19 Juli 2016

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade)


Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Kenal salad ini pertama kali sekitar sepuluh tahun yang lalu, saat itu kantor lama tempat saya bekerja mengadakan acara penutupan akhir tahun. Salah satu menunya adalah salad yang menurut si pemilik katering bernama Huzarensla.  Bahan utama penyusunnya adalah kentang rebus yang dipotong dadu, robekan daun selada, potongan apel, irisan telur rebus dan diakhiri dengan dressing kental berwarna kekuningan yang terasa asam dan gurih. Rasanya sedap, cukup menyegarkan dan tentunya sangat mengenyangkan mengingat kentang dan telur rebus yang ditumpukkan 'segambreng' di dalam mangkuk lebar.  

Sausnya yang creamy menurut saya terbuat dari mayones, namun saya dibuat surprised kala Bu Siti, si pemilik katering,  menjelaskan jika kuning telur rebuslah yang menjadi aktor utama si dressing selain minyak zaitun dan air jeruk lemon. Bagi anda yang selama ini enggan menyantap mayones karena terbuat dari kuning telur mentah, maka alternatif dressing salad huzarensla ini bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. 

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT
Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Dijajah Belanda selama 3,5 abad tentu saja meninggalkan baretan luka yang dalam bagi tanah air kita, 'berjibun' kenangan pahit dan hanya sedikit hal manis tersisa. Resep makanan sepertinya menjadi peninggalan manis yang sedikit jumlahnya tersebut, contohnya saja klapertart, kroket dan salad huzarensla ini. Huzarensla atau di Belanda di sebut dengan nama huzarensalade yang artinya adalah salad Rusia, merupakan salad yang terbuat dari potongan kentang rebus, daging sapi rebus dan disajikan dengan saus yang terbuat dari mayones. Sulit menemukan artikel mengenai salad ini di internet, salah satu informasi akurat yang saya temukan adalah pada Wikipedia versi bahasa Belanda. Saya sama sekali tidak bisa berbahasa Belanda, namun Google translate serta sedikit riset dan browsing sangat membantu untuk menterjemahkan artikel tersebut.

Huzarensalade alias salad Rusia umumnya mengandung bahan berikut: kentang rebus, daging sapi, potongan apel, acar bawang atau acar ketimun. Saus salad terbuat dari dressing a la Perancis (vinaigrette) dan disajikan dengan sedikit garnish, mayones dan roti panggang. Pada awalnya kacang polong, paprika, ham, bit, kornet dan telur tidak termasuk dalam bahan penyusun salad, namun seiring dengan waktu dan modifikasi yang dilakukan maka bahan-bahan tersebut kemudian ditambahkan.

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Asal usul nama huzarensalade ini tidak dikenal, namun ada satu cerita yang beredar. Dimulai dari prajurit berkuda kavaleri Hungaria yang berjuang bersama tentara Kerajaan Austria melawan Turki (masa kerajaan Ottoman), nama beken pasukan prajurit berkuda Hungaria ini adalah Hussars atau Huzaren dalam bahasa Belandanya. Hussars terutama ditugaskan untuk mengeksplorasi wilayah musuh secara diam-diam, dan setelah misi usai mereka harus segera pergi tanpa diketahui oleh lawan. Membuat api untuk menghangatkan tubuh atau memasak makanan merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan, karena itu para Hussars telah menyediakan hidangan pra-saji. Mereka mencampur aneka makanan matang dengan salad dingin yang kemudian disebut dengan nama 'huzarensalade'

Huzarensalade tentu saja tidak hanya dikenal di Belanda, salad sejenis juga dengan mudah ditemukan di negara lain seperti Rusia. Ada satu jenis salad kentang, mayones dan telur rebus yang terkenal di Rusia bernama Russian Salad  atau Olivier yang mirip dengan huzarensalade, ahli masak Belgia bernama Lucien Olivier yang memperkenalkan hidangan ini pertama kali pada tahun 1860 di Moskow. Resepnya pernah saya tampilkan di JTT, anda bisa mengklik artikelnya pada link disini. Russian salad umumnya tidak menggunakan daging sapi, tapi peran protein hewani  tersebut digantikan dengan ikan berdaging putih atau kerang. 

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

So, sebenarnya huzarensla dan Russian salad tidaklah berbeda dan umumnya resep yang bertebaran di internet menggunakan dressing yang terbuat dari mayones. Jika kemudian dressing salad ini di Indonesia berubah dari mayones yang terbuat dari kuning telur mentah menjadi kuning telur rebus saya juga sedikit bingung, mungkin seiring dengan perkembangannya dan keengganan masyarakat kita mengkonsumsi kuning telur mentah pada saus salad  (kecuali sebagai jamu) membuat modifikasi lantas dilakukan. Hasilnya ternyata tetap sedap, walau tentu saja mayones akan memberikan tampilan yang lebih creamy karena konsistensinya yang lebih pekat. 

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Untuk membuat dressing salad ini sangat mudah. Semua bahan saus cukup dimasukkan ke dalam gelas blender dry mill, proses sebentar dan dalam sekejap saus sudah siap dikucurkan ke permukaan salad. Tidak memiliki blender untuk memprosesnya? Gampang, masukkan saja semua bahan saus ke dalam stoples kecil atau botol yang memiliki lubang lebar, tutup rapat dan kocok sekuat tenaga. Bahan saus akan tercampur menjadi satu dengan cantiknya dan siap dipergunakan. Saus bisa anda buat dalam jumlah banyak sekaligus dan simpan di kulkas, tetapi mengingat saus ini mengandung kuning telur (walau telah direbus) dan minus pengawet maka tidak akan bertahan lama di chiller. Saran saya maksimal 4 hari saja di dalam kulkas.

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Wokeh sekarang ke bahan-bahan salad. Kentang rebus tentu saja menjadi aktor utama sesuai dengan resep asli huzarensalade. Tapi kentang rebus bukanlah bahan salad yang menjadi favorit saya karena berat akan kalori dan terlalu mengenyangkan. Salad seharusnya ringan, segar dan rendah kalori bukan? Sehingga kita bisa menyantapnya berember-ember dan berember-ember tanpa rasa beban dosa sesudahnya. Kata 'ember' mungkin terlalu lebay, tapi saya biasanya membuat salad dalam mangkuk stainless steel besar untuk mengaduk adonan cake, dan semangkuk salad tersebut saya sikat hanya dalam satu kesempatan saja. Mengerikan memang. ^_^

Untuk salad kali ini saya menggunakan buah-buahan segar, robekan daun selada dan telur rebus. Anda bisa menggantikan bahan-bahan tersebut dengan bahan apapun yang cocok untuk salad yang tersedia di dapur anda saat itu. Karena salad ini biasanya menjadi makanan utama saya sebagai pengganti nasi plus lauk-pauknya maka tambahan daging ayam yang di pan fried sebentar di atas kompor menjadi protein sedap yang mengenyangkan. Anda bisa skip ayam panggang ini atau gantikan dengan udang rebus, potongan sosis rebus, atau irisan daging sapi asap. Huzarensla umumnya disantap dingin karena itu simpan dalam wadah tertutup rapat di dalam chiller beberapa saat sebelum disajikan, dan tuangkan dressing di detik-detik terakhir ketika hidangan ini akan disantap. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Resep Salad Huzarensla
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik link resep di bawah ini:
Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Salad Buah dengan Saus Thai
Salad Sayur dengan Dressing Jeruk Sunkist 

Bahan salad:
- 1 buah ketimun, kupas, belah memanjang dan iris dengan ketebalan 1/2 cm
- 1 buah tomat merah, belah menjadi 8 bagian
- 1 buah apel, kupas dan potong dadu
- 10 buah anggur merah, buang bijinya dan belah menjadi 2 bagian
- 3 juring jeruk bali, ambil daging buahnya
- 1/2 bonggol selada bokor, sobek kasar daunnya
- 2 potong dada ayam, berat 200 gram (1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh cabai bubuk)
- 3 butir telur rebus, potong dadu + sisa putih telur rebus yang diambil kuningnya untuk dressing

Bahan lain yang bisa ditambahkan untuk salad (optional):
- kentang rebus, potong dadu
- nanas, potong dadu
- jagung manis pipilan rebus
- serutan wortel
- bit merah, rebus potong dadu
- bawang bombay, iris melintang tipis
- irisan daging sapi rebus
- tuna kaleng dalam air, suwir-suwir

Bahan saus:
- 4 butir kuning telur rebus
- 60 ml minyak sayur (minyak zaitun, minyak almond, minyak canola)
- 2 butir jeruk nipis, peras dan ambil airnya
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar (bisa diganti dengan merica putih bubuk)
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 2 sendok makan saus tomat botolan
- 1 sendok teh cabai merah bubuk (optional)

Cara membuat:

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Siapkan fillet dada ayam, lumuri permukaannya dengan garam, merica dan cabai bubuk. Sisihkan. Siapkan pan anti lengket, beri sekitar 1 sendok makan minyak di permukaan pan, ratakan. Panaskan pan, letakkan ayam di permukaan pan dan masak satu sisinya hingga matang kecoklatan, balikkan dan masak sisi sebaliknya. Angkat dan tiriskan. 

Potong-potong ayam menjadi ukuran dadu dan sisihkan. 

Resep Salad Huzarensla (Huzarensalade) JTT

Masukkan semua bahan dressing ke dalam gelas blender dry mill, proses hingga smooth selama beberapa detik.  Sisihkan.

Masukkan semua bahan salad ke mangkuk yang besar, salad sebaiknya disajikan dalam kondisi dingin karena itu ada baiknya menyimpannya sebentar di chiller sebelum disajikan. 

Siapkan piring saji, tata semua bahan salad di piring dan kucurkan sausnya ketika akan disantap. Super yummy!

Sources:
Wikipedia Belanda - Huzarensalade
Wikipedia - Hussar



4 komentar:

  1. Mb Endang kalau menghaluskan pake dry mill ga bocor ya sausnya? Maaf OOT, Mb endang kalau menghaluskan bumbu halus misal untuk bumbu soto pakai chopper atau blender? Pake tambahan air nggak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Arie, karena saus ini kental jadinya gak bocor mba, cuman kalau agak encer biasanya sedikit bocor ya. Saya biasa menghaluskan bumbu soto pakai blender plus sedikit air, tapi kalau bumbu rendang/balado saya pakai chopper saja.

      Hapus
  2. Mba Endang... resep2 nya slau di nanti karena enak n mudah di buat. sebenernya ini spt salad padang (kita sebut gado2 padang)
    yang saus nya pakai kuning telur rebus utk pengental.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Tifa sharingnya, mungkin salad padang juga dapat pengaruh dari resep belanda dulunya ya, karena salad bukan makanan lokal kita.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...