17 Oktober 2013

Green Smoothie: Yuk Kita Bersihkan Perut ^_^



Bagaimana dengan perayaan Idul Kurbannya kemarin? Saya yakin meriah dan penuh dengan daging sapi dan kambing yang melimpah, karena itulah yang dikabarkan Ibu saya ketika saya menelpon beliau kemarin. "Gimana Ma, dapat daging banyak? Dimasak apa saja"? Tanya saya. "Wah, dapat daging sapi banyak. Ini mau dimasak rendang dan sebagian diungkep", dua masakan andalan Ibu saya yang pernah saya ceritakan di salah satu postingan sebelumnya. "Mantep! Tapi jangan banyak-banyak makan daging merah ya", pesan saya di telpon. "Nggak,  ini sebagian buat lauk Dimas, sebagian lagi mau disedekahkan ke tetangga sekitar rumah. Sekarang dimasak dulu nanti tinggal dibungkus sama nasi dan lauk lainnya, masih banyak orang di sekitar kita yang jarang sekali makan daging". Nah kalau yang satu ini memang khas Ibu saya, makanan jarang sekali melimpah di rumah karena Ibu dengan cekatan akan membungkusnya dan membagi-bagikannya ke tetangga sekitar. Kebetulan rumah Ibu saya di Paron berseberangan letaknya dengan pasar tradisional dan beliau memiliki banyak sekali kenalan disana. "Wah semua jadi ikutan pesta dong ya", komentar saya. "Iya, itulah indahnya berbagi kan Nduk"? Jawaban Ibu membuat saya tersenyum haru. 


Nah, jika kemarin mungkin perut anda telah penuh sesak dengan daging, ada baiknya kita rehat sejenak menyantap makanan berat, berkolesterol tinggi dan menggantinya dengan segelas 'besar' smoothie hijau yang laziz ini! "Serem banget tampilannya Ndang! Kaya monster rawa", wokeh itu komentar Wiwin adik saya ketika resep ini saya sharing dan dicoba olehnya. Namun sepuluh menit kemudian masuk pesan dari adik saya di handphone, "Enaaaak banget"! Jadi jangan tertipu dengan tampilannya karena rasanya segar, mantap dan membuat badan menjadi terasa lebih fresh. Untuk bahan yang digunakan saya sarankan sesuaikan dengan isi kulkas anda, namun sebaiknya komposisinya mengandung buah dan sayuran hijau, jika anda bisa menemukan sayuran dan buah organik maka itu akan jauh lebih baik.  

Brokoli yang merupakan salah satu makanan super karena mengandung vitamin C, A dan kalsium yang tinggi serta terkenal sebagai anti kanker dan membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh (detoxification) sebaiknya anda masukkan sebagai salah satu bahan smoothie yang anda buat. Alternatif lainnya adalah keluarga kubis-kubisan yang lain seperti kailan, kol, kembang kol, dan sawi bisa anda gunakan karena Brassicaceae terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain untuk memerangi penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler. 


Satu tips untuk membuat smoothie buah dan sayuran hijau yang anda buat menjadi lebih lezat, terasa creamy dan kental adalah penggunaan buah pisang di dalamnya. Saya selalu menggunakan pisang yang saya bekukan di dalam freezer untuk membuat smoothie menjadi lebih terasa fresh. Nah untuk pisang, sebaiknya anda menggunakan jenis pisang yang umum digunakan untuk buah meja atau biasa dimakan segar seperti pisang ambon, cavendish atau sunpride. Saya paling suka berburu pisang dengan diskon 50% jika berkunjung ke sebuah supermarket, pisang obral ini biasanya memang terlihat tidak menarik dengan totol-totol kecoklatan yang memenuhi di seluruh kulitnya tanda pisang telah over matangnya. Tapi hey, justru pisang seperti inilah yang sangat sedap untuk dibuat menjadi smoothie atau cake. Biasanya hanya tampilan luarnya saja yang jelek, namun di dalamnya anda akan menemukan daging yang mulus, lezat dan super manis. Kandungan gulanya yang tinggi akan membuat smoothie anda menjadi manis tanpa tambahan gula. Saya biasanya membelinya dalam jumlah banyak, mengupasnya dan menyimpannya di dalam plastik dan membekukannya di freezer. Sewaktu-waktu digunakan pisang beku siap saya cemplungkan ke dalam blender atau sebagai bahan cake atau pancake yang lezat. 


Selain pisang, tips lainnya agar smoothie sayuran anda lezat adalah menggunakan buah yang terasa manis seperti semangka merah, melon, nanas, dan anggur. Buah-buah ini akan membuat anda tidak perlu menambahkan gula lagi ke dalamnya sehingga jauh lebih sehat. Namun jika masih kurang manis, saran saya gunakan madu sebagai pengganti gula untuk pemanisnya. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur selain menyehatkan juga membantu membersihkan pencernaan dan membuang toksin dari dalam tubuh, akibatnya badan terasa lebih fresh, kulit yang cerah dan wajah yang lebih kinclong. Mau cantik dan sehat? Yuk kita ber-green smoothie ria. ^_^

Berikut bahan dan prosesnya yang super mudah.
 

Green Smoothie
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 1,5 liter smoothie

Untuk resep smoothie lainnya, silahkan klik link di bawah ini ya:
Smoothie Jambu Biji & Blueberry
Smoothie Kiwi
Smoothie Mangga & Pisang  

Bahan:
- 1 buah ketimun beserta kulitnya
- 3 lembar daun selada
- 3 lembar daun kailan
- 1 ikat kecil daun lobak (skip jika tidak ada)
- 1 buah jeruk nipis, kupas kulitnya
- 1 genggam daun mint (skip jika tidak ada)
- 100 gram brokoli
- 2 buah pir, buang bijinya saja tidak perlu dikupas, atau apel hijau
- 200 gram nanas beku
- 2 buah pisang beku
- 300 gram melon
- 300 - 500 ml air tergantung kekentalan smoothie yang diinginkan

Tips: sayuran dan buah organik akan jauh lebih sehat dan baik untuk tubuh kita karena memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan buah atau sayur biasa. 

Cara membuat:


Siapkan sayur dan buah yang akan anda gunakan.  Pastikan anda mencuci bersih terlebih dahulu semua sayur dan buah sebelum anda memotong-motongnya dan memasukkannya ke dalam gelas blender. Keringkan sayuran dan buah dengan meletakkannya di atas selembar kain bersih atau tisu dapur.

Masukkan potongan buah yang mengandung air seperti pir, nanas, melon dan ketimun di dasar gelas blender. Tekan pulse beberapa kali agar pisau blender bekerja kuat mencacah potongan buah. Masukkan semua sisa bahan smoothie. Tekan pulse hingga sayuran dan buah tercacah halus, jika pisau tidak mau berputar, tambahkan air. 

Proses sayuran dan buah hingga menjadi smoothie yang halus dan lembut. Jika terlalu kental, tambahkan air hingga smoothie anda menjadi agak sedikit encer. 

Tuangkan di gelas saji dan siap diminum. Yummy!

Sources:
WhFoods - Broccoli
Wiley Online Library - Health-Affecting Compounds in Brassicaceae



76 komentar:

  1. hai mbak endang salam kenal :)
    saya penggemar blog mbak endang..
    ini menu wajibku di pagi hari mbak tentunya tanpa pisang jadi gak se smoothy klo ada pisang..kok dikasih seledri mbak...aku paling gak suka seledri di rawblend menurut saya tidak enak hihihi..

    aida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Aida, untuk resep diatas saya tidak menyertakan seledri hanya digambar memang saya snap shot green smoothie yang biasa saya buat sehari2 dan kalau detox di sabtu minggu, saya pakai semua sayuran di kulkas termasuk seledri. menurut saya enak2 saja wakakakak

      Hapus
  2. satu pertanyaan mbak endang, langu nggak ?
    ada brokoli dan kailan gitu lho *serem*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggal langu kok Mba Rina, asalkan komposisi utama tetap banyak buah dan plus pisang, rasanya tetap enak2 saja, menurut saya ya hehehhe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yepp, bisa bikin kulit jadi cling dan muka bebas jarawat wakkaka. promosi banget yaaa. thanks ya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Halo Mba, karena pakai pisang jadi gak berampas, creamy dan kental. kalau mau disaring malah lebih smooth ya hehhehe

      Hapus
  5. abis diblender disaring nggak mbak endang? kl aku justru nggak terlalu suka kental2 gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak disaring Mba, kalau terlalu kental tambahkan air supaya rada encer ya. kalau terlalu kental tambah air saja, terlalu kental memang jadi eneg ya. saya minum pakai sedotan biar makin segeeerr.

      Hapus
  6. thanks sharingnya mba..
    sya penggemar berat blog mba.. hihi
    kalo lagi pusing ngolah makanan.
    liat blog mba jadi seger. banyak membantu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ana, salam kenal ya. Thanks sharingnya juga disini ya, senang JTT bisa banyak membantu hehhehe

      Hapus
  7. hadeeeehhh.... ngeri liatnya mba, apalagi disuruh minumin... merinding ah... hehehe...
    *dasar!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkak, rasanya enakkkk Mba, percata dehhhhh. Benerrr, swearrrr hehhehe

      Hapus
  8. Hihii mbak Endang sering2 yaa ngeposting ginian, kebetulan lagi mau mulai hidup sehat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp, hidup sehat memang menyegarkan ya, banyak makan sayur dan buah saja, terasa banget di badan dan kulit. hindari daging merah dan sebisa mungkin jangan makan karbo banyak2. ^_^

      Hapus
    2. Hihi kutunggu selalu postingan dirimu mbak, kebetulan juga sih ga terlalu suka daging merah hehe ^^

      Hapus
  9. selamat malam mbak yu... cuma mau sharing ajah..
    pernah suatu hari, aku nonton acara di televisi, mengenai jus2 sehat. campur2 sayur dan buah gini. ada salah satu kunci atau tips, menurut mereka, bahwa... semua bahan (sayur) yg bisa dijadikan jus adalah sayuran berbentuk daun saja, sedangkan sayuran berbentuk pohon (mungkin seperti brokoli dan kembang kol gitu ya...), tidak disarankan.
    naaahhh....jeleknya, aku lupa, alasannya apa. secara aku suka males mikir, ambil kesimpulan ajah, terus di inget2 sendiri. hehe...
    tapi mbak Endang oke oke aja kan, minum jus yg pake brokoli ini? ga kembung, ga eneg gitu kan??. hehe...
    ojo nesu ya mbakkk.... matursuwun sanget loh mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya. Saya sudah banyak baca web luar dan riset mengenai jus dan smoothie broccoli, termasuk menonton banyak tayangan di y'tube tentang juice/smoothie, dan hasilnya mengatakan bahwa broccoli oke dan disarankan digunakan sebagai bahan untuk juice dan smoothie. Bahkan dianjurkan untuk diminum jika kita ingin memerangi kanker. Livestrong.com adalah salah satu web rujukan saya kalau mau baca2 mengenai gaya hidup sehat dan ini link tentang smoothie broccolinya: http://www.livestrong.com/article/339412-broccoli-smoothies-for-cancer/

      Semua buah dan sayuran, sah2 saja untuk dibuat jus/smoothie selama kita sanggup untuk meminumnya. So far, saya sudah melakukannya setiap hari menggunakan aneka macam buah dan sayur, dan tidk ada masalah dengan kesehatan saya. Justru terasa lebih fresh dan cling, hehhehe.

      ora nesu lah Mba, hehehe, saya rasa semua orang sah2 saja untuk memiliki pendapatnya masing2 dan menerapkan apa yang mereka yakini dan percaya untuk diri mereka kan ya. ^_^

      Hapus
    2. oh gitu ya mbak... ihh...padahal mereka sdh tampil di televisi loh, kok bisa2nya ngasih tips dan info yg cukup "menyesatkan".
      ok mbak... besok aku coba2 smoothie ini deh, memang brokoli ok bgt untuk pencegahan kanker ya... kami di rumah juga seringkali menyantap brokoli rebus plus mayonise..
      terimakasih banyak buat infonya ya mbak Endang :D

      Hapus
  10. Resep green smoothies saya : pokchoy, mangga (beku) dan melon. Creamy jg lho mbak, kayaknya karena mangga.. Daaan.. Ga ada rasa sayur sama sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya, yep kalau pakai pisang, alpukat, kiwi dan mangga memang membuat smoothie menjadi creamy.

      Hapus
    2. Mbaa ga suka pisang. Klo diganti susu kedelai cocok ngga ya?

      Hapus
    3. pakai susu kedelai oke kok, hanya saja pisang membuat tekstur smoothie menjadi smooth, ganti dengan alpukat.

      Hapus
  11. mbak untuk smoothies yang ini gak perlu campuran susu atau yogurt yaa? kalo aku mau campurin susu ato yogurt boleh? perbandingannya berapa banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoothie itu sebenarnya buah atau sayur yang diblend menjadi satu dan dikonsumsi bersama ampasnya sedangkan juice hanya airnya saja. jadi yogurt atau susu bukan keharusan dalam membuat smoothie. kalau mau ditambahkan silahkan, untuk takaran tergantung selera ya bbrp sendok yohurt ok kok

      Hapus
  12. Haii mba End, ternyata hobi kita sama-sama berburu pisang diskonan.. :D selain pisang, di hyperm*** juga sering ada buah lain yg diskon lho mba, macam kiwi (pernah dapet kiwi gold disc 70%, hepi bgt :D), apel granny smith, jeruk impor, lemon.. Ehhh kok malah ngomongin buah diskon sih? :D

    Btw soal green smoothies ini, jadi pengen nyobain. Cek isi kulkas dulu ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ajeng, wah sama hobi kita, memang harus pinter2 menyiasati harga buah yang mahal ya. yep beberpa bulan lalu saya selalu beli berkilo2 kiwi obral, sayang gak ada lagi hehheh. sekarang saya punya langganan toko buah dipasar, bberapa buahnya oke banget dan murah.

      silahkan di coba freen smoothiesnya, moga suka ya ^_^

      Hapus
  13. mb ajeng.... aq fani.. saya sukaaa blog nya... suka suka suka sukaaa.. hehehehee...
    btw mb, kasi resep detox nya yang pake smoothies dunk... caranya gmn gtu? makasi ya mb moga makin berjaya dan berkarya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fani, nama saya endang Mba, bukan ajeng hehehe. oke, next time saya coba masukkan resep detox dengan smoothie di dalamnya. thanks sharingnya ya, salam ^_^

      Hapus
  14. halo Mba Endang, mba sy mau tny, gelas yg mba pake itu beli dmn sy lagi cari gelas seperti itu, soalnya jd bikin cantik aja kn ky di resto2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli di ace hardware Mba, gak ada di supermarket biasa ya.

      Hapus
  15. Salam kenal mba Endang... saya mau tanya. Brokolinya ga di rebus dulu ya? Klo pake buah bit yg merah itu pun ga perlu di kukus juga ? Jasi bikin smothie sayurnya dlm keadaan mentah ? Makasih ya mba Endang atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Diana, saya biasanya semua mentah ya gak direbus, tapi kalau mau direbus dulu silahkan karena banyak yang gak tahan sama brokoli mentah, membuat gas di perut jadinya malah buang angin terus wakkakak. Saran saya kalau perutnya ga kuat, rebus bentar saja brokolinya (blanching) saja jangan sampai empuk ya. Bit merah saya gak pernah rebus ya.

      Hapus
  16. Hi mba Endang.. aku newbie nih bikin2 smoothie. Seneng banget nemu blognya mba Endang, jadi bisa kasih banyak inspirasi buat aku bikin smoothies. Mau tanya dong mba.. Sebenarnya kalau untuk wortel, jahe gitu lebih baik di puree pake juicer apa langsung aja di blender? jahenya dikupas dulu kan ya? karena takut nggak kuat sama rasa jahenya yang kenceng gitu.. hehehe.. maaf banyak nanya, thanks ya mba! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, tergantung jenis blendernya ya, kalau pakai power blender yang mesinnya kuat diblender sih oke2 saja, cuman kalau blender biasa kayanya hasilnya gak smooth jadi lebih oke pakai juicer. cuman saya lebih suka blender karena kenyang dan serat lebih banyak ya hehehe.

      jahe dikupas ya mba, dan pakai jangan banyak2, supaya gak melulu jahe rasanya.

      Hapus
  17. wah info yang sangat bermanfaat sekali, sekarang saya paham bahwa pisang sangat penting untuk jaminan agar smoothie yg dibuat habis diminum. Karena sebelumnya saya telah mencoba membuat smoothie, tapi rasanya tidak bisa ditoleransi lidah. thanks nice infonya Mba Endang :) keep healty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Winda, selain pisang bisa juga pakai buah2 yang mampu mengentalkan seperti sirsak, kiwi, pepaya, mangga, terong belanda, jambu biji. Membuat smoothie sayuran gak misah antara ampas dengan airnya dan mudah ditelan hehhehe

      Hapus
  18. Salam kenal mbak Endang...
    Sudah 2 kali saya nyontek resep dari blog mbak, semoga tidak keberatan hehehe

    Makasih juga sharing tentang smoothie nya, kebetulan saya juga suka banget nge-blend sayur dan buah :)

    salam,
    euis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Euis, salam kenal ya Mba, Thanks komentarnya dan silahkan di contek resepnya Mba. Saya maniak banget dengan smoothie wakakakka

      Hapus
  19. halo mbak, numpang nanya itu untuk buah2an nya terutama pisang kan dimasukin ke freezer dulu biar lebih awet, nah pertanyaan saya itu mencairkannya ke suhu normal/kamar unutk lebih cepat bgaimana?maklum kalo pagi2 diburu2 berangkat kantor.. apa boleh direndam air biar lebih cepat leleh es nya? apa ga jadi "blenyek" jadinya..
    hehe maaf ya banyak nanya nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya malam harinya taruh buah beku di chiller, besok kondisi masih dingin tapi sudah mencair dan siap di blender. Kalau mau rendam air, sebaiknya dalam kondisi di dalam plastik ya, jadi buah gak menyentuh air.

      Hapus
  20. hai mba, salam kenal
    saya baru neh di dunia persmoothian :)
    klo bahan nya cuman strawbery, pisang, apel dan brockoli, enak ga ya? komposisinya segimana? trims yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya oke ya Mba, karena sudah ditambah pisang jadi smoothie akan creamy dan cukup manis. Brokoli sebaiknya di rebus sebentar ya supaya gak kembung, pengalaman bikin smoothie pakai brokoli mentah perut kembung mulu hehehhe

      Hapus
  21. Mbak mau nanya.. Cara milih buah n sayur yg bisa di mix itu gmna yah? Takutnya ada yg gak cocok dimix buahan n sayurnya.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. umumnya untuk green smoothie pakai sayurannya caisim, sawi, brokoli, kailan, horenzo (bayam jepang) jadi kebanyakan itu keluarga sawi2an, paprika merah, hijau, kuning. Buahnya yang oke sebagai cmpuran supaya segar rasanya itu nanas, kiwi, mangga. dan biasanya untuk buah sih saya gak terbatas ya, apa saja saya cemplungkan hehehhe

      Hapus
  22. Mbaakk endaang aku silent rider blog ini nih. Beberapa resep uda aku praktekin. Dan Sakseiiss.... hari ini coba bikin smoothies inih. Tapi kok punyaku ga se monster rawa alias sehijau kyk punya mbk endang ya. Pke seladanya yg jenis apa y? Hehe... terimakasih mbaa dan terus bikin resep2 yg maknyus yaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dely, untuk hijauannya saya suka daun pak choy ya, atau caisim. Kalau ada horenzo di jual itu juga oke. Hijaunya lebih mantap dibandingkan dengan daun selada karena selada rada pucat ya hehhehe

      Hapus
  23. Hai mba saya tertarik sama green smoothiesny ni. saya termasuk orang yg ga suka sayuran,tapi saya mau coba resep mba ini. 1,5 liter yang sdh jadi itu untk 1hari atau bisa untk besok ya?
    Kalo ga pake sawi gapapa kan?soalny saya ada maag ga bisa makan sawi, dan untk brokoli sepertiny msti saya rebus dulu, biar ga kembung perutny.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dewi, untuk smoothie baik green atau biasa, sebaiknya tidak menginap di kulkas lebih dari 1 hari ya, karena sayuran dan buah yang diblender mengalami oksidasi semakin lama akan semakin berkurang vitaminnya. Saran saya buatlah partai kecil sekali habis saja atau maksimal 1/2 hari ya.

      skip saja sawinya gak papa kok mba. yep, brokoli sebaiknya direbus supaya gak kembung

      Hapus
  24. Salam kenal mba Endang...

    Pagi ini aku coba my first green smoothies. isinya bayam, stroberi, melon, pepaya...rasanyaaaaa amazingly...suwweeggeeerrrrr banget, padahal tanpa gula dan tanpa es atau frozen fruit.
    lagi browsing-browsing resep lain ttg green smoothies. tapi koq banyaknya bayam ya...soalnya aku suka asam urat gitu mba. bisa ganti apakah sih bayam ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, salam kenal juga ya dan thanks sharingnya. Pengganti bayam bisa pakai pak choy, sawi, horenzo, selada. Saya justru jarang pakai bayam karena baunya yang langu. Favorit saya pak choy, sawi, dan horenso.

      Hapus
  25. Balasan
    1. Mba Dewi, sorry banget ini komentarnya gak sengaja terhapus huaaa. Kalau berkenan bisa tulis komentar lagi ya Mba. maaapppp

      Hapus
  26. Mbaak Endaang, saya baru sajaa mengeksekusi green smootie ini. Kebetulan sedang flu. Dan ternyata enaaaak bingits ! Ini pertama x nya saya brani coba yg nama nya smoothie. Itu krn saya lihat postingan mbak endang ini. Makasih mbak, saya jd segeraaan nihh.. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Novalind, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resepnya disuka yaa, moga lekas sembuh yaaa

      Hapus
  27. Salam kenal mbak Endang..
    Kalau mau membekukan buah kiwi, apa sebaiknya dikupas dan dipotong2 dulu ya mbak ?
    Biasanya saya hanya pakai buah u nuat smoothie..habis baca blognya mbak..pingin deh coba bikin smoothie campur sayur..hehehe..makasih mbak Endang
    Saya biasanya hanya pakai buah saja buat smoothie ..sekarang mau coba pakai sayuran ..hehe...
    Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya kupas dan potong2 Mba, jadi saat digunakan tinggal dicairkan bentar dan masuk blender. Semua buah yang saya bekukan selalu dalam kondisi terkupas dan dipotong2 ya Mba,

      Hapus
  28. Mba endang, pisang dan nanas beku langsung cemplung ke blender ya. Jruk nipis airnya aja apa dimasukin bulet2. Trimakasih mba.. O iya sya ani. Sy jd inget film juli and julia yg praktekin smue rsep dr buku super tbel julia steils apa gtu dlm 1 tahun dan dituangkan di blog ky mbak endang ini, that movie makes me hungry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anie, saya biasanya masukkan pisang dalam bentuk beku, kalau nanas karena keras agak saya encerkan dikit, takut mesin blender jadi error wakkakak. Jeruk nipis pakai airnya saja, kalau cemplung semua entar getir.

      saya belum pernah lihat film juli n julie nya meryl streep ya, tapi sudah banyak pembaca memmberikan komentar yang sama wkakkakak. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  29. Halo Mba,
    Lagi blogwalking, nyasar di sini dan langsung suka (sama blog dan yang pemiliknya yang ramah dan informatif) :)
    Mau nanya dikit mba, smoothies ini kan dalam kondisi raw semua ya mba alias mentah. Apakah sayuran yang dipakai harus organik atau tidak (asal dicuci bersih) juga aman? Kalo harus organik kan lumayan mahal ya mba, tapi kalo non organik takut kandungan pestisida dll.
    Saya sudah coba bikin beberapa kali dan kalo soal rasa sebenarnya tidak ada masalah, tp karena ragu2 sayur yang saya pake non organik, akhirnya saya stop dulu sementara.
    Makasih banyak sarannya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fitri, salam kenal ya. Berikut jawaban saya:

      Organik tentunya lebih baik ya karena bebas pestisida terutama jika green smoothie menjadi menu sehari2 dalam porsi besar. Tidak organik juga tidak apa2 asalkan dicuci bersih. Saya kembalikan ke kepercayaan masing2 dan juga budget ya mba

      Kalau saya, biasnaya saya suka smoothie buah, sayurnya gak terlalu banyak. Jadi buahnya saya gak organik, karena kan kulit dikupas, tapi sayurnya (sawi, pakchoy, horenso) saya beli yang organik, karena porsi sayur gak banyak ya.

      Hapus
  30. Blog ini beda sama yang lain. Tulus bgt ngajarin.. saya sukses bikin brownies wortel dan mau coba smoothies ini. Terimakasih ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thanks yaa, semoga smoothienya juga berakhir memuaskan ya.

      Hapus
  31. Mba Endang, makasih banyak yaa resep smoothienya.
    Habis baca2 blog mba, tadi pagi penasaran pengen cobain resepnya.
    Iseng2 coba daun pak-coy 7lbr, melon 2ptg dadu, pepaya 4ptg dadu, yoghurt plain 1,5 sendok makan, air putih 1/3 gelas. Jadinya 1gelas trus masukin kulkas. siang ini diminum pengganti makan siang. Rasanya jooozzzzz banget, suwegeerrrr ;)
    Penasaran besok pagi coba2 resep yang lain.
    Makasih mbaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah thanks sharingnya yaa, pasti seger banget itu smoothienya ya heheheh. mantap

      Hapus
  32. Hai mb endang... BW2 eh nemu ini..wahhh ini resep yg aku cari selama ini. aku biasanya tiap hari bikin smooth pake wortel, tomat sama apel soalnya buat kesehatan mata jg, cn kurang manis. untung ada trik dr mbk. Besok aku mau coba ah... pake pisang yg difreez... pasti ueenak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Funnie, yep tambah pisang beku atau mangga beku mantap mba, hehhehe, jadi manis, creamy dan semangat minumnya. sukses yaaa

      Hapus
  33. selamat sore mba. saya mau tanya dong. kalo smoothiesnya sendiri bisa tahan berapa hari ya kalo dimasukkan ke dalam kulkas? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, infonya bs dibaca disini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/05/cara-membuat-green-smoothie.html

      Hapus
  34. Saya suka baca blognya.sy udah praktekkan resepnya.enak ya pakai pisang.o ya,sy ingin kasih tips agar smoothie kaya gizi dan tanpa pahit atau langu,coba gunakan sayuran microgreen.yaitu sayuran yg panen kecil yg gizinya 6 kali lipat dari sayur dewasa.sy udah coba bahkan rasa sayur tdk berasa.sayur panen micro masih lembut dan tdk pahit.kalo kita nanam sendiri hanya 7 sampai 14 hari udah bisa panen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Hanifah thanks sharing dan tipsnya ya, sangat membantu sekali. sukses yaa

      Hapus
  35. Hi mbak salam kenal, saya kebetulan pakai juicer karna ndak suka ampasnya, saya pun masih bingung sayuran atau buah apa yg ndak bisa d gabung kan,panduannya apa yah, mohon sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba. saya tdak terlalu membeda2kan buah sayur mba, semua nyemplung saja, tdk masalah, toh di perut juga jadi satu nantinya hehhehe.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...