25 Agustus 2017

Resep Chocolate Hazelnut Latte


Resep Chocolate Hazelnut Latte

Hari Jumat tiba, hari yang selalu saya nantikan dan menjadi hari favorit dari satu minggu hari yang ada. Jadwal saya lumayan padat besok, jadi hari ini saya akan posting yang santai-santai saja dan tidak memerlukan banyak bahan untuk mewujudkannya. Bagi anda penggila chocolate hazelnut latte dan sering mampir ke Starbucks untuk membeli chocolate hazelnut latte signaturenya maka resep ini bisa dibilang copycatnya. Saya akui aroma dan rasa hazelnutnya tidak senendang milik Starbucks, karena saya tidak menggunakan sirup hazelnut. Tapi jika anda memiliki sirup ini dirumah maka tambahkan sekitar satu sendok makan. Sirup ini bisa juga dibeli di toko online atau toko bahan kue, beberapa merk bisa dicoba disana, harganya berkisar seratus ribuan untuk 750 ml, dan bisa dipergunakan berkali-kali untuk membuat chocolate hazelnut latte ini. 

Saya sebenarnya tidak terlalu menyukai kopi, alasannya bukan karena rasa dan aromanya, tapi karena efek tidak bisa tidur ketika malam tiba. Seringkali jika minum kopi di pagi atau siang hari, maka  di pukul satu malam akan terbangun dan saya sulit untuk tidur kembali. Sudah hampir tiga bulan ini saya menahan diri untuk tidak menyeruput kopi, tapi gara-gara mendapatkan kado tumbler Starbucks dari Mba Fifi, dan setiap tanggal 22 kafe ini mengadakan promo diskon 50% jika membeli minuman menggunakan tumbler mereka, maka demam minum kopi pun kambuh lagi. Salah satu minuman favorit saya di kafe tersebut adalah chocolate hazelnut latte signature yang legit, dengan aroma hazelnut yang khas. Sayangnya, karena harganya yang lumayan menguras kocek maka saya hanya membelinya sebulan sekali saja. Nah membuatnya sendiri sebenarnya super duper mudah dan rasanya juga tidak terlalu jauh dengan versi originalnya. 


untuk 1 gelas chocolate hazelnut latte:

4 gram bubuk kopi espresso
1 1/2 sendok makan coklat bubuk berkualitas baik

Untuk membuat 1 cangkir Chocolate Hazelnut Latte sekitar 400 ml, kita memerlukan sekitar 4 gram kopi espresso. Kopi jenis ini mudah larut, tidak meninggalkan ampas, dan harganya pun tidak mahal. Jika menggunakan kopi bubuk biasa, maka seduh dulu kopi dengan air panas mendidih, saring baru campurkan dengan bahan lainnya. Untuk rasa strong maka gunakan sekitar 1 1/2 - 2 sendok makan bubuk kopi. 

Bahan berikutnya adalah coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik artinya memiliki rasa coklat kuat, gelap tetapi tidak pahit. Coklat jenis ini biasanya dijual di toko bahan kue, walau menggunakan coklat bubuk jenis apapun di supermarket sah-sah saja ya. Untuk rasa hazelnutnya, saya memakai selai coklat hazelnut atau chocolate hazelnut spread yang umum dijual di supermarket. Saya menggunakan sekitar tiga sendok makan selai coklat hazelnut untuk rasa Chocolate Hazelnut Latte yang super legit, tapi dua sendok makan menurut saya sudah cukup.

Resep Chocolate Hazelnut Latte

3 sendok makan selai coklat hazelnut (chocolate hazelnut spread)

Kopi espresso, coklat bubuk dan chocolate hazelnut spread kemudian dimasukkan ke dalam gelas, dan diseduh dengan sekitar 200 ml air panas mendidih. Aduk perlahan dan agak lama hingga semua bahan larut.  Cara termudah lainnya adalah dengan memasukkan semua bahan kedalam blender dan proses, tapi saya sedang malas mencuci gelas blender. Coklat bubuk dan selai coklat hazelnut agak sedikit susah larut, jadi bersabarlah mengaduk agar semua bahan menjadi larutan yang homogen. Jika sudah tercampur baik, tambahkan sekitar 150 ml susu cair hangat. Bisa menggunakan jenis susu cair apapun, seperti susu UHT atau susu segar, susu kedelai dan susu almond. Jangan menggunakan susu kental manis (SKM), karena susu ini memiliki rasa berbeda, lebih banyak mengandung gula dibandingkan krim susu dan memiliki rasa khas yang akan merubah rasa minuman. Hangatkan susu cair di microwave atau kompor, jangan sampai mendidih, hanya agar susu tidak dingin apalagi jika baru keluar dari kulkas. Aduk semua bahan hingga tercampur baik, tidak perlu menambahkan gula karena selai coklat sudah terasa manis. 

Resep Chocolate Hazelnut Latte


masukkan semua bahan ke dalam gelas

Untuk rasa hazelnut yang nendang, tambahkan sirup hazelnut. Sirup ini mudah diperoleh di toko bahan kue atau online shop, gunakan sekitar satu sendok makan saja untuk setiap gelas chocolate hazelnut latte. Saya suka versi panasnya, namun untuk cuaca panas disiang hari maka beberapa butir es batu akan membuat minuman ini menjadi super jos gandos. 

Resep dan istruksi pembuatan ada dimasing-masing gambar ya. ๐Ÿ˜‚


Resep Chocolate Hazelnut Latte


tuangkan 200 ml air panas mendidih, 
aduk hingga semua bahan larut dan homogen.


Resep Chocolate Hazelnut Latte


tuangkan 150 ml susu cair hangat, bisa menggunakan susu cair apapun, atau susu kedelai dan susu almond,
jangan menggunakan susu kental manis karena rasanya akan berbeda. 

Resep Chocolate Hazelnut Latte


aduk, dan sajikan, 
tambahkan es batu untuk versi dinginnya.



Resep Chocolate Hazelnut Latte
Resep Chocolate Hazelnut Latte


Enjoy! Thumbs up! ๐Ÿ˜„
Happy Friday all!



28 komentar:

  1. Wah, kayanya enak nih, mba endang, tp kalo pake hazelnut spread apa ga berminyak rasanya, mba?

    BalasHapus
  2. Tumben mbak Endang potonya terang bgt...eniweybuswey coklat hezelnutnya tambah mantep kl disampingnya ada roti senwic keju....#hepi nais dey mbak Endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, yep, untuk foto tertentu supaya fokus ke objectnya

      Hapus
  3. Mba endang.. klo coklat bubuknya pke pke bendsrop yaaa tp klo hazelnut spreadnya pke merk apa? Nutella gitu mba?? Hehehee pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, yep coklat bubuk pakai bensdorp, hazelnut spreadnya pakai nut****l ya.

      Hapus
  4. Ntr abis lahiran, kucoba bikin :) blm berani ngopi nih klo skrg.

    BalasHapus
  5. Mba Endang pa kbr? Ud lm nih ga nyobain resep2 Mba Endang ..mw cb resep yg ini ah kbetulan bhn2 nya ada tgl beli kopi ekspressonya coz drmh adanya kopi kapal api..hehe..klo resep ini blh pke susu cair coklat (susu bubuk coklat yg dicairkan)?soalnya klo liat dgbr pke susu cair putih...makasih lho Mba Endang atas tanggapannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fitri, kabar saya baik Mba. thanks ya

      pakai kapal api gak papa mba, seduh dulu kopi dengan 200 ml air panas mendidih dan saring,baru campur bahan2 lain. Pakai susu bubuk putih/coklat dan diseduh oke ya mba.

      Hapus
  6. Oiya Mba endang kopi bubuk espresso nya merk apa ya Mba ?apa hrs beli di supermarket ya?maklum ya Mba sbnrnya bkn pecinta kopi nih saya jd bnr2 ga tau...makasih Mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai nes***fe oke, atau kopi bubuk biasa diseduh air panas mendidih dan disaring ya.

      Hapus
  7. Suka bgt sama kopi rasa hazelnut. Biasanya minum yang instan aja, dan gak ada coklatnya. Jadi pengen coba :D

    BalasHapus
  8. Iya, setuju dengan komentar kedua di atas. Foto-foto mba Endang terang benderang. Apa karena dominan putih atau gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ima, yep sengaja supaya fokus ke gelas dan isinya hehhehe.

      Hapus
  9. Mbak mau tanya kalo kopinya 4 gram kira2 brp sendok makan ya aku ga punya timbangan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 1 1/2 - 2 sendok teh mba kalau pakai espresso, kalau pakai bubuk seperti kapal api seitar 1 1/2 - 2 sendok makan seduh 200 ml air panas mendidih, saring, baru campurkan ke bahan lain

      Hapus
  10. Must try nih mba Endang.....
    makasih ya untuk resep2nya yg super duper keren:)

    BalasHapus
  11. paling suka sama gambar terakhir, jempolnya mba endang wkwkwkw bikin salah fokus :D

    BalasHapus
  12. cocok bangat di jadikan salah satu menu andalan di kalau buat usaha warkop, cuman harga percangkirnya mungkin sedikit agak berbeda dengan menu lainnya,...

    BalasHapus
  13. Mba, kl sdh pakai sirup hazelnut apa msh perlu pakai spread hazelnut jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep pakai, sirup hanya aroma dan pemanis saja, tdk memberikan tekstur creamy

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...