15 September 2015

Resep Ayam Masak Merah


Resep Ayam Masak Merah JTT

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menampilkan resep nasi tomato di JTT, nasi berempah dengan warna kemerahan karena menggunakan banyak tomat ini merupakan makanan khas dari negeri Malaysia. Untuk resep dan proses pembuatan nasi tomato, bisa anda klik pada link disini. Nah untuk menyantap si nasi tomato paling sedap adalah dengan ayam masak merah seperti postingan saya kali ini. Ayam yang digoreng setengah matang ini dimasak dengan campuran bumbu berwarna kemerahan karena menggunakan banyak cabai merah giling dan tomat, rasanya sedikit asam, gurih dan pedas. 

Sepertinya, nasi tomato berlauk ayam masak merah merupakan hidangan yang bisa menjadi cara untuk memanfaatkan buah tomat yang berlimpah di pasaran. Beberapa waktu belakangan ini, panen raya membuat harga tomat menjadi sangat murah. Bahkan berita yang saya baca di internet cukup membuat prihatin, ketika petani tomat membuang hasil panen mereka di jalan sebagai aksi protes rendahnya nilai jual komoditas ini. Di tengah mahalnya buah-buahan impor yang harganya mencekik leher maka mengkonsumsi buah yang sedang musim sebanyak-bannyaknya, bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. 

Resep Ayam Masak Merah JTT
Resep Ayam Masak Merah JTT

Buah tomat kaya vitamin C, biotin, molybdenum, dan vitamin K. Tomat juga merupakan sumber yang baik untuk tembaga, potassium, mangan, serat makanan dan vitamin A (dalam bentuk beta-carotene), vitamin B6, folate, niacin, vitamin E, dan fosfor. Selama ini saya mengira bahwa tomat berwarna merah merupakan sumber lycopene yang baik. Lycopene merupakan pigmen carotenoid yang biasanya diasosiasikan dengan warna merah cerah pada beberapa kultivar tomat. Walau belum didukung oleh riset yang mumpuni namun lycopene dipercaya mampu memerangi penyakit kardiovaskuler dan  kanker prostat. 

Tetapi sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa lycopene yang terkandung di dalam buah jeruk dan buah tangerine-tomat (sejenis jeruk yang memiliki warna merah seperti tomat) justru lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan lycopene pada tomat merah. Ini dikarenakan lycopene yang terkandung di dalam tomat adalah jenis trans-lycopene sedangkan lycopene yang terkandung di dalam jeruk/tangerine-tomat adalah jenis tetra-cis lycopene. Penelitian menunjukkan jenis tetra-cis lycopene lebih mudah diserap oleh tubuh. Walaupun lebih banyak riset diperlukan untuk menunjang teori ini namun kita disarankan untuk menyantap aneka jenis dan warna tomat untuk mendapatkan manfaat lycopene yang maksimal.

Resep Ayam Masak Merah JTT
Resep Ayam Masak Merah JTT

Cara termudah untuk mengkonsumsi tomat dalam jumlah banyak selain memasaknya adalah dengan memprosesnya diblender menjadi jus atau smoothie. Resep andalan saya hanya melibatkan tiga bahan saja yaitu tomat, mangga dan sawi hijau. Mudah, lezat dan tentu saja mengenyangkan. Hasil berkunjung ke pasar Blok A hari Sabtu lalu, kulkas saya akhirnya dipenuhi dengan berkilo-kilo tomat yang rencananya akan saya permak menjadi saus dan pasta tomat, berikat-ikat sawi hijau yang harganya sangat murah, dan sekantung plastik besar mangga harum manis masak pohon yang harumnya tercium ke seantero rumah. Mangga dan tomat yang sedang musim di bulan ini membuat hidup saya menjadi lebih mudah karena setiap pagi bisa membawa bekal sebotol besar smoothie ke kantor. 

Jika anda berminat dengan resep smoothie saya yang simple maka resep ini mungkin bisa dicoba. Dua butir mangga harum manis masak pohon yang manis (harus manis agar smoothie yang dibuat terasa maknyus), 3 butir tomat merah ukuran besar, dan 3 batang pohon sawi caisim ambil daun hijaunya saja. Semua bahan di blender bersama 200 ml air es hingga smooth, jika anda memiliki power blender seperti Mitzui tentu lebih baik karena hasilnya bisa lebih halus.  Smoothie ini tahan 2 hari lamanya di dalam chiller dan rasanya mantap!

Resep Ayam Masak Merah JTT
Resep Ayam Masak Merah JTT

Kembali ke ayam masak merah, untuk membuatnya maka saya menggunakan satu ekor ayam negeri, ayam kampung tentunya lebih sedap. Seperti biasa, ayam saya bersihkan dan permukaan kulitnya digosok dengan garam  dapur dan air jeruk nipis, untuk menghilangkan bau yang kurang sedap. Ayam perlu dibumbui terlebih dahulu sebelum digoreng setengah matang (browning). Menurut Wikipedia, browning adalah proses memasak sebagian permukaan daging untuk membantu menghilangkan lemak yang berlebihan, selain itu browning juga membantu terbemtuknya kerak berwarna kecoklatan di permukaan daging serta meningkatkan rasa masakan. 

Browning membuat rasa masakan menjadi lebih gurih, harum, dan pada masakan ayam masak merah ini akan membuat potongan ayam tidak mudah hancur ketika dimasak. Masakan ini beraroma sedikit rempah karena menggunakan kembang lawang dan kayu manis didalamnya. Bagi anda yang masih asing dengan bumbu bernama kembang lawang bisa melihatnya pada postingan saya disini.  Masakan ini sedap dan mantap untuk menemani nasi tomato atau nasi gurih lainnya. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Ayam Masak Merah JTT

Resep Ayam Masak Merah
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 porsi 

Tertarik dengan resep ayam lainnya? Silahkan klik link disini:
Ayam Percik & Nasi Lemak
Ayam Panggang Kemiri
Ayam Goreng Cabai Hijau

Bahan:
1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian + 2 sendok makan garam + 1 butir jeruk nipis

Bumbu dihaluskan untuk menggoreng ayam:
- 1 ruas jari kunyit (2 cm)
- 1/2 sendok makan ketumbar sangrai
- 2 sendok teh garam
- 2 siung bawang putih

Bumbu dihaluskan untuk ayam masak merah:
- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 8 buah cabai merah kering direndam air panas hingga lunak (bisa diganti dengan cabai merah keriting)
- 3 buah cabai rawit merah

Bumbu lainnya:
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 buah bawang bombay ukuran besar, belah dua dan rajang tipis 
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan pipihkan
- 2 buah kembang lawang/pekak/star anise
- 1 batang kayu manis, panjang sekitar 4 cm
- 2 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan saus cabai botolan
- 2 buah tomat merah cincang kasar
 - 250 ml santan dengan kekentalan sedang
- 2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula jawa sisir halus atau gula pasir

Cara membuat:

Resep Ayam Masak Merah JTT

Siapkan ayam, saya menggunakan ayam negeri. Gosok permukaan kulit ayam dengan garam dapur hingga terasa licin dan kesat. Cuci bersih, potong ayam menjadi 12 bagian atau terserah selera anda. Remas-remas potongan ayam dengan 1 sendok makan garam dan perasan air jeruk nipis dari 1 butir jeruk, diamkan selama 15 menit. Cuci hingga bersih.

Masukkan ayam ke mangkuk besar, tambahkan bumbu halus untuk menggoreng ayam. Aduk rata. 

Siapkan wajan/pan anti lengket. Beri minyak agak banyak dan panaskan minyak hingga benar-benar panas. Goreng ayam setengah matang hanya hingga permukaannya tampak sedikit kecoklatan, balikkan ayam dan goreng sisi lainnya setengah matang. Angkat dan tiriskan ayam. Sisihkan.  

Resep Ayam Masak Merah JTT

Gunakan wajan bekas menggoreng ayam, tuang sisa minyak ke wadah lainnya dan sisakan sekitar 3 sendok makan minyak. Panaskan wajan. Tumis bawang bombay hingga layu dan transparan. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum dan bumbu matang, tandanya bumbu tampak berwarna lebih gelap dan tidak basah. 

Tambahkan serai, kembang lawang, kayu manis, saus tomat dan saus sambal, aduk rata dan tumis selama 1 menit. Tambahkan tomat dan tumis hingga tomat menjadi hancur. 

Resep Ayam Masak Merah JTT

Tuangkan santan, masak hingga mendidih. Tambahkan ayam yang telah digoreng, garam dan gula, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut dan kental. Cicipi rasanya, sesuaikan garam dan gula. Angkat. Sajikan ayam masak merah dengan nasi tomato. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Malaysian cuisine
Whfoods - Tomatoes 
Wikipedia - Lycopene
Wikipedia - Browning 



16 komentar:

  1. Jd inget pas stay di KL dlu mba, pertama kali ngeliat ayam merah ini ta kirain itu babi wkakkaka
    Smpe geli sendiri dh liatnya, tp kt tmnku itu ayam, meskipun udah negesin klo itu ayam, ttp aja gak brani krn warnanya merah, takut pk minyak babi.. wwkkww haduh kacau..
    bgitu lah pas gak bisa masak, nerka2 sembarangan pdhl warnanya dr cabe n tomat..
    Jd nostalgia deh.. kapan2 aq coba resepnya.. thanks mba

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Bella, memang kalau warnanya merah2 itu udah bikin parno yaaa, saya suka kabur hahahhaha. Moga suka dengan resep ini yaaa. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
    2. Baru mateng nih mba.. kebetulan ada sisa ayam bbrp potong sm tomat, drpd dianggurin tuh tomat mending diolah.. lg mikir mau diapain ya bahan minim gini, lsg keingetan resep ini.. penyelamat bgt deh, soalnya td gak sempat kepasar, jd harus memanfaatkan bahan yg ada.. hohoho.. rasanya asem pedes gmn gt ya, tp enak.. wanginya mbaaa... bkin lupa diet nih :(
      Minusnya kurang merah membara, krn cabenya kurang.. wkkwkw
      Ah gpp yg penting ada merah2nya ya *maksa*

      Bella

      Hapus
    3. hai mba bella, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Ayam ini mirip sma ayam masak habang ala kalimantan yng saya pernah post juga, menurut saya kok enakan aym msak habang ya, mungkin karena cabenya banyakan wakkkaka

      Hapus
  2. mbak En, kutunggu resep saus+pasta tomat homemade nya ya...mumpung tomat masih murah nih..wkwkwk...makasih

    keke

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mb Keke, sip, ini berkilo2 tomat juga menanti di kulkas hahhaha,

      Hapus
  3. Pas banget Mba, kebetulan lagi pengen masak dengan bahan dasar tomat, Allhamdulillah ketemu resep ini. Cuma sepertinya ayam aku ganti dengan tahu karena ga begitu suka daging2an selain itu agak geli kalo cuci-cuci daging mentah. hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dewi, silahkan dicoba ya Mba, pakai tahu mungkin enak juga yaa. Pakai sarung tangan mba nyuci dagingnya hehehhe

      Hapus
  4. Haloo Mba salam kenal, mau tanya oot, Kalo ayam mentah di Marinate semalaman apakah tidak busuk? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau dimasukkan ke chiller kulkas nggak busuk ya. Ayam/daging di chiller tahan sampai 3 hri, apalagi kalau pakai marinade lebih awet ya

      Hapus
  5. Wah, mba, liat cabenya kok mengerikan ya.. He he he.. Jadi inget dulu sering dibuatin tiap lebaran sama temen aku yg dr Riau.. Tp skrg pindah rumahnya, jd kita berjauhan.. Jd ga pernah makan ayam merah lg.. Hiks.. Hiks.. (#lebay.com-baper) Hahaha.. Untung skrg Mba Endang buatin resepnya.. Makasih yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, gak pedes Mba Joyce. Soalnya cabe merah kering. memang banyak cabenya ya, supaya warnanya merah membara hehehhe

      Hapus
  6. Waaah merah merona seperti apa yaa wkwkwkw. . .
    Eksekusi tadi pagi mba, makasi yaa mba uda share :D
    Uda buat JTT, berguna sekali untuk beginner seperti saya. .:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba risa sharingnya, senang resepnya disuka yaa, ayam masak merah ini agak2 aneh rasanya yaaa wkakaak, mungkin memang enaknya dimakan dengan nasi lemak yaa wakakka

      Hapus
  7. Mba Endang, kalo pakai santan instan, takarannya berapa ml? Apa perlu dicampur air dulu? Makasiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indri, pakai santan segitiga yang 80 ml an itu saja Mba, menurut saya sudah cukup dan tambah air sampai takarannya mencapai 250 ml ya. Terlalu banyak santan akan eneg ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...