14 Februari 2018

Resep Hash Brown Potatoes


Resep Hash Brown Potatoes

Resep praktis dan cepat diolah memang selalu ditunggu. Pengalaman saya berblogging ria sekian tahun lamanya membuat saya jadi tahu apa yang disuka pembaca. Bukan jenis kue, cake  atau masakan sophisticated a la bakery ternama, tetapi makanan sehari-hari yang bisa disiapkan oleh siapapun bahkan oleh mereka yang tidak memiliki skill memasak sekalipun. Nah hash brown potatoes ini salah satunya. Saya berpikir karena begitu simple dan humble-nya maka semua orang pasti pernah dan bisa membuatnya, errr... Sama seperti nasi goreng. 

Namun beberapa minggu yang lalu, ketika kehabisan stok foto dan resep yang hendak dibagikan, iseng saya memotret step by step hash brown potatoes ini. Saya bahkan tidak terlalu banyak menggunakan bahan tambahan lain karena memang seperti inilah yang biasa dibuat untuk sarapan pagi atau makan siang kala weekend. Betapa surprisednya ketika membagikan resepnya di Instagram beberapa waktu yang lalu, justru banyak yang memberikan 'like' dan komentar.  Wow, menu ini begitu seringnya dimasak berulangkali di rumah dan menjadi shortcut kala malas mendera, tak menyangka ternyata banyak penggemarnya. ^_^

Resep Hash Brown Potatoes
Resep Hash Brown Potatoes

Hash browns atau hashed browns atau harsh browns adalah cara mudah mempersiapkan satu makanan dimana kentang diserut kasar, atau dipotong dadu, atau diiris korek api, atau dirajang halus dengan gaya yang mengacu pada Swiss Rosti (pancake yang terbuat dari rajangan kentang dan digoreng). Di beberapa kultur, hash brown mengacu pada makanan yang diolah seperti diatas, namun dikultur lainnya hash brown hanya mengacu pada satu cara mengolah yang spesifik. Hash brown merupakan sarapan  pokok dikedai-kedai makanan di Amerika Utara dan Inggris, biasanya kentang digoreng di sebuah penggorengan besar atau dipanggang.

Di beberapa tempat di U.S., hash brown khusus mengacu pada kentang yang diserut kasar atau diparut halus dan digoreng diatas pan, dianggap sebagai makanan untuk sarapan pagi, sementara kentang yang dipotong dadu dan digoreng dianggap sebagai side dish yang disebut dengan kentang goreng rumahan. Beberapa resep menambahkan cincangan bawang bombay dan juga daging sapi cincang. Hingga kini hash browns sangat populer menjadi produk yang dijual masal dalam bentuk beku atau didalam lemari pendingin. Kata 'hash' mengacu dari bahasa Perancis 'hacher' yang artinya potongan kasar. Ini berarti hashed browns potatoes secara harfiah jika diterjemahkan menjadi kentang cincang atau kentang goreng. 

Resep Hash Brown Potatoes
Resep Hash Brown Potatoes
Resep Hash Brown Potatoes

Bagi penggemar kentang seperti saya, hash brown potatoes yang sederhana plus telur mata sapi terasa sudah cukup sedap namun tambahan bawang bombay, kornet, parutan keju atau cincangan daging tentu saja bisa dilakukan. Tidak ada tips spesial untuk membuat menu sarapan pagi ini karena begitu mudah dan praktisnya, jika anda kesulitan menemukan mixed herbs maka skip saja dari resep. 

Berikut ini resep dan prosesnya.

Resep Hash Brown Potatoes

Hash Brown Potatoes
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan resep simple untuk breakfast lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Pancake Pisang Bebas Gluten
Crepe Suzette 
French Toast

Bahan:
- 2 butir kentang (400 gram), kupas dan potong dadu 
- 3 butir telur
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu:
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh mixed herbs (Italian seasonings)
- 1/4 sendok teh cabai bubuk
- daun peterseli cincang kering untuk taburan

Bahan lain yang bisa ditambahkan (optional):
- kornet
- daging sapi/ayam cincang
- daun bawang
- bawang bombay
- ayam rebus, suwir
- keju cheddar parut

Cara membuat:

Resep Hash Brown Potatoes

Siapkan mangkuk, masukkan kentang, bawang putih, garam, merica bubuk, mixed herbs dan cabai bubuk. Aduk rata. 

Panaskan 2 sendok makan minyak di pan anti lengket. Tuangkan kentang, aduk dan goreng kentang hingga kecoklatan dan matang. Tusuk potongan kentang dengan garpu untuk mengetes kematangannya.

Dengan spatula, geser kentang dan buat 3 buah sumur di tengah potongan kentang. Pecahkan telur dimasing-masing sumur. Taburi garam di permukaan telur jika suka, kecilkan api kompor, tutup pan dan masak hingga telur matang.

Angkat dan sajikan dengan taburan daun peterseli cincang. Yummy!

Sumber:
Wikipedia - Hash Browns



10 komentar:

  1. Beneran simple, mba.
    Yummy banget pastinya.
    Sarapan a la bule gitu, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, enak, secara saya suka apapun dari kentang wakakka

      Hapus
  2. Saya baru tahu nih mbak Endang... biasanya kentang rebus saya haluskan terus dicampur keju deh... ini resep pasti dicoba, mudah dan enak...

    BalasHapus
  3. Mmmm... Enak banget yg ini mb endang, ak cuma pake bwg putih, garam dan kaldu bubuk, taburin eragano... Telor juga... Rasanya, anak2 suka banget... 2 hr berturut2... Minta bikin lg besok, td coba pake keju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Elza sharingnya, senang resepnya disuka, saya suka yang plain begini, nggak enek hehhehe

      Hapus
  4. Salam kenal mbak,,saya seneng banget baca blognya,,dan biasanya lansung saya praktek,,cuma klo abis praktek dan berhasil rasanya senang tiada tara bawaan nya pengen cerita aja gitu n share resep nya,,bolehkah saya share resep yg ada di blog mbak tpi ttp menampilkan sumbernya? makasih mbak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, silahkan dishare, selama mencantumkan sumber dan link ke blog JTT, saya tidak masalah mba, salam

      Hapus
  5. Mba, ini mirip spanish omelette ya tapi telurnya tidak dikocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mirip sih, kalau spanish omelett kan kentangnya basah ya, kalau ini ke kentang goreng dan telur ceplok

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...