18 September 2017

Resep Mango Slushie & Tips Merawat Gigi


Resep Mango Slushie

Weekend kemarin, saya lalui dengan problem yang sama, sakit gigi. Tobat. Saya tak mengerti mengapa gigi bermasalah selalu datang menghinggapi diri, padahal sepertinya saya sudah melakukan segala macam tindakan pencegahan. Terkadang saya bertanya-tanya sendiri mengapa orang lain sepertinya adem ayem saja dengan gigi mereka, contohnya rekan-rekan di kantor saya, sementara saya dalam satu tahun pasti mengalami masalah gigi. Sepanjang saya bekerja, rekan yang terkena sakit gigi mungkin hanya 2 atau 3 orang saja, dan itu sudah termasuk saya. Dan sepanjang yang saya tahu juga, saya termasuk yang paling rajin diantara semua orang di kantor dalam merawat gigi. 

Dental floss selalu tersedia di tas, sikat gigi dan pasta gigi siap sedia di laci kantor dan sehabis makan siang menyempatkan diri membersihkan gigi dengan floss dan menyikat gigi di wastafel. Sikat gigi pun selalu menggunakan jenis yang lembut, dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Kedua perlengkapan membersihkan gigi yang saya gunakan ini bahkan saya pilih dengan harga yang lebih mahal dibandingkan umumnya. Walau sudah melakukan tindakan preventif ekstra seperti ini, tetap saja saya yang paling sering minta ijin ke klinik gigi. Bahkan teman-teman kantor hafal historikal saya berhubungan dengan dokter gigi, dan bosan jika saya bercerita tentang gigi dan permasalahannya. Jika sudah seperti ini saya sering menyesal mengapa sejak kecil tidak merawat gigi dengan benar. ๐Ÿ˜„


Resep Mango Slushie

Saya tidak menyalahkan faktor genetik yang buruk jika berurusan dengan gigi, walau memang keluarga saya memiliki sejarah yang tidak menyenangkan jika berurusan dengan anggota tubuh yang satu ini. Ibu saya sejak remaja telah sering berurusan dengan gigi yang rapuh, dan akhirnya harus menggunakan gigi palsu diusia yang relatif masih muda, sementara alm. Bapak yang termasuk rajin ke dokter gigi sering mengalami gigi keropos dan karang gigi. Saya lebih menyalahkan diri sendiri yang sejak kecil kurang mendapatkan pemahaman tentang kesehatan gigi. Kondisi ekonomi yang susah membuat perawatan gigi bukanlah hal yang menjadi fokus serius bagi kedua orang tua saya, karena memikirkan makanan dan biaya sekolah setiap hari saja sudah cukup berat. Saat itu, jika berhubungan dengan urusan gigi, maka pendapat kami semua sama, yang penting setiap hari gigi disikat dan dibersihkan dua kali sehari sudah bagus. Padahal yang terpenting sebenarnya adalah menyikat gigi sebelum tidur. Kegiatan yang tidak pernah dilakukan ketika masih bocah.

Pergi ke dokter gigi di puskesmas dilakukan jika kondisi gigi sudah super bad, alias rasanya nyut-nyutan dan setiap malam dilewatkan dengan menangis di pojokan kamar merasakan sakit dan memikirkan bengkak di gusi yang terlihat menyembul di pipi. Seingat saya, hanya saya dan adik saya, Wiwin yang paling sering menderita sakit gigi. Saat itu, gigi keropos, gusi bernanah, gusi bengkak, ompong, adalah kondisi biasa. Sementara saat ini sebagian besar keponakan saya bahkan gigi susunya belum copot dan masih terlihat kinclong padahal sudah waktunya berganti gigi, sehingga harus dicabut di dokter gigi. 


Resep Mango Slushie

Selain masalah kurang rajin membersihkan gigi, maka faktor makanan juga menjadi penyebab lainnya. Sejak kecil saya suka makanan yang ekstrim asam, dan cuka adalah salah satu bahan yang sering dimasukkan dalam saus cocolan atau rujak. Jika sekarang mencicipi jeruk yang terasa sedikit asam saja sudah ogah, maka dulu justru yang asam yang dicari. Belimbing wuluh, mangga muda, jeruk nipis, asam jawa yang masih muda, kedondong, adalah jenis makanan ekstrim yang seringkali digasak akibatnya gigi berangsur keropos, dan kini adalah hari pembalasannya.  Gigi adalah organ tubuh yang kurang mendapatkan perhatian ekstra ketika kondisinya sehat, kurang disyukuri ketika tidak bermasalah. Padahal hampir setiap jam, mereka bekerja, ini untuk kasus saya yang memang maniak mengemil. Namun ketika sedang meradang maka satu butir gigi mampu membuat hidup serasa di neraka. Hm, mungkin terlalu lebay, tapi bagi anda yang pernah merasakan sakit gigi pasti setuju dengan saya. 



Nah, walau saya bukan orang yang tepat memberikan tips merawat gigi, karena saya sendiri saat ini sedang sakit gigi. Namun berikut beberapa tips yang bisa saya paksakan untuk diberikan, semata-mata agar kita semua aware dengan pentingnya merawat organ tubuh yang sangat aktif bekerja ini. Semua tips ini berdasarkan pengalaman pribadi dan keluarga saya. 

1, 2 dan 3: Gosok gigi sebelum tidur. WAJIB! Yang ini benar-benar tidak bisa diganggu gugat karena sangat penting. Bayangkan sisa-sisa makanan bersemayam berjam-jam lamanya di sela-sela gigi saat kita tidur, membusuk disana dan kuman-kuman berpesta pora di dalam mulut kita!

4. Gunakan dental floss untuk membersihkan sela gigi. Menyikat gigi saja kurang maksimal, karena makanan yang terselip di sela-sela gigi susah hilang dengan bulu-bulu sikat. Memang merepotkan, tapi saya punya pengalaman gigi berlubang diantara dua buah gigi, sehingga sulit untuk ditambal. Jika terlalu ribet, lakukan kegiatan ini saat akan tidur saja. 

5. Kurangi makanan asam, terutama cuka, dan jika makan makanan manis segera kumur atau menyikat gigi. Hindari juga makanan yang ekstrim panas atau dingin.  Makanan asam, manis, dingin dan panas membuat gigi rapuh, merusak enamel gigi, dan membuat gigi mudah keropos. 


Resep Mango Slushie

6. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu-bulu lembut. Bulu sikat yang terlalu keras merusak enamel, dan juga gusi. Merk andalan saya untuk sikat gigi adalah Jordan, ini bukan iklan. Saya pakai yang 'very soft'. Sayangnya sikat gigi ini kadang susah ditemukan di pasaran sehingga kalau kami bertemu maka saya akan membelinya sekaligus banyak untuk stock. Sikat gigi sebaiknya dipakai antara 3 - 4 bulan atau ketika bulu-bulunya sudah mulai rebahan. 

7. Jangan sikat gigi dengan sekuat tenaga karena gusi bisa naik sehingga akar gigi terbuka Beberapa gigi saya mengalami masalah ini akibat menyikat gigi kuat-kuat. Bukannya gigi menjadi bersih tapi justru masalah lainnya muncul, gigi menjadi linu dan mudah berlubang. Lakukan gerakan menyikat dengan perlahan dan lembut. 

8. Gunakan pasta gigi yang lembut dan tidak terlalu berbusa. Busa banyak biasanya pastanya mengandung detergen dan keras buat gigi. Saya pribadi menggunakan pasta untuk gigi sensitif karena terasa nyaman dan tidak membuat linu di gigi.

9. Jangan menggunakan pasta gigi pemutih. Umumnya pasta gigi jenis ini mengandung partikel halus yang walau kata promosinya aman buat gigi tapi kenyatannya bisa membuat enamel gigi terkikis. Jika dipakai dalam jangka panjang maka enamel bisa hilang dan gigi menjadi terasa linu. 



10. Kumur-kumur dengan mouth wash. Tips no. 10 ini sebenarnya tidak terlalu urgent, tapi tidak ada buruknya dilakukan. Jika dilakukan rutin bisa mengurangi timbunan karang dan mencegah lubang di gigi.

11. Banyak makan buah, sayur dan makanan berserat, karena bisa membantu membersihkan gigi. 

12. Banyak minum air putih. 

13. Setidaknya setiap 6 bulan sekali berkunjung ke dokter gigi untuk mengecek karang gigi, lubang atau masalah gusi. Lebih baik gigi diperbaiki ketika masalahnya belum berat, karena kalau sudah menjalar kemana-mana, selain sakit, merepotkan, juga membuat kantong bolong. Ini curhat terselubung. 

14. Jangan buru-buru mencabut gigi jika berlubang atau terasa sakit. Selama gigi masih bisa dipertahankan maka usahakan untuk tidak dicabut. Jika harus dicabut maka isi gusi yang kosong tersebut dengan gigi palsu agar gigi sebelahnya tidak bergeser mengisi sela. Susunan gigi kuat karena mereka tersusun rapat dan saling menopang satu sama lain. Ketika satu gigi hilang, maka gigi-gigi disebelahnya akan saling bergeser, membuat gigi renggang, akibatnya gigi menjadi lemah dan mudah goyang. Ini pengalaman adik saya yang karena salah penanganan dokter gigi pernah mencabut banyak giginya sekaligus, akibatnya kini hampir semua giginya terasa goyang. Ketika implant hendak dipasang, dokter meminta tindakan operasi untuk menaikkan posisi gusi yang turun karena bertahun-tahun kosong tanpa gigi, baru implant bisa dipasang dengan benar. Hingga saat ini adik saya belum melakukannya karena 'ngeri' dengan operasinya dan biaya yang besar. 


Resep Mango Slushie

Biasanya jika gigi sakit itu karena permasalahan akar gigi, artinya saraf diakar giginya bermasalah. Dokter gigi yang baik umumnya akan menganjurkan treatment yang namanya root canal, atau perawatan saluran akar gigi. Jadi tidak langsung menyuruh mencabut gigi, karena semaksimal mungkin kita harus mempertahankan gigi. Gigi asli berkali-kali lebih oke dibandingkan implant. Kecuali jika kondisi gigi sudah hancur, keropos dan akar giginya pun tidak bisa lagi dipertahankan maka baru gigi dicabut. Karena walau kondisinya berlubang besar, keropos, namun akar gigi masih baik, dokter tetap bisa memasang crown untuk memberbaiki tampilannya. Perawatan saluran akar ini berarti membersihkan saluran akar gigi yang mengalami infeksi. Dalam kasus saya yang sudah dua kali mengalami ini, maka gigi akan dibor untuk membuka saluran akar. Akar gigi yang terinfeksi kemudian dibersihkan dan saraf dimatikan. Karena akar gigi sudah tidak memiliki isi, maka otomatis kondisinya tidak akan sekuat gigi normal, saat itu dokter akan menanamkan material didalam saluran akar dan menutup gigi kembali. 

Proses ini tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali kunjungan, bisa berkali-kali. Dalam satu kasus gigi saya bahkan sampai 6 kali karena gigi geraham atas tersebut memiliki 3 saluran akar dan sulit dibersihkan. Selama gigi masih sakit ketika diajak mengunyah makanan maka dokter belum akan menutup gigi secara permanen. Apakah prosesnya terasa sakit? Nah karena bius lokal beraksi ditindakan ini, maka kita tidak akan merasakan sakit sedikitpun kecuali tentu saja mendengar suara mesin bor dan alat pembersih akar (seperti jarum kecil) saat bekerja, dan itu cukup 'mengerikan'. Walau begitu saya tetap rela menjalaninya dibandingkan harus mengorbankan  gigi dan menggantinya dengan gigi palsu. ๐Ÿ˜†


Resep Mango Slushie

Wokeh sekarang menuju ke resep mango slushie yang saya share kali ini. Belakangan ini di mall sedang heboh dijual jus mangga Thailand yang diberikan krim dan potongan mangga. Anda mungkin salah satu yang rela antri membelinya. Percayalah, membuatnya sendiri sangat mudah dan tidak perlu menggunakan mangga Thailand karena mangga lokal seperti arumanis pun mantap. Nah mango slushie yang saya posting ini mungkin tidak mirip 100% dengan jus mangga yang sedang heboh tersebut, namun rasanya sedap, membuatnya pun mudah. Tipsnya adalah gunakan mangga yang benar-benar matang pohon. Jenis mangga apapun oke, namun saya memilih mangga arum manis masak pohon yang super sweet dan warnanya pun jingga. Saat musim kemarau seperti ini mangga sedang musim-musimnya, jadi rasanya tidak sulit untuk mempraktekkan resep ini dirumah. 

Slushie atau slush atau slushy, adalah minuman (atau makanan) yang terbuat dari buah-buahan yang dibekukan dan diblender hingga smooth. Jadi sebenarnya mirip-mirip dengan smoothie. Tapi bisa juga air yang diberikan pewarna dan perasa buah, atau minuman soda yang dibekukan dan diproses hingga halus. Untuk membuat mango slushie maka bekukan potongan mangga terlebih dahulu agar ketika diblender kondisinya padat. Saya mencampurkan potongan mangga dengan susu kental manis dan sedikit krim kental beku dan diproses diblender biasa. Susu kental manis disesuaikan dengan rasa mangganya ya, jika mangga kurang manis maka porsinya bisa ditambah, dan sebaliknya. Yang jelas susu kental manis, mangga dan krim kental menciptakan rasa yang super maknyus. 


Resep Mango Slushie

Nah agar tampilannya mirip-mirip dengan jus mangga Thai kekinian, maka sedikit whipping cream, potongan mangga dan jus mangga yang agak cair kemudian ditata dipermukaan slushie di gelas. Saran saya, gunakan gelas yang agak tinggi supaya tampilannya terlihat cantik. Berhubung saya tidak memilikinya maka saya hanya menggunakan gelas pendek andalan. 

Untuk rasanya mantap, dan cocok buat penderita sakit gigi seperti saya yang sedang menghindar mengunyah makanan keras. Berikut resep dan prosesnya ya. 


Resep Mango Slushie

Mango Slushie
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan resep buah lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Sorbet Kiwi
Green Smothie & Info Seputarnya
Smoothie Strawberry dengan Oatmeal

Bahan slushie:
- 1 1/2  buah mangga arum manis yang benar-benar matang, potong dadu dan bekukan di freezer
- 100 ml krim kental (heavy whipping cream), bekukan
- 5 - 8 sendok makan susu kental manis (tergantung manis atau tidaknya mangga yang digunakan)

Bahan krim kocok:
- 150 ml whipping cream, kondisi dingin dari kulkas.
- 2 sendok makan gula bubuk

Note: krim kocok bisa digantikan dengan yogurt, krim custard (resep bisa diklik pada link disini), atau santan yang dimasak dengan sedikit maizena dan gula hingga kental. 

Bahan jus mangga:
- 1 buah mangga arum manis yang benar-benar matang, potong dadu
- 200 ml air es

Topping:
- potongan es batu secukupnya
- 1/2  buah mangga arum manis potong dadu untuk hiasan

Cara membuat:


Resep Mango Slushie

Siapkan 3 buah gelas saji. Sisihkan.

Siapkan blender, masukkan semua bahan slushie. Untuk susu kental manis, semakin manis mangga maka porsinya bisa disesuaikan selera. Tekan 'pulse' 3 kali untuk mencampur semua bahan dan membuat pisau bekerja lebih baik. Baru kemudian proses hingga semua bahan slushie menjadi smooth. Tuangkan  slushie sama rata ke 3 buah gelas yang sudah disiapkan, sisihkan. Kembalikan gelas blender ke mesin, kita akan membuat jus mangga. 

Siapkan blender, masukkan semua bahan jus mangga, proses hingga smooth. Jika terlalu kental tambahkan air es agar sedikit encer. Jika kurang manis, tambahkan gula sesuai selera. Sisihkan. 

Membuat krim kocok:
Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan krim. Kocok dengan mikser hingga kaku, jangan over mixing, jika krim sudah mengeras segera hentikan mengocok. 

Resep Mango Slushie

Menyajikan slushie:
Sendokkan krim kocok ke masing-masing gelas berisi slushie, banyaknya krim sesuai selera. Tata es batu dan potongan mangga di masing-masing gelas. Siram permukaannya dengan jus mangga dan santap kala dingin. Super yummy!



27 komentar:

  1. Semoga lekas sembuh ya, mba, sakit giginya. Berat sekali beraktifitas seperti biasa bila sedang sakit gigi.

    Liat foto potongan mangga di atas sukses bikin ngiler, mba. Soalnya beberapa hari ini pengen banget makan mangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Ima, minggu depan saya ke dokter lagi, nunggu tanggal gajian huaaa

      Ini actually jus mangga hehehheh

      Hapus
  2. SAYA MALAH Tertarik membaca tips perawatan gigi,betul kata mbk endang tips di atas harus dilakukan,,,,mngingat sakit gigi sakitnya luar biasa.tetapi klo pas sakit gigi baru sadar pentingnya sikat gigi sebelum tidur
    ,,,,tapi klo pas sehat giginya malasnya minta ampun
    untuk sikat gigi sebelum tidur. disiplin itu kuncinya. mama bismo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mama Bismo, memang gigi sering diabaikan, giliran sakit tobat nyeselnya minta ampun. Apalagi bagi yang doyan makan kaya saya, gak bs ngemil macem2 tersiksa rasanyaaa huaaa

      Hapus
  3. Duh kalau gigi sudah sakit... rasanya mau dicabut aja semuanya, ganti gigi palsu, biar sakit gigi gak pernah datang lagi... selamanya...
    Mangga slushie-nya menggoda, mumpung lagi musim mangga nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nina, memang rasanya pengen cabut saja, tapi implant juga mahal dan lama2 bermasalah juga. Gigi palsu yang bs copot pasang itu gak kuat buat ngunyah kacang hiks. dilema

      Hapus
    2. Wkwkwkwk...., ngakak baca komentar mba Endang.
      Ngomongin gigi palsu, saya juga pernah berpikir mau pasang gigi palsu bongkar pasang. Kata kakak saya, pas giginya udah dicabut, saya pake cadar dulu biar ompongnya gak keliatan. Nanti kalau giginya udah terpasang, cadarnya dibuka lagi. Ide gila dan tidak terhormat itu namanya, heheheh.

      Hapus
    3. Itu gud idea banget Mba Ima, hahahhah, menurut saya bs dijalankan, just kidding hehhehe. Atau pakai masker saja setiap hari, orang pikir kena flu wakakkaka

      Hapus
    4. saya gantian ngakak baca komennya mbak taslimah, ada niat terselubung dibalik bercadar, hehehe

      Hapus
    5. Itu dulu masih jaman kuliah, mba Endang. Saya juga langganan sakit gigi. Sekarang alhamdulillah udah jarang sakit lagi. Jadi nggak kepikiran itu lagi. Heheheh.

      Hahaha....
      Itu saran kakak saya, mba Nara. Makanya saya bilang 'ide gila'. Kakak saya memang ada-ada aja tuh sarannya.

      Hapus
  4. just saran aja mba dari dr gigi saya..kalo dia gak ngebolehin saya pake dental floss, karena bs membuat gusi jd renggang. sama gak bole pake tusuk gigi dan setelah makan jgn lgsg sikat gigi. kumur pake air bersih dan baru bole sikat gigi setelah 1 jam an. sama jgn pake obat kumur karena akan membuat lapisan email gigi rusak mba. dan last, hindari gosok gigi teelalu keras..itu kata dr gigi saya mba..cz saya jg agak care kalo soal gigi dan alhamdulillah saya jarang sakit gigi mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Sakha, tapi infonya beda dengan dokter gigi saya dan bbrp dokter gigi yg saya kunjungi. Mrk justru rata2 menyarankan floss. Floss tdk akan membuat gigi renggang selama dilakukan dengan benar. Dan untuk bbrp gigi yg sngat rapat, sulit sekali sikat gigi menjangkau sela gigi. Rata2 literatur kesehatan tttg gigi yg saya baca juga menganjurkan floss.

      Untuk mouthwash memang tdk mandatory tetapi tidk jelek dilakukan karena mengurangi plaque pada gigi, asalkan mouthwash tdk dilakukan langsung setelah menyikat gigi.

      Untuk gigi banyak faktor yg mempengaruhi termasuk usia, genetik dan perwatan sejak kecil yg dilakukan, semakin dini tentu saja semakin bagus. Sayangnya keluarga saya mmg punya masalah gigi dan perawatan gigi tdk dilakukan sejak dini shg kerusakan sudah terjadi lama. Perawatan intensif yg saya lakukan baru sekitar 20 tahun belakangan ini dan usia saya skrg sudah 40 thn. So far sbnrnya saya hanya bermasalah dengan 2 gigi geraham yg pernah mengalami root canal treatment dan sering sakit, selebihnya gigi saya msh utuh dan tdk bermasalah.

      Thanks any way atas infonya ya. Salam

      Hapus
    2. Emang gak enak ya mbak sakit gigi..mending sakit hati deh.haha
      Saran saya untuk sesekali back to nature. Coba deh siwak mbak.mulut bersih sehat dan wangi.
      Lekas sembuh ya mbak

      Hapus
  5. Wah ini kayak minuman mangga yg lagi ngetrend di mall, yang nguantri banget itu ya mba. Hehe. Kebetulan lagi ada stok whipping cream dan mangga indramayu, coba bikin ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, gak terlalu mirip, tapi basicnya sama: jus mangga

      Hapus
  6. Haiii mba endang.. mau tanya dong merk krim kentalnya apa ya? Trs krim kentalnya di kocok sampe kaku tdk mba? Aduuuuhhh pengen banget buat ini.

    Bicara soal gigi aku pun mengalami hal yg tidak enak..smoga sehat sehat terus ya giginya dan pastinya baca artikel mba endang jadi semakin aware sama kesehatan gigi..

    Terimakasih mba endang yg slalu menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, saya pakai merk roselle Mba, boleh kaku boleh hanya agak keras saja. Gak masalah ya, krn toh akhirnya diaduk bersama bahan lain ketika dimakan.

      thanks yaa, suksessss

      Hapus
  7. Saya sekarang juga lgi sakit Gigi mana lagi Hamil pula. Jadi Raisa deh.. Serba salaaahh
    Btw mba mangga slush nya bisa disimpan berapa lama kalau disimpan di tuppy dan masuk kulkas? Berubah warna juga ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sebaiknya dimakan segar langsung habis saat itu juga ya, kalau mau disimpan di kulkas sebaiknya bentuk jus mangga saja hehehehe.

      moga segera sembuh sakit giginya ya mba.

      Hapus
  8. Saya setuju dengan tips Mbak Endang yang mengatakan bahwa jangan memakai pasta gigi pemutih. Dulu dari kecil saya selalu memakai pasta gigi tsb karena yang ada di warung ya itu, masalah gigi ga terlalu jadi concern bagi saya waktu itu, mengingat kondisi keuangan keluarga saya yang sangat biasa saja (alias ga ada duit). Namun, hampir tiap setahun sekali gigi saya mengalami pembusukan. Alias udah berlubang dan akarnya goyang. Jadi kondisiya benar-benar parah, kadang hanya tinggal akarnya saja yg menjadi pagar dan penghias gigi geraham saya hehehehe dan itu memaksa dokter gigi di puskesmas untuk mencabut gigi geraham saya, kalau tidak rasa sakit itu akan menjalar sampai ke kepala. Akhirnya, ada dokter yang menyarankan untuk mengganti pasta gigi saya dan saya mencoba memakai pasta gigi herbal (bukan iklan ya) hehehe, selain itu masalah gigi saya adalah terlalu sensitif (jadi setiap disikat pasti akan berdarah padahal ga kenceng2 amat nyikatnya). Jadi ga hanya mengubah pasta gigi, namun juga mengubah pemakaian jenis sikat gigi. semenjak keputusan pengubahan pasta gigi dan sikat gigi tsb saya tidak pernah mengalami masalah sakit gigi lagi Mbak. Alhamdulillah walaupun terlambat menyadari betapa pentingnya perawatan gigi. Sekarang yang harus saya hadapi hanyalah masalah karang gigi, mengingat jumlah gigi geraham saya atas, bawah baik kanan dan kiri sudah tidak lengkap lagi yang mengakibatkan renggang antara gigi, sehingga plak sering numpuk menjadi karang gigi. Ah, padahal usia saya masih menuju 25 loh Mbak Endang. Muehehehe, setidaknya gigi saya belum habis semua dan jangan sampai deh. Masa saya ompong sebelum waktunya... Hih! Serem. Hehehhee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Indah sharingnya yaaa, memang gigi itu harus dirawat sejak dini ya. Sayangnya kondisi keluarga kita sama kala kecil, ekonomi berat, pengetahuan terbatas, boro2 memikirkan gigi, buat makan sama sekolah saja susah wakkakka. Thanks yaaa, moga2 giginya tetap utuh sampai tua hehhehe

      Hapus
  9. mo nambahin tips soal gigi mbak, kalo kata dokter gigiku ritual sikat gigi malam adalah kumur dengan mouthwash,sikat gigi, sikat lidah, kumur pake air, kumur lagi dengan air putih (air minum bukan air keran). saya setuju mbak, dental floss itu perlu banget, palagi klo punya gigi rapat dan gak rapih macam saya. Btw salam kenal mbak, saya udah lama jadi fans JTT. semoga selalu menginspirasi mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal yaa, thanks sharingnya dan tips merawat gigi sebelum tidur, mantap sepertinya untuk dipraktekkan. Thanks, dan sukses yaaa

      Hapus
  10. Mba Endang sy mau nanya, bikin krim kocok pake santan yg dicampur sdkt maizena dan dimasak sampai kental itu takarannya kira2 saja ya?lg ga punya stok whipped cream, sejak pindahan blm hunting supermarket mana yg jual whipped cream.

    Soal sakit gigi, sy jg bisa dibilang langganan dokter gigi. Alhamdulillaah skrg ql tb2 sakit gigi menyerang, sy ga trlalu panik. Sy coba pijat dulu bagian punggung jempol kaki di bawah kuku. Jd yg dipijat itu bagian kulit di antara kuku dan buku2 jari. Ql pas lg sakit gigi, dipijat bagian situnya berasa sakit bgt, nanti lama2 berkurang sakitnya bersama hilangnya sakit di gigi.
    Paling engga itu buat pertolongan pertama sebelum ke dokter gigi.
    Semoga bermanfaat : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bikin kaya custard saja, coba cek resep ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/10/resep-roti-manis-tanpa-oven-JTT.html

      wah info pengobatan giginya oke mba, bisa dicoba hehehhe. thanks yaa

      Hapus
  11. Balasan
    1. iyaa, dah lama juga masuk angan2 tapi sampai sekarang belum terwujud hiikkksss

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...