18 Februari 2014

Sup Ayam Asam Pedas - Chinese Hot and Sour Chicken Soup



Ada ratusan cara mengolah sup ayam, aneka resep sup pun beredar baik di internet maupun di buku-buku masakan. Mulai gaya Western atau Asia, semua tentu saja memiliki ciri khas masing-masing. Saya sendiri sudah sering menampilkan resep sup ayam di JTT karena hidangan berkuah praktis dengan rasa segar ini merupakan makanan kegemaran saya. Biasanya saya membuatnya dalam jumlah banyak, menggunakan satu ekor ayam utuh dengan tambahan aneka sayuran seperti wortel, jamur, jagung manis, buncis, kubis atau kapri manis dengan banyak rajangan daun bawang di dalamnya. 

Sup lantas saya masukkan ke kulkas dan disantap untuk beberapa hari dengan memanaskannya sebentar di microwave, walau biasanya sih hanya dalam dua hari saja sepanci sup habis saya sikat sendiri. Jadi bisa anda bayangkan hari-hari saya mulai dari makan pagi dan makan malam penuh dengannya. Untungnya saya bukan tipe yang rewel dan cerewet soal makanan, anda mungkin bergidik jika harus menyantap makanan yang sama secara estafet seperti ini, namun bagi saya nyaman-nyaman saja di lidah. Nah buat anda yang malas jika harus memasak sayur dan lauk secara terpisah mungkin varian sup gaya Chinese ini bisa menjadi pilihan. Rasanya pedas, sedikit asam dan segar. Supaya lebih kenyang anda bisa juga menambahkan beberapa butir kentang di dalamnya. Mudah dan super praktis. ^_^


Sup asam pedas merupakan sup a la China yang diklaim sebagai makanan asli daerah Beijing dan Sichuan. Umumnya makanan ini berbahan dasar daging, dan sering kali mengandung bahan lain seperti kuntum bunga day lily, jamur kuping, rebung muda, dan tahu. Biasanya sup dibuat sedikit pedas dengan menambahkan bubuk cabai dan merica. Rasa asam dibuat dengan menambahkan cuka atau vinegar ke dalamnya. Ciri khas lainnya selain rasa yang pedas dan asam adalah kuah sup yang dikentalkan dengan menggunakan tepung maizena. 

Sebenarnya tidak ada bahan pakem dan pasti dalam sup asam pedas ini, selayaknya sup lainnya anda bisa menggunakan aneka jenis daging dan sayuran yang tersedia di kulkas. Saya memilih menggunakan daging ayam karena mudah diempukkan dengan cara direbus di panci dalam waktu singkat dan harganya tentu saja jauh lebih murah dibandingkan daging sapi. Jika anda ingin menggunakan daging sapi sebagai proteinnya maka iris daging setipis mungkin, ini membuat daging cepat empuk kala direbus dalam kuah sup. 


Sayuran yang kali ini saya gunakan adalah jamur shiitake kering, jamur champignon, wortel, kubis, dan daun bawang. Rajang semua bahan sayur ini dalam ukuran kecil. Untuk jamur shiitake kering, bagi anda yang tidak tahu cara mengolahnya maka prosesnya sangat mudah. Rendam jamur di dalam air dingin hingga mengembang dan lunak, peras jamur dan rajang tipis-tipis. Air rendaman jamur sebaiknya tidak anda buang karena aromanya yang unik dan bernutrisi, jadi selamatkan air rendaman ini dengan memasukkannya ke dalam kuah sup. Tidak ada jamur shiitake kering? Anda bisa menggunakan versi segarnya, sayangnya tidak semua orang suka dengan aroma jamur shiitake segar yang mirip-mirip dengan bau jengkol atau petai. Untuk sup, saya sendiri memilih versi jamur shiitake keringnya karena terasa kenyal dan aroma anehnya pun lenyap. Jika tidak ada jamur jenis ini anda bisa menggunakan jamur jenis lainnya seperti champignon, jamur tiram, jamur kancing kalengan atau jamur merang, sedap juga sebagai pengganti. 
 

Agar warna sup lebih semarak, merah kecoklatan seperti yang saya sajikan maka pasta tomat atau tomato puree lebih oke dibandingkan dengan saus tomat. Dengan hanya 1 sendok makan pasta tomat seperti yang saya pakai maka rasa asam dalam kuah telah tercipta dan warnanya pun lebih menarik. Jika tidak ada anda bisa menggunakan saus tomat botolan, tentu saja dengan takaran yang lebih banyak. Pasta atau puree tomat seperti ini biasanya di jual di supermarket dalam bentuk kemasan kalengan. Nah kendalanya jika menggunakan kemasan seperti ini adalah pasta susah untuk disimpan dalam jangka panjang jika kaleng telah dibuka. Biasanya saya akan memasukkannya ke dalam botol bekas selai seperti gambar di atas dan simpan di kulkas. Pasta bisa bertahan lama dan anda bisa menggunakannya di dalam masakan yang menuntut untuk menggunakan saus tomat di dalamnya. Selain dari pasta tomat, rasa asam juga tercipta dari air perasan jeruk nipis. Umumnya hot and sour soup menggunakan rice vinegar namun menggantinya dengan jeruk nipis menurut saya memberikan rasa yang lebih segar dan tentunya lebih sehat.


Okeh, tidak ada yang sulit dalam membuat masakan ini. Semua bahan cukup direbus dalam kuah hingga matang dan pada bagian terakhir anda bisa memasukkan telur kocok dan membuatnya menjadi serabut yang cantik. Untuk serabut telur ini ada tipsnya, masukkan telur kocok ke dalam kuah mendidih, tunggu selama 2 - 3 detik agar telur sedikit mengeras, kemudian dengan sendok sayur aduk perlahan hingga terbentuk serabut. Mengaduknya dengan cepat dan kuat atau terburu-buru saat telur belum mengeras akan membuat serabut enggan terbentuk, yang terjadi adalah telur menjadi hancur dan membuat sup kurang cantik. 

Berikut resep dan proses pembuatannya ya. 



Sup Ayam Asam Pedas - Chinese Hot and Sour Chicken Soup
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 - 6 porsi 

Tertarik dengan resep sup ayam lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Sup Ayam dengan Jagung Manis, Wortel, Kacang Polong dan Jamur Merang
Chicken Pot Pie: Sup Ayam dalam Kulit Pie nan Renyah

Bahan:
- 1/2 ekor ayam negeri, bersihkan dan biarkan utuh 
- 3 buah jamur shiitake kering rendam dengan 300 ml air
- 300 gram kubis, cincang kasar
- 1/2 batang wortel, potong korek api
- 5 buah jamur champignon, rajang kasar 
- 2 butir telur, kocok lepas dengan garpu
- 2 batang daun bawang, rajang halus 
- 2 liter air 

Bumbu:
- 6 siung bawang putih cincang halus
- 2 ruas jari jahe, cincang halus
- 1 sendok makan saus tiram
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 1 sendok makan pasta tomat/tomato puree (atau 3 - 4 sendok makan saus tomat botolan)
- 1 1/2 sendok teh bubuk cabai  
- 1 sendok makan kecap asin 
- 1 sendok makan gula pasir
- 2 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 butir jeruk nipis, peras airnya 
- 2 sendok teh kaldu bubuk 
- 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:


Siapkan ayam, gosok permukaan kulit ayam dengan garam hingga bersih, kesat dan terlihat kinclong. Cara ini ampuh untuk membasmi bau yang menempel di ayam. Cuci ayam hingga bersih. 

Siapkan 1 liter air di panci, masak hingga mendidih. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan dan dibiarkan utuh. Rebus dengan api kecil hingga ayam menjadi empuk dan kaldu keluar ke dalam kuah. Tusukkan garpu di bagian dada ayam untuk mengecek apakah ayam sudah empuk atau belum. Matikan api kompor.  

Angkat ayam dan sisihkan air kaldunya. Kita akan menggunakannya untuk membuat sup. Potong-potong ayam dan suwir-suwir dagingnya menjadi potongan kecil. Sisihkan. 


Selama ayam direbus, kita siapkan dulu jamur shiitakenya. Cuci jamur di air mengalir, siapkan mangkuk kecil, masukkan jamur shiitake dan 300 ml air. Rendam jamur hingga lunak. Peras airnya. Jangan buang air perasan dan rendaman jamur, kita akan menggunakannya untuk kuah sup, karena rasanya yang lezat dan bernutrisi.


Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum dan kekuningan. Masukkan wortel dan kubis, aduk dan tumis hingga daun layu. Tambahkan jamur, aduk rata hingga jamur layu dan setengah matang. Angkat tumisan sayur dan tuangkan ke dalam panci berisi air kaldu bekas merebus ayam. Tambahkan 1 liter air panas, masak hingga kuah mendidih.  


Masukkan semua bumbu lainnya (saus tiram, saus sambal, pasta tomat, minyak wijen, kecap asin, merica, cabai bubuk, garam, gula, kaldu bubuk jika pakai dan air jeruk nipis), aduk rata. Tambahkan kocokan telur ke dalam sup yang mendidih, jangan langsung diaduk, biarkan 2 -3 detik hingga telur mengeras kemudian aduk perlahan dengan spatula hingga telur berbentuk serabut. 

Note: tips membuat telur berserabut adalah memberikan waktu telur untuk mengeras sebelum diaduk dan jangan mengaduk telur kuat-kuat saat belum terbentuk serabut.


Tambahkan larutan maizena, aduk perlahan hingga kuah mengental, cicipi rasanya. Sesuaikan garam dan gula. Biarkan sup mendidih dengan api kecil, taburkan daun bawang di permukaan sup, angkat dan siap disajikan. Yummy!

Source:
Wikipedia - Hot and Sour Soup



33 komentar:

  1. waduhhhh mb aku cinta mati sm blognya mb endang bnyk menginspirasiku dlm hal sak masak hehe tiap mlm rutinitas sblm tidur selain gosok gigi ngintip JTT dulu bikin dftr menu buat masak bsk pagi hehe biar ga itu2 aja ..oh ya mb klo jamur dganti brokoli trs dkasih kacang merah kapri enak ga ya mb? minggu ini harus bin kudu bikin nih resep mumpung cuaca mendukung bgt doain sukses yo mb
    makasih mb "Jayalah selalu diudara mb" ^,^
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yeni, wah senang sekali resep2 di JTT banyak menginspirasi ide memasak, memang paling mumet itu menentukan menu apalagi kalau harus berganti2 yaaa, wakakka.

      jamur bisa diganti brokoli, pakai kapri dan kcang merah enak2 saja kok mba. memang tepat untuk cuaca mendung. Sukses yaa! ^_^

      Hapus
  2. Mba Endang,
    Sepertinya enak banget itu mba..nah mba kan buatnya banyak tuh..gimana kalau kasih aku sedikit yang ini..ha ha ha....biar aku bantuin ngabisinnya..
    Lihatnya saja ngiler mba...sudah terbayang rasanya yang asam pedas yummy itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Monic, hahhahah, saya habiskan dalam 2 hari, dibawa ke kantor buat makan siang, malam disikat lagi huaaa, hari2 dengan sup. yepp seger mba dan gak perlu makan lainnya, jadi bs buat diet juga wakakka.

      Hapus
  3. mbak, kalau bubuk cabe nya diilangin mempengaruhi rasa ga? atau bs diganti yg lain? tr weekend mau nyoba nih :P bubuk cabe gitu cari dmn sih mbak? thx b4 (yani)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yani, nggak papa2 mba, skip saja, bs pakai irisan cabe rawit atau saus sambal botolan. oke2 saja kok. bubuk cabai di supermarket dibagian bumbu bubuk, banyak kok hehehheh

      Hapus
  4. mb endang aku udh nyoba sore td pas lg ujan hasilnya uenyaaaak trs seger tp aku skip cabenya biar anakku mau eh ternyata seneng dia mb tp pas bikin ada aneh waktu ngasih tepung maizena kok ga kental2 aku kasih dikit2 kok msh tetep aku tmbhin lg maizenanya kok tetep encer wahhhh firasatku udh mulai galau nih aku liat trnyt tepung terigu mb hahaha haduhhh piye to iki..tp untung rasanya ttp uenyakk mb..makasih mb
    "jayalah selalu diudara " hehe
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yeni, thanks sharingya ya, senang sekali resepnya disuka. memang enak banget disantap pas hujan2 wuiih ngiler dot com wakakkak. Pakai terigu tetap enak kan ya Mba rasanya ehhehhehe

      Hapus
  5. Mba endang kal puree tomat di skip gimana? Pengen bikin bahan udah ada smua tingal tomat aja hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Putri, skip saja puree tomatnya Mba, gak papa kok.

      Hapus
  6. Mb..kalo gak paket jamur rasanya berubah gak ya....susah nyarinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan skip saja mba dinda, gak akan merubah rasa ya.

      Hapus
  7. Mba Endang, pake bubuk cabe merk apa..? Saya belum pernah pake bubuk cabe jd belom tau yg kualitas nya oke merk apa.. :) Makasi Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya biasanya pakai gak pakai merk ya, sudah dalam bentuk bungkus2 kecil di supermarket, gak ada merknya wakakka.

      Hapus
  8. Siang ini bikin sop ayam asam pedas ini.. rasanya mantep Mba.. ^^ - Nana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nana, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  9. mbak kalau jamurnya pakai jamur kuping saja bisa ndak mbak? terima kasih

    BalasHapus
  10. waaahhh,mba endang...jadi inget waktu msh kerja di chinese food...sukaaaa bgt sm sup yg satu ini....kalo pas satu satu shift sm manajer yg baik hati beliau akan suruf chef in charge utk bikin sup ini utk dimakan ramai2.....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah seru banget menyantap sup ayam ramai2, jadi ngiler wakkaka. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
  11. Duh saya ngiler2 ngeliat artikel ini.. Apalagi sekarang sedang program kurangin berat badan.. perbanyak artikel tentang jamur lagi mba endang. Terutama enoki karena murah dan lezat. thanks untuk artikelnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nosa, yep sup ini mantap buat diet, mengenyangkan dan kalorinya rendah ya. Enoki saya juga suka banget, cuman memang terbatas resep saya ttg jamur itu

      Hapus
  12. Hallo mbaaakkk......

    Seneeeeeng banget ngunjungin blog mba nih... hampir setiap hari kalo mau masak, selalu en wajib nyontek di blognya mbak.... hehehehe...
    Aku belum menemukan resep yang gak enak dari sini.... banyak yang udah ku praktekkan dan alhamdulillah berhasil semuaaa....

    Terimakasih mbak Endang sudah membantuku dalam hal masak memasak.... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa Mitha, thanks sharingnya ya, ikutan senang juga resep2 JTT disuka dan sukses juga dicoba. Sukses yaaa

      Hapus
  13. Salam mbak endang.. mau coba resep ini tapi kebetulan jeruk nipis gk ada stok d kulkas ;( klo d ganti pake vinegar brapa ya mbak takarannya?
    Thanks b4 *zeezee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bs pakai vinegar, coba pakai 2 sdt dan tambahkan bertahap kalau kurang asam ya

      Hapus
    2. mbak..saya udah coba supnya..saya tambah jagung manis pipil..Hannan, anak saya, suka bangeeeeett..padahal pedess..asli enak ini mbak..masuk list favorite soup saya deh..hehe..makasih ya resepnya....

      Hapus
    3. hai mba laila, wah thanks sharingnya ya, senang sekali sup nya disuka, saya juga suka banget sama sup ini, segerrrrr hehehe

      Hapus
  14. Mbak endang,
    Gmn cara nya biar bisa ikut join biar updte tiap hari nya,. Biar ada inspirasi utk menu tiap hari nya hehehhehe,. Thnks mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Yulia, untuk mendaftar mba harus masukkan email ke kotak disisi kanan atas blog , tulisannya 'MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE ARTIKEL JTT' kalau mba pakai hape bukanya maka kotak itu tidak terlihat ya, jadi coba buka pakai komputer mba.

      Hapus
  15. Mbak.. aku ijin nyonto resep nya ya. Ada yg mau aku tanya mbak, air bekas rendeman jamur dimasukin jg ke kuah sup nya kah? Trus penyajiannya, taro ayam trus di siram kuah ya mbak? Kalo tambahin taburan daun bawang bisa gak ya mbak? Suwun mbak. Banyak pertanyaan nya 🙏

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...