23 Oktober 2013

20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng



Anda sudah pernah menyaksikan tayangan Everyday Food oleh Sarah Carey di internet? Saya sarankan anda untuk melihatnya karena dibawakan dengan sangat menarik, bersahaja dengan resep-resep yang simple untuk dipraktekkan di rumah. Kepribadian Sarah Carey yang sunny, ceria, hangat dan apa adanya sepertinya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat saya terus-menerus - hampir setiap malam sepulang kerja - nangkring di depan laptop memelototinya. Banyak resepnya yang kemudian menjadi inspirasi saya, terutama karena banyaknya variasi yang disajikan dan semuanya 'terlihat' mudah. Salah satunya yang saya posting kali ini.

Jika anda ingin makanan yang sehat dan telah memenuhi hampir semua unsur gizi yang kita butuhkan karena telah mengandung karbohidrat, protein dan sayuran, maka resep salad sayuran ini bisa anda coba di rumah. Rasanya segar, ringan, mengenyangkan, yummy dan hanya membutuhkan 20 menit saja untuk menyajikannya di meja. ^_^


Tidak ada yang lebih refreshing, sehat dan membuat anda bisa menyantapnya tanpa merasa 'berdosa' selain salad. Walau dalam porsi yang besar dan membuat perut anda terasa meletus karena terasa super kenyang, makanan ini tetap menyumbangkan kalori yang rendah. Tentu saja jika anda menggunakan dressing rendah lemak, karena yang membuat semangkuk salad menjadi berat bukan karena sayurannya atau sedikit protein yang dimasukkan ke dalamnya tetapi dressing berat yang terbuat dari mayonnaise, terkadang telur rebus dan keju parut. Nah untuk salad kali ini, sausnya hanya terbuat dari minyak zaitun, cincangan bawang putih dan bawang merah, serta perasan air jeruk nipis. Sedikit cincangan thyme dimasukkan ke dalamnya untuk memberikan rasa dan aroma unik yang berbeda. Semua cukup anda masukkan ke dalam botol dan kocok hingga menjadi larutan yang smooth dan kental. Saus ini tahan di dalam kulkas hingga 1 minggu lamanya, jadi jika anda membuatnya dalam jumlah banyak jangan langsung digunakan semua, tetapi simpan sisanya di dalam chiller. Dressing tidak hanya sedap untuk salad, sebagai kucuran sandwich pun mantap. 

Dressing
Thyme

Jika anda bertanya-tanya tentang rempah bernama thyme yang saya sebutkan di atas, mungkin sepenggal info mengenai herba ini bisa cukup membantu. Thyme adalah sejenis tanaman rempah yang sangat terkenal di Eropa terutama Mediterania, dan masih masuk ke dalam golongan tanaman mint. Tanaman ini memiliki daun yang kecil berwarna kehijauan dengan aroma yang sangat harum. Umumnya thyme digunakan untuk masakan yang terbuat dari aneka sayuran, daging dan ikan yang diolah menjadi sup kental (stew), sebagai pengharum biasanya thyme dijejalkan di dalam perut ikan atau ayam yang dipanggang, bisa juga digunakan sebagai bumbu perendam, campuran omelet atau telur orak-arik.

Thyme juga bisa digunakan untuk keperluan pengobatan, terutama karena kandungan minyak esensial di dalamnya. Seduhan daun thyme yang diminum selayaknya teh mampu mengurangi gejala batuk dan bronkitis. Herba ini bisa digunakan dalam kondisi segar atau pun kering seperti daun rempah lainnya misalkan basil, oregano atau rosemary. Untuk resep kali ini saya mengggunakan daun thyme yang telah mengering di kulkas. Saya membelinya saat kondisinya masih segar dengan harga yang tidak mahal untuk seikat kecil thyme di sebuah supermarket. Jika tidak ada thyme segar anda bisa gunakan versi keringnya atau skip saja bahan ini, saya rasa tidak akan terlalu berpengaruh banyak untuk kelezatan dressing anda. 


Sebagai bahan utamanya, salad sayuran ini menggunakan daun lettuce, anda bisa menggantinya dengan daun selada, atau bayam dan brokoli rebus juga yummy. Saya tambahkan serutan wortel agar terlihat lebih berwarna, lagi pula sayur dan buah berwarna sangat baik untuk tubuh kita bukan? Selain lettuce, anda juga memerlukan suwiran daging ayam rebus/panggang, saya menggunakan daging ayam yang telah saya ungkep dengan bumbu kuning dan simpan di freezer. Untuk karbohidratnya, salad ini menggunakan kentang yang direbus sebentar dan digoreng dengan sedikit minyak hingga crispy permukaannya. Semua bahan cukup ditata di dalam sebuah mangkuk besar, siram dengan dressing di atasnya. Santap saat semua bahan masih segar dan sayuran masih terasa crispy karena salad yang telah tersiram dressing mudah sekali menjadi layu. 

Berikut prosesnya ya.  


20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Resep diadaptasikan dari Martha Stewart, Everyday Food by Sarah Carey - Spinach Salad with Chicken & Crispy Potatoes 

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Salad Pasta, Sayuran dan Tuna
Russian Salad (Olivier)
Semangkuk Besar Salad  Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak  

Bahan:
- 200 gram dada/paha ayam panggang/rebus/goreng, suwir-suwir. Saya mengunakan dada ayam yang diungkep dengan bumbu kuning
- 1/2 bongkah besar daun lettuce, sobek-sobek kasar. Anda bisa menggunakan daun selada
- 1/2 batang wortel, serut kasar 
- 2 buah kentang, iris melintang tipis ketebalan 1/2 cm

Bahan dan bumbu dressing salad: 
- 1 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin
- 2 siung bawang merah, cincang halus
- 1/2 sendok teh thyme cincang (skip jika tidak ada)
- 1 sendok makan air jeruk nipis atau lemon
- 50 ml minyak zaitun atau minyak sayur lainnya
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- seujung kuku gula pasir (optional)

Cara membuat:



Siapkan bahan dressing, cincang bawang putih dan bawang merah hingga benar-benar halus. Masukkan semuanya ke dalam botol yang memiliki tutup. Tambahkan air jeruk nipis, garam, thyme cincang, dan merica bubuk. Kocok hingga bahan tercampur baik dan menjadi larutan kental yang smooth. Sisihkan.



Siapkan panci berisi 500 ml air, tambahkan 1/2 sendok makan garam, masukkan kentang dan rebus hingga kentang setengah matang. Jaga jangan sampai kentang terlalu lunak, tes dengan menusukkan pisau di tengah kentang, jika pisau masuk dengan mudah maka kentang sudah cukup empuk. Angkat dan tiriskan. 

Siapkan pan datar, beri sekitar 1 sendok makan minyak. Goreng kentang hingga satu sisi kecoklatan, balikkan dan goreng sisi sebelahnya hingga kentang kering dan matang. Angkat dan tiriskan.



Siapkan mangkuk, tata lettuce dan wortel di dasar mangkuk, taburkan kentang diikuti oleh suwiran ayam diatasnya. Siram dengan dressing. 

Siap disajikan segera. Yummy!

Sources:
Martha Stewart, Everyday Food by Sarah Carey - Spinach Salad with Chicken & Crispy Potatoes 
Wikipedia - Thyme
BBC Good Food - Thyme




22 komentar:

  1. mba endang...
    akyu lagi akyu lagi...
    mba... kok kalo bikin dressing pake olive oil rada eneg ya... apa karena kebanyakan atau olive oil nya sudah kurang baik ??
    nanti malam mau coba ini aah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, hmm menurut saya enggak ya selama pakai jeruk lemon/nipis dan bahan lainnya, rasanya segar2 saja wakakkak. mungkin kebanyakan olive oilnya ya atau coba tambahkan rempah2 lainnya, supaya harum.

      Hapus
  2. Mbaakkk.. resep2mu juga gampil kok. resep2nya banyak yg irit bahan, irit alat. Aku senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Erni, hahahha memang itu yang dicari, yang irit, mudah dan murah wakakka

      Hapus
  3. Hallo...mbak,saya baca-baca resep mbak disini,ada yang sudah diterapin,banyak yang belum saya terapin,nah... Kalau boleh minta resep atau usul resep nih yaitu resep lontong sayur mbak yang mantap yang lengkap varian versi mbak,trims ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, yep sudah lama saya pengen bikin lontong sayur kumplit, saya maniak lontong sayur cuman belum terlaksana wakak, kalau sudah di trial pasti akan di share, tunggu ya ^_^

      Hapus
  4. I love your blog n ur recipe... bikin masak jadi tidak terlalu menakutkan....arigatoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thanks ya. Senang resep2nya disuka. Sukses selalu! ^_^

      Hapus
  5. Mba,gmn klo ayamnya d ganti udang yg d goreng sebentar/d rebus aja...bisa gak ya mba?Aku sm suamiku jg lg blajar makan makanan yg sehat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direbus saja Mba, lebih sehat dibanding goreng hehehheh. enak juga kok, atau pakai tuna kaleng juga yummy, cuman agak amis ya

      Hapus
    2. Iyaaa pake tuna kaleng enak kok mba.. Ngga amis belinya yg untuk isian sandwich aja..
      resep nya simple semua nih mba.. Seneng jd mantenginny..

      Hapus
    3. Sip, yang sandwich spread ya, okeh next time saya coba hehehe

      Hapus
  6. Mbak, kalo thyme-nya pake yang kering, rasanya sama gak ya? kemaren nemu yang udah kering,

    btw, saya pembaca setia blog ini, resep2nya seruuu ^^, makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nila, pakai thyme kering gak papa kok, susah memang cari versi segarnya ya.

      Hapus
  7. kalo gak pake olive oil tuh mempengaruhi bgt gak sih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai minyak sayur lainnya yang untuk salad seperti minyak jagung atau canola juga bisa, kelebihan minyak zaitun rasanya lebih ringan dan gak eneg di salad karena itu minyak ini yang biasanya dipakai.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Halo, sebaiknya untuk salad tidak menggunaka minyak goreng biasa ya Mba, karena rasanya akan berbeda dan kurang oke

      Hapus
  9. Halo mbak endang ... saya baru baca blog ini kemarin malam ... agak telat sih tp tertarik bgt terutama yg berbau salad ...
    Btw utk thyme nya ... kl misal kuganti dgn mixed herb gt kira2 bs ndk ?? Cz adanya d rumah mixed herb ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tri, yep bisa ya mba, skip juga gak papa ya. Sori, saya balasnya kelamaan yaa.

      Hapus
  10. Mbk endang ada resep kebab turki nggakk? Bolek di shear dong kalau ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip sama kebab iran gak ya. Kalau mirip coba link ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/10/kebab-koobideh-kebab-daging-kambing-dan.html

      atau ayam
      http://www.justtryandtaste.com/2012/12/chicken-adana-kebab-dengan-saus-yogurt.html


      http://www.justtryandtaste.com/2015/05/joojeh-kabab-kebab-ayam-la-persia.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...