19 Desember 2012

Mini Strawberry Pies: Tiga buah pie saya masih kurang. Kalau anda?



Masih ingatkan dengan chicken pot pie yang pernah saya posting beberapa waktu yang lalu? Silahkan klik di link disini untuk menyegarkan ingatan anda kembali. Nah kulit pienya yang renyah dan gurih ini sangat fleksibel untuk digunakan dalam kreasi pie lainnya. Salah satunya adalah untuk disulap menjadi mini strawberry pie yang mamamia lezatos ini. Membuatnya sangat mudah namun jangan remehkan hasilnya, ketika telah matang saya yakin akan sulit bagi anda untuk berhenti menyantap potong demi potong pie gurih dengan isi strawberry yang asam dan manis. Benar-benar perpaduan yang luar biasa ciamik dalam mangkuk pie yang cantik dan renyah. Kelebihan lainnya adalah pie ini masih tetap terasa lezat walaupun anda santap untuk keesokan harinya tanpa perlu dipanaskan terbih dahulu di oven atau microwave. Tertarik untuk mencobanya? Yuk lanjut.... ^_^



Kunci kelezatan mini strawberry pies ini adalah pada kulit pie/crust yang mantap. Crust harus garing sekaligus lembut, renyah sekaligus empuk, gurih namun tidak membuat cepat eneg. Nah, bingung kan? Jangan khawatir, cukup ikuti resep di bawah dan saya yakin pie isi strawberry ini bisa anda buat sendiri di rumah. Tidak ada yang tak mungkin selama anda ikuti dengan seksama step by step yang saya sertakan. Jika anda merasa tidak punya waktu untuk membuat versi mininya maka buatlah ukuran jumbonya. Anda bisa menggunakan loyang bongkar pasang yang biasa dipakai untuk membuat pie atau tart, bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian untuk dasar pie dan bagian lainnya untuk penutupnya, maka jadilah strawberry pie tanpa kata mini di depannya.

Untuk isinya sebenarnya tidak terbatas hanya dengan menggunakan strawberry saja seperti resep yang saya sajikan. Anda bisa juga menggunakan apel, nanas, peach, plum atau mangga, untuk pie mangga silahkan klik disini untuk menuju ke postingan saya sebelumnya. Jika anda menggunakan apel,  masak sebentar apel, gula pasir, kayu manis bubuk hingga apel menjadi agak empuk, baru gunakan sebagai isi pie. Next time saya akan posting untuk resep pie apel ini. 

Mentega dingin yang dipotong-potong untuk pembuatan pie crust

Sebagaimana yang pernah saya jelaskan sebelumnya berulangkali di resep pembuatan kulit pie, maka kunci untuk membuat crust yang renyah adalah mentega yang digunakan. Anda bisa menggunakan margarine walau saya harus akui rasa mentega akan membuat pie anda jauh lebih lezat. Apapun yang anda gunakan, pastikan mentega atau margarine dalam kondisi dingin dan keras. Saya bahkan menyarankan untuk membuat kulit pie saat dapur rumah anda dalam suhu yang dingin, misalnya saja saat hujan mengguyur seperti akhir-akhir ini. Suhu yang dingin membuat mentega yang dipergunakan tidak mudah meleleh saat di proses dengan tepung terigu. Cacah mentega dan tepung dengan pisau pastry, benda ini berupa lempengan-lempengan besi berbentuk melengkung, lengkap dengan gagang untuk memegangnya. Anda tahu perjuangan saya untuk mendapatkan makhluk bernama pisau pastry ini? Saya berkeliling di setiap supermarket yang bisa saya jangkau di Jakarta untuk menemukannya, dan tahukah anda dimana saya menemukannya? Di salah satu toko peralatan masak di Mall Ambasador, yang letaknya tepat, persis di sebelah kantor saya. ^_^

Jika anda memiliki food processor tentu saja pekerjaan membuat kulit pie menjadi lebih mudah lagi. Cukup masukkan tepung dan potongan mentega, proses beberapa kali hingga adonan menjadi berbutir-butir. Dengan food processor, kulit pie anda dijamin renyah dan flaky. Bagaimana jika tidak memiliki pisau pastry dan food processor? Tenang, anda bisa menggunakan garpu makan biasa atau pisau dapur, yang terakhir membutuhkan waktu agak lama untuk dilakukan. Pastikan semua bagian mentega terlumuri oleh tepung sebelum anda cacah dengan garpu. 


Mengapa sih mentega harus dibuat berbutir-butir? Haa, barangkali anda punya pertanyaan seperti ini, karena ini dulu yang berkecamuk di kepala saya saat saya membaca resep-resep pie crust. Butiran mentega yang terperangkap di adonan kala dipanggang akan meleleh dan meninggalkan jejak ruang kosong, nah ruang-ruang kosong inilah yang membuat kulit pie anda menjadi renyah dan berlapis. Jadi jangan takut jika anda menemukan butiran mentega yang agak besar, hmm misalnya saja sebesar kacang tanah tapi bukan sebesar jengkol ya. Jangan menumpasnya hingga hancur tak berbentuk, percayalah si butiran mentega ini akan membuat pie anda istimewa. 

Ada satu tips yang saya baru saja dapatkan setelah pie strawberry ini selesai saya panggang, ternyata untuk mengurangi jus strawberry atau jus buah lainnya meleleleh keluar dari pie adalah dengan menaburkan potongan biskuit kering di bagian dasar pie. Anda bisa menggunakan crackers atau jenis biskuit kering lain yang banyak tersedia di supermarket, pukul-pukul biskuit dengan gagang pisau hingga remuk tetapi tidak sampai hancur ya, dan taburkan di dasar kulit pie sebelum anda menuangkan isi ke dalamnya. Remukan biskuit ini akan menyerap jus buah dan mencegahnya mengalir keluar pie. Sayang saya menemukan tips ini setelah pie strawberry saya masuk ke dalam perut. ^_^

Okeh berikut resep dan prosesnya ya.  


Mini Strawberry Pies
Resep pie crust (kulit pie) diadaptasikan dari web Joy of Baking - Peach Pie; Resep isi strawberry hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 - 10 buah pie diameter + 6 cm

Bahan crust:
- 350 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 200 gram mentega/margarine dingin
- 60 - 100 ml air es

Bahan isi:
- 500 gram strawberry, belah empat
- 5 - 6 sendok makan gula pasir
- 3 sendok makan tepung maizena

Olesan:
1 butir telur kocok lepas 

Cara membuat:


Siapkan mentega dingin, kondisinya keras karena baru keluar dari kulkas. Potong-potong menjadi ukuran kubus. Masukkan mentega ke dalam mangkuk. Tambahkan tepung terigu, gula, garam, kemudian dengan menggunakan garpu/pisau pastry/dua buah pisau, cacah-cacah mentega dan tepung hingga menjadi berbutir-butir, minimal sebesar kacang kedelai. Anda juga bisa melakukannya dengan menggosokan mentega dan tepung dengan ujung jari hingga terbentuk butiran-butiran.  

Jangan menguleninya. Tujuan kita adalah untuk menghasilkan adonan dengan mentega yang masih berbentuk butiran. Butiran mentega inilah yang akan membuat kulit pie anda renyah. Biarkan butiran mentega dengan ukuran sebesar kacang tanah. 

Jika anda menggunakan food processor, maka masukkan semua bahan ke dalam alat, hidupkan alat selama 5 detik kemudian matikan dan hidupkan lagi. Lakukan sebanyak 10 kali, cara ini akan membuat adonan mampu membentuk butiran-butiran. 


Tuangkan air sedikit demi sedikit, jangan memasukkan air secara sekaligus. Air yang diberikan di resep kemungkinan tidak akan habis seluruhnya, tergantung dari kelembaban tepung dan tingkat kelumeran mentega di adonan. Fungsi air adalah untuk melembabkan adonan dan mengikatnya menjadi satu sehingga bisa dibentuk menjadi gumpalan. 

Aduk adonan dengan spatula. Kemudian gumpalkan adonan, anda bisa melakukannya di dalam mangkuk atau seperti yang saya lakukan di permukaan meja. Taburi permukaan meja dengan sedikit tepung, kemudian tuangkan adonan ke atasnya. 

Tekan adonan perlahan, sekali lagi jangan menguleninya, tapi tekan dengan lembut sehingga adonan mampu membentuk gumpalan dan air terdistribusi dengan baik. Jika adonan terlalu kering dan sulit untuk menggumpal tambahkan air sedikit menggunakan sendok. Biarkan remah-remah kecil yang sulit menempel, jangan tergoda menambahkan air, saat adonan nanti dirilekskan maka adonan akan menjadi lembut.

Adonan yang terbentuk sama sekali tidak lengket, namun lembab, lembut dan nyaman di tangan serta mudah untuk di gabungkan menjadi satu. Jika adonan terlalu lengket berarti air terlalu banyak, karena itu bekerjalah dengan air yang sedikit. Bulatkan adonan. 


Pipihkan adonan dengan menekannya menggunakan telapak tangan, bentuk bulat dengan kedua telapak tangan anda sehingga adonan menjadi piringan adonan yang bulat dan pipih dengan ketebalan sekitar 2 1/2 - 3 cm. Bungkus adonan dengan plastik, masukkan ke kulkas selama 30 menit. Adonan akan rileks dan menjadi lebih lembut. 

Adonan bisa disimpan selama semalam di chiller dalam kondisi tertutup rapat (tidak boleh terkena udara kulkas), saat akan digunakan diamkan di suhu ruang agar lemas baru diproses. Atau simpan di freezer selama 1 bulan dalam wadah rapat.

Membuat filling strawberry:


Siapkan strawberry segar atau beku, belah masing-masing strawberry menjadi 4 bagian. Jika strawberry anda berukuran sangat besar maka bagi menjadi 6 atau 8 bagian. Taburi dengan gula pasir dan tepung maizena, aduk rata hingga semua bagian strawberry tertutup tepung dan gula. Masukkan ke kulkas agar jus strawberry tidak keluar. 

Membuat pie:
Panaskan oven di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang muffin diameter 6 cm atau tergantung selera anda. Olesi permukaan loyang dengan margarine jika anda menggunakan loyang stainless steel atau alumunium, jika anda menggunakan loyang silicon seperti saya tidak perlu mengoleskan margarine.


Keluarkan adonan pie dari dalam kulkas, bagi menjadi 2 bagian, kita akan bekerja pada separuh bagian terlebih dahulu. Bungkus kembali sisa adonan dan masukkan ke kulkas. Jika adonan anda sangat keras karena anda biarkan semalam di dalam kulkas, maka biarkan disuhu ruang hingga agak lemas dan bisa digilas. 

Taburi permukaan meja dengan sedikit tepung, lumuri kayu penggilas dengan tepung juga, kemudian gilas adonan hingga tipis, sesekali angkat adonan dan lumuri meja agar adonan tidak lengket di permukaan meja. Gilas hingga mencapai ketebalan minimal 1/2 cm. 


Cetak adonan melingkar dengan ukuran lebih besar dari cetakan muffin yang akananda gunakan. Gunakan mulut gelas untuk mencetak. Masukkan masing-masing adonan yang telah digilas ke dalam loyang muffin, jika anda menggunakan loyang alumunium atau stainless steel olesi permukaannya dengan margarine terlebih dahulu. Saya menggunakan loyang terbuat dari silicon sehingga tidak perlu dilumuri margarine. 

Rapikan adonan sehingga pas masuk ke dalam cetakan, tekan-tekan dengan ujung jari. Masukkan isi strawberry ke dalamnya hingga penuh.

Tips agar isi strawberry tidak meleleh keluar yaitu dengan menaburkan remahan biskuit/crackers di dasar adonan kira-kira 1/4 tinggi loyang. Saya tidak melakukannya tapi menurut saya tips tersebut layak dicoba


Ambil sebagian adonan sisa, gilas tipis kemudian potong-potong setebal 1/2 cm, tata pita adonan ini di atas strawberry. Anda bisa mengayamnya agar rapi dan cantik atau sekedar menatanya bersilang seperti yang saya lakukan. 

Atau jika anda malas menata potongan pita adonan ini, anda bisa melakukannya dengan cara cepat yaitu dengan menutup permukaan pie dengan adonan yang telah digilas dan dicetak bulat. Buat sayatan menyilang di permukaannya agar uap air bisa keluar. 

Olesi permukaan pie dengan kocokan telur. 



Panggang pie di oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 170'C selama 45 menit atau hingga permukaan pie coklat keemasan. Keluarkan pie dari dalam oven, biarkan selama 10 menit, kemudian lepaskan pie dari loyang dengan cara menggunakan pisau yang kita jalankan di sekeliling pie, keluarkan pie dengan hati-hati. 

Pie isi strawberry siap disantap. Enjoy!


Sources:Web Joy of Baking - Peach Pie

TESTIMONI PEMBACA:

Poppa Zulaviyantina:
pulang kerja kemarin mampir ke ***fresh buat cari tomat, eh jadi beli yg lainnya deh, nemu strawberry yg menggemaskan kepikiran mau bikin strawberry mini pie nya mba endang Justtryandtaste, karena ini baru kali pertama bikin pie jadi agak2 mencoba-coba cetakan deh. yg pake cetakan muffin kurang banyak ternyata strawberry-nya, hiks. but overall lumayanlah. akibat menyimak step by step saat bikin crust alhamdulillah hasilnya crunchy abis. jadinya feeling guilty deh coz menghabiskan beberapa potong dalam sekejap :D. #nggakdietdulu #besokpuasa ahahahay  

 
     



94 komentar:

  1. waaa... strawberry nya sampe lumer keluar gitu *ngeces

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaak saya malah bingung kenapa meleleh semua keluar jus strawberryna hahahha

      Hapus
  2. lelehan strawberrynya membuat ngiler mb Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Rina, pie ini memang enak, cuman kalorinya berat heheheh

      Hapus
  3. mbak endang oot nich, aku mau tanya untuk oven yang mbak pakai, itu oven gas ya, yang bagus merk apa ya mbak karena aku mau (belajar/beli) pakai oven gas, thanks mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, temen saya yang jualan kue baru saja beli oven gas, gak ada merk, warna hijau bahan seng ukuran 1 meter harganya 1,5 juta di daerah senen. Katanya yang bagus sih yang dr stainless steel harga 1,7 juta, lebih stabil karena panas gak keluar ada di daerah Cawang. Semua pakai termometer manual yang ditempel. Oven dengan termo manual seperti ini kudu sering dicek kalau pas manggang karena kadang cepat gosong kadang lama matang.

      Hapus
  4. duch strawberrynya menggugah selera tp syg ditempat aku g ada yg jual strawberry.....hehehehe klo digntiin selai kn krg enak ya mbak cz lebih segar dr buah asli...saya tunggu kreasi berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Regina, ada juga kok pie selai, tampilannya saya lihat juga menggoda, pakai selai yang rasanya ada asem2nya. Atau pakai buah segar selain strawberry, saya kok kepengen pakai nanas ya hahaha.

      Hapus
  5. halo...mbak endang mau bikin nih tp klo menteganya diganti butter bisa gak ya....ato separuh margarine separuh butter lgi gak punya stock mentega nich mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, mentega dan buter itu sama ya, yang berbeda itu margarine. Mentega/butter dari lemak/susu hewan sedangkan margarine dari lemak tumbuhan. Pie ini bisa pakai mentega/butter bisa juga pakai margarine atau campuran keduanya juga mantap. Hanya saja memang mentega rasanya lebih nendang dan nyusu ya hehehhee

      Hapus
  6. mba endang,

    kemarin sy ke ACE Hardware samping kantor, ditawarin loyang silicon, tp sy masih ngeri pakenya...itu gpp yaa? ga meleleh kah?? maklum kamseupay :p....

    mba, sy dah mulai jualan, mampir ya ke http://nuggetpakgendud.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yep awalnya saya jg ngeri makenya hahahah, tapi ternyata mantep banget loh, lentur dan gak lengket, dan tentu saja gak meleleh sama sekali hahahha. Saya pakai untuk manggang dan ngukus, dua2nya oke. Wah moga jualannya laris manis ya, akan saya buka blognya. Thanks ya Jeng. ^_^

      Hapus
  7. mau tanya mba, kalo pakai setengah mentega putih, setengah margarine, masih tetep enak ga yah?? :), soalnya di rumah stock mentega putih msih banyaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dewi, mentega putih atau shortening kalau kualitasnya oke saya rasa rasaya masih enak kok. Margarinye cari yang bagus Mba, karena adonan ini mmembuthkan komposisi lemak banyak, takutnya kalau margarinenya gak oke rasanya greasy ya. Tapi tetap bisa kok Mba, gak masalah mau pakai mentega/margarine atau shortening

      Hapus
  8. mba endang,kemarin aku udah cb resep ini...hasilnya:
    - pie crustnya renyah bgt dibanding resep yg pernah aku buat sblmnya...mantepp dehhh
    - tapi fillingnya keasemannn buatku mba,pdhl 6sendok :s apa emg rasanya asem2 gt yaaa hehehe
    - kl mba jadinya 8pie ya?aku 15pie mba diloyang muffin juga ...kok bnyk yaa...apa pienya mba lbh besar ukurannya?

    ini pertama kali aku cb resep dr blog mba....aku ngiler buat nyobain resep2 lainnya yang pnya mba endang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sari, wah senang saya membacanya dan thanks untuk sharingnya disini. Untuk fillingnya, saya memang sengaja mengurangi takaran gula, jadi memang agak2 asem hehehe. Kalau untuk jumlah pie yang dihasilkan sepertinya loyang muffin saya memang gedhe atau mungkin kulit pie saya lebih tebal hehehe. Silahkan dicoba resep lainnya ya, moga suka. Salam manis. ^_^

      Hapus
  9. Mbak kl m pakai apel apa apel d potong kecil2 baru dmasak sama gula n kayu manis?kl apel 1/2 kg kr2 berapa gula n brp kayu manis?trus tekstur apel waktu harus diangkat itu nunggu lembek apa mbak?maaf banyak tany..trimakasih "ayaco"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayaco, coba pakai resep ini untuk isian apel ya: http://www.justtryandtaste.com/2013/04/apple-hand-pies-versi-panggang.html

      Hapus
  10. Mbak endang, td saya buat resep ini "pertama kali"bikin pie, krn pake otang saya jd manggang lma bgt Hέe:p•Hέe:p•Hέe:p..hasil kulitny renyah, apa memang bgt mbak?krn saya ga sabar nunggu jd setengah adonan saya buat pie goreng (lebih praktis n irit gas). Hasilny ga kalah enak n renyah juga..tak pikir bakal menyerap minyak ternyata tidak..yani-jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, pie ini renyah, berlapis dan lembut.Nah saya baru tahu adonan ini bisa digoreng juga, udah lama pengen bikin pie goreng apel goreng, saya jadi pengen coba wakak. Thanks infonya Mba ^-^

      Hapus
  11. mbaaakkkkk...aku skrg tiap hari jualan kue , udah bisa byr orang,dan udah sering dpt pesenen..berkat blog anda yg luar biasa ini...inget banget 1st nemu blog ini,langsung jatuh cinta,nyoba dan langsung sukses pas bikin cake tape jingkrak2 kayak apa aja..hehe.. aku dpt pesenan pai mbak,aku search pai kok gk ada eh keywordnya pie ternyata... sudah kucoba mbak resep ini, tanpa tutup dan kuasih fillingnya puding stelah jadi,aku kasih buah atasny,nah aku khan pake loyang pie kecil2 mbak..tapi sulit banget ya ngelepasnya pas udah mateng ,protol mbak..napa ya? mohon pencerahan..thx you mbakyuku seng ayu dhewe..hehehe

    BalasHapus
  12. maaf mba mau nannya..ini kulit pie nya apa bedanya sama resep kulit pastry mu ya?trus ini disimpan difreezer bisa ya trus bwt dipake besok2 gitu?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pie dan puff pastry beda, dari prosesnya ya dan hasilnya. Puff pastry prosesnya lebih ribet dan hasilnya lebih berlapis2. Bisa simpan di freezer dalam wadah rapat, gak boleh kena udara kulkas.

      Hapus
  13. ooh oke makasi byk mba infonya hehe..akan saya simpan di tupperware :D

    BalasHapus
  14. mba ada resep thousand layer cake ga?trims :D

    BalasHapus
  15. kak ini ga pake egg y?kalo ditambah bisa ga?ato malah jadi ga karuan kalo dikasi egg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang nggak pakai ya, kulit pie renyah tidak memakai telur, hanya mengandalkan mentega dingin dan tepung.

      Hapus
  16. oh kalo pake egg jadinya malah tart ya sip deh thankyou :)

    BalasHapus
  17. mbak endang itu beli mentega yg kyk mbak gt di mana yha? bungkusan plastik ukuran besar? pakai merk apa yha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di Titan Mba, ini mentega/margrine kiloan, merknya macem2, ada yang mentega, margarine atau mixed antara metega margerine.

      Hapus
  18. Yg pnya mba endang yg kiloan merk apa n hrganya brp? Titan di mana itu mba? Aq bwt tp ggl mba kulitnya keras n ga berlapis ... Kyknya kebykan air trus aq ga pk mentega tp margarine...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, coba cek ke sini, ini toko TBK Titan, bisa onlen dan bsa ditelp. Saya lupa pakai merk apa, karena banyak jenis dan kualitas beda2. harga antara 20 rb - 40 rb an.
      http://www.titanbaking.com/

      Hapus
  19. allow mbak.. aku udah coba resep ini, tp kulit pienya kok ga matang sempurna ya?? apa karena manggangnya yang kurang lama atau terlalu tebal aku gilasnya?? btw, adonan kulit aku panggang dulu (takutnya ga matang).. naah baru isian aku masukin, ku anyam dan pakai olesan telur.. baru aku panggang lagi.. klo seperti itu gpp yaaa? maklum, baru nyoba bikin pie, gara2 liat and baca blog mbaag.. simple banget resepnya (hehe..) minta sarannya deh mbak.. bener ga caraku, trus kenapa bagian tengah kulit ga matang sempurna.. tengkyu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, kayanya suhu oven kurang tinggi dan kurang lama dipanggang. Plus mungkin kulit terlalu tebal, banyak kemungkinannya, hanya saja memanggang pie butuh waktu lama dan beda oven bisa beda waktunya walau dengan suhu yang sama, jadi memang kudu dilihat2 juga kondisi kuenya. Kalau mau dipangang dulu kulitnya gak papa, untuk memastikan kulitnya matang ya. cuman memang saran saya jangan terlalu tebal dan panggang yang lama ya

      Hapus
  20. Halo mba endang, aku baru nemu blog mu, jd pengen coba bikin jg neh hehehe...mbak, klo pake mentega blueband ato wysman ato orchid boleh ga ya? TђǎϞk's info nya ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, silahkan pakai mentega atau margarine favoritnya ya, mentega seperti wysman dan orchid tentu saja rasanya lebih enak ya.

      Hapus
  21. mbak, ini kulit pie nya teksturnya sama dgn kulit pie yg utk fruit pie? rada garing2 gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Frizielia, yepp sama seperti pie buah ya, renyah dan garing

      Hapus
  22. mbak...klo strawbery ny d gnti selai carany sama aja g?? apa di isi stelah kulitny matang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ries, sepertinya kulit memang harus di panggang dulu agar setengah matang, kemudian baru selai diisikan dan dipangang lagi hingga matang

      Hapus
  23. Mba kalo bahan isinya di ganti ama alpukat bisa ga ya? Trs caranya jg sama ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya tidak merekomendasikannya ya mba, alpukat kalau dipanggang rasanya akan pahit. pakai apel atau pir saja mba

      Hapus
  24. Dear Mba Endang, semalem saya nyobain resep ini, tapi fillingnya diganti apel. Enakkkk..padahal tadinya udah deg-degan karena adonan (sepertinya) agak kebanyakan air. Tapi jadinya tetep cantik dan lumayan berlapis-lapis. Suka deh. Pagi ini suami bawa ke kantor buat dipamerin ke teman-temannya katanya, haha. Terimakasih ya, Mbak. Fata-Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fata, wah thanks sharingnya ya, ikutan senang resepnya sukses dicoba. Yep saya juga kepengen buat pakai apel kok kayanya mantap yaa hehhehhe

      Hapus
  25. Mba endang,,enaaaak,waktu dipanggang aja udah wangi.walaupun udah bermalam masih enak menurut saya.
    saya taburi remahan biskuit dan atasnya saya anyam.benaran mba strawberinya gak meleleh keluar.
    rasa lelah menganyam pie terbayar dengan bentuknya yang cantik.
    terima kasih atas ilmu yg mba endang berikan,semoga berkah selalu.
    rizka

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Rizka, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya sukses dicoba, yeppp pakai remahan biskuit supaya jus buahnya gak meleleh ya

      Hapus
  26. halo mba hehe aku mw nnya dong untuk tepung rendah ma sedang bedanya apa ya?renyahan mana?hehee dan resep pie andalan mba yg mana? :D thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadar proteinnya yang membedakan, ini mempengaruhi elastisitas si tepung, makin tinggi protein makin elastis dan makin keras untuk cake/cookies tapi makin cocok untuk roti dan mie. jadi untuk kue/cake/cookies/pie pakai yag kadar proteinnya kecil atau sedang juga gak papa.

      pie ini termasuk favorit saya ya hehehhe

      Hapus
  27. Halo mba endang

    Kalau bikin kulit pie pakai telur memangnya jd gk renyah ya??saya bingung di resep lain ada yg pakai telur. Saya pernah coba bikin pake resep yg gk pake telur,tp adonannya begitu mau di cetak di loyang pie (loyang besar) eh berantakan, pd gk nempel,kyk remuk gitu. Tp begitu pake telur,ko adonannya enak bgt,di angkat pake tangan juga gk berantakan. Kalo kyk gitu knp ya mba??
    Oia,kalau pake margarine blueband cake n cookies bs gk mba??dan hrs dibekukan dulu juga ya?supaya apa ya mba dibekukan?
    Maap ya mba kepanjangan. Makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Ayu, untuk kulit pie saya nggak pernah pakai telur ya, menurut saya faktor renyah kulit pie karena mentega dingin yang dipakai di adonan ya mba.

      Adonan berantakan dan kurang lemas kemungkinan kurang mentega ya, kulit yang yang lemas dan enak memang terbuat dari mentega/margarine yang banyak. Bukan dibekukan ya mba, tapi dimasukkan ke chiller kulkas supaya keras, mentega keras ini yang membuat pie menjadi renyah ya

      Hapus
  28. mb Endang,resepnya bikin ngiler aa, sampe kepikiran trs hehehehe. mau kubuat tar kl libur tp ak mau ty dikit neh :
    1. Di resep ktnya adonan sesudah dipipihkan dibungkus plastik lalu dimasukkan ke kulkas. Apa musti dimasukkan ke dalam wadah tertutup dl br dimasukkan ke dlm kulkas?
    2. Isiannya boleh diganti dgn vla susu ga ya? (itu resep dr mb "tart susu dg puff pastry" krn ak ga dpt kulit pastry ak pikir gnt dgn kulit pie)
    3. kl mis ak pake cetakan alumunium foil yg kecil2 itu boleh ga mb? kl mis boleh apa prl dioles mentega dl seblmnya?
    Terima kasih mb, jgan pusing ya mb, ak ty trus neh. (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Lena, thanks sharingnya ya mba. berikut jawaban saya ya:

      1. bungkus plactic wrap atau plastik lainnya saja mba, intinya gak kena udara kulkas, jadi gak perlu masuk wadah lainya ya

      2. bisa ya mba, pakai isian apapun kulit pie ini fleksible ya, karena vla susu sangat fragile lebih baik mba pnggang dulu kulit pienya setengah matang, baru dimasukkan isian vla susu. Jangan lupa saat memanggang kulit pie, permukaannya ditusuk2 sedikit dengan garpu dan diberi pemberat seprti beras atau kedelai didalamnya, supaya kulitnya gak menggembung ya

      3. bs pakai cetakan allm foil, asalkan gak lengket kaya perangko saja ya, takutnya suka lengket dan susah lepas, mungkin bs diolesi margarine, saya sendiri belum pernah coba pakai cetakan foil ya mba.

      salam

      Hapus
  29. mb Endang, makasih byk atas resepnya, duh anakku suka mamaku suka ktnya enak bgt kulitnya, kl vlanya ak agak gagal abis kumasak bntr ee gak taunya jd menggumpal hikss. tp tetap enak, setengah adonan masih kusimpan di frezeer, bisa tahan sampe brp lama ya kl di frezeer abis aku kerja n cm sempat mggu hehehehee..pokoknya resep mb Endang smuanya top d, kutunggu ya resep maknyuss mb selanjutnya hehehehe. Thx (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba lena, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Saya juga maniak banget sama pie ini cuman kalorinya yang buanyak bikin mikir kala mau dimakan hahhahah.

      vla di freezer bs sampai 1 bulan ya mba.

      Hapus
  30. Hai mba endang,
    Makasihya atas jawabannya. Berarti bisa ya pakai margarine, soalnya kalau mentega agak mahal. Dan tetap hrs margarin dingin yaa.
    Oia,mba endang punya tips gk melepas kulit pie dr loyang yg besar??soalnya koq saya kesusahan melepasnya ya?jd kulit bawahnya msh nempel di alas loyangnya. Padahal sudah saya alasin kertaa roti dan oles mentega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayu, bs pakai margarine ya mba. pakai loyang pie bongkar pasang ya mba, jangan pakai loyang biasa. kalau bongkar pasang bagian bawah kulit tinggal di sisipkan pisau perlahan, akan lepas dengan mudah.

      Hapus
  31. Baiknya Ngelepas kulitnya sblm diisi filling atau sesudah ya mba??
    Makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah 1/2 matang kulitnya, baru diisi filling mba, dan panggang lagi sampai matang, baru dilepas dr cetakan. pakai loyang bongkar pasang untuk pie ya mba

      Hapus
  32. Hai mba endang
    Maaf nanya lg nih. Supaya kulit pie tdk turun saat dipanggang gmn ya?masa kulit pie aku turun bgt. Padahal margarinnya sdh dingin, bikinnya pun pagi2 biar suhu ruangan msh dingin, trus begitu adonan udh jd aku simpen di kulkas 1 jam. Knp turun ya?
    Oia adonan kulit kalo disimoen di kulkas tahan brp lama ya?

    Makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayu, jangan potong kulit pie terlalu rendah dr tepi loyang karena biasanya setelah dipanggang kulit akan turun, jadi buat lebih tinggi dr loyang ya.

      adonan tahan di chiller selama 3 hr, bungkus rapat ya mba, jangan kena udara kulkas.

      Hapus
    2. Mba maksudnyabadonan tidak kena udara kulkas tuh gimana?? Sy uda simpan d freezer 2 hr, trus sy truh d kulkas utk sy pake esoknya...gimana tuh mba kira"!??

      Hapus
    3. harus ditutup dengan plastik rapat, tidak langsung terpapar udara terbuka. Masuk freezer gak masalah asal dalam kondisi terbungkus rapat.

      Hapus
  33. Ooh jadi harus dilebihkan ya?kmrn saya potong pas dengan tinggi loyangnya.
    Next aku coba lg deh
    Makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, lebihkan tinggi adonannya mba, kalau sama dengan tinggi loyang akan menyusut ya

      Hapus
  34. Mba Endang..untuk kulit pie nya bs dipakai buat brownies pie ga ? Terima kasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, ini sama kok resepnya dengan pie brownies di JTT

      Hapus
  35. Mbak saya mau tanya, kab saya gantu dengan apel, jafinya kan apple pie, tapi kenapa rasanya diakhir seperti agak pahit wlsupun tipis sekali rasa pahitnya apa karna kayu manis nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ani, wah saya kurang tahu juga ya mba, kemungkinan kayu manis ya

      Hapus
  36. Mb aq udah eksekusi nih.. Tp krn stroberyny diminta ank untuk juice... Terpaksa ganti melon... Enak loh pk melon arum jg, tp mungkin margarin ku kurang jd kurang renyah(margarinny g sesuai takaran) dan aq nge-bake ny pk happy call... Tp mayan lah..resepny inspiratiiiiif bgt.. Thanks.ria

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Ria, thanks sharingnya ya,

      yep kulit pie membutuhkan banyak lemak ntuk membuatnya renyah dan oven yang panasnya stabil agar mau renyah.

      tapi mantap juga bs dieksekusi dengan double pan ya ^_^

      Hapus
  37. mbg endang kalau tdk pakai food prosesor gmn? luluk malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai pisau pastry atau garpu atau pisau mba, intinya adonan dicacah2 sampai berbutir2

      Hapus
  38. Assalamualaikum mbak endang ...alhamdulillah kemaren udah nyobain resep pie strawberry cm krn didaerah sy susah cr strawberry jdnya pie kempes isinya ...hihi dan kulitnya beneran renyah mbak waktu mbak sy nyicip koment nya adalah ini pake keju ya...pdhal enggak �� trimakasih ya mbak resep2 dan s by s nya membantu sekali utk sy yg belajar masak...oya selain resep sy juga seneng bacain tulisan mbak sebelum masuk ke resep kdg bikin sy senyum2 krn bnyk yg lucu ...semoga Allah memberi keberkahan kpd mbak sekeluarga dan resepnya bermanfaat utk semua amiin yra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam mba Pudji, wah senangnya pienya berhasil dicoba yaa, kalau membuat kulitnya tepat maka rasa dan hasilnya akan maknyuss. Bisa diisi macam2 mba untuk isinya, apel juga oke ^_^

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  39. Salam kenal mba yang super duper hebat... mba mau tanya nama toko di mall ambasador yang ada pisau pastry nya boleh? Sama harganya juga. Soalnya nyari di tasik susah banget. Mu nitip kakak yang rumahnya deket mall ambasador soalnya. Makasih sebelumnya mba endang. Makasih juga resep resep nya yang anti gagal. Udah coba beberapa macam mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Eva, salam kenal juga ya. Saya lupa nama tokonya, yang jelas lantai 4 di dekat food court, hanya ada 2 toko alat masak, coba cek saja disana. Dulu beberapa tahun yng lalu 200 rb, skrg sy kurang tahu ya,

      Hapus
  40. mbak endang..resep crustnya memang tdk pakai telur ya mbak?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ya mba, kebanyakan resep pie crust di JTT gak pakai telur ya, yang penting mentega yang banyak supaya flaky dan renyah

      Hapus
  41. salam kenal mbaa...
    utk resep kulitnya itu...kira2 hasilnya sama tdk dg kulit pie susu bali yg tipis keras dan tahan lama?
    thx utk penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, tidak sama ya, yang ini sedikit lebih keras tapi renyah, sedang pie susu lebih fragile dan lembut

      Hapus
  42. Hai haiii mba Endaang..
    Aku udah berkali kali nyoba resep pie crust dari beberapa blog. Jadinya enak tapi susaah bgt buat bikin jalinan kayak letice top pie crust (kemenyek nya diriku). Tapi Selalu terlalu lembek. Ga bisa diangkat dan Patah ditengah. Padahal sudah diam di kulkas sejam. Aku mau nyoba resep mba endang. Ada tips ga biar pie crust nya mudah dijalin? .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Wirdah, coba dulu resep diatas ya, saya sendiri merasa membuat laticenya tdk susah dengan resep crust diatas ya.

      Hapus
  43. Mba endang crustnya bisa kalo dipakein utk pie susu? Saya bikin berkali2 (pake resep lain) mini pie susu tp crustnya ga kokoh dan beremah banget meskipun rasanya enak..kepengen bikin yg kokoh tp lembut utk pie susunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba, yep bs ya, crust ini lebih kokoh, saya juga ada resep pie susu dan crustnya remah.

      Hapus
  44. hai mbk endang, manggangnya klo pakai oven gas pakai api bawah atau atas,atau api atas bawah terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Wili, pakai api bawah saja mba. Kalau oven listrik kaya saya, pakai ats bwah

      Hapus
  45. Mba endang kalo isinya dipakein pie susu apa crust nya mesti dipanggang dulu biar ga rapuh dan agak basah bawanya?bbrp kali bikin soalnya rapuh bgt dan basah
    kalo misal di panggang dulu nyampe matang kira2 brp menit yah mba? But isian snack soalnya biar agak renyah dan garing tp ga rapuh...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Kania, untuk crust diatas tdk terlalu rapuh menurut saya, beda sama pie susu a la Vegie ya. Yep bisa dipanggang dulu saja, tusuk2 permukaan kulit pie dengan garpu panggang sampai agak kuning gelap, waktunya tergantung oven masing2, pakai api atas bawah.

      Hapus
  46. Loha loha mba endaaang..makasiih banyaak.. aku udah nyoba dan malah disuruh suamiku jualan mbaaaa..😧😧 mba..btw pie crust nya gimana caranya biar gampang dianyam ya mba... berkali kali nyoba bikin pie ukuran besar tapi selalu amburadul tampilan atas nyaaa. nyaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Wirdah sharingnya, senang resepnya disuka. Waah kalau anyam menganyam saya juga sering gatot mba hehhe, jam terbang perlu keknya ya

      Hapus
  47. Salam kenal Mba Endang. Mba, saya pernah bikin flaky pie crust sprti ini. renyah, garing, dan flaky saat baru keluar oven tapi stlh bbrp jam dan dingin berubah jd keras. yg saya baca penyebabnya kelembapan (udara, isian yg basah, trmasuk penyimpanan di kulkas). kalo kulit pie yg Mba buat ini bgmn? apa bisa tetap renyah di suhu ruang terbuka sampai bbrp hari tanpa hrs reheat di oven/microwave? terima kasih. yudhi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, kulit pie ini renyah, empuk dan garing, tidak keras ketika telah dingin.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...