14 April 2012

Resep Tahu Bakso


Resep Tahu Bakso

Minggu lalu, saya bersama keluarga besar berkumpul di Semarang, di Ungaran tepatnya untuk menghadiri pernikahan salah satu keluarga. Perjalanan panjang dengan mobil dari Jakarta sejak pukul 2 malam penuh dengan kisah mengharu biru. Salah sekiannya adalah cincin dan mas kawin mempelai yang masih tertinggal di Jakarta sementara kami telah mengarungi perjalanan 7 jam hingga Cirebon. Handphone saya yang hilang di lobi hotel tempat kami menginap di Semarang dan segala kesibukan serta keruwetan lainnya yang membuat energi seakan tersedot habis. Badan ini yang memang telah terasa tidak enak saat berangkat semakin parah terserang flu ketika tiba kembali di Jakarta. 

Namun semua itu tidak menyurutkan langkah saya untuk memborong sekantung besar makanan khas Ungaran yang cukup kondang, yaitu tahu bakso Bu Pudji. Walau tahu bakso Bu Pudji bukan lah makanan baru bagi saya, namun request teman-teman kantor membuat saya akhirnya mampir sejenak di toko jajanan Bu Pudji untuk membeli beberapa kotak tahu bakso yang alamak beratnya.^_^

Resep Tahu Bakso
Tahu bakso versi Bu Pudji
Resep Tahu Bakso

Tahu bakso merupakan makanan yang terbuat dari sepotong tahu goreng yang di dalamnya dijejalkan adonan bakso. Tahu berisi adonan bakso ini lantas di rebus hingga matang dan digoreng untuk kemudian disantap bersama dengan cabai rawit yang pedas. Rasa tahu yang asin memang mantap bersanding dengan isi bakso  yang gurih, membuat anda ketagihan untuk terus dan terus menyantap setiap potongnya. Terus terang sekotak tahu bakso berisi 10 buah ini sanggup saya sikat sendiri dalam satu kali kesempatan. Tobat! Kelebihan tahu bakso Bu Pudji adalah kualitas bahan yang digunakan mulai dari tahu yang dipakai hingga adonan bakso di dalam tahu yang terasa sangat sedap. Sesuai dengan klaim di kotak pembungkusnya, tahu bakso ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali sehingga tidak tahan lama. 

Resep Tahu Bakso

Sebenarnya makanan bernama tahu bakso sudah sering saya buat di rumah, karena sejak masa kuliah di Jogya sepuluh tahun yang lalu, makanan ini telah menjadi kudapan wajib di Jogya. Tentu saja kualitas tahu bakso di Jogya tidak sama dengan di Ungaran milik Bu Pudji, namun jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah maka anda bisa menggunakan bahan terbaik dengan komposisi yang pas untuk menghasilkan tahu bakso yang mantap. Anda bisa menggunakan tahu putih yang digoreng sendiri atau seperti saya di resep ini menggunakan tahu Sumedang yang saya beli di supermarket. Uleni daging cincang yang digunakan hingga serat daging tidak terlihat sama sekali. Jika anda memiliki food processor atau blender maka masukkan saja semua bahan bakso ke dalamnya dan proses hingga halus. Adonan bakso ini siap untuk di jejalkan ke dalam tahu yang telah digoreng. 

Resep Tahu Bakso

Tahu bakso selain sedap di makan begitu saja juga lezat jika disantap bersama dengan kuah bakso yang gurih. Jika anda tertarik dengan resep tahu bakso beserta kuahnya, saya pernah menulis mengenai artikel ini di Tahu Bakso Sehat Berkuah. Anda bisa klik disini untuk melihat resep dan proses pembuatannya. 

Berikut ini resep tahu bakso yang saya modifikasi sendiri resep dan proses pembuatannya.

Resep Tahu Bakso

Tahu Bakso
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 25 - 30 buah tahu bakso 

Bahan:
- 25 - 30 buah tahu goreng atau tahu pong atau tahu Sumedang ukuran 3 x 3 cm, iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung
- 350 gram daging sapi giling
- 350 gram daging ayam giling
- 200 gram tepung sagu
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 1 batang daun bawang, cincang halus (optional)

Bumbu, haluskan:
- 8 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 1/2  sendok teh merica butiran
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok makan garam (sesuai selera)

Air untuk merebus tahu bakso:
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1/2  sendok makan garam
- 2 1/2 liter air

Cara membuat:

Resep Tahu Bakso

Siapkan mangkuk masukkan daging sapi, daging ayam, daun bawang dan  bumbu halus. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan serat-serat daging tercerai berai atau tidak menggumpal lagi. Masukkan telur, uleni hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang smooth. Cicipi rasanya.

Jika anda menggunakan food processor atau blender maka masukkan semua bahan bakso dan bumbu ke dalam alat dan proses hingga halus dan lumat. 

Masukkan satu sendok makan adonan bakso ke tengah tahu yang telah diiris hingga terbuka, jejalkan adonan dengan ujung-ujung jari hingga padat dan mengisi rongga tahu. Keunggulan menggunakan tahu pong/tahu Sumedang adalah rongga yang cukup besar di tengah tahu membuat kita mengisi adonan hingga maksimal. 

Resep Tahu Bakso

Siapkan panci, beri air dan bumbu untuk merebus tahu bakso. Rebus hingga air mendidih. Masukkan tahu yang telah diisi adonan ke dalam air mendidih. Rebus hingga tahu mengapung dan matang. Angkat tahu menggunakan saringan kawat dan tiriskan. 

Sebenarnya dalam kondisi seperti ini tahu telah bisa disantap, namun jika anda ingin permukaan tahu yang lebih garing maka goreng tahu dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan. Angkat dan sajikan panas-panas dengan cabai rawit. Mantap!



39 komentar:

  1. Disantap anget anget di waktu hujan, ehmm....nyam nyam ni mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yepp, tambah cabai rawit tambah nyam nyammmmm hehehe

      Hapus
  2. Wahahaha.. saya orang Ungaran tapi belum pernah nyobain.. #jadi penasaran b^_^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, yepp ayo ayo di coba. Yah,,, nggak sehebat punyanya Bu Pudji sihh hehehe

      Hapus
  3. mbak, setelah adonan baksonya dimasukin ke tahu, trus di masukkin ke air mendidih tuh apinya dimatiin dulu gak ya???kalo apinya gak mati , nanti baksonya apa bisa kenyal(berdasar resep mbak tentang bakso kenyal, kan api dimatiin dulu setelah air mendidih, baru bakso dimasukkin ke air).
    Trus mbak, udah pernah nyoba di kukus pa belum?bisa mateng gak ya..????
    Btw, blognya bagus banget mbak.....thanks for sharingnya yaaa...salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal juga. Kalau untuk tahu bakso ini nggak, prosesnya gak sama seperti saat saya membuat bakso. Kalau mau coba pakai cara membuat bakso yang kenyal, bisa ditrial tuh, karena kalau tahu bakso ini memang tekstur baksonya kurang kenyal ya. Sudah pernah dikukus, mateng juga kok, biasanya saya pakai cara kukus, yang ini mau coba teknik lainnya. ^_^

      Hapus
  4. Nanya mbak memangnya yang tahu bakso bu pudji itu ada daging ayamnya atau ada campuran daging ayam seperti yang diserep mbak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, hmm saya rasa itu rahasia dapur Bu Pudji ya, hanya beliau yang tahu. Untuk resep diatas adalah resep modifikasi ala saya ya.

      Hapus
  5. Hallo mba, mau tanya, kalo dikukus aja, rasa ato teksturnya sama gak ya ky direbus? Makasih ya resepnya, suamiku sukaaa bgt sama tahu baso, sering beli diluar. Aku pgn bikin sendiri biar g jajan diluar suamiku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fenti, sama saja Mba, kalau rebus air rebusan bisa dikasih bumbu juga supaya meresap di kulit tahu. Tapi kalau pakai tahu goreng sendiri yang sudah dibumbui, maka dikukus jjuga oke kok. ^_^

      Hapus
  6. melanjutkan jawaban untuk mbak fenti, mbak bilang kalau air rebusan bisa dikasih bumbu juga mbak agar meresap ke kulit tahu. boleh tau mbak bumbunya apa? apa cuma pake bawang putih dan garam aja sprti resep mba? trimakasih ya mbak :)

    BalasHapus
  7. hi mba saya orang ungaran nih , penyuka tahu baxo bu puji juga, sejak sma malah ... anak nya bu puji ini teman sma saya, dulu usaha nya dimulai dengan anak2 nya menjajakan tahu baxo di kelas2 saat istirahat, butuh bertahun2 untuk jadi sukses n terkenal seperti sekarang ini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indi, yep sama, saya juga maniak banget sama tuh tahu, kebetulan adik ipar saya rumahnya Ungaran jadi sering banget dapat oleh2 tahu ini. Waduh sekotak bisa saya habiskan sendiri wakakka. thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  8. numpang tanya mbak Endang, kalo tahu bakso bu pudji sendiri itu pakai tahu jenis apa ya?

    saya dapat info dari link di bawah ini katanya pakai tahu kuning, apa iya? mohon penjelasannya. terima kasih sebelumnya

    http://www.tabloidnova.com/Nova/News/Peristiwa/Bu-Pudji-Rahasia-Citarasa-Istimewa-Tahu-Bakso/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Wira, sayang sekali saya kirang tahu jenis tahu yang dipakai Mba, kemungkinan tahu kuning ya, tahunya padat dan rasanya beda dengan tahu umum di pasar.

      Hapus
    2. Tahu yg dipake tahu bakso bu pudji org jawa biasanya sebut tahu magel.. bukan tahu kuning.. tahu coklat seperti tahu pong tp dalamnya lbh padat.

      Hapus
    3. thanks mba sari, agak susah cari tahu seperti bu puji di jakarta hehehhe

      Hapus
  9. Halo mba endang, wahh seneng bgt deh intip2 blog mba endang, resep ny muantabb2 :-D udh coba bbrp resep kluarga q pd suka, enak ktny masakan ku ^^ pdhl q jrng bgt mau otak atik dapur, tp kl abis bc blog ini rasany semangat masak ny
    Menggebu2 ^^ , oh y mba mau tny , kl pakai tahu pong, itu tahu ny digoreng dlu atau gmn y? Sy prnh liat tahu pong d supermaket itu putih y , tp kl seacrh di intenet tahu pong coklat gtu ky tahu sumedang :-D , btw tahu bakso ini tahan brp lama y mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tahu pong langsung dipakai saja ya Mba, kan tahu sudah digoreng ya? Kecuali tahu pong mentah, jadi harus digoreng dulu dengan minyak banyak supaya mengembang dan kopong tengahnya.

      tahan lama di freezer, saya suka bikin banyak dan bekukan di kulkas sampai 1 bulan, kalau mau makan tinggal kukus/microwave bentar. kalau di chiller 3 hari kali ya.

      Hapus
  10. Saya mw tanya mbak saya beli tahu bakso basah dgn tahu'a putih di toko dn pnjual'a blng hnya tahan 12 jam, apkh bnr yaa mba? Sbnr'a tahan brp lama yaa?dan apkh ada tanda2 jika tahu bakso trsbut tdak bisa dimkn lg? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gak tahan lama, bahkan dengan tahu digoreng pun gak bisa sampai 24 jam, jadi dengan tahu putih saya rasa akan lebih pendek waktunya. Biasanya berlendir ya

      Hapus
  11. Mbak Endang, Disini sulit dapet tepung sagu. Klo diganti tepung tapioka alias kanji aja bisa kah? Perbedaannya bgmn ya klo pakai tepung kanji..? Makasih.. :)

    -mimi-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mimi, berdasarkan komentar pembaca yang cukup tahu tentang hal ini tepung tapioka/kanji hasilnya lebih keras dibandingkan sagu. tapi tetap bisa kalau mau diganti ya

      Hapus
  12. Wah Mbak Endang pernah berkunjung ke Ungaran? saya asli Ungaran loh, dan tahu bakso Bu Pudji memang terkenal disini meskipun banyak juga tahu tahu bakso yang lain. Saya bisa minta alamatnya mbak, jika mbak berkenan akan saya kirimin tahu bakso versi yang lain yang katanya juga udah terkenal di Jakarta *itung2 sebagai ucapan terima kasih atas post2 resep mbak di blog ini :D, bisa dikirim ke email saya ya Mbak, brigita_saptaningtyas@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Tyas, adik ipar saya kebetulan orang Ungaran, jadi setiap kali adik saya Tedy pulang dari sana selalu membawakan oleh2 tahu bakso Ungaran, dan mereka memang suka dengan yang Bu Pudji punya.

      Tapi saya pernah makan yang bukan merk Bu Pudji dan rasanya maknyus juga hahhaha.

      Thanks atas tawarannya yang manis ya Mba Tyas, jadi terharu. Tapi saya rasa pasti akan sangat merepotkan ya. Sukses untuk Mba ya

      Hapus
  13. Mbak mau tanya, kalo menurut pendapat mbak pribadi lebih enak d kukus atau d rebus ya? Makasih resepnya ya mbak, mau nyobain nih.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ina, saya suka direbus ya, karena air rebusan bs ditambahkan garam supaya rasa tahunya lebih asin hehehhe. hanya saja kadang kalau rebus resikonya isinya suka lepas dr tahunya

      Hapus
  14. Hallo mbak kalo saya ganti daging sapinya pake dagingnya pake daging ayam (jadi kompisisinya daging ayam semua) gimana mbak. Soalnya daging sapi lumayan mahal kan (mak2 hemat...he...he...he.. :) ).
    Apa komposisi sagunya berubah?
    Ohya klo saya pake blender gak perlu tambah pake es batu kan ya mbak untuk memblendernya?
    Makasih ya resepnya.....

    _mahirah_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mahirah, bs pakai ayam semua mba, gak masalah kok, kalau mau teksturnya oke dan kenyal coba pakai resep bakso ayam spesial saja, Saya udah coba hasilnya maknyusss hehhe

      http://www.justtryandtaste.com/2014/11/bakso-ayam-spesial.html

      tetap pakai es batu untuk memblendernya ya.

      Hapus
  15. Hai mbEndang, saya sudah mencoba resep 1/2kg daging ayam, 1/2kg daging sapi super, tepung sagu saya kasih 3ons, telur bebeknya 2 n bumbu rempah2 standart, bawang, mrica garam.tapi hasilnya waduh rasanya kurang nendang.saya pikir rasanya kayak tahu bakso keliling, biasa ditempat saya orang menyebut bakso ojek:(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mukayah, kalau mau nendang rasanya, pakai tepugnya sedikiiiit saja hehehe. 1 kg daging pakai tapioka sekitar 4 s/d 5 sendok makan saja, pasti oke hasilnya.

      kalau tahu bakso diatas kayanya yang versi ekonomis yaa wakakka

      ini resep tahu bakso lainya ya mungkin sesuai selera Mba:

      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/tahu-bakso-spesial.html

      Hapus
  16. Mbak, kenapa ya resep tahu bakso selalu campuran daging sapi dengan daging ayam? Kalo daging sapi aja bagaimana? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya irit dan murah ongkosnya hehheh, jadinya banyak dan biaya murah. Pakai daging sapi saja tentu boleh2 saja ya.

      ini resep tahu bakso lainnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/tahu-bakso-spesial.html

      Hapus
  17. halo mbak endang, aku mau tanya. Kenapa isian baksonya jd kempus gitu ya gak padet? Apa mungkin ada bahan yang saya masukin kelebihan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang banyak isinya mungkin, atau sebaiknya tahunya jangan pakai yang tahu kopong dan bagian dalam tahu tdk perlu dikeluarkan

      Hapus
  18. halooo mbak , ini udh aku cobaaa . enak kata suamiku sama keluargaku , cman kok banyak air ya tahunya mbak ? aku pake tahu biasa . makasi mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahu basah bisa karena air kukusan naik kala menddih dan merendam tahu. jangan isi air kukusan kebanyakan

      Hapus
  19. Maaf mau tanya, utk menghaluskan daging sapi misal pake blender biasa itu bisa tidak ya? Trimakasih jtt

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...