06 Juli 2018

Resep Creamy Salad Dressing, Super Yummy!


Resep Creamy Salad Dressing

Untuk memenuhi kebutuhan potassium sebanyak 4700 mg setiap hari, maka kita harus menyantap sayuran berdaun hijau sekitar 5 - 7 cup setiap harinya. Sayuran yang disarankan sebaiknya dari keluarga Cruciferae atau Brassicaceae (kubis-kubisan) seperti brokoli, sawi/caisim, pak choy, kale, kembang kol, kailan, lobak, kol, selada air, dan tanaman sejenisnya yang banyak sekali macamnya. Sayuran dari keluarga Cruciferae atau biasa disebut dengan Cruciferous vegetables ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kaya serat, mengandung banyak nutrisi dan phytochemicals, serta anti kanker. Untuk mendapatkan manfaat sayuran ini secara maksimal maka menyantapnya dalam kondisi mentah sangat disarankan. Sayuran mentah masih mengandung enzym yang bermanfaat bagi kesehatan kita seperti melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Walau sayuran yang telah dimasak tetap bergizi karena vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, namun telah kehilangan enzym akibat pemanasan pada suhu tinggi. 

Resep Creamy Salad Dressing
Resep Creamy Salad Dressing

Nah demi bisa menyantap sayuran mentah sebanyak-banyaknya, maka saya berusaha mencari cara bagaimana menggebah rasa bosan ketika setiap hari mulut harus mengunyah dedaunan. Salad adalah cara termudah dan salad dressing bisa dimodifikasi dari berbagai sumber untuk menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Umumnya salad dressing yang paling simple terbuat dari minyak zaitun, jus lemon, cincangan bawang putih, merica dan garam. Semua bahan cukup dikocok menjadi satu didalam botol tertutup hingga menjadi campuran yang kental. Tapi lama-kelamaan saya mulai bosan juga dengan dressing ini dan merindukan dressing creamy dari mayonnaise yang memang selalu menjadi dressing favorit. Sayangnya, mayonnaise yang dijual dipasaran umumnya menggunakan minyak canola atau kadang tidak jelas sumber minyaknya, dan seringkali mengandung gula. Dua hal yang saya hindari. Saya bisa membuat mayonnaise sendiri (cek link resep disini untuk melihatnya) tapi masa simpannya sangat pendek (+ 3 hari) didalam kulkas, selain itu mayonnaise mengandung banyak minyak, walau menggunakan minyak zaitun sekalipun tetap saja konsumsi minyak harus dibatasi. 

Resep Creamy Salad Dressing

Dua minggu yang lalu, saya lantas bereksperimen membuat salad dressing creamy yang relatif lebih sehat, sedap, dan sangat mudah dibuat. Resepnya terinspirasi dari aneka Vlogger Vegan di You Tube yang sering saya ikuti. Saya cukup takjub melihat kreatifitas mereka mengolah makanan dari tumbuh-tumbuhan dan semuanya terlihat so yummy! Saus keju dari kentang yang diblender, saus pasta dari tomat dan kacang mete yang terlihat creamy, dan aneka dressing salad yang sangat kreatif. Untuk membuat saus menjadi creamy, umumnya mereka menggunakan kacang-kacangan seperti mete, almond, pecan, dan walnut, kebetulan karena saya punya seplastik biji bunga matahari tanpa kulit yang telah mendekam lama di kulkas maka kacang tersebut yang saya pergunakan untuk mengentalkan dressing kali ini.

Biji bunga matahari kaya akan Vit. B, zat besi, potassium, kalsium, protein, dan Vit. E, selain itu rasanya juga gurih. Saya membelinya dari sebuah toko online dengan harga yang relatif murah dibandingkan kacang almond. Biji bunga matahari bersama bahan-bahan dressing lainnya lantas saya blender di gelas dry mill hingga kental dan smooth.

Resep Creamy Salad Dressing

Sayangnya lidah saya memang susah berkolaborasi dengan makanan yang tidak ada sedikit rasa manis disana, jadi saya menambahkan 3 buah kurma Iran yang dibeli di All Fresh. Tekstur kurma ini lembek, lembut sehingga sangat tepat untuk dihaluskan didalam blender, selain itu harganya murah karena sedang sale. Walau kurma merupakan pantangan dalam diet keto, namun apalah daya jika lidah ini ingin dimanjakan kala menyantap sebaskom salad. Kolaborasi dari semua bahan dressing yang dituliskan dibawah menghasilkan saus yang super duper yummy! Saya terkagum-kagum sendiri kala mencicipinya, dan tak tahan untuk segera mengguyurkannya ke tumpukan daun selada di mangkuk. Swear, saus salad tersebut membuat daun-daun mentah ini menjadi sangat mudah disantap, hingga saya membuatnya berkali-kali, dan berkali-kali. Saya bahkan memberikan sebotol saus homemade ke Mbak Mirah, rekan kantor yang Vegetarian dan gemar menyantap salad. Komentar Mbak Mirah, "Ini enak banget Ndang! Rasanya kaya Thousand Island tapi versi lebih sehat." Kini beliau bahkan membeli bahan-bahannya agar bisa membuatnya sendiri dirumah. 

Seperti yang saya utarakan diatas, salad dressing sangat fleksibel untuk dimodif, weekend lalu saya menambahkan 1 buah alpukat yang kaya lemak sehat, potassium dan nutrisi kedalam dressing, dan rasanya tobat sedapnya. Anda harus mencobanya juga dirumah. Harus!

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Creamy Salad Dressing

Creamy Salad Dressing
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:
Salad Huzarensla (Huzarensalade)
Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Salad Sayur-Buah dengan Saus Thai

Bahan salad:
- 1 mangkuk daun selada, rajang kasar
- 1 buah tomat, potong dadu
- 1 buah wortel, serut kasar
- 1 buah ketimun, potong dadu
- 4 buah telur rebus, belah menjadi 4
- 2 buah sosis sapi (potong dadu dan goreng matang (optional)

Protein di salad bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, apakah ayam, udang atau protein lainnya. 

Bahan dressing:
- 30 gr kacang walnut/almond/biji bunga matahari/mete
- 1 sendok makan flax seed (saya pakai brown flax seed)
- 2 sendok makan cuka apel atau jus lemon
- 1 siung bawang putih
- 1/2 sendok teh cayenne pepper/cabai bubuk
- 3 buah kurma buang bijinya
- 2 sendok makan bubuk FiberCreme  *)
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 70 ml - 100 air matang

*) FiberCreme adalah krimer multifungsi pengganti santan/susu bubuk, kaya akan serat dan minim kalori serta mampu membuat tekstur makanan menjadi lebih creamy.

Cara membuat:


Resep Creamy Salad Dressing

Masukkan semua bahan salad kecuali telur rebus dan sosis goreng ke mangkuk. Sisihkan.

Masukkan semua bahan dressing ke blender dry mill. Proses hingga smooth. Jika terlalu kental tambahkan sedikit air matang. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. 

Kucurkan saus ke permukaan salad.  Tata potongan telur rebus dan sosis goreng di permukaan salad. Sajikan. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Cruciferous Vegetables



10 komentar:

  1. hallo mbak Endang..Salad Dressing ini kalau di simpan di kulkas tahan berapa lama yaaaa? terima kasih..-Andin

    BalasHapus
  2. Selamat siang mba Endang, senang sekali membaca resep dressing salad ini. Bbrp resepmu sdh prnh kucoba...daan...semua mantaaap, anti gagal deh pokoknya resep2 mba Endang. btw..mau tny fiber cream itu sprti apa ya mba? trmksh...Retno

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang Mba Retno, thanks sharingnya ya, senang resep dressingnya disuka. FiberCreme itu creamer multifungsi berserat tinggi rendah kalori pengganti santan/nasi didalam masakan, membuat makanan jadi lebih creamy

      Hapus
  3. Saya sangat suka salad. biasanya saya makan salad dulu sebelum makan malam, mau coba ah buat dressing versi ini.. biar ada variasi dimenu saya hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, memang seharusnya salad dimakan sebelum makan besar jadi bs buanyak makan sayurnya ya, hehehhe. Kalau dah kekenyangan, makan salad jadi malass

      Hapus
  4. Mba,kalo mau pake alpukat,ditambahkan berapa banyak? Komposisi bahan lain berubah juga kah? Terima kasih banyak ya mbaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, saya pakai 1 buah alpukat, biji bunga matahari/almond di resep saya skip mb.

      Hapus
  5. flax seed ganti chia ato selasih bole mba?hehe

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...