27 Oktober 2015

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard


Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Sebagai food blogger yang dituntut untuk selalu rutin memposting artikel entah itu berupa resep, tips atau info yang berhubungan dengan memasak dan kuliner maka terkadang saya harus memutar otak ekstra keras. Resep unik dan baru selalu membuat pembaca berminat untuk meliriknya, membuat saya terpacu untuk selalu menampilkannya, disisi lain saya tetap juga berusaha jangan sampai karena tuntutan hobi 'ngeblog' tersebut membuat kantong menjadi jebol. Terus terang blogging bagi saya (saat ini) hanya sebatas mengisi waktu, sharing resep yang diharapkan bisa berguna untuk pembaca, menyalurkan hobi (memasak, menulis dan food fotografi), selain tentu saja menjaring teman yang memiliki minat yang sama sebanyak mungkin. 

So far, blog Just Try & Taste cukup mampu memuaskan saya secara batin, walau secara material belum menghasilkan pundi-pundi yang berarti. Jadi jika anda melihat banner advertisement yang kini menghiasi wall JTT, percayalah saya sama sekali belum merasakan nikmat rupiahnya. Apalagi sejak Adsense saya di banned oleh Google beberapa tahun yang lalu,  dengan alasan saya melakukan invalid click (yang sumpah mati tidak pernah saya lakukan), maka harapan saya sebagai publisher Adsense pun kandas. Tetapi hey, bukankah kepuasan batin tidak boleh diukur dengan uang dan materi?  ^_^

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT
Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Nah agar posting tetap terjaga - target saya tiga atau empat postingan dalam satu minggu - maka kreatifitas diperlukan. Paling senang jika menemukan satu resep yang bisa dikombinasikan dengan resep lain dan menjadi resep lainnya. Mumet? Ah jangan. Contohnya resep dadar gulung yang saya posting kali ini. Resep dasar dadar saya modifikasi dari resep Crepe Suzette yang saya posting kemarin. Silahkan klik link disini untuk melihat resep dan ulasannya. Sedangkan isi dadar gulung yang berupa cream custard ini sama persis dengan isian Roti Manis Tanpa Oven Isi Cream Custard yang pernah saya hadirkan sebelumnya, link resep disini. Dua resep tersebut kemudian di mix dan jadilah dadar gulung isi cream custard yang menjadi salah satu kue favorit saya jika berkunjung di salah satu toko kue di Mall Ambassador. Sayangnya sepotong dadar gulung pandan atau vanilla dengan isi cream custard coklat atau mocha di toko tersebut dibandrol sangat mahal!

Dadar gulung di jaman nenek kita dulu merupakan makanan yang cukup populer dan mudah sekali ditemukan di pasar tradisional di daerah Jawa, Bali dan sekitarnya. Di Malaysia, kue ini disebut dengan kue ketayap. Bentuknya berupa selapis dadar terbuat dari tepung terigu berwarna hijau yang diisi dengan unti (kelapa muda yang dimasak dengan gula Jawa). Bukan kue favorit saya, karena segala sesuatu yang mengandung kelapa parut baik di kue atau masakan lainnya, tidak terlalu saya sukai. Namun berbeda ketika dadar lembut ini diisi dengan krim custard yang terasa so creamy dan lembut.  Lima buah pun bisa saya sikat dalam sekali kesempatan saja. ^_^

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Nah membuat dadar gulung sebenarnya sangat mudah, bagian tersulit mungkin adalah mendadar adonan kulitnya. Dadar harus cukup tipis namun tidak mudah robek ketika dilepaskan dari pan atau ketika digulung untuk  membungkus adonan isi. Tipsnya adalah mendiamkan adonan dadar minimal satu jam lamanya di kulkas sebelum dimasak di pan. Mendiamkan adonan bertujuan untuk membuat gelembung udara berkurang, adonan menjadi lentur dan tidak mudah sobek. Mengikuti resep crepe Suzette dari BBC Good Food dan teknik yang diterapkan oleh Alton Brown, maka semua bahan dadar cukup dimasukkan jadi satu ke dalam gelas blender dan tekan pulse beberapa kali atau proses selama 10 detik. Cara ini lebih praktis dibandingkan harus mengaduk-aduk bahan di dalam mangkuk. 

Adonan yang terbentuk harus encer, konsistensi demikian diperlukan agar ketika dituangkan ke pan yang panas maka adonan mudah bergulir dan mengisi seluruh permukaan pan dengan cepat. Selain itu adonan yang encer membuat ketebalan adonan menjadi merata di seluruh permukaan wajan. Jika saat dadar pertama adonan terlalu kental sehingga sulit untuk memenuhi permukaan pan dengan cepat, maka tambahkan porsi susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan mudah melebar kala dipanggang.

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Gunakan penggorengan anti lengket kala mendadar, atau beberapa pembaca menyarankan satu wajan bernama 'wajan kwalik' karena memang digunakan terbalik. Dimana bagian pantat wajan bisa juga digunakan untuk mendadar. Saya sendiri menggunakan pan anti lengket yang agak tebal sehingga dadar bisa terbentuk dan matang dengan baik tanpa membuatnya menjadi mudah gosong. Untuk memastikan dadar mudah dilepaskan maka olesi permukaan pan dengan minyak goreng dan serap kelebihan minyak dengan kertas tissue. Minyak yang berlebihan akan membuat dasar dadar menjadi berbercak-bercak kecoklatan yang akan terlihat karena kulit yang tipis. Gunakan api kecil, dan panaskan pan terlebih dahulu sebelum adonan dituangkan. 

Ketika adonan dituang, angkat pan sekitar 5 cm dari permukaan api dan gulirkan adonan sehingga mau bergerak menutupi seluruh permukaan pan.  Jangan memasak dadar terlalu lama, ketika permukaannya tampak mengeras dan matang, serta bagian tepiannya mulai kering atau terkelupas maka tarik bagian tepi dadar dengan ujung jemari tangan. Kemudian lepaskan dadar secara perlahan dengan kedua tangan. Lho apa tidak panas? Anda mungkin akan membatin demikian. Yep, panas. Tetapi tidak akan membuat ujung jari kita melepuh, celupkan sebentar ujung jari di air dingin dan semua rasa panas akan hilang.  Don't try this jika anda sangat takut panas. ^_^


Dadar pertama mungkin tidak akan mulus karena biasanya panas wajan belum stabil dan kekentalan adonan mungkin belum pas. Namun dadar selanjutnya biasanya akan berhasil dengan mulus. Nah karena bagian dasar dadar yang bersentuhan langsung dengan pan ini selalu tidak semulus pipi Barbie maka bagian ini akan kita letakkan di bagian dalam ketika kue digulung. Bagian permukaannya yang mulus 'kinyis-kinyis' inilah yang akan kita pamerkan diluar, dengan demikian seluruh dadar gulung yang dihasilkan akan terlihat cantik. 

Baik adonan dadar maupun cream custard, keduanya bisa diberi variasi rasa. Ada banyak macam ide, jadi kembali ke persediaan bahan yang anda miliki di rumah. Untuk rasa coklat dan pandan, kita bisa menggunakan pasta coklat dan pasta pandan. Jika menginginkan rasa mocha maka mix coklat bubuk dan kopi instan espresso dengan beberapa sendok air panas hingga menjadi pasta, dan campurkan ke adonan kulit atau adonan custard. Apakah saya bisa menggunakan tepung custard dan bukan maizena di resep cream custard-nya? Yep, tentu saja, gantikan porsi maizena di resep dengan tepung custard tanpa mengubah porsi bahan lainnya. Penggila durian? Masukkan beberapa sendok makan daging durian ke dalam adonan custard, masak hingga mengental dan matang. Apakah adonan custard bisa di mix dengan whipped cream? Yep, ingat dengan pie durian atau pie isi cream yang banyak dijual diluaran? Membuatnya sangat mudah, cukup campurkan cream custard rasa durian atau versi original-nya dengan whipped cream dan aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Prosesnya mirip ketika kita hendak membuat pastry cream di resep Mille Crepes, link resep disini ya. 

Nah kue ini tahan selama beberapa hari di chiller dalam wadah tertutup rapat, mungkin bisa juga dibekukan asal tidak diletakkan menempel satu sama lain di freezer, saya belum coba versi bekunya. Namun yang jelas dadar gulung ini sangat sedap sehingga saya yakin akan langsung amblas tak bersisa kala anda membuatnya. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard
Resep dadar gulung dimodifikasi dari BBC Good Food - Crepe Suzette

Untuk 14 buah dadar

Tertarik dengan resep kue tradisional lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Nagasari, Si Kue Pisang
Klepon 
Bingka Pandan 

Bahan vla vanilla:
- 4 butir kuning telur
- 50 gram tepung maizena
- 100 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
- 400 ml susu cair
- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk/vanili essence
- 50 gram mentega/margarine

Bahan dadar:
- 140 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 300 - 400 ml susu cair
- 2 butir telur suhu ruang
- 25 gram mentega/margarine dilelehkan
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok teh vanilla extract atau 1/4 sendok teh vanili bubuk/vanili essence

Aneka rasa (optional):
- beberapa tetes pasta pandan atau pasta coklat
- 1/2 sendok makan bubuk coklat
- daging buah durian
- whipped cream

Cara membuat:
Membuat cream custard

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena, aduk dengan spatula balon hingga smooth. Sisihkan.

Siapkan panci kecil, tuangkan susu cair. Masak susu dengan api kecil hingga hangat (jaga jangan sampai mendidih). Tambahkan mentega, aduk rata hingga mencair. Matikan kompor, biarkan susu sedikit mendingin.  Tambahkan 50 ml susu cair ke adonan telur, aduk rata.

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Masukkan lagi 100 ml susu sehingga adonan telur menjadi encer, aduk rata. Masukkan adonan telur ke dalam sisa susu di panci. Panaskan larutan telur di kompor dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental menjadi krim yang padat dan tampak muncul letupan tanda adonan mendidih. Cicipi rasanya, jika masih terasa seperti tepung mentah, lanjutkan memasak. Angkat.

Note:
Untuk rasa cream lainnya maka bisa menambahkan beberapa tetes pasta coklat atau pandan, atau 1/2 sendok makan coklat bubuk di tepung maizena. 

Untuk rasa mocha, aduk jadi satu 1/2 sendok makan coklat bubuk + 1 sendok teh kopi instan espresso dengan 50 ml air panas. Aduk rata dan campurkan adonan mocha ini ke krim yang sedang dimasak. 

Untuk rasa durian, campurkan daging buah durian ke dalam krim dan masak sebentar hingga krim mengeras. 

Untuk krim pastry, campurkan cream custard dengan whipped cream (krim kental yang dikocok kaku), aduk perlahan dengan teknik aduk balik dan gunakan untuk mengisi dadar. 

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Tuangkan adonan custard ke mangkuk. Tutup permukaan krim dengan plastic wrap. Untuk mencegah permukaan custard membentuk lapisan keras maka pastikan plastik menempel rapat di permukaan custard tanpa ada rongga udara diantara krim dan plastik. Sisihkan.

Cream dalam wadah tertutup rapat tahan hingga 4 hari lamanya di chiller.

Membuat dadar gulung dan menggulungnya

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Siapkan gelas blender, masukkan semua bahan dadar ke dalamnya (gunakan 300 ml susu cair terlebih dahulu, jika adonan terlalu kental maka tambahkan susu cair kembali). Tekan tombol 'pulse' sebanyak 10 kali atau proses selama 10 detik saja. Tuangkan adonan ke dalam gelas atau mangkuk lainnya. Tutup permukaan gelas/mangkuk berisi adonan dadar dengan menggunakan plastic wrap atau penutup lainnya (intinya adonan tidak terkena udara secara langsung).

Masukkan adonan ke dalam chiller kulkas dan diamkan selama 1 jam. Proses ini perlu dilakukan agar gelembung-gelembung udara mengempis dan berkurang sehingga dadar tidak mudah robek ketika dimasak. Adonan tahan di dalam kulkas dalam wadah tertutup maksimal hingga 48 jam.


Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Siapkan pan/penggorengan anti lengket, jika memungkinkan gunakan pan yang tebal agar panas stabil dan dadar tidak mudah gosong. Saya menggunakan pan dengan diameter 20 cm. Panaskan penggorengan, olesi permukaannya dengan minyak goreng atau margarine dan serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Permukaan wajan harus terlapisi minyak dengan baik agar adonan tidak lengket kala dipanggang dan mudah dilepaskan, namun jaga jangan sampai wajan terlalu basah dengan minyak. Gunakan api kecil saat memasak dadar.

Tuangkan 1 sendok sayur adonan, angkat pan sekitar 5 cm dari permukaan api, gulirkan wajan dengan cepat sehingga adonan mengalir dan menutup permukaan pan. Masak hingga permukaan dadar mengeras dan matang. Tuangkan adonan di piring datar agar mendingin. Lakukan hingga semua adonan habis.

Note:
- Jika adonan sulit bergulir dan merata di permukaan pan maka mungkin adonan terlalu kental, tambahkan porsi susu cair sedikit, aduk rata. Porsi susu cair di resep sekitar 300 - 400 ml, namun kekentalan adonan juga tergantung dari besar kecilnya telur yang anda gunakan dan kelembaban tepung terigu.


- Jika adonan terlalu encer dan berlari-lari di permukaan pan, maka kemungkinan wajan kurang panas atau api terlalu kecil sehingga dadar tidak mencengkeram di permukaan wajan.

- Dadar yang sudah dipanggang bisa dimasukkan ke dalam plastik, ikat rapat dan simpan di chiller untuk beberapa hari atau dibekukan di freezer hingga 2 bulan lamanya.

Menggulung dadar

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Letakkan selembar dadar di piring datar dengan sisi yang kasar dan kecoklatan di sebelah atas. Letakkan 1 (satu) sendok makan adonan  custard. Lipat dadar seperti melipat amplop. Tekan dan rapikan, kemudian gulung dadar dan letakkan di piring dengan bagian ujung lipatan berada di bawah. 

Untuk mempercantik tampilannya maka masing-masing dadar bisa dibungkus dengan plastik kue.

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Kita juga bisa membuat warna dan rasa yang lain, cukup tambahkan beberapa tetes pasta pandan ke dalam adonan dadar, aduk rata dan panggang.

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Tips. 
Karena adonan yang encer dan dadar yang tipis maka cukup sulit untuk melepaskan dadar dari pan. Cara termudah adalah panggang dadar hingga tepiannya tampak sedikit kering dan kecoklatan serta terkelupas, lepaskan perlahan dengan ujung spatula kemudian tarik dadar perlahan dengan ujung jari tangan. Dengan menggunakan kedua tangan lepaskan dadar secara hati-hati dan letakkan di piring lebar. 

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT


Isi semua dadar dengan cream custard dan sajikan. Super yummy!



60 komentar:

  1. Wah.... feeling so good mba Endang,semalam saya buat dadar gulung juga tapi isi unti..... karena isinya sisaan waktu buat kue bugis jadinya dadarnya malah sisa banyak.
    Saya sudah simpan di chiller eh..... pas liat posting terbaru JTT langsung cling cling ada ide manfaatin dadar yg berlebih itu, makasih banyak lho mba ...
    Tapi boleh tanya ga mba? Itu pemakaian telur untuk vlanya memang harus 4 biji atau bisa dikurangi? Kalo dikurangi merubah rasa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Estika, bisa pakai 3 kuning telur ya mba, tidak terlalu merubah rasa ya asalkan pakai susu cair ya. Moga bisa segera dicoba dan suka yaaa

      Hapus
  2. Mbak Endang, saya pernah bikin kue mirip resep ini, namun saya tambah pisang kukus. Kira2 1 bh pisang raja kukus dipotong jadi 2 atau 4, sesuai selera. Jadi namanya dadar gulung isi pisang dan vla. Untuk corak, bisa dibuat garis2, polkadot, coret2 tak beraturan dg warna lain, lalu ditimpa adonan dadarnya. Enak dan cantik! Lain kali saya mau coba ikut resep ini, tapi tetap tambah pisang.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada ide tambahan nih, aku punya pisang kepok hasil panen kebon, great idea..maacii sharenya :)

      Makasih banyak juga buat mba endang yg selalu punya resep2 cihuy yg gak nguras kantong, keyeeennn !!

      Hapus
    2. @Mb Sisca, thanks mba Sisca sharingnya, kayanya mantap juga pakai isian pisang ya, next time pengen dicoba.

      @Mba Yuli, sip mba silahkan dicoba ya, moga suka ^_^

      Hapus
  3. hi mbEndang, sy setia jd pembaca jtt karena isi nya bener2 bagi2 ilmu permasakan, bkn resep2 hasil olahan bahan dagangannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks ya sharingnya, senang resep JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  4. mb, suami saya terlalu sensitif dengan bau-bau amis telur, jika sy bikin jajanan selalu aj komentar "pke telur ya mi,amis..."
    bgmn mnghilangkan bau amis telur y mb, pdhl sy selalu pke vanili bubuk. sy pengen coba dadar ny mbEndang tp kok dah g pede dl,pasti dpt komen amiis... trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl adonan dadar minus telur boleh gak? krn suka takut amis kl ada telurnya

      Hapus
    2. biasanya saya suka pakai vanilla extrct ya mba untuk menumpas bau amis telur, kalau pakai vanilli bubuk sepertinya memang kurang mempan. Aroma lain mungkin perutan kulit jeruk lemon ya. Tips lainnya saya kurang tahu juga ya

      @mba Emi, saya belum pernah coba mba, kemungkinan bs, hanya saja saya kurang tahu apakah adonan bs lembut dan lentur (tidak mudah robek) ketika digulung jika minus telur ya

      Hapus
    3. Saya sudah coba resep kulit ini tanpa telur bener mudah robek mba endang, terus sy tambah 2 telur dan blender lg 10 detik hasilnya mulusssss , makasih resepnya mba...

      Hapus
    4. Halo Mba Analisa, thanks sharingnya ya! Senang resep JTT disuka, sukses yaaa.

      Hapus
  5. Hai mba endang, looks yummy. Bikin ngiler. Wkwkwkkwk. Mba, nanya dong...saya pernah baca ada semacam spray antilengket utk melapisi wajan/pinggan masak/panggang. Belinya di mana ya? Maap OOTD. Makasiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Tissa, yep ada mba kalau diluar merknya PAM ya, ini spray minyak untuk coating pan tipis2, cuman belum pernah lihat di jakarta ya

      Hapus
  6. Salam kenal, mbak endang..kalo mau bikin vla rasa keju bagaimana ya? Apa cukup ditambah keju parut aja? Makasih utk jawabannya ya..

    BalasHapus
  7. Mba aku suka nih sama resepmu yg ini. Jd mau coba buat. Btw kulit dadar gulungnya kaya kulit pancake duren yg oleh2 khas medan itu ya. Hehehe aplg warna hijau, mengingatkan saya wktu ke medan beli oleh2 pancake duren yg kulitnya wrn hijau.
    Btw tq resepnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Raisa, yep kulitnya bs dipakai untuk pancake durian, tiggal isi dengan daging durian plus krim kocok atau daging durian plus krim diaduk. Thanks sharingnya ya, sukses selalu!

      Hapus
  8. makanya aku rasanya pengen komplain ke mbak kok iklannya ada yg video?
    jadinya boros kuota.
    makanya aku lebih sering buka jtt pakai mobile.
    wah kayaknya enak nih + ga pakai BP/Baking soda
    soalnya bapakku paling anti sama yg namanya bahan tambahan pangan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak, iya, kadang video muncul kdang banner biasa, maaap yaaa, jadi tidak nyaman. Buka lewat hape saja hehhehehe, soalnya ini lagi usaha cari tambahan ceperan hiisss, so far belum menghasilkan sih, tapi tetap usaha.

      moga resepnya disuka yaaa. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  9. Mb endang, itu bahan custard sama seperti bahan vla pada umumnya kan y...untuk isian kue sus, horn pastry,dll. Yang mau saya tanyakan, gimana agar si custard atau vla bisa kokoh atau bertahan minim seharian gitu?
    Karna setiap vla yang saya buat tidak bisa kokoh dalam sehari, akan menjadi encer setelah -/+ dari 5 jam. Apa gara2 menggunakan maizena y mb?
    Oh y, untuk isian roti pada resep punya mb sebelumnya apakah custardnya masih padat? Dan itu kondisi dalam jangka waktu berapa lama mb?


    Makasih banyak y mb :)
    Nisya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep Mba Nisya, custardnya umum ya, bs untuk isian macam2. Untuk kokohnya standar saja mba, masalahnya roti dan custard saya masukkan ke kulkas ya, jadi gk pernah saya biarkan di suhu ruang terlalu lama. Mungkin perlu ditambah terigu mba supaya padat jangan hanya maizena saja ya.

      Hapus
  10. Mba...adonanku sudah sama dengan resep. Susu sudah 400ml. Dan pas di gulung kok retak retak ya mba, hiks hiks...kenapa ya? Ketebalan nge dadarnya apa gimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan terlalu tebal mba, coba eksperimen dengan kekentalan adonan, banyak sedikitnya takaran adonan kala dipanggang dan besar kecil api mba, memang harus sepeti itu ketika membuat dadar ya. selain itu adonan harus didiamkan minimal 1 jam ya supaya rileks

      Hapus
  11. Mba endang , biasanya beli vanila ekstrak merk apa ya ? Alkohol-free gak mbak ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada merknya mba, saya beli eceran di titan, nah itu juga gak ada keterangan alkohol free nya ya

      Hapus
  12. Mbak saya bingung, cream custard tapi kok g pakek tepung custard ya? MaKlum saya masih newbie dalam perbakingan. Saya penggemar berat blog mbak endang, terus berkarya ya mbak, qory bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. krim custard tidak harus dibuat dari tepung custard mba, tepung custard itu versi instantnya. Tanpa itu kita bs bikin sendri dari tepung terigu, telur dan susu. thanks ya sudah menyukai JTT

      Hapus
  13. Mba endang, kalau susu cairnya bisa diganti santan ga?

    BalasHapus
  14. Hai mba endang, aku mau tanya untuk vla nya biar kokoh harus pake whipped cream atau tidak? soalnya di keterangan note mba endang utk isian pastry dan di gunakan utk isian dadar. kemudian kulitnya dadar bisa dapat berapa banyak ?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya tidak pakai whipped cream mba, tapi kalau mau dicampur silahkan ya. Kalau mau kokoh maka tepung di adonan vla ditambah saja. resep diatas untuk 14 dadar mba, sudah tercantum di resep ya

      Hapus
  15. Mb'.....klo susu cairnya itu...bisa susu danc...w bubuk dicairkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai susu apapun mba, susu bubuk atau susu kental manis yang dicairkan oke ya

      Hapus
  16. Hai mba Endang..salam kenal ya...Mba aq suka nyobain resepnya mba Endang ,,hasilnya selalu oke g ada yg gagal,kcuali donat..entah kenapa sdh 3x nyoba kok gatot smua,,klihatannya sy g berjodoh sm donat,,putus asa mba,,sdh capek2 nguleni hasilnya gatot.hehehe...oiya mba kalo adonan dadarnya diberi pasta pandan ato yg laen sbaiknya dicampur pasta pas diblender apa stelah kluar dr kulkas y?kalo pasta dicampur saat di blender apakah akan mmpengaruhi adonannya?trimakasih
    uni di malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Retno, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai resep2 JTT. Donat = roti mba, coba baca artikel2 saya tentang tips membuat roti mba, mungkin bs membantu ya.

      pakai pasta pandan oke, campur saja saat adonan diblender, tdk berpengaruh sama adonan ya.

      Hapus
  17. mbak ini kalo di suhu ruang tahan brp jamnya ya, saya pengen setor ini ke warung mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bs menginap mba, pagi sampai sore saja keknya ya

      Hapus
    2. salam kenal mba endang, resep2 nya nyummmy2 dan selalu jd panduanku hehe. aku mau tanyaa vanila extract/essence itu didpat dimana ya? agak susah nyari kalo di supermarket biasa. aku penasaran bedanya pake vanilla extract dibanding vanili yg kadang jd pait huhu.

      Hapus
    3. hai mba Uchy, salam kenal juga ya. Vanilla extract beli di toko bahan kue mba, ada di titan atau toko WT di fatmawati ya

      Hapus
  18. Salam kenal Mba Endang, mau nanya resep dadar ini bisa di kombinasikn jd dadar fla g mba? Klo bisa mohon share cara bikin fla coklatnya ya mba :) tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba indah, cream custard ini sama seperti fla ya mba. Untuk rasa coklat tambahkan beberapa sendok coklat bubuk di krim curtardnya.

      Hapus
  19. Hali mb Endang, pingin bgt nyoba ini, bikin kulitnya hampir sama dgn kulit amris ya mb? Bisa di skip gak ya susu nya? Karena suami alergi susu sapi, kalo bikin amris sih sering, dan gak pake susu cair. Kira2 kalo resep dadar vla ini susu cair diganti air biasa apakah bisa cukup lentur ya? 😊 trims sebelum nya mb Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Intan, bisa diganti pakai santan ya mba, saya khawtir kalau lemak di adonan kurang dadar menjdi kurang lentur dan gurih ya.

      Hapus
  20. Hallo mba endang, mba aku ada stok tepung custard, kmaren maen beli aja di titan tp gak tau buat apaan, hehehe
    Aku blom pernah bikin apapun pake tepung itu, pas browsing jtt semua custardnya gak pake tepung itu. Bingung deh mau diapain itu tepung.
    Apa resep ini bisa pake tepung itu? Sebagai pengganti tepung apa ya? Aku gaptek bgt mba, hahahha. Info ya mba sekalian resep apa aja yg bisa aku eksekusi di resep2 jtt sayang 500gr itu tepung, wkwkkw tobat.
    Makasi mba *kecup basah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Soraya, tepung custard bs dipakai sebagai pengganti maizena di resep, juga bs dipakai sebagai campurn puding.Actually semua jenis cutard yang saya buat yang menggunakan maizena bs digantikan dengan tepung custard ya.

      Hapus
  21. Mba Endang, mau tanya, pengurangan gula pengaruh ga ya ke dadarnya, misalnya jad retak? Soalnya mau bikinin buat balita. Btw, resep2 mba enak2 ��, udah banyak yang aku coba, hehehe, makasih mbaa

    Rischa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya Mba Rischa. Kurangi saja gulanya, tdk masalah kok dengan adonan dadarnya.

      Hapus
  22. Hallow mba endang. Salam kenal, Saya penggemar berat mba endang nih. kl bingung mo masak apa hari, sy selalu buka resep jtt. hehehe.... Anw, mba, kalo tepung maizena diganti dengan tepung terigu bisa engga ? tetap 50 g kah ?
    Trims mba ... ^_^

    -neea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Neea, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT. Bs diganti terigu, kayanya gak sebanyak maizena ya, cuman syaa belum pernah coba mba, jadi kudu kira2 sendiri ya

      Hapus
  23. mba. kalau mau mengolah kulit yang disimpan di freezer. dipanaskan lagi di pan atau diamkan di suhu ruang mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. didiamkan di suhu ruang saja mba, kalau dipanaskan nanti kering

      Hapus
  24. Mb endang vla custard ini kalo dipake buat isian donat ala2 bimbolini donut gitu cocokkah mb? Makasih sebelumnya mba

    Ifa-solo

    BalasHapus
  25. assalamuu'alaikum mbak, mau nanya. AKu bikin dadar gulung pake resep ini tapi tepungnya aku harus naikin karena waktu di dadar malah lengket T^T apa susunya aku harus kurangin atau teluurnya aku banyakin? kalau custardnya udah coba juga dan alhamdulillah enak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah kok bs lengket ya, saya mulus2 saja tuh. Kalau seperti itu ya kudu eksperimen, kalau adonan terlalu encer bs tambah tepung dikit. tapi kalau telur sih kayanya sudah cukup, tapi kalau mau lbh mulus bs tambah kuning telurnya sj

      Hapus
  26. Dear Mba Endang, tks untuk resep manis ini. Saya gunakkan unti kelapa. Beberapa buah kulit sj yg agak patah ketika dilipat. Memang ad yang tebal. So far aman sj. Saya gunakkan hand blender sj, biar nyucinya simple. Hebatnya yang makan bilang kukitnya koq mulus banget, tdk seperti yang dijual abang-abang. Tentu sj ini resep spesial kan.....hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap, yep pakai unti kelapa jjuga enaak Mba, thanks sharingnya yaa

      Hapus
  27. Bu endang kl resep dadar coklat ada g bu? Soalnya pada sukanya dadar coklt drpd beli mulu kan bu hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal tambah coklat bubuk saja Mbak, 1 sdm di adonan

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...