14 Februari 2013

Red Velvet Cupcakes dengan Cream Cheese Frosting & Happy Valentine's Day 2013 ^_^



Seperti apa sih red velvet cake yang lezat? Adik saya, Wiwin, pernah bercerita ke saya mengenai sepotong cake merah marun ini yang dibelinya di sebuah bakery di Plaza Senayan. Wiwin menggambarkannya sebagai cake super duper dan paling enak yang pernah disantapnya. Tidak heran harganya pun fantastis, sepotong kecil cake dibandrol lebih dari lima puluh ribu rupiah. Tentu saja packaging yang manis berperan mendongkrak harga cake menjadi berlipat-lipat. Walau air liur menetes-netes saat kami membahasnya, tetap saja saya enggan untuk mencoba turut membelinya. Tidak masuk akal sekali rasanya sepotong kecil cake dihargai hingga semahal itu. Kepala saya justru mulai bertanya-tanya, bahan apakah gerangan yang digunakan untuk membuat si red velvet hingga konon katanya rasanya luar biasa laziz. ^_^



Red velvet merupakan cake dengan warna merah gelap, merah cerah atau merah kecoklatan. Versi tradisionalnya cake ini dibuat sebagai cake lapis (layer cake) dan di beri topping cream cheese atau roux icing. Warnanya yang kemerahan dihasilkan dari perwarna makanan yang ditambahkan ke adonan. Bahan yang umum digunakan untuk membuat red velvet adalah buttermilk, mentega, tepung, coklat bubuk, akar bit dan pewarna makanan berwarna merah. 

James Beard dalam American Cookery tahun 1972, menjelaskan tiga jenis red velvet cake yang masing-masing berbeda dari sisi komposisi lemak dan mentega, serta minyak sayur yang digunakan. Ketiga jenis cake tersebut semuanya menggunakan pewarna makanan merah, namun reaksi yang terjadi dari vinegar yang asam dan buttermilk sepertinya membuat warna merah anthocyanin yang terdapat di dalam coklat bubuk menjadi lebih menonjol, selain itu juga menjaga cake agar tetap moist, mengembang dan ringan. Sebelum bubuk coklat jenis 'Dutch Processed' diperkenalkan secara luas maka warna merah lebih umum ditampilkan. Penambahan bubuk coklat menciptakan warna merah gelap yang alami yang mungkin menjadi sebab mengapa cake ini menyandang nama 'red velvet' sebagaimana kue bernama 'Devil's Food' dan kue-kue sejenis lainnya.


Kembali ke cupcakes yang saya posting ini. Untuk membuat cupcakes ini sangat mudah. Seperti biasa bahan kering dan basah dipisahkan terlebih dahulu dan dicampur secara terpisah, baru kemudian setelah semua bahan basah dikocok maka bahan kering seperti tepung terigu dan teman-temannya dimasukkan. Anda bisa menggunakan mentega yang dikocok terlebih dahulu dengan gula pasir hingga kembang, atau gunakan versi simple dengan mencairkan mentega (bisa diganti dengan margarine dan minyak sayur) dan mencampurnya langsung dengan telur dan bahan lainnya dengan menggunakan mikser. Seperti yang telah dijelaskan di paragraph di atas, cake ini menggunakan white vinegar yang jika bereaksi dengan buttermilk akan membuat warna coklat bubuk menjadi gelap dan kemerahan. Selain itu juga membuat cake menjadi lebih lembut, ringan dan moist. Untuk buttermilk, karena sulit mencarinya di Indonesia, maka anda bisa membuat buttermilk sendiri dengan mencampurkan 250 ml susu cair dengan 1 sendok makan white vinegar (bisa diganti dengan air jeruk lemon/jeruk nipis). Saya mengganti susu cair dengan krim kental agar rasa cake lebih nendang.


Satu hal lagi jika anda berminat untuk membuat cake ini, isi kertas cupcake 3/4 tinggi kertas agar cake membulat cantik dan jangan memanggangnya hingga permukaan cake terlalu kering, memanggang terlalu lama akan membuatnya kurang moist, teksturnya menjadi kering dan terlalu remah. Gunakan pewarna makanan yang berkualitas baik, karena cake ini membutuhkan dosis pewarna yang cukup banyak untuk membuat warna merahnya keluar dengan cantik. Anda bisa menggunakan pewarna merah alami seperti bit merah jika enggan berurusan dengan pewarna sintetis.

Untuk teksturnya, cake ini moist, lembut dan ringan namun menurut saya rasanya sendiri tidak terlalu istimewa. Tidak seperti bayangan saya semula. Walau moist dan lembut namun kurang creamy untuk lidah saya. Next time jika saya akan membuatnya lagi, saya akan mencoba memasukkan porsi cream cheese ke dalamnya, mungkin mampu mendongkrak rasanya. Jika anda berminat, berikut resep dan proses pembuatannya ya.


Red Velvet Cupcakes dengan Cream Cheese Frosting
Resep diadaptasikan dari Annie's Eats - Red Velvet Cupcakes

Untuk 20 - 24 buah cupcakes 

Bahan:
- 345 gr tepung terigu protein rendah
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh baking powder, saya pakai double acting BP
- 1 1/2  sendok makan bubuk coklat
- 1 sendok teh garam
- 2 butir telur ukuran besar
- 375 ml mentega/margarine, dicairkan (bisa diganti dengan minyak sayur)
- 300 gr gula pasir
- 250 ml krim kental + 1 sendok makan white vinegar, diamkan 10 menit (resep asli menggunakan buttermilk)
- 2 sendok makan pewarna merah makanan cair
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1 sendok teh distilled white vinegar, bisa diganti dengan air jeruk nipis/lemon

Topping: Cream cheese frosting
- 140 gram cream cheese
- 3 sendok makan mentega
- 185 gram gula bubuk
- 2 sendok teh vanila ekstrak   

Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan disuhu 165'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang cupcake/muffin, alasi dengan kertas cupcake. Sisihkan.


Siapkan mangkuk besar, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula pasir, kocok dengan speed sedang hingga tercampur baik. Tambahkan telur, krim kental, pewarna merah, vanila ekstrak, garam dan vinegar, kocok dengan speed sedang hingga rata dan kental. 


Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus dikocok hingga tercampur baik. Matikan mikser.  Jangan terlalu lama mengocok jika tepung telah masuk ke adonan karena akan membuat cake menjadi keras.

Masukkan adonan ke dalam mangkuk cupcake, isi adonan hingga setinggi 3/4 tinggi mangkuk. Panggang di dalam oven selama 20 - 25 menit, putar-putar loyang selama dipanggang agar kue matang merata. 


Jika permukaan kue terlihat mulai mengeras namun bagian tengahnya masih moist keluarkan dari oven, test dengan tusuk gigi, jika bagian dalam masih basah panggang kembali sebentar. 

Note: jangan terlalu lama memanggang hingga permukaan cake kecoklatan, cake menjadi kering dan tidak moist.

Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan di rak kawat hingga benar-benar dingin, sebelum frosting disemprotkan.

Membuat frosting
Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese dan mentega, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga putih, mengembang dan ringan. Kira-kira 2-3 menit. Kurangi kecepatan mikser menjadi sangat rendah, masukkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. 

Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang, kocok kembali selama 2-3 menit. Masukkan vanilla ekstrak dan kocok hingga tercampur rata. Matikan miser, masukkan cream cheese ke dalam plastik segitiga dengan spuit motif kembang diujung plastik.

Semprotkan frosting di permukaan cupcakes. Siap disantap. Not so yummy but okay. ^_^

Sources:
Annie's Eats - Red Velvet Cupcakes
Wikpedia - Red velvet cake



134 komentar:

  1. mbak bisa ajarin resep mille feuille ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, hmm bentar ya saya lihat2 dulu resepnya hehehhe

      Hapus
  2. mbak, ini kalo ga pake mikser bisa ga?hehehe *males

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, kocok pakai whisk saja, tapi pastikan BPnya double acting ya. ^_^

      Hapus
  3. Beneran msi penasaran sama red velvet ini. Cumaaa lidahku kok kurang bisa menerima kalo pake bit :(
    Makanya pengen nyoba pake pewarna aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ita, saya malah penasaran kalau pakai bit kaya gimana hasilnya hehehhe

      Hapus
  4. mbak maap ni bukan mw comen red velvet, tp mw nanya...sy rencana mw ganti oven, mbak ada rekomendasi g? mbak sendiri pake oven merek apa y mbak? hehe maaf yo mbak nanyanya g nyambung..terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya di rumah pakai oven listri SICO mba, wattnya gedhe tapi stabil sih. Cuman harganya mahal, sekitar 4 - 5 juta, ini juga dikasih adik, kalau nggak saya gak sanggup beli wakakkak. Banyak yang bilang oxone, oven listrik bagus, tapi kalau serius baking sebaiknya pakai oven gas, nah merknya saya kurang tahu, harga sekitar 1,5 juta.

      Hapus
  5. mba,kl resep ini dikukus bisa ga ya? sy blm punya oven ^_^
    kira2 berapa lama ngukusnya?
    nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nur, yep bisa dikukus kok, kalau pakai cup sekitar 30 mneit, kalau pakai loyang sekitar 45 - 1 jam.

      Hapus
  6. 250 ml krim kental + 1
    sendok makan white vinegar,
    diamkan 10 menit (resep asli
    menggunakan buttermilk)

    misalnya bahan tsbt di skip bs tdk mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Lutfi, ganti dengan susu cair + air jeruk nipis saja sebgai pengganti buttermilk, buttermilk gak bisa diskip ya jadi harus diganti.

      Hapus
    2. Mbak,klau menggunakan buttermilk brpa takarannya?

      Hapus
  7. hai mba endang, salam kenal..
    saya mau tanya, untuk teknik memanggang cupcakes biasanya perlu api bawah saja atau api atas bawah ya mba?kemarin saya coba resep red velvet cupcakes ini hasil cupcakes saya ga mengembang/ga naik padahal bahan2 sesuai resep dan tidak ada penambahan bahan lain..mohon bimbingannya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Icha, pengalaman selama ini sya pakai oven listrik di rumah selalu pakai api atas bawah, gak pernah salah satunya saja. Itu saya lakukan untuk membuat semua cake, cookies atau brownies. Hasilnya oke2 saja, pernah saya bikin brownies pakai api bawah doang, malah bantat hiks.

      Tapi di rumah adik saya, oven gasnya cuman api bawah, selama ini bikin cake juga oke2 saja tuh.

      jadi mungkin ada hal2 yang perlu dilihat kenapa cupcakenya gagal ya.

      Hapus
  8. malam mba.. mau tanya double acting BP tuh gimana ya? thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga silahkan baca link ini ya Mba, moga tercerahkan ^_^: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/mengenal-baking-powder-baking-soda.html

      Hapus
    2. makasih banget ya mba atas resepnya .. akhirnya saya bisa buat red velvet cupcakes nya berhasil plus dengan cream cheese nya .. hehhe .. sukses selalu dan ditunggu selalu resep2 yg menyenangkan untuk dibuat ya mba ..

      Hapus
    3. Hai Mba Priska, thanks sharingnya ya Mba. Senang bisa membantu, sukses selalu ya ^_^

      Hapus
  9. hai, mau nanya kalo krim kental itu apa ya? terus kalo white vinegar diganti pake apple cider atau lemon ngaruh ke rasa ngga ya? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kiki, krim kental bisa dicari di supermarket besar bagian dairy food ya, cari yang bisa untuk dikocok (whipping cream), bentuknya seperti susu kental manis, tapi ini murni krim tanpa gula biasanya. White vinegar bisa diganti apple cider atau lemon ya.

      Hapus
  10. Hai mba ak nyoba bikin cheese cream frostingnya kok rasanya kurang 'ngeju' yaaa.. Apa krn pas nge-mixer cream cheesenya msh agak keras ya krn keluar dr kulkas? Trus vanilla nya klo ak ganti pake vanilla pod langsung bs ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cream cheese kurang ngeju mungkin merk cream cheesenya ya Mba yang harus dilihat. Cream cheese untuk dikocok sebaiknya memang suhu ruang, kondisi lembut tidak keras sehingga hasil frosting bisa lembut dan fluffy.

      Pakai vanilla pod ok kok.

      Hapus
  11. Aku pake philadelphia cream cheese nya.. Ada merk lain mba? Makasi masukannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah menurut saya Philadelphia udah oke yaaaa heheheh

      Hapus
  12. bisa dibikin di loyang besar jadi cake lapis3 gitu kan ya mba?

    BalasHapus
  13. Hallo mba endang, mo tanya.. klo cetakannya pake cetakan bolu kukus (yg terpisah) bisa ga ya mbak? Ga papa dimasukin ke oven? Makasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa pakai cetakan apa saja kok dan asalkan terbuat dari alumunium atau bahan tahan panas oven saya rasa bisa dipakai ya

      Hapus
  14. Mbak maaf sblmnya sdh ada yg tanya tp sy blm nyambung, krim kental mksdnya whipped cream kah mbak? Yg merk elle n vire itu? Lalu vinegar nya apa? Apa cuka yg biasa di abang bakso itu bs? Thanks btw mbak -eycha

    BalasHapus
    Balasan
    1. whipped cream merupkaan salah satu varian krim kental. Krim kental itu banyak macemnya teragantung dari kandungan lemak, ada yang bs di kocok sampai kaku (whipped cream) ada yang hanya untuk melezatkan masakan (cooking cream). Vinegar sejenis cuka tapi biasanya tetrbuat dari fermentasi buah anggur/apel, singkong atau bahan organik lainya. sedangkan cuka diabang2 itu biasanya terbuat dari asam asetat, bahan kimia. Vinegar aromanya lebih lembut dan tidak seasam cuka, Jangan pakai cuka yang di abang bakso, aromanya tidak oke buat kue/cake. Kalau tidak ada vinegar pakai air jeruk nipis saja.

      Hapus
  15. Mba Endang, maaf saya bener2 pemula.. Hehe itu merk terigu protein rendah apa ya mba kalo dipasaran? Dan merk creamcheesenya apa ya mba? Mohon infonya mba.., terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepung terigu yang beredar dipasaran sebenarnya bermacam2 tergantung dari kadar proteinnya.
      Protein tnggi untuk roti karena membantu gluten terbentuk lebih banyak, misal cakra kembar.
      kalau protein sedang atau serba guna, biasanya untuk aneka makanan, gorengan, kadang saya pakai untuk roti juga. misal segitiga biru
      protein rendah, biasanya untuk cake atau kue kering karena tidak memerlukan banyak gluten dalam prosesnya. gluten membuat kue keras dan kenyal. misal kunci biru.

      cream cheese saya tidak ada patokan merk mba, saya gunakan merk apapun yang terjangkau harganya ya,

      Hapus
  16. Mbak Endang, frostingnya ini jadinya ada krenyes-krenyes tekstur gula halusnya gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, harusnya ngga ya, gulanya larut dengan bahan. Kalau krenyes2 berarti sepertinya gula kurang halus dan larut ya

      Hapus
  17. mbak, itu pewarnanya pake pewarna merk apa yaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai pasta pewarna merk wilton khusus untuk red velvet

      Hapus
  18. mba kalo mau pake loyang bulat 18 cm jadinya tinggi ga ya?hehee

    BalasHapus
  19. mb...ini frostingnya bisa buat pengganti krim di mille crepes ga ya...?, mksd saya mau eksekusi mille crepes tapi saya skip resep krimnya dan saya ganti pakai resep frosting cheese cream ini....

    trims b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dipaksakan sih bisa2 saja ya, tetapi tentu saja hasilnya berbeda. Pastry cream di mille crepes lebih padat dan di design tidak mudah meleleh di suhu ruang ya.

      Hapus
    2. Jadi frosting cream yg ini gampang leleh ya mbak? berarti harus disimpen terus di kulkas sampe sebelum dihidangkan gitu

      Hapus
    3. kalau yang terbuat dari dairy cream biasanya gampang meleleh, cake harus dichiller supaya bentuk hiasannya tetap bertahan sampai dihidangkan

      Hapus
  20. Mba,salah satu keponakanku alergi telur :-( apa ada bahan lain utk mengganti posisi si telur ini?aku rencana mo buat ini utk dibagi2 ke keluarga dekat,kan kasian kalau dia doang yg ga bs makan cupcakenya..makasi banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Lois, sayangnya untuk resep ini nggak bs diganti ya. Mungkin harus coba resep lainnya misalnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2012/02/eggless-tofu-chocolate-cake-cake-coklat.html

      ini gak pakai telur, tetapi diganti dengan tahu ya.

      Hapus
  21. Mba Endang,Whip Creamx aku punyanya Ɣƍ bubuk aja.bisakah d pake?? Takaranx gmn tuh?? Thanx befors :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba eve, bs pakai yang bubuk ya, takarannya tolong dilihat di kemasannya ya mba, saya rasa pasti tertera disana, saya sendiri belum pernah pakai jenis bubuk.

      Hapus
  22. hi sist, ini semua bahan harus dikeluarkan dulu dr kulkas yah..hrs dlm suhu ruangan dulu, gk boleh masih dingin.. jd gk menggumpal2.. ( sy pernah coba , tp menggumpal2 utk toppingnya, mungkin cream cheese dan butter masih dingin / karena apa yah? / memang boleh dingin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nesa, yep semua bahan dalam kondisi empuk, bukan keras dan diamkan di suhu ruang dulu supaya mudah dikocok. Butter gak boleh dingin kalau cake ya, harus soft. Cream cheese bisa dingin tapi pastikan kocok hingga smooth.

      Hapus
  23. Mba endang,bisa ga yh bikin red velvetnya pake tokebi,pliss jawab yh soalnya belom pny mixer.makasih sebelumnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ayesha, sayangnya saya belum pernah membuat cake menggunakan blender walaupun power blender ya, jadi saya tidak bisa memberikan saran ya mba.

      Hapus
  24. red cupcakes ini menjadi salah satu cake kesukaan keponakan saya mbak endang dan saya juga suka dengan red cupcakes ini karena lembut saat disantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba julia, senang resep cupcakenya disuka.

      Hapus
  25. mbak mau tanya, baking powder kalo gak double acting itu takarannya berapa ya? thankyou mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, double dan single acting BP itu bukan masalah takaran yang membedakannya ya, tapi cara kerjanya berbeda. jadi bukan karena single acting kemudian supaya lebih kuat maka takrannya dibanyakin, nggak gitu ya, nanti kuenya malah rasanya jadi pahit.

      kalau mba biasa pakai BP single acting dan hasilnya oke, maka pakai takaran biasa saja.

      Hapus
  26. Mba endang, jd whiped cream bubuk sbg buttermilk ga perlu dimixer ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu ya, cukup dilarutkan dengan air saja hingga menjadi kental

      Hapus
  27. Mba endaanng, coba bikin red velvet cupcakes or chocolate cupcake versi jemma doong. Penasaran and masih agak2 bingung sama tutorial video nya. Kalo mba endang yg praktekin, pasti kita2 semua bisa berhasil. Hehehe.. *ngerayumodeon* thank you before, mba ♥♥♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tisha, ntar saya lihat dulu ya mba, wakakak, saya juga masih suka gagal bikin cake mba, hehhehe

      Hapus
  28. mba endang, salam kenal. saya dita. saya baru pertama kali ini nulis komentar.. saya sudah praktekan banyak sekali resep dari jtt ini. tapi saya ada kendala di bagian pemanggangan dengan oven listrik merk kirin, yang tengah red velvetnya tidak mau matang (saya buat yang 3lapis). alhasil saya panggang kembali menggunakan oven tungku. apakah pemanggangan dgn oven listrik seperti itu? padahal sudah saya pakai api atas dan bawah. terimakasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Dita, salam kenal ya, saya juga pakai otrik mba, dan pakai api ats bawah, set di suhu 170 C dan baik2 saja ya, mungkin kurang lama manggang atau kurang panas suhu, karena beda oven bs beda suhu dan beda waktu memanggang, jadi jangan terpatok sama waktu di resep yang saya berikan ya mba.

      Hapus
  29. Mb,mau tanya.cream cheese frosting bisa g y buat olesan atas cheese cake?makasih y mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vivi, saya rasa bisa ya, gak masalah kok.

      Hapus
  30. Mbak sodakue gak bisa diskip yaa wlpn uda pakek bakingpowder?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja mba Syafira, pakai BP nya jadi 1 1/2 sendok teh ya

      Hapus
  31. Mba Endang, mau tanya dong.. Kalo liat resep org lain, vinegar sama baking soda itu dimasukkin terakhir, jadi kaya ragi gitu, berbusa.. Gmn kalo pake resep Mba Endang, tp vinegar sama baking soda nya masuk terakhir, apa bisa ya? Sbb katanya itu utk ngebentuk serat2 gitu.. Mohon pencerahannya ya.. Makasih atas perhatiannya.. Maaf nanyanya panjang sekali.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Joyce, saya kurang tahu ya mba hasilnya gimana, saya sendiri belum coba cara tersebut, Tapi mungkin bisa dicoba ya, kalau serat2 jadi kaya bikin cake sarang semut dong ya. Cuman cupcake apa juga berserat2 teksturnya? setahu saya cupcake sejenis cake yang pori2nya lembut ya

      Hapus
    2. Hehehe... Saya juga ga tau, cuma baca aja.. Skrg mau nyobain, pake resep Mba Endang, tp si vinegarnya terakhir.. Nanti kalo jadi, saya email lg.. Maklum deh kan baru belajar bikin kue.. Makasih ya Mba udah ngebales..

      Hapus
    3. Mba Endang makasih yaa.. Kuenya jadi.. Ooohhh.. Ternyata soda kue campur sama vinegar tu utk ngembangin sama ngehalusin.. Kayanya sih kaya sprite Di bolkus gitu... Hehehe.. Menteganya saya ganti pake minyak goreng jadinya kuenya lembab gitu, banyak yang suka, laku deh di arisan..

      Hapus
    4. thanks mba Joyce sharingnya, senang sekali akhirnya sukses ya ^_^

      Hapus
  32. Liat Red Velved qo jadi inget Smoothie Terung Belanda ea Mba'. Merah merahnya gitu.. :D
    Mm.. Berani nggak ea.. Hihi :p Tapi mana ada kue rasanya asem yak o.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Safiena, rata2 buah atau sayuran merah setelah dibake akan menjadi coklat warnanya, karena itu Red velvet harus pakai pewarna buatan

      Hapus
  33. Maaf mba mau nanya, cream cheese nya pakai merk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk resep ini saya pakai yummy, tapi biasanya saya suka yang batangan padat merk orchid

      Hapus
  34. halo mba.. ini komentar pertama saya klo di jakarta beli vanila ekstrak itu dimana ya?? saya selama ini cari2 gak pernah ketemu ^^;
    lalu mentega untuk frostingnyanya itu yg salted atau unsalted ya mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, beli di toko bahan kue ya, saya biasanya ke Titan di fatmawati, guugling saja tokonya dia jual onlen juga.

      Mentega pakai unsalted ya

      Hapus
  35. Mba mau tanya, kalo diubah bentuknya, bukan cupcake tp cake biasa, pake loyang ukuran 20cm bisa?
    ada takaran yg mesti ditambah ga ya?

    BalasHapus
  36. Mba saya bikin 2 lapis di loyang tapi pas mau dibalik malah ngeprul mba, tengahnya msh nempel tp jadinya remah2 gitu ga set pdhl waktu oven udab ditambahin malahan pinggirannya cendeeunf kering :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, jangan balik cake ketika masih panas, tunggu setengah dingin baru dibalik dari loyangnya. pastikan loyang dioles mentega dan tepung atau alasi dengan kertas baking. Suhu oven jangan terlalu tinggi 160 - 170;C cukup, jika cake belum matang tapi permukaannya sudah kering, taruh selapis loyang tipis dibawah loyang cake supaya panas stabil

      Hapus
  37. Malam mba, sy mw tanya, knp di RVV cupcake ga make beetroot, sdgkan RVV kukus pake beetroot?
    Trims atas info nya
    Rie

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya tanpa beetroot juga tidak masalah ya, karena umbi ini tidak terlalu berpengaruh pada cake. Warna diperoleh dari pewarna, karena beetroot ketika dibuat cake hasilnya kecoklatan. Porsi umbi juga sagat sedikit jadi kalau mau diskip silahkan, tdak akan terlalu berbeda hasilnya.

      Hapus
  38. Mba, mau tanya, kalo lemon dan baking sodanya dicampur barengan pas terakhir gpp kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baking soda bentukya bubuk dan kering, sebaiknya diaduk bersama bahan kering supaya rata diadonan. lemon masukkan di bahan basah. atura membuat cake sih seperti itu yaaaa

      Hapus
  39. Mba saya mau tanya kalo ngocok cream cheese dan whipped krim cair itu mesti dlm keadaan suhu ruang atau dingin br keluar dari kulkas yah? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cream cheese sebaiknya didiamkan di suhu ruang dulu supaya lunak, sedangkan krim kental sebaiknya dalam kondisi dingin keluar dari chiller ya,

      Hapus
  40. Halo mbak Endang, aku mau tanya cara bikin cream cheese frostingnya nih. Aku uda berkali-kali bikin tapi gagal terus, frostingnya jadi cair banget gitu :(
    aku pakai cream cheese merk yummy sm butternya anchor, nah terakhir aku bikin itu pakai gula pasir yang di blender sendiri jd gula bubuk. Awalnya aku campur cream cheese sm butternya, nah ini masih lumayan kental, tapi begitu di masukin gula semakin di aduk justru jadi cair. Kira-kira mbak Endang bisa kasih tips supaya bisa bikin frosting yang fluffy? :D thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mBa, kayaanya cream cheeseny yang trlalu encer, merk yummy setahu saya memang mengandung air lbih banyak. Saya biasanya pakai cream cheese batangan. Coba pakai frosting rvc yang ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/03/red-velvet-cake-versi-kukus-yang-ini.html

      Hapus
  41. Hai mba, saya mau tanya dong. Harga cupcake per cupnya brp ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bervriasi mba hehheh, tergantung bahan penyusunnya ya

      Hapus
  42. Hai mbak endang,

    mbak, saya ingin pewarna dari bahan alami, punya solusi gak mbak buat pewarna makanan dari bahan alami ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau warna merah tidak ya, rata2 pewarna alami (bit merah, kulit buah naga) ketika dipanggang akan berubah coklat

      Hapus
  43. tante endang, mau nanya nih
    kalo misalnya frosting-an itu bisa disimpen gitu ga ya ? kalo misalkan bisa caranya gimana ya ? terus tahan brp lama ?
    makasih :D

    -rins

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs disimpan ya, tapi di chiller dalam wadah rapat. maksimal 1 minggu kayanya.

      kalau di freezer nantinya akan berbutir2, gak bs dipakai buat frosting lagi, tapi masih bs dicampur ke cake.

      Hapus
  44. mbak endang mau tanya nih, ada yg bilang kalo bikin cheese cream frostingnya bisa pake unsalted butter, bedanya sama pake mentega atau mentega putih apa ya dihasilnya? thanks mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Annisa, salted dan unsalted keduanya bs dipakai, sama saja menurut saya, hanya kalau pakai salted saya skip garam di resep. Mentega putih bukan mentega ya mba, tapi shortening (sejenis margarine). Beda hanya dalam rasa saja, mentega/butter tentunya lebih enak

      Hapus
  45. Frosting yg ini bisa dipakai untuk red velvet cake gk mbak??

    BalasHapus
  46. mba mau nanya kalo cream cheese ini bisa diwarnain ga ya ?
    misalnya mau aku bikin warna pink gitu

    BalasHapus
  47. mba buttermilk sama mentega susu itu beda ya ? masalahnya aku nyari mentega susu di bbrp tbk di deket rumah ku malah dikasihnya mentega susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyari buttermilk mksdnya

      Hapus
    2. buttermilk tekstur kental seperti krim kental ya, saya kurang tahu tentang mentega susu ya

      Hapus
  48. mbak mau nanya nih, itu kan buttermil/krim kental+white vinegarnya katanya bisa diganti dengan susu+air jeruk nipis. boleh tau takaran susu sama air jeruk nipisnya brp ?
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. takaran susu sama dengan buttermilk, tambah 2 sendok teh air jeruk nipis, diamkan 20 menit sampai susu agak mengental dan bergumpal

      Hapus
  49. salam kenal mbak,maaf ikut nanya,kalo buttermilk di ganti susu +air jeruk nipis terus itu diresep ada pakai 1sdt white vinegar bisa di ganti air jeruk,itu di skip apa tetep dikasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Putri, salam kenal ya, vinegar bs dganti dengan cuka masak biasa atau perasan air jeruk nipis/lemon ya

      Hapus
  50. Mbak mau tanya kalau minyak sayur yang bagus buat cake merk apa ya? Dan enakkan mana pakai minyak sayur atau margarin/mentega ya?terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, minyak dan margarine/mentega memberikan efek berbeda di tekstur cake. Umumnya minyak akan membuat tekstur cake lebih moist dan lembut. Minyak bs pakai minyak goreng biasa atau minyak zaitun atau minyak canola.

      Hapus
    2. Kalau pakai minyak goreng sama minyak zaitun atau canola akan beda dimananya ya. Apakah aromanya yang bakal beda. Mohon info. Terima kasih

      Hapus
    3. tekstur cakenya akan sama mba, hanya aromanya saja mungkin ya, canola tidak berbau, sedang zaitun lebih khas aromanya.

      Hapus
  51. mba kalau bikin buttermilk nya dari krim kental yang non dairy bisa gak?hehehe

    BalasHapus
  52. Mbak Endang, bisakah saya pakai "all purpose cream" yang kemasan kaleng untuk menggantikan krim kental? Kalau bisa, apakah all purpose cream nya perlu didinginkan di chiller dulu? Terima kasih. *dari Inge*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Inge, untuk campuran adonan cake bisa ya, tapi untuk frosting cake tidak ya, untuk frosting harus pakai whipping cream.

      Hapus
  53. Hallo Mbak, aku mau tanya untuk pengganti buttermilknya ngga harus pake lemon atau bisa diganti dgn jeruk nipis mbak? Takarannya berapa banding berapa? Terima kasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai air jeruk nipis, untuk 200 ml susu pakai 1/2 sendok makan air jeruk nipis

      Hapus
  54. Maaf mba.. apa ada tutorialnya di you tube?
    Thx..

    BalasHapus
  55. Ass mbak, saya bru mau cba ne mbak ret velvet na,, klo pewarna merahnya merk smeeling bsa g mbak, ato ada prbhannya klo kta g pke yg pnya mbak pkai.. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai pasta merah apapun mba, tapi saya pakai merk wilton khusus untuk red velvet.

      Hapus
  56. hallo mba . mau tanya, utk bikin cheese cream frostingnya kan dibutuhkan mentega, mentega yg dimaksud itu unsalted mentega atau mentega margarine atau butter?

    thanks in advance

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Vivin, coba baca artikel saya mengenei beda mentega dan margarine disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/cream-cheese-pound-cake-info-seputar.html

      bs pakai salted dan usalted butter, butter itu bahasa inggris untuk mentega ya Mba. sedangkan margarine bukan mentega

      Hapus
  57. Halo Mbak Endang, saya udah lama nih adi penggemar blog Mbak, dan hampir semua cake/cupcake dan sebangsanya udah sy praktekin hehe, makasih ya mbak, seneng bgt ada blog ky gini..
    kalo boleh, minta dibanyakin lg mbak resep2 cakenya haha, atau mungkin ada rekomendasi web2 yg banyak resep cake nya dan bagus2 mbak? Sy suka bingung milih resep yg bagus mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Nida sudah menjadi pembaca JTT, snang resepnya disuka. Resep cake di JTT ada 125 dan itu belum termasuk brownies, muffin dan sejenisnya. Saya rasa sudah cukup banyak ya. Tentu akan ditambah seiring waktu, dan jika tenaganya ada heehe.

      saya tdk ada rekomendasi mba, karena sumbernya bs darimanapun. salam

      Hapus
  58. Selamat siang mba endang, Cream cheese frosting bisa tidak dipakai untuk pengganti buttercream di rainbow cake..?

    BalasHapus
  59. lalu mba endang, untuk membuat cream cheese frosting kan dibutuhkan 140gra. cream cheese..

    Cream cheese yang dimaksud apakah homemade cream cheese ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bunda Rean, bisa pakai cream cheese beli Mba di supermarket ada biasanya merk yummy (carfur/lotte), TBK ada berbagai macam merk. Cream cheese homemade dipakai kalau memang cream cheese susah dicari hheheh. Saya sih biasanya beli yang sudah siap pakai saja.

      Hapus
    2. Oh yaa, saya sempet googling untuk cream cheese cak merk yummy, tapi ada banyak variannya..Ada rekomendasi kah mba menggunakan varian yang mana..?

      Hapus
    3. kedua jenis cream cheese yummy bs dipakai mba, saya biasa pakai yang jenis 'light' harganya lebih murah.

      Hapus
  60. selamat siang mbak endang ..
    saya dengan nova
    mau tanya mentega yang mbak gunakan merek apa
    yang salted atau unsalted

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...