23 Desember 2011

Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread


Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread

Hidup sehat dengan mengudap makanan yang kaya serat, minim gula dan lemak ternyata sama sekali tidak sulit dan menyakitkan. Bahkan terasa sangat lezat! Itu jika makanan yang anda kudap adalah roti soda ala Irlandia yang so delicious ini. Bahan utama penyusunnya adalah tepung gandum utuh, yogurt dan oatmeal, menjadikan hidangan ini kaya akan serat dan zat gizi yang baik bagi pencernaan dan tubuh kita. Irish bread ini pas sekali untuk mengganjal perut di pagi hari bersama segelas susu atau teh hangat dan perut anda tetap terasa kenyang hingga jam makan berikutnya tiba. Ketika saya membuat roti ini jam di dapur telah menunjuk pukul sembilan malam, walaupun begitu tanpa ragu-ragu begitu keluar dari oven saya langsung mencomotnya, menyobeknya dan memasukkannya ke mulut. Awalnya untuk mencoba karena penasaran dengan rasanya, tapi begitu beradu dengan lidah satu buah roti pun habis saya sikat tanpa ragu. Yummy!

Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread
Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread
Sebenarnya Irish Bread ini adalah sejenis quick bread, yaitu jenis roti yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan ragi sebagai bahan pengembang.  Bahan pengembang yang umum digunakan adalah baking soda atau baking powder, karena itu Irish Bread ini sering disebut juga dengan soda bread. Sesuai dengan namanya roti ini berasal dari Irlandia walaupun kemudian Amerika mengklaim jika mereka sebagai penemunya. Roti dengan menggunakan soda pertama kali diperkenalkan di awal tahun 1800-an dan secara langsung diasumsikan bahwa mereka yang tidak memiliki oven dapat membuat soda bread, walaupun dalam kenyataannya saat itu tidak ada satu orang pun yang telah memiliki oven. Mereka memasak roti dengan menggunakan alat yang disebut bastible, yaitu sebuah panci besi besar lengkap dengan penutup yang diletakkan diatas bara atau api. Bahan pengembang dari soda begitu populer karena memiliki keuntungan yaitu bahan ini tidak mudah rusak dan harganya pun sangat murah.

Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread

Traditional Irish Bread Soda yang asli hanya menggunakan bahan-bahan seperti tepung gandum, oatmeal, dan susu, tanpa mentega. Dalam perkembangannya bahan lainnya seperti biji-bijian, buah kering, mentega ditambahkan ke dalamnya walaupun kemudian roti yang telah mengalami modifikasi ini dinyatakan bukan Irish Bread Soda yang asli. Dalam proses pembuatannya untuk menghasilkan roti yang lembut, mengembang dan ringan maka adonan harus diperlakukan selembut dan seminimal mungkin. Bahan-bahan harus di campur menjadi satu kesatuan dengan perlakuan yang sesedikit mungkin. Semakin lama dan sering kita mengaduk atau menguleni adonan maka roti yang dihasilkan akan menjadi lebih keras. Tradisional Irish Bread Soda tidak memerlukan ulenan sama sekali, cukup dengan sentuhan ringan hanya supaya bahan-bahan menyatu.  

Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread

Adonan lantas dibentuk menjadi piringan bulat dan dengan menggunakan pisau atau spatula dibuat irisan menyilang pada permukaannya. Tujuan dari tanda silang ini adalah agar panas oven bisa masuk ke bagian tertebal dari roti sehingga membantu dalam proses pemanggangan. Selain itu juga membuat tampilan roti menjadi merekah cantik ketika keluar dari oven. Jika anda suka dan agar roti ini lebih kaya akan gizi dan rasa maka biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu atau kacang-kacangan dan buah kering seperti mete, walnut, macadamia, kismis, dan kurma juga bisa dimasukkan ke dalamnya. Secara keseluruhan, Irish Soda Bread ini sangat mudah dibuat dan tentunya sangat sesuai untuk mereka yang sedang 'berusaha' berdiet seperti saya.  ^_^

Berikut resepnya ya. 


Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread


Roti Soda ala Irlandia
Resep diadaptasikan dari web My Recipes.com - Irish Brown Bread

Untuk 4 buah roti ukuran diameter + 10 cm 

Bahan:
- 65 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 120 gram tepung gandum utuh
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok makan mentega dingin dari kulkas
- 50 gram quick cooking oatmeal/oatmeal instan
- 230 gram yogurt tanpa rasa (lebih bagus jika rendah lemak)
- Susu cair (jika diperlukan)


Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 165'C. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering, alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.


Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread


Dalam mangkuk besar masukkan tepung terigu, tepung gandum, gula, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk rata. 


Masukkan mentega beku, dengan menggunakan pisau pastry cacah tepung dan mentega hingga mentega menjadi berbutir-butir kecil seukuran kedelai. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan garpu atau dua buah pisau. Tambahkan oatmeal, aduk rata dengan spatula.

Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread

Masukkan yogurt aduk hingga adonan tercampur baik, adonan yang terbentuk pekat, menggumpal dan mudah untuk disatukan. Jika kondisi adonan sebaliknya, artinya tercerai berai, kering dan sulit untuk digabungkan menjadi satu maka tambahkan sesendok demi sesendok susu cair dengan menggunakan sendok teh. Jangan berlebihan menambahkan susu cair, begitu adonan lembab dan bisa disatukan segera hentikan menambahkan susu. 


Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread


Taburi meja kerja atau talenan dengan sedikit tepung terigu, tuangkan gumpalan adonan ke atas taburan tepung. Lumuri permukaan tangan anda dengan tepung, kemudian tepuk-tepuk adonan dengan gerakan ringan hingga adonan menyatu dan membentuk piringan bulat. Jangan berlebihan bekerja pada adonan.


Resep Roti Soda ala Irlandia - Irish Brown Bread


Bagi menjadi 4 bagian yang sama besarnya. Kemudian bentuk menjadi piringan bulat yang lebih kecil pada masing-masing potongan adonan. Iris permukaannya membentuk tanda silang. Tata di loyang yang telah disiapkan dan panggang di oven selama 30 -40 menit atau hingga permukaan roti mulai berwarna coklat keemasan. 

Ketika matang roti akan mengembang, merekah dan terasa empuk dengan rasa manis yang pas. Mantap disantap dengan olesan mentega, selai atau seperti saya hanya dimakan begitu saja dengan segelas susu. Yummy!


Sources: 
My Recipes - Irish Brown Bread



9 komentar:

  1. Huaaaaaaa Mba, sy coba bikin resep ini krn menurut sy cukup tdk merepotkan membuatnya, tp sth jadi ternyata tdk mengembang dan kerasnya minta ampyuuunnnn (rasanya buat timpuk org bisa benjol wkwkwk...)sy ga tau nih salahnya dimana:apa krn sy masukkan yogurtnya dlm keadaan msh setengah dingin (dari kulkas) atau krn sy tdk menggunakan baking soda (krn di rmh tdk ada)tp sy dobel-in porsi baking powdernya yg dobel acting. Selebihnya sy mengikuti cara2 pembuatan spt yg mba tulis. Sedih deh liatnya, padahal udah ngiler bgt liat gambar di atas tuh.... Akhirnya roti sodaku berakhir di tong sampah :(
    Salam, Juliet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kunci utama roti ini adalah jangan bekerja berlebihan pada adonan, jadi tidak diuleni sama sekali hanya ditepuk2 saja agar menyatu. Bekerja berlebihan maka roti akan bantat. Gunakan mentega dingin yang keras, ketika mencampur mentega jangan sampai membuat mentega hancur tetapi berbutir2, ini akan membuat roti menjadi remah dan empuk. Jangan menambahkan susu banyak2, fungsinya hanya menyatukan adonan yang tercerai berai bukan membuatnya menjadi basah berlebihan. Dan tentu saja sesuai namanya maka gunakan baking soda bukan hanya baking powder. Baking soda bertemu dengan yogurt yang asam akan menghasilkan tekstur yang empuk. Selamat mencoba! ^_^

      Hapus
  2. Siap mba, thx a lot atas infonya. Nanti kapan2 aku mau buat lagi dgn tips2 dari mba.

    BalasHapus
  3. postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang roti soda ala irlandia irish brown.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih ya atas komentarnya, silahkan dicoba lho ^_^

      Hapus
  4. Mbak ijin contek resepnya buat dicoba Makasih ;)
    -Lia-

    BalasHapus
  5. hi mbak, salam kenal
    kebetulan banget tadi pagi liat resep ini di acara kitchen hero, donal skehan :)
    -hani

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba hani, salam kenal ya. moga suka dengan resepnya yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...