02 Agustus 2017

Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

"Masak opo Ndang hari ini?" Teman saya, Novi, sering mengirimkan pertanyaan seperti itu di saat weekend. Seperti di weekend lalu,  setelah dia mengirimkan foto hasil belanja di pasar Cisauk yang terlihat menggiurkan diikuti dengan kata-kata, "Belanja hanya 55 ribu saja dapat segini banyaknya." Saya yang seharian di hari Sabtu itu hanya berleha-leha diatas kasur dan menikmati dinginnya air conditioner di tengah cuaca terik diluar hanya menghelas nafas pasrah. Betapa inginnya saat itu, dimeja dapur rumah Pete terdampar segunung bayam, ketimun, pisang, buncis, bunga genjer, tempe, dan tahu yang terlihat segar seperti foto yang dikirimkan Novi. Tapi kemalasan yang melanda disetiap weekend membuat saya enggan berangkat ke pasar Blok A untuk mulai mengisi kulkas yang kondisinya minim bahan makanan segar. 

Jawaban saya, "Nggak masak Nop, seharian aku tidur saja. Mandi saja malasnya setengah mati," Novi membalasnya dengan kata, "Hahahaha," diikuti dengan tulisan, "Aku udah masak sup ceker sayuran. Seger!" Saya membenamkan muka lebih dalam ke permukaan bantal empuk, berharap bayangan sebaskom sup sayur ceker yang panas segar mengepul segera hilang dari benak. Karena jika bayangan tersebut tidak segera dihapus maka saat itu juga saya pasti akan segera menyeret sandal menerjang terik matahari menuju ke pasar Blok A dan berbelanja. Sungguh, saya benar-benar tidak ingin melewatkan libur yang nikmat itu selain di atas tempat tidur. Tobat!


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin
Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Di Minggu pagi, saya telah memiliki planning 'segambreng'. Hari itu saya berencana hendak mengeksekusi beberapa resep dan juga menjajal mata bor baru yang dibeli dari online shop. Alat bornya sendiri telah saya miliki dari tahun lalu, dan Dimas, adik bungsu saya telah mengajari cara menggunakannya beberapa minggu yang lalu.  Mata bor ini khusus untuk melubangi aneka mangkuk keramik dan mug yang akan saya pergunakan sebagai wadah tanaman sukulen supaya terlihat cantik ketika difoto. Daripada membeli pot baru, lebih baik memberdayakan aneka mug yang sudah gompel permukaannya atau mangkuk keramik yang hanya nangkring di dalam lemari dan tidak pernah dipergunakan sebagai wadah masakan. 

Saya telah menonton aneka video di You Tube mengenai cara mengebor keramik seperti mangkuk atau mug, tetapi ketika mencobanya dengan Dimas menggunakan mata bor biasa yang menjadi satu paket dengan alat bornya maka hasilnya sangat mengecewakan, pemukaan keramik sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda hendak berlubang. Menurut saran di video maka mata bor untuk keramik memiliki ujung khusus yang lebih mempercepat proses melubangi keramik dan bahan sejenis lainnya.


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin
Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Well, rencana hanyalah sebatas rencana. Boro-boro berprakarya membuat aneka pot sukulen dari gelas mug, aktifitas saya di hari Minggu pagi itu berakhir hanya dengan menggoreng telur dadar untuk kemudian kembali lagi di depan laptop dan menonton aneka video. Gubrak! Memang ternyata sangat sulit merubah teori yang bertebaran di internet dan kepala menjadi suatu bentuk nyata jika dasarnya memang pemalas seperti saya. Swear, saya benar-benar ingin tahu bagaimana orang lain bisa begitu produktif dan melakukan banyak aktifitas sementara dua hari libur hanya saya isi dengan berleha-leha!

Ketika jam menunjukkan pukul satu siang, saya pun mulai tergopoh-gopoh menuju ke dapur karena harus ada menu yang dieksekusi hari itu untuk postingan di blog selama seminggu. Sisa hari libur tersebut akhirnya saya pergunakan dengan pontang-panting membuat saus keju telur asin yang sudah lama masuk dalam list untuk dicoba. Resepnya telah saya posting beberapa hari yang lalu, bisa anda klik pada link disini. Selain saus telur asin, saya kemudian juga membuat kentang panggang isi mashed potato bercampur jamur dan brokoli yang sedap dan mengenyangkan. Hari telah senja dan maghrib menjelang ketika saya selesai mengambil foto semua masakan yang dibuat hari itu dan menyisakan cucian piring segambreng, yang menjadi pe-er berikutnya sebelum saya bisa kembali lagi berleha-leha diatas kasur empuk bersama AC yang dingin. Nasib!


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Puas dengan hasil saus telur asin yang terasa creamy dan lezat, saya lantas menggunakannya untuk menciptakan dua masakan lainnya yaitu ayam goreng crispy siram saus telur asin dan spaghetti jamur saus telur asin. Keduanya sedap dan super mudah dibuat, tentu saja jika kita telah memiliki saus telur asin kejunya. Nah untuk membuat ayam crispy, saya mempergunakan fillet paha ayam namun potongan ayam dengan tulang didalamnya tetap bisa dipergunakan. Potong ayam menjadi berukuran kecil agar mudah matang hingga ke bagian dalamnya. Saya sendiri memotong fillet menjadi berukuran 2 x 2 cm, membalurnya dengan campuran tepung terigu, tepung sagu dan tepung maizena bersama beberapa bumbu kemudian menggorengnya hingga garing. Ayam crispy ini kemudian dikucurkan saus telur asin ketika hendak disantap karena saus yang lembab akan membuat balutan tepung menjadi melempem kalau terlalu lama terkena saus.


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin
Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Selain ayam, maka cumi-cumi, fillet ikan, dan udang juga bisa dibalur tepung yang sama dan digoreng hingga kering, untuk kemudian dikucurkan saus telur asin keju. Rasanya menjadi unik, lebih gurih dan spesial. Agar rasa gorengan menjadi sedikit spicy dan tidak eneg maka saya tambahkan sedikit cabai bubuk di balutan tepung. Skip cabai bubuk ini jika ayam hendak disajikan untuk anak-anak, walau sebenarnya 1 sendok teh cabai tidak membuat tepung menjadi terlalu pedas. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep ayam lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Ayam Goreng Terasi
Ayam Goreng Spicy - Frozen food yang mantap!
30 Menit Ayam Saus Jeruk

Bahan:
- 400 gram fillet ayam, bisa pakai dada atau paha, potong ukuran 2 x 2 cm atau terserah selera anda
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan & bumbu tepung untuk melumuri ayam:
- 2 sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna
- 2 sendok makan tepung maizena
- 2 sendok makan tepung tapioka
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh bawang putih bubuk
- 1/4 sendok teh baking soda (optional)

Resep saus telur asin bisa diklik pada link disini.

Cara membuat:


Resep Ayam Goreng Crispy Siram Saus Telur Asin

Masukkan ayam ke dalam mangkuk besar, taburi garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Masukkan bahan dan bumbu untuk menggoreng ayam ke dalam mangkuk berisi potongan ayam. Aduk hingga rata dan tekan-tekan agar tepung membalut permukaan ayam dengan baik. 

Siapkan  wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng ayam hingga permukaannya terendam minyak. Gunakan api sedang saja kala menggoreng,  jangan balik-balik ayam jika satu sisi belum kering dan matang. Balikkan dan goreng hingga ayam matang dan garing. Angkat dan tiriskan. 

Tata ayam goreng di piring saji dan siramkan saus telur asin kejunya ketika hidangan akan disantap agar balutan tepung tidak  melempem. Santap bersama nasi hangat. Super yummy!



16 komentar:

  1. Akhirnyaaaa resep salted egg chicken rice, santapan kekinian mbak! Thanks, mbak Endang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa, saya malah gak tahu kalau chicken ricenya kekinian, yang saya tahu salted egg saucenya mmg sedang hits wakkakak

      Hapus
  2. Mbak endang emang TOP BGT deeh..
    Saya senang makanan2 yg lagi trend Langsung ada di blogmu mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah, thanks mba, sayangnya saya ini kurang mengikuti trend makanan hiiks

      Hapus
  3. "Swear, saya benar-benar ingin tahu bagaimana orang lain bisa begitu produktif dan melakukan banyak aktifitas sementara dua hari libur hanya saya isi dengan berleha-leha!"
    Kalau dengan yang leha-leha saja mba Endang bisa memproduksi isi blog yang menginspirasi ini, berarti masih memberi harapan bagi saya yang juga masih sering bermalasan di weekend untuk bisa produkstif:) hehehe. Makasih mba Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mega, swear saya ini sangat pemalas sekali, butuh pemanasan jika mau mengerjakan sesuatu. So much to do tapi cuman mimpi, mau ngerjainya malas wakkakakka. Thanks yaaa

      Hapus
  4. saya baca resepnya sambil ngebayangin.. langssungg laper :D :D termakasih ya kak resepnya, emang pingin tau nih caranya bikin saus telur asin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Widi, senang resepnya disuka, moga sukses mencobanya yaaa

      Hapus
  5. Salfok sama motif piring nya, mba Endang... cakep. Kalo resep nya, pasti rasanya enak seperti biasa & bakal jadi menu baru di rumah kalo semangat masak saya udah balik. Sukses terus, mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Emilia, piring beli di tukang obral piring di toko di jalan fatmawati hehhehhe. Moga suka resepnya yaa

      Hapus
  6. Mba endang pakai salam koja mba. Lebih endeuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Nia, yep silahkan pakai ya, karena gak semua pembaca bs menemukan rempah ini ya.

      Hapus
  7. Aq pecinta telur asin mbak. wktu msh sd bisa habis 10 dalam sehari. wkwkwkkk...wktu lihat resep ini, pgn nyoba tp khawatir enek. Eh, lha koq malamx suami plg kerja bawain ayam goreng saus telur. Pas nyoba, trnyata enak. Bskx beli telur asin buat nyoba sndiri resep dr mbak endang ini. Thx ya mbak resepx.
    Btw, ini klo mau dimakan sama nasi & sayur, menu sayur yg cocok buat dampingi apa ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Isnaini, saya juga kalau makan telur asin digadoin, bs habis banyaak wakakak, dah kaya camilan saja. Sayur lokal yang cocok keknya susah ya, umumnya salad, atau tumisan buncis/brokoli a la chinese food.

      Hapus
  8. Mba Endang, dirimu pernah bikin roti atau croissant isi telur asin gak? Please please bikin mba. Enak juga itu mba manis manis gimana gitu. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Croissantnya pernah bikin mba, tapi nggak pakai saus telur asin, gud idenya kayanya yaa, hehhehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...