnya bag atas udah oke kuning kekemasan, tp bawahnya kok agak lembek jd terkesan kurang matang. aq ikuti cara mengoven dl kulit pie nya setengah matang baru aq tuang custardnya..makasih bnyk sebelumnya ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fe, untuk tart ini memag kalau sudah lama akan lembab dan gak garing lagi seperti ketika baru keluar oven. Next time tambahkan waktu memanggang supaya custard matang sempurna dan kulit tartnya kering ya.

      Hapus
    2. hola mb.Endang, Fe tnya lg ne..pernah aq bikin kok waktu keluar oven custardnya abis ya mbak...apa terlalu tipis ataukah terlalu dalam wkt ditusuk dengan garpu hingga mengenai bagian dasar loyang ya ? Thanks a lot ya mbak...sukses selalu...

      Hapus
    3. Mungkin ngisi custardnya kurang penuh ya, sehingga ketika dipanggang menyusut. saya rasa bukan karena bocor kok.

      Hapus
  17. hay mba endang,sexy jga tuh kue Lontar nya,hehe oh iya kami kalau di papua namain kue ini kue Lontar,unk rasa nya gurih2 nyoi deh haha,.sukses trs buat mba endang,smoga makin byk resep2 yg menggoda amin hihi
    Thank you,.Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya, ada resep terbaru lainnya mengenai pie susu ini, rasanya lebih sedap Mba.

      Ini linknya: http://www.justtryandtaste.com/2014/05/resep-pembaca-jtt-pie-susu-la-veggy.html

      Yepp, banyak yang bilang di papua namanya kue lontar hehehhe.

      Hapus
  18. Halo Mba,
    Kemarin saya coba resep ini, semua dah ikut sesuai instruksi tapi pas panggang terakhir ama custardnya, napa yah custardnya mencair trus ? uda tak keluarin dan biarin dingin sejenak, tapi sama aja hasilnya akhirnya coba modif pake api atas hasilnya malahan menyusut setengah :(
    Napa yaaa .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kemungkinan karena tidak matang ya, egg custard yang kurang matang terlihat mengeras di permukaan tapi basah didalam, ketika dikeluarkan dari oven akan mencair.

      saya selalu memanggang menggunakan api atas bawah, tidak pernah salah satunya ya mba

      Hapus
  19. mbak Endang,
    mohon infonya cara melepaskan pie dari alas Loyang nya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dwi, saya pakai pisau tajam yang saya sisipkan diantara pie dan loyang ya. atau pie saya biarkan di alas loyang ketika dipotong2 baru potongan pie saya lepaskan dr alasnya. Pastikan selalu pakai loyang bongkar pasang ya.

      Hapus
  20. Mbak mau tanya susu cairnya tu tawar apa sudah dikasih gula ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu cair tawar ya mba, bs pakai susu kental manis yang diencerkan, tapi porsi gula di resep dikurangi dikit ya

      Hapus
  21. Halo mbak endak, saya tertarik mau bikin egg tart dr resepnya mbak ni :3 sy mau tanya gula buat custard itu kalo dicairkan bisa gak? Apa ga mempengaruhi rasanya nanti mbak? Trimakasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Renny, bisa ya mba, ggak akan mempengaruhi rasa ya

      Hapus
  22. Salam kenal mbk mo nanya neh kan kulit piex d tusuk pake garpu tuh ntar apa g bocor saat d tuang adonan custardx maksudx apa adonan custardx g turun k bawah dasar loyang, N apa bs susu cairx d ganti dgn susu evaporated makasi sbelumx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Aza, nggak ya, kulit pie nggak akan berlubang kok yang sampai adonan custard bs mengalir ke bawah. Klau nggak ditusuk permukaan kulit pie cenderung bergelembung

      bisa pakai susu evaporated ya, lebih enak saya rasa

      Hapus
  23. Mba beda pie crust yg pake telus sama ga apa ya mbak? Beda pake air sama ga juga apa ya mbak? Mana yg lebih baik mbak? Thankyou mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur di pie crust berfungsi membuat kulit pie lebih lembut dan lumer dimulut, mirip2 dengan tekstur kue nastar.

      kalau tidak pakai telur maka kulit pie biasanya garing, remah dan berlapis2 ya.

      air bagi saya hanya untuk membuat adonan menyatu, bukan komponen utama, kulit pie sebaiknya sesedikit mungkin menggunaka air. terlalu banyak air akan membuat pie keras, coba baca2 resep pie saya yang lain mba, disana saya berika banyak tips2 nya

      Hapus
  24. Mbak.. Hong-Kong egg tart ini beda ya sm flan french?

    BalasHapus
    Balasan
    1. serupa ya, mirip kok hanya saja flan pakai kuning telur

      Hapus
  25. hay mbak, setelah saya baca baca tread diatas mbak nya kan selalu makek api atas bawa! itu maksutnya gmn ya mbak? mohon pencerahan nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oven yang ideal seharusnya ada pengapian dari atas dan dri bawah mba, biasanya di oven gas dan oven listrik ya. kalau oven tangkring tentu sja tidak bs ya.

      Hapus
  26. Assalamu'alaikum
    Haii mba endang, senang sekali membaca resep2 jtt nya mba.. trimakasih krna telah mnjadi inspirasi saya dlm memasak n baking-bakingan..

    Saya salah satu "victim" jtt blog yg pemalas untuk memasak.. . baru belajar masak +/-1 tahun lalu daaaaannn itu pun krna tuntutan profesi baru skg. Walhasil dr buku series 1 home cooking jtt, hanya segelintir resep saja yg blm dicoba. Masih belum puas bereksperimen, saya pun mulai mengobrak abrik blog jtt nya mba..

    Di rumah ada 1 relawan yg selalu setia menjadi korban eksperimen saya..tidak jera n malah nagih untuk diberi eksperimen2 lain. Otomatis, segunung cabai dan temannya pun menemani kami bersantap di hampir setiap hari.karna kami penggila pedaSSSS ! ^^ takkan hilang pedas di muka bumi.. hihihi

    Beberapa minggu lalu saya mncoba untuk mmbuat resep dengan baking2an (kueh2an) & sedikit modifikasi mba.. sperti, crust nya yg sdikit di rubah dan gula tepung yg saya kurangi takarannya untuk (filling), n saya ganti dengan skm. Hmm.. nyaaaaaaammmm nyam!

    Butuh nasihat dari mba, Kira2 kalau saya ganti SKM smua untuk 350 ml air dalam loyang pie bongkar pasang 20 cm, brp kaleng yg dibutuhkan y mba?
    Dan apabila saya ingin menambahkan bubuk cappucino didalam nya, bagaimana takaran yg baik mnurut mba?

    Trims atas nasihat nya mba...^^
    Salam kenal
    (bakingan newbie)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Zullidar, salam kenal dan thanks sharingnya ya. Senang sekali resep JTT disuka ya.

      Untuk perntanyaannya, pakai SKM 1/2 kaleng saja mba, supaya rasanya enak. Gula mungkin perlu dikurangi jika pakai SKM, cicipi saja kalau sudah manis gulanya gak perlu diutambah.

      bs pakai bubuk cappucino, takarannya tergantung selera saja ya, karena saya juga belum pernah pakai ya.

      salam

      Hapus
  27. Hai mbak salam kenal
    Blognya sangat membantu apalagi untuk pemula seperti saya. Mbak kemaren aku praktekkan resep ini tp kenapa ya mbak adonan custardnya didalam oven seperti mengembang gtu tp begitu dikeluarkan dia jadi kempes dan berkeriput, salahnya dimana ya mbak aku sdh ikuti sesuai instruksi..mohon pencerahannya ya mbak...trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, mungkin suhu terlalu tinggi dan terlalu lama dipanggang ya.

      Hapus
  28. bisa pakai susu evaporasi tidak? kalau iya, apakah jumlah gula dikurangi? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya, untuk gula diseusaikan saja sama selera yaaa

      Hapus
  29. Salam kenal mba.
    Sy lihat di resep aslinya pakai susu cair 480 ml, tp di resep mba 280 gr.
    Sy cb kl 480 ml susu, kue ga matang2. Hrs didinginkan trus masuk oven lg.
    Tp kl pakai 280 gr, rasa kue jd tll padat.
    Jd bingung ikut yang mana.
    Tolong saran dan koreksinya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, memang sesuai resep yang saya tulis, saya pakai 280 ml/gr susu cair, dan yep memang agak padat teksturnya ya.

      kalau mau isian yang lebih lembut bs pakai resep ini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/05/resep-pembaca-jtt-pie-susu-la-veggy.html

      Hapus
  30. Sis mau tny donk, aku ada coba praktek untuk kulitnya udah sukses.. tapi kenapa utk custardnya keriput ya sis? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan suhu oven terlalu tinggi atau terlalu lama dipanggang mba

      Hapus
  31. mba mau nanya, oven saya kecil, sebaiknya panggang pie susu di rak bawah atau tengah ya ? soalnya saya agak bingung. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vera, kalau oven listrik saya biasanya pakai rak bawah karena ovennya pendek, rak bawah saya alasi lagi dengan loyang lebar untuk kue kering supaya panasnya stabil. Kalau ovennya tinggi, pakai rak tengah mba

      Hapus
  32. hai mbak , saya mau tanya awal donk , pas saya buat awalnya custardnya mulus tidak ad sobek atau keriput , tapi setelah saya diamkan sampai esok harinya custardnya lgsg sobek di tengahnya , kira" itu kenapa ya mbak , mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kemungkinan custard menjadi kering, sebaiknya klau mau disimpan letakkan selapis plastic wrap menempel di permukaan custard, jangan ada udara diatas custard.

      Hapus
  33. Hai mba, mau tanya dong. Saya punya nya loyang yg 22cm. Itu bahan2 yg ditambahinnya apa aja ya mba? Takut gagal soalnya hehe.
    Terimakasih mba udah sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, coba pakai resep ini saja ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/05/resep-pembaca-jtt-pie-susu-la-veggy.html

      ini lebih sedap dan mirip dengan yang dijual diluaran. Kalau loyang lbgh besar buat 1 1/2 kali resep saja

      Hapus
  34. Takaran susu cairnya dalam gram atau mili liter?

    BalasHapus
  35. Mba aku td barusan bikin, sukses sih wlpun ada kesalahan prosedur. Pas aku coba rasanya telurnya terlalu berasa. Kalo dikurangi jumlah telur d subtitusi pakai susu kira2 bisa ga ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Retno, bisa Mba, bs tambah susu cair plus sedikit maizena.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...