11 Februari 2015

Strawberry Frozen Yogurt dengan 3 Bahan Saja! ^_^



Yep saya tahu cuaca sedang hujan, dan tentu saja dingin, dan tentu saja makanan atau minuman dingin bukanlah pilihan yang tepat. Namun jika makanan dingin tersebut selembut dan selezat strawberry frozen yogurt seperti yang satu ini siapa yang bisa menolaknya? Hm, mungkin anda akan menghindar atau memilih makanan hangat lainnya, namun terus terang sejak membuatnya minggu lalu maka hari-hari saya selalu dilewati dengan menyantap minimal satu cup kecil yogurt beku dengan cincangan strawberry yang manis ini. 

Biasanya, sepulang kantor saya akan duduk di sofa melepas lelah, mendengarkan cerita dan kegiatan Heni seharian itu sambil menyaksikan film India kegemarannya. Biasanya selalu ditemani dengan sepiring nasi hangat plus dengan aneka sayur atau lauk pauk yang dimasak asisten rumah saya tersebut. Biasanya menyantap dessert alias pencuci mulut selesai makan besar bukan merupakan kebiasaan saya. Namun sejak berhasil membuat yogurt beku sendiri dan hasilnya luar biasa memuaskan membuat aktifitas saya setiap malam menjadi bertambah. Mengudap frozen yogurt! ^_^


Frozen yogurt sempat booming beberapa waktu yang lampau, dimulai dari 'Sour Sally' yang membuka konter di berbagai mall, yang kemudian dengan cepat diikuti dengan aneka brand lainnya. Banyak rekan saya yang membicarakannya dan seakan-akan frozen yogurt menjadi trend tersendiri yang kudu wajib diikuti. Seiring dengan waktu, maka semarak yogurt beku ini pun menjadi berkurang. Jika dulu antrian tampak lumayan panjang di depan konter penjual maka sekarang terlihat sepi-sepi saja. Entah karena orang mulai merasa bosan atau mungkin rasa ingin tahu akan makanan ini sudah terpuaskan, yang jelas sudah jarang sekali gaungnya terdengar.

Biasanya frozen yogurt yang dijual di kios memiliki tekstur lembut mirip seperti ice cream cone yang banyak dijual di restoran cepat saji. Rasanya sedikit asam. Untuk membuatnya lebih menarik dan tidak terlihat plain maka rajangan buah atau aneka pelengkap lainnya seperti chocolate chips, permen bersalut gula, meses warna-warni dan aneka jelly ditaburkan di permukaannya. Harganya terbilang lumayan mahal hanya untuk satu cup yogurt beku yang jika kita buat sendiri di rumah akan jauh lebih murah biayanya.


Jika anda pernah membaca resep homemade ice cream mangga yang pernah saya posting sebelumnya, maka proses pembuatan frozen yogurt ini pun hampir sama. Jika pada ice cream mangga saya menggunakan krim kental yang dikocok hingga kaku dan dicampurkan dengan susu kental manis dan aneka buah, maka di yogurt beku ini saya menggunakan yogurt plain (tanpa rasa) yang saya mikser bersama dengan susu kental manis hingga lembut. Sebagai perasa maka saya menggunakan cincangan kasar buah strawberry yang asam. Hasilnya sungguh fantastic! Rasa asam manis yogurt bercampur dengan susu kental manis, sangat pas bersanding dengan strawberry yang asam membuat makanan ini sama sekali tidak membuat 'eneg' walaupun disantap dalam porsi banyak. Sepertinya buah dengan rasa asam atau asam sedikit manis sangat tepat untuk berkolaborasi dengan yogurt dan susu kental manis.

Sintya, teman saya yang singgah sejenak ke rumah Pete, berkesempatan untuk mencicipi satu mangkuk kecil frozen yogurt yang saya suguhkan dan langsung berkomentar takjub, "Yummy! Rasa dan teksturnya sama seperti ice cream."

Es Krim Mangga


Anda bisa menggunakan buah lainnya misalnya saja raspberry dan nanas. Saran saya gunakan buah yang tidak hanya melulu rasa manis yang mendominasi. Atau anda bisa juga membuat rasa coklat dengan menggunakan susu kental manis rasa coklat plus choco chips sebagai campurannya,  frozen yogurt yang anda hasilkan akan yummy rasanya. Gunakan yogurt yang memiliki tekstur yang padat, terlalu banyak air di dalam yogurt akan membuat frozen yogurt anda keras karena air di dalam yogurt akan berubah menjadi es batu ketika dibekukan. Jika anda tinggal di luar negeri, dimana Greek yogurt banyak diperjual belikan dengan harga yang murah, maka gunakan yogurt jenis tersebut. Greek yogurt memiliki tekstur padat dan super creamy yang akan membuat frozen yogurt menjadi lebih mantap. Sayangnya di Indonesia, yogurt jenis ini sangat mahal harganya dan hanya terdapat di supermarket tertentu saja. 

Jika anda merasa yogurt yang anda beli di supermarket, atau homemade yogurt yang anda buat sendiri terlalu lembek, banyak mengandung air, maka ada satu cara untuk membuatnya lebih padat yaitu dengan menyaringnya. Caranya cukup mudah, gunakan sehelai kain putih yang super tipis, letakkan di permukaan saringan kawat dan tuangkan yogurt ke permukaan kain. Simpulkan ujung kain dan letakkan saringan kawat ini di sebuah mangkuk, simpan di kulkas selama semalam. Keesokan paginya, sebagian besar air akan mengalir keluar dan meninggalkan yogurt yang lebih padat teksturnya. 


Untuk proses pembuatan frozen yogurt ini sangat mudah. Saya menggunakan mikser untuk mengocok yogurt dan susu kental manis. Tujuannya untuk membuat tensturnya menjadi smooth, bebas gumpalan dan tercampur merata. Anda mungkin bisa juga menggunakan blender untuk proses ini. Strawberry yang telah dicincang kasar (saya menggunakan chopper untuk mencincangnya) lantas dicampurkan ke dalam kocokan yogurt dan susu kental manis. Jika anda merasa strawberry yang anda gunakan terlalu asam rasanya maka setelah buah dicincang, tambahkan sekitar 2 - 3 sendok makan gula pasir dan diamkan selama beberapa menit. Baru kemudian strawberry dan air buahnya bisa dicampurkan ke dalam yogurt. Saya sendiri tidak melakukannya karena menurut saya susu kental manis di dalam yogurt cukup menetralisir rasa asam buah strawberry.


Satu hal yang perlu saya tekankan kala anda membuat frozen yogurt sendiri di rumah adalah testurnya yang keras kala baru saja keluar dari freezer. Jangan pernah membayangkan bahwa yogurt beku ini akan sama seperti yang anda beli di konter. Penjual frozen yogurt memiliki mesin khusus yang akan menjaga yogurt tetap smooth dan tidak keras sehingga mudah mengalir keluar dari dalam mesin ketika tombol ditekan. Nah agar mudah menyendokkan yogurt yang telah beku ini maka diamkan sejenak di suhu ruang hingga teksturnya menjadi sedikit lunak baru sendokkan yogurt menggunakan ice cream scoop atau sendok. Jika anda merendam sebentar ice cream scoop atau sendok stainless steel ini ke dalam air panas sebelum digunakan maka itu akan lebih memudahkan anda untuk mengeruk yogurt yang keras dan beku ini. 

Untuk teksturnya cukup lembut, dan jauh lebih lembut dibandingkan sorbet buah yang beberapa resepnya pernah saya posting di JTT.  Frozen yogurt ini tahan hingga satu bulan lamanya di dalam freezer dan anda bahkan juga bisa memasukkannya ke dalam kantung-kantung plastik kecil yang akan memudahkan si kecil untuk menyantapnya.

Berikut resep dan prosesnya ya.


Strawberry Frozen Yogurt
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 liter frozen yogurt

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kiwi Sorbet - Tanpa Mesin Pembuat Ice Cream
Sorbet Alpukat Jeruk Nipis
Es Krim Mangga  

Bahan:
- 2 kotak strawberry, sekitar 40 - 50 buah ukuran kecil, cincang kasar
- 1 kaleng susu kental manis
- 1 pack plain yogurt (500 ml), saya memakai merk Biokul

Cara membuat:


Siapkan buah strawberry, cuci bersih dan buang tangkai dan daun buahnya. Cincang kasar. Saya menggunakan chopper untuk mencincangnya, anda bisa juga menggunakan  food processor.




Siapkan mangkuk mikser, masukkan yogurt, kocok hingga smooth saja. Masukkan susu kental manis dan lanjutkan mengocok hingga tercampur baik.  Matikan mikser.


Masukkan strawberry cincang, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula. Masukkan yogurt ke dalam wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer selama semalam. 

Note: Anda juga bisa memasukkan yogurt ke dalam kantung-kantung plastik kecil atau cetakan popsicle.


Keluarkan yogurt dari kulkas jika telah beku, letakkan sejenak di suhu ruang hingga sedikit lunak dan mudah disendokkan. Super yummy!




59 komentar:

  1. mbak endaaaang, jahat nian dirimuuu... aku nangis guling2 baca resep dan step step bikin froyo stroberi ini....
    bagaimana tidak, setelah sukses mengikuti resep mb endang untuk bikin homemade yoghurt, dan sekarang muncul resep froyo nya, sekarang aku harus merutuki nasib satu satunya supermarket besar di banyuwangi yang bulan ini stop beroperasi, yang artinya aku ga bisa beli biokul natural set dan stroberi lagi... #nangis guling2

    salam ngiler dari banyuwangi... #moga2 bisa ke surabaya atau denpasar secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Nurul, waduuuh maaf Mba, ini resep baru bisa dieksekusi sekarang hahahha, sayang sekali spm nya tutup ya kalau nggak bisa dieksuksi segera, mana guampang banget buatnya hehhehhe. moga2 bisa segera dapat yogurt dan stroberinya yaaa

      Hapus
  2. Mba Endang, kalau diganti dengan susu kedelai bisa kah? Mengingat skm kandungan gulanya tinggi dan saya sedang dalam program diet...
    Makasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa teksturnya akan beda ya mba, karena susu kedelai cair banget sedangkan skm memiliki konsistensi yang kental. Hasilnya akan keras dan susah dikeruk dengan sendok.

      Hapus
  3. Wuihh mbak Endaaaang.... resepnya simple & top banget !! Cuma butuh 3 bahan sudah jadi kudapan yg super yummy gitu lho.... Wajib dicoba nih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Ertianna, sip monggo dicoba ya mba, moga suka ya. Mantep banget hehhehe

      Hapus
  4. Iya nih setuju bingitss harus di coba, walopun Jakarta lagi musim hujan (banjir juga :D ) tapi klw udah nyangkut urusan Froyo atau Ice Cream hayuukk ajaa... ^_^ Thanks Mba Endang utk resep nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Novie, yeppp ga peduli hujan banjir dingin, bahkan malam2 saya makan ini tetap mantap wakakkakk

      Hapus
  5. Halo mba Endang,,salam kenal ^^..resep resepnya menggoda bingit buat dicoba,,
    seneng deh nemu blog nya mba,,sampe kadang lupa waktu mantengin terus blog mba yg satu ini,hihi

    smoga selalu dirahmati dan diberi berkah oleh Allah ya mba,,:)

    maturnuwun
    rina

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Rina, waah makasih ya Mba, thanks ya atas sharingnya dan sudah menyukai JTT. Ammiin atas doanya ya Mba, sehat dan sukses selalu juga buat mba dan keluarga ya

      Hapus
  6. hallo mba' endang, salam kenal :)
    saya pengggemar baru blog n resep2 mba' endang lho.. sejak hamil anak kedua ini saya demen bgt masak n nyoba2 resep n alhamdullilah beberapa resep mba' endang selalu berhasil dieksekusi..dengan hasil yang yummy juga..hehe.. makasih ya mba' untuk resep2nya, malam ini pengen coba yang ini, mumpung bahan2nya ada di kulkas :D

    salam hangat,
    Niar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Niar, salam kenal juga ya mba. Thanks sharingnya ya mba, dan senang sekali resep JTT disuka. Moga sukses dengan froyo-nya yaaa.

      salam manis

      Hapus
    2. Mbak' Endaaaaang.. smlem dah ku eksekusi.. apalagi smlem di Denpasar puanaaaaaaasss n geerraaah minta ampun (*pdhal daerah lain udah hujan ampe' banjir lho ya ^_^!!
      dan hasilnya maknyoooosss... Endaaaang Gurindaaaang pokoke (*lebay dikit gpp y mba' ..hahaha
      aku bikin 2 versi mba' .. yg setengah kudapan keluarga pake susu kental manis, nah yg setengah lagi utk balitaku, skm-nya ku ganti sufor mba'..hehehe..dan babyku sukaaaa n doyaaann bgt..hehe.. makasih resepnya mba'.. love u somad deh :*

      Hapus
    3. hai mba niar, wah ikutan senang saya froyo nya sukses dicoba. disini hujaaan mulu tapi saya tetap tuh bs ngabisin satu liter sendiri wakakak, apalagi saat panas2 yaaa. thanks sharingnya ya mba, sukses selalu yaa

      Hapus
  7. mbak, resepnya menggoda sekali! mbak mau nanya apa itu gak perlu ditambah air lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lidya, nggak perlu pakai air lagi ya, pakai air justru keras

      Hapus
  8. Mba.. hebat bgt sih, bener-bener menginspirasi memasak!!! padahal sekarang cewe jarang banget buat masak.. ohiya, mbak tolong dibuatkan supaya ada resep tingkatan dong, dari yang termudah sampe yang tersulit... biar kalo mau masak jadi ga perlu repot-repot cari resep hehe, thanks mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba dini, thanks ya atas sharingnyaa. Btw semua resep di JTT mudah kooook, karena saya juga gak jago2 banget masak wakkakak

      Hapus
  9. mbk, klo gak ada mixer gmn? dikostan soalnya. diaduk aja yang lama gt ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba norma, selama bisa diaduk hingga smooth dan tercampur baik, bisa kok mba

      Hapus
  10. salam kenal mba, kalau strawberynya diganti buah naga merah, terlalu kebanyakan air gak ya?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga

      buah naganya jangan diblender tetapi dicincang kasar, jadi nggak keluar air ya

      Hapus
  11. Haiii mbaaa salam kenal yaaa ...aku udah coba roti Hokkaido nyaa dan sukses ...skrg mau coba yg iniiiii...stock yogurt banyakkk scara aku jualan yogurt wkwkwk .....Thx resepnya yg smua jelas, lengkap, dan enakkkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Reny, salam kenal juga ya dan thanks ya sudah mencoba reseop JTT, senang sekali resepnya sukses dan disuka. Silahkan dicoba froyonya yaa.

      Hapus
  12. Mba, kapan2 bikin resep susu kental manis yg gampang buat pembaca blog Mbak Endang yg tinggal di LN ya hihihi^^ Kadang suka kesulitan dapet susu kental manis. Atau susu kental manis nya bisa di ganti ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, untuk resep diatas pakai saja susu evaporated yang dimasak dengan gula ya sampai kental atau pakai resep 235 air panas mendidih+400 gram gula pasir+400 gram susu bubuk full cream+55 gram mentega. Masukkan jadi satu diblender dan proses sampai smooth dan simpan di kulkas.

      Hapus
  13. Hi mba Endang, nemu blog ini dari info teman, dan langsung tertarik cobain resep ini. Semalam uda bikin, gampang bangett dan siang ini lagi menikmati hasilnya...nyammm..enak dan seger banget, asem2 strawberry bener2 nikmat. Bakalan nyobain resep lainnya next time. Thanks banget uda share resep yg gampang ini ya mbaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Moga suka dengan resep lainnya yaa

      Hapus
  14. Hi mb Endang, kl mau buat versi rasa coklat gmn ya? mst tambah apa n dikurangi apa? soalnya anakku doyan coklat bgt. Thx infonya. (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau rasa coklat berarti skip strawberrya ya. yogurt tetap dan tambahkan coklat bubuk saja mba sekitar 30 gram. Coklat bubuknya diayak dan mikser bersama yogurt dan gula ya.

      Hapus
    2. Hallo mbak, kalo versi coklat, skm-nya tetap pakai yg putih atau jadi skm coklatkah? Thanks..

      Hapus
    3. boleh keduanya mba, pakai tambahkan bubuk coklat juga supaya lebih enak

      Hapus
    4. Hai mbak, ttg si froyo coklat. Jd stlh mbak Endang jawab itu aku langsung eksekusi. Nah, berbeda dg versi stroberi yg habis dlm 2-3 hari, yg coklat ini aku gak sukses, hiks.. skm sudah pakai 1kaleng,sudah saya tambahkan sedikit gula, tp rasa asam yoghurtnya masih sangat kuat. Saya tambah dan tambah juga coklat bubuknya, gak signifikan juga buat mengurangi asam, yg ada teksturnya jadi spt fudgy gitu, huhuhu...
      Jadilah si froyo teronggok gak ada peminat, hehehe..
      Perlu tambahan apa ya mbak? Thnaks!

      Hapus
    5. Susah juga kalau yogurtnya asam banget mba, saran saya ya cuman gulanya dibanyakin ya hehehhe.

      Hapus
  15. Mbak Endang,kalo pake melon, enak gak ya?trus takeranx gimana?anakq gak suka asem soalx..jadi gak bisa pakek strawberry (padahal pengen..hix)
    Makasih banyak sebelumx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, pakai sekitar 300 atau 400 gram melon ya mba,

      Hapus
    2. Udah di coba pake melon orange,mbak..wuih,mantabzz...seger bgt..makasih ya mbak..

      Hapus
    3. hai mba Hasti, wah mantap, thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  16. salam kenal mb endang.
    Mau tanya kalau yogurt ny diganti merk chimory rasa strawberry bsa ga ya? Soal nya klau klau bli di spm bsar dsni kejauhan mba
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Deny, salam kenal juga ya. Yep bisa pakai chimory rasa strobery ya Mas, tetap enak yaaa ^_^

      Hapus
  17. Salam kenal mba endang. Resepnya oke banget lhoo..saya baru mau coba nanti malam. Tp buahnya saya ganti mangga. Susu kental manisnya satu kaleng dituang semua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Astrid, karena saya pakai stroberi yang asam maka saya pakai 1 kaleng skm, kalau pakai mangga mungkin bs dikurangi mba, karena mangga sudahh manis ya

      Hapus
  18. Sedap banget mbakkk!! Padahal cuma tiga bahan saja, jadi pengen nyoba :) semoga hasilnya bisa sebagus kayak mbak juga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mba noniq, memang mudah banget membuatnya dan pastinya sedap yaaa

      Hapus
  19. udah nyoba bikin skali...pada komentar enakkk.. ☺☺ btw kalo disimpan bisa tahan berapa lama bunda? kmaren pas bikin langsung habis.. 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya, senang sekali resepnya disuka. Bisa tahan 3 bulan di frezer ya

      Hapus
  20. mba endang..ini kedua kalinua saya mau nyoba froyo ini..yang pertama langsung habis jadi gak tau bisa tahan brapa lama..dan sekarang penasaran.. froyo ini kalo di simpan bisa tahan brapa lama ya? makasi ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Adjeng, thanks sharingnya, senang sekali resepnya disuka. 3 bulan di freezer ya mba

      Hapus
  21. Mbak, mau tanya dunk, setelah masuk freezer, yogurtnya gak perlu dimixer bolak balik seperti bikin eskrim ya??
    Makasih sebelumnya, salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu ya mba, langsung dimakan saja, kalau mau dimikser silhkan ya, tapi menurut saya begitu saja sudah lembut

      Hapus
  22. Hai mbak Endang :) thank you ya akhirnya bisa bikin froyo sendiri tanpa harus ke mall dan bisa makan sepuasnya hahahha... Pokonya sukaaaaa banget sama resep froyonya. Maacih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Afif, senang resep froyonya disuka ^_^

      Hapus
  23. mbak... buahnya kalau diganti selainya
    boleh gak ya?? hihihi
    strowberry sini mahal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Siti, yep bs ya, pakai yang agak banyak supaya warnanya cantik ya

      Hapus
  24. Terima kasih sharingnya,

    Kebetulan kemarin lihat ada jg dengan mubi ungu dan tambahan yoghurt bubuk juga lumayan rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks idenya ya, bermanfaat buat yang hendak mencoba varian rasa lainnya.

      Hapus
  25. Hi Mba Endang,

    Terima kasih utk resepnya mba. Mba kalau sy mau bikin plain froyo, apa takarannya ada yg perlu dirubah? Kira2 sy perlu tambahkan vanilla extract gak ya mba?

    Terima kasih sblm nya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, plain froyo berarti hanya yogurt dibekukan dong ya, kalau vanilla extract bersifat perasa jadi sesuai selera saja mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...