18 Juli 2016

Resep Es Krim Durian Tanpa Alat Pembuat Es Krim


Resep Es Krim Durian JTT

Es krim tanpa mesin atau alat pembuatnya bukanlah hal baru bagi saya dan tentunya juga bagi beberapa pembaca JTT yang pernah melihat resep es krim saya sebelumnya di Es Krim Mangga. Walau harga alat pembuat es krim tidaklah terlalu mahal di online shop, tapi sepertinya investasi di alat ini belum perlu saya lakukan. I am not a big fan of ice cream dan mungkin hanya dikudap sesekali saja dalam setahun. Resep es krim sejati yang creamy dan memiliki tekstur halus, lembut dan padat seperti gelato umumnya menggunakan kuning telur, krim kental dan susu di dalam adonannyaNamun semua bahan tersebut tentu saja tidak akan menghasilkan es krim super smooth seperti yang dijual di toko tanpa mesin pembuat es krim untuk memprosesnya. 

Saya bercita-cita (cita-cita yang sangat pendek!) suatu hari nanti akan mencoba resep es krim dengan kuning telur, sedikit maizena dan susu yang diproses tanpa ice cream maker. Tetapi untuk kali ini saya akan kembali ke resep es krim andalan, krim kental yang dikocok hingga kaku, susu kental manis, dan sebagai perasanya adalah daging buah durian Medan yang super manis, harum, legit dan melimpah jumlahnya di freezer kakak saya, di Batam. Es krim durian ini sangat sedap dan berlemak tentunya, jadi hati-hati dengan kalorinya yang selangit ya ^_^

Resep Es Krim Durian JTT
Resep Es Krim Durian JTT

Pada resep es krim sebelumnya yang bisa anda cek pada link disini, saya mengocok krim kental dengan mikser. Well, kakak saya bukanlah maniak dalam urusan masak-memasak seperti saya, dan mikser adalah benda asing yang mungkin tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk dimiliki, jadi untuk resep kali ini saya memproses whipping cream dengan blender. Thanks God blender adalah alat yang dimilikinya di dapur! Memproses krim kental dengan blender bukanlah hal yang mustahil, jika anda belum pernah melakukannya maka mungkin tips dari saya di bawah ini bisa membantu jika anda dilanda kemalasan mengeluarkan mikser dan perlengkapannya di rumah. 

Kunci untuk mengocok krim kental dengan blender atau mikser adalah pertama pastikan krim kental yang anda gunakan merupakan jenis heavy whipping cream. Krim kental ini memiliki kandungan lemak sekitar 30%  hingga 36%, sementara heavy cream atau krim kental biasa umumnya memiliki lemak di bawah 30%. Kandungan lemak yang tinggi membuat krim mampu mengeras ketika diproses dengan blender atau mikser.  Untuk resep ini saya menggunakan merk Roselle, jenis dairy cream yang umum ditemukan di supermarket, namun anda bisa menggunakan jenis krim lainnya (baik dairy atau non dairy) asalkan berjenis heavy whipping cream.

Resep Es Krim Durian JTT
Resep Es Krim Durian JTT

Tips kedua adalah pastikan krim kental benar-benar dalam kondisi dingin sebelum diproses, jadi masukkan krim ke dalam chiller minimal beberapa jam sebelumnya. Dalam kondisi dingin akan membuat krim cepat kaku dan tidak pecah ketika diproses di dalam blender atau mikser. Tips ketiga proseslah dengan blender pada speed terendah yang ada, speed rendah akan membuat pisau blender berputar perlahan, mesin tidak terlalu ngotot dan 'ngos-ngosan', dan mencegah over mixing. Salah satu kendala mengocok krim dengan mikser atau blender adalah krim menjadi pecah karena terlalu lama diproses (over mixing)

Krim pecah berarti terpisah antara lemak dengan air yang terkandung di dalamnya, krim dengan kondisi seperti ini tentu saja sudah tidak bisa anda pergunakan untuk membuat es krim atau sebagai frosting cake, tapi masih bisa diselamatkan untuk membuat puding. Yeah, puding adalah penyelamat ketika krim pecah akibat over mixing, atau DCC pecah akibat over heating saat dilelehkan di kompor. ^_^

Resep Es Krim Durian JTT
Resep Es Krim Durian JTT

Ketika anda mengocok krim dengan blender awalnya pisau blender akan berputar dengan lancar,  namun lambat laun seiring waktu (tidak lama waktunya), pisau akan mulai melambat karena krim mulai solid, kental, sehingga membuat alat sulit berputar. Proses hingga pisau mulai sulit bergerak dan krim berubah menjadi adonan yang sangat pekat. Hentikan proses dan krim kocok siap dipergunakan.  Memproses krim kental dengan blender menurut saya lebih aman dari kejadian over mixing, dibandingkan jika menggunakan mikser. Mesin blender otomatis akan berhenti berputar ketika krim telah mengeras, sedangkan mikser masih akan terus menghajar krim walau stiff peak telah tercapai. 

Namun jika anda hendak membuat frosting atau makanan lainnya yang membutuhkan krim kaku (stiff peak) maka blender tentu saja bukanlah alat yang saya rekomendasikan karena hasil maksimalnya hanyalah soft peak.  Untungnya untuk es krim ini kita tidak memerlukan stiff peak tercapai, yang terpenting krim telah mengeras dan cukup solid untuk dibekukan menjadi es krim bersama bahan lainnya. 

Resep Es Krim Durian JTT

Jika urusan krim telah beres maka selanjutnya kita merambah ke bahan perasanya, disini saya menggunakan daging durian Medan yang banyak tersedia di kulkas kakak saya. Durian Medan memiliki kelebihan dari sisi rasa yang lebih manis dan creamy namun jumlah daging yang tidak terlalu banyak dibandingkan durian jenis Monthong. Satu pack durian yang dibekukan bersama bijinya cukup berat bobotnya namun ketika hanya diambil daging buahnya saja saya perkirakan beratnya sekitar 500 gram, mungkin lebih. Well, timbangan digital tentu saja alat lainnya yang impossible bisa saya temukan di dapur kakak saya. Daging buah durian tidak diproses atau dihancurkan, saya lebih suka tekstur kasar yang akan membuat lembaran dagingnya terasa ketika kita menyantap es krim ini. 

Buah lainnya yang bisa anda gunakan untuk es krim tentunya bervariasi, strawberry, kiwi, mangga, pisang bisa menjadi pilihan. Saran saya pilih buah yang memiliki daging lunak sehingga teksturnya di es krim menjadi smooth. Alpukat kurang menjadi favorit saya, karena rasanya cenderung pahit ketika telah dibekukan di freezer. Hingga saat ini saya belum menemukan cara menghilangkan jejak pahit ini, mungkin anda memiliki tipsnya? Silahkan di share dimari ya. ^_^

Untuk pemanisnya, ah sebenarnya es krim ini sudah cukup manis tanpa pemanis tambahan mengingat durian Medan memang mantap dan krim kental yang mengandung sedikit gula, namun saya tetap menambahkan sekitar setengah kaleng susu kental manis karena es krim biasanya memang sangat manis bukan? Es krim ini sangatlah sedap hingga mangkuk dan spatula saya jilat sampai licin sebelum dicemplungkan ke kitchen sink. Berikut ini resep dan prosesnya ya.  

Resep Es Krim Durian JTT

Es Krim Durian
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 15  porsi

Tertarik dengan resep dessert lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Es Lolipop Kiwi, Strawberry dan Yogurt
Es Pisang Ijo
Strawberry Frozen Yogurt dengan Tiga Bahan Saja! 

Bahan:
- 500 gram daging buah durian, kondisi dingin dari chiller
- 1 liter krim kental (heavy whipping cream), saya pakai merk Roselle. Kondisi dingin dari chiller
- 1/2 kaleng susu kental manis

Cara membuat:

Resep Es Krim Durian JTT

Siapkan daging buah durian, saya menggunakan sekitar 500 gram daging buah durian yang telah dilepaskan dari bijinya. Durian bisa dilebihkan porsinya, sesuaikan saja dengan selera. Pastikan durian dingin, jadi masukkan dulu ke dalam chiller sebelum diproses menjadi es krim.  

Siapkan mangkuk besar, tuangkan daging buah durian ke dalamnya. Sisihkan.  

Siapkan blender, masukkan 1/3 liter krim kental ke dalam gelas  blender (pastikan krim kental yang digunakan adalah jenis whipping cream dan kondisinya dingin). Proses krim kental dengan speed paling rendah, matikan sesekali mesin, dan proses hingga pisau blender mulai terasa berat dan lambat berputar. 

Ketika pisau mulai sedikit berhenti segera hentikan proses dan cek krim, pada tahap ini krim seharusnya telah menjadi sangat pekat seperti adonan. Jangan lanjutkan proses karena krim bisa menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan airnya

Resep Es Krim Durian JTT

Tuangkan krim kocok ke mangkuk berisi daging buah durian. Aduk perlahan dengan spatula dengan teknik aduk balik untuk mencegah krim mencair. Sisihkan. 

Proses sisa krim dalam dua tahapan, jangan masukkan sekaligus semua krim, karena akan membuat mesin blender tidak maksimal berputar. Tuangkan semua krim yang telah dikocok ke adonan durian, tambahkan susu kental manis. Aduk perlahan hingga tercampur baik. 

Resep Es Krim Durian JTT

Tuangkan adonan es krim ke dalam wadah yang memiliki tutup rapat. Ratakan permukaannya dan bekukan di freezer selama semalaman hingga es krim benar-benar mengeras dan bisa dikeruk dengan sendok. 

Resep Es Krim Durian JTT

Sajikan. Super yummy!



24 komentar:

  1. saya termasuk penggila durian mba, dan membayangkan es krim durian yang super yummy ini sanggup membuat air liur saya berdesakan keluar.. thanks resepnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Misla, memang sedap tetapi cepat eneg, karena terlalu berlemak wakkaka

      Hapus
  2. Halo Mbak ... ceritanya kompor sempat mledug setiap dimatikan. Gara-gara itu aku jadi suka takut n males banget pake kompor. Hobi masakku jadi mandeg deh :( .. hari ini iseng buka website justtryandtaste, siapa tahu bisa kembali menyalakan semangat ke dapur. Eh ndilalah langsung nemu resep es krim ini ... bisa dipake buat pemanasan dehhh ... makasih Mbak Endang yaaa ... websitenya juara banget buat aku yang lagi belajar masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah serem banget mba Dhewi, kudu dicek kompornya mba, bahaya banget itu.

      Hapus
  3. bismillah... mbak kalau durian di ganti dg dcc bagaimana, apa bisa?

    yuli surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Yuli, nggak oke ya, DCC akan membuat es krim kerasss, karena ketika coklat di freezer akan kaku

      Hapus
  4. Halo mba Endang, salam kenal ya.
    Aku terdampar di JTT sudah 2 bln gara-gara nasi tomat.

    Aku mau sharing, biasanya kalau aku minum alpukat dirumah selain pakai air dan gula, alm mama dulu kasih tahu untuk ditambahkan sedikit garam dan bagi aku sih emang gak pahit si alpukatnya. Mungkin bisa di coba mba. Hehehehe

    Oiya mba, punya resep nasi bebek khas Madura kah?
    Thanks mba.

    Dyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Dyah, wah thanks sharingnya ya, belum pernah coba kasih garam, tapi gud idea juga hehhehe. Thnaks yaa. Nasi bebek madura ggak punya resepnya hehehe

      Hapus
  5. Mba endang mau tanya donk:
    1.resep ini jadinya berapa banyak? Mo bikin acara nih
    2.kalo durian gada diganti apa yah?
    3.kalo plain aja rasa vanilla gitu apa yg perlu ditambah?
    Ditunggu jawabnnya yah, udah mo buat soalnya, tp durian gada. Maaf banyak nanya. Trims mbaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba, berikut jawaban saya ya:
      1. sekitar 1 1/2 liter ya
      2. bs pakai buah lain, sudah saya jelaskan di artikel diatas, silahkan dibaca ya mba
      3. skip durian, dan tambah vanilla essence atau vanilla ekstrak.

      salam

      Hapus
  6. Klo pake whip vream yg bubuk bs ga mb? Gmn caranya?
    Ada whip cream nganggur ni di rmh. Bingung mau diapain

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba endah, bisa ya, tapi saya belum pernah coba mengocok whipped cream bubuk, saran saya cek instruksi di kemasan ya mba

      Hapus
  7. Halo mba endang, sblmnya salam kenal mba ini kali pertama posting comment di blognya mba heheh..senang bisa dpt blog mba tahun lalu dan resep pertama yg saya coba dr blognya mba itu mpek2 dos sampe bbrp cake jg udh dicoba hasilnya memuaskan krn penjelasan step by step dr mba total jelas sejelas2nya..moga mba berkah ya ilmu bakingnya...duh kepanjangan jd nya...mau sharing soal ice cream alpukat mba...utk ice cream ini saya dpt dr blog chef luar klo ga slh namanya popsugar mba jd saya udh bbrp kali bikin ice cream alpukat dan tips ngilangin rasa pahitnya itu ditambahin madu n coconut milk mba...klo ga pake heavycream jg bisa mba...tetep smooth dan pahitnya hilang sama sekali...utk resep saya takar sendiri krn malas translate hehe 1 alpukat(haluskan) + 3sdm madu + coconutmilk di mikser ketiganya sampe kecampur rata, freezer 4 jam siap disantap hehe dan pahitnya hilang klo pake heavycream+skm+alpukat lambat laun rasanya jd pahit dan saya jg udh prnah coba mba...mksh mba sharingnyaaa...moga bermanfaat ya komen dr saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mb, salam kenal juga ya. Wah terima kasih atas tips dan sharingnya untuk menghilangkan pahit di avocado ya, saya memang suka parno mau bikin es krim alpukat hehhehe. Sip, next time pengen coba kalau dapat alpukat yang oke, makasih yaaa, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  8. salam kenal mbak endang, terima kasih untuk resepnya. ice cream ini bisa tahan berapa lama ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba putri, sebagaimana es krim umumnya mba, tahan smpai 3 - 5 bulan di freezer ya

      Hapus
  9. Halo mba endang sy mau coba resep ini sebaiknya memakai durian medan manis atau pahit ya? Trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai keduanya mba, tergantung selera saja ya

      Hapus
  10. Hai mbak....salam kenal. Blog ini salah satu referensi yg yahutt buat cari2 resep. Semangat posting terus ya mbak :). Btw resep ini kenapa perbandingan susu kental manis nya jauh lebih sedikit di bandingkan resep ice cream mangga ya? Apakah krn duriannya sudah manis? Thanks mbak. yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rafa, salam kenal ya, thanks sudah menyukai JTT. Yep, durian sudah sangat manis krena itu SKM nya saya kurangi ya

      Hapus
  11. ini keknya enak banget...harus pake mesin es krim
    khusus gak siy??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho bukankah judulnya sudah saya tulis 'tanpa alat pembuat es krim' ??

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...