16 Oktober 2015

Cerita Ke-2 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Ayam Kodok by Sitiborna Veranice


pemenang giveaway buku ketiga JTT
Photo courtesy of Sitiborna Sirait

Pertama kali berkenalan dengan blog Mba Endang saat teman di FB memposting hasil masakan Pizza dengan double pan-nya. Karena penasaran saya minta resep dan  seumur-umur itu adalah pertama kali saya minta resep sama orang dan seumur-umur  double pan saya setelah 2 tahun beli akhirnya keluar juga dari kotak kardusnya, hehehe.. Dan  di kasih lah saya link blog Mba Endang. Saya baca, saya baca dan saya baca selama  berhari-hari setiap ada waktu untuk on line, sampai saya puas dan penasaran untuk mencoba  resep pizza. Setelah saya merasa sukses dengan pizza ala double pan saya, rasa penasaran  untuk resep-resep yang lain pun sampai kepikiran dan itu membuat saya sampai ketagihan  pergi ke TBK dan pasar tradisional sekedar berburu bahan-bahan kue dan bumbu-bumbu.         

Mulai dari situ saya semakin keranjingan (waduh bahasa apa  itu) untuk coba-coba resep dari blog Mba Endang tanpa saya perduli mau itu gagal atau  berhasil, toh saya pikir yang makan saya dan keluarga di rumah doang, lagian namanya juga  belajar dan berbagai alasan yang saya bikin sendiri untuk jadi penyemangat saya dalam  memasak. Setelah rasa PD semakin tebal.. hehehe.. saya pun mulai berani posting foto-foto  hasil masakan saya di FB pribadi saya, semakin PD lagi saya mulai "gatel" buat posting foto  hasil masak saya di grup memasak dan semakin "gatel" saya nekat bagi-bagi hasil masakan  saya ke tetangga dekat rumah. Tanpa saya perduli akan komentar negatif yang bakal saya  terima atau tidak ada yang komentar di setiap foto postingan saya. 

Sampai akhirnya ada satu resep yang sering "mengganggu" mata saya kalo lagi  blusukan di blog Mba Endang, yaitu Ayam Kodok (link resep disini). Baca postingan tentang si Ayam Kodok ini  saja sudah bikin saya bengong, belum lagi lihat foto-foto step by step cara pengerjaannya.  Fuiiih... bikin saya mumet, keliyengan dan gagal move on. Halaah sepertinya saya mulai  lebay.. Karena rasa penasaran yang semakin menjadi-jadi itu, bikin saya setiap ke tukang  sayur selalu fokus kepada ayam utuh yang di jual tukang sayur, apa lagi pas lihat kulit ayam  yang tanpa cela, alias mulus, alias tanpa sobek, itu bikin saya kepikiran sama Ayam Kodok  di blog Mba Endang. Belum lagi kalo liat bokong ayam yang bohay dan montok itu... duh..  duh.. duh.. sepertinya itu bokong ayam menari-nari liar minta dibayarin sama saya.  Hahahaha.. (maaf loh saya kelepasan, jadi sedikit vulgar).

Sampai suatu hari saya bulatkan tekad akan mengeksekusi resep Ayam Kodok Mba Endang. Saya cari jadwal bebas 1 hari tanpa gangguan anak-anak (anak saya nomer 2 saat  itu 1 tahun lebih), sengaja malamnya saya bikin cemilan dan semua hal yang saya kira akan  bikin anak saya anteng, saya persiapkan. Takut mati lampu, resep di blog Mba Endang saya tulis ulang di buku, termasuk step by step nya dan itu ternyata lumayan pegal nulisnya  karena jadinya berlembar-lembar. Keesokan harinya, pagi-pagi sebelum tukang sayur datang  dari pasar, saya sudah nangkring (hahaha... nangkring) di lapak tukang sayur sebelum ibu-ibu  lain berdatangan. Saat lihat becak langganan tukang sayur datang wiiih.. saya senangnya  minta ampun, bahkan saya ikut bantu-bantu nurunin dagangan tukang sayur dari atas becak.  Dan plastik besar berisi beberapa ekor ayam duluan saya selamatkan dan pinggirkan  sebelum saya bantu nurunin dagangan yang lain. Taraa.. nasib baik lagi kepada saya, saya  dapat 1 ekor ayam yang cukup bohay dan di kasih discount lagi sama si tukang sayur.  Mungkin dia terharu melihat perjuangan saya dan usaha saya bantuin dia. Hahaha.. 

Sampai di rumah segera ayam saya bersihkan sesuai petunjuk di  resep dan saya sangat takjub melihat betapa mulus dan licinnya kulit ayam stelah di balur  dengan garam dapur. Karena saya baru pertama kali itu membersihkan ayam dengan garam.  Semenjak itu setiap saya membersihkan ayam, walau hanya 1/4 ekor, pasti saya balur  dengan garam. Makasih loh Mba buat tipsnya itu. 

Setiap tahap dari pengerjaan ayam kodok saya ikutin dan perlahan-lahan saya kerjakan dengan tingkat sabar berlapis-lapis dan stres berlevel-level (lebaynya mulai kambuh). Sampai akhirnya terjadi soek-an atau sobekan kecil yang tidak diharapkan terjadi. Di situ rasa panik saya mulai jumpalitan satu per satu. Antara rasa penasaran, takut gagal dan nekat itu  campur baur jadi satu. Tapi akhirnya saya bisa mengerjakannya dengan baik ala versi saya.  Bahkan saya masih sempat jeprat-jepret proses pengerjaan yang saya lakukan terhadap  ayam kodok saya.   Semua saya lakukan sendiri,  mulai dari niat sendiri tanpa paksaan, modal duit sendiri karena ternyata lumayan besar buat  saya modal bikinnya. Pengerjaan ayam kodok sendiri, mulai dari dibersihkan, memisahkan  kulit ayam dari daging dan tulang, bahkan si ayam sampai saya urut-urut lembut badannya  dengan pemikiran agar otot-otot ayam jadi lemas dan daging dapat terpisah dengan mudah  dari kulit, hehehe... proses jahit kulit ayam yang sobek dan jahitan untuk menutup lubang  pada kulit setelah pengisian adonan juga saya lakukan sendiri sampai kepada bagian saat di  kukus dan di oven. Sampai di bagian ini bisa di bilang beban saya loncat dari badan sampai  75% hahaha.. tanpa saya memikirkan apakah akan bagus dan enak hasil dan rasanya nanti  saat ayam kodok di potong. 

Lanjut ke tahap membuat sausnya dan bahan-bahan  pendamping seperti buncis, jagung dan kentang goreng sudah lebih mudah saya selesaikan  bahkan di situ saya sudah bisa senyum-senyum walau senyum pun masih saya lakukan  sendiri (nah loh?). Taraaa... tadaaa.. tataaaa...  akhirnya ayam kodok saya jadi dengan berbagai macam drama yang terjadi selama proses  pemikiran, pengerjaan dan penikmatan hasil akhirnya. Hmm.. plongnya itu bener-bener, saya  sampai ga habis pikir akhirnya saya bisa juga menaklukkan ayam kodok, bokong si ayam  kodok tetap bohay dan kokoh bertengger tanpa croakan, coelan dan sobekan. Saya bisa  mengerjakan ayam kodok tanpa saya ikut kursus, padahal sempat terfikir untuk ikut  kursusnya dulu biar semakin PD bikin sendiri, hehehe.. kenekatan saya telah  menyelamatkan beberapa lembar seratus ribuan saya. Itu suatu prestasi buat saya, hehehe..                                                

Dan akhirnya saya mau ucapkan terima kasih buat usaha  dan kerja keras Mba Endang terhadap blog yang Mba Endang bikin ini. Jujur, bagi saya resep-resep, foto-foto dan cerita yang Mba Endang posting di blog Mba benar-benar suatu  berkah buat saya. Karena foto-foto dan step by step yang Mba Endang posting itu bikin saya  menjadi merasa mudah untuk memasak dari resep yang Mba Endang posting. Dan lagi Mba  Endang tidak pelit ilmu dan blognya bisa di "klik kanan" hehehe... karena saya suka  uring-uringan kalo lagi seru-serunya blusukan di blog orang trus blognya ga bisa di klik kanan.  Karena "klik kanan" itu bikin saya jadi semangat baca blog karena apa yang menarik buat  saya, tinggal klik kanan dan paling hanya menambah jejeran tab baru di layar komputer saya.   

Semoga Mba Endang tetap sehat dan panjang umur,  tetap semangat buat posting resep, cerita dan foto-foto di blog. Saya juga tetap rajin  membuka dan membaca blog Mba Endang, semoga semakin banyak resep-resep yang bisa  saya coba dari blog Mba Endang. Karena manfaatnya banyak bagi saya, keluarga dan  pertemanan saya baik di on line atau pun lingkungan sekitar saya. Karena saya bisa berbagi  ilmu dan hasil masakan kepada saudara, teman dan tetangga saya. Paling orang yang agak  "ngedumel" itu ya suami saya, karena semakin sering saya uji coba resep berarti semakin  sering saya mengeluarkan uang dan membelanjakan uangnya. Hahaha... padahal suami saya  termasuk salah satu penggemar fanatik hasil uji coba memasak saya loh Mba, selain  anak-anak saya dan tetangga saya tentunya. Maka dari itu tolong doakan saya agar dari  hasil rajin dan tekun memasak ini suatu saat saya punya keberanian dan ketekunan untuk  bisa berjualan hasil memasak saya Mba, jadi saya bisa mengurangi kadar "ngedumel" suami  saya. Hahaha...

 
Cerita diatas mengacu ke postingan di JTT - Yuk Membuat Ayam Kodok



3 komentar:

  1. Selamat ya mba ~Sitiborna Veranice~ atas keberhasilannya mengeksekusi resep ayam kodok dari blok JTT-nya mba ~Endang Indriani~ dan telah membuat bokong si ayam menjadi bohay dan montok hahahah.... Sumpah saya ketawa ampe nangis bercucuran air mata baca ceritanya, apalagi dibagian membayangkan si ayam yang mau dimasak sampai treatment yang dilakukan untuk si ayam, hahaha... lebay sungguh.. semoga tetap berhasil ya mba dan ga dapet "dumelan" lagi.... ^_^ salam... ~tri w~

    BalasHapus
  2. Salut sama perjuangannya..terutama bagian bantuin nurunin dagangan tukang sayur..hihihi..tetap semangat dalam mengurangi kadar "ngedumel" suami ^_^..untuk mbak Endang, setujuuuu banget sama bagian "tidak pelit ilmu dan bisa diklik kanan"..penenang jiwa banget itu, hehehe..

    BalasHapus
  3. Terimakasih ya Mba Tri dan Mba Shanty, bisa kesampaian kirim cerita ini aja di 1jam batas waktu pengiriman sudah bikin saya senang. Ga kebayang gimana nangis bombay dan guling-gulingan merananya saya kalo tiba-tiba saat itu mati lampu. Kebetulan banyak hal terjadi yang bikin saya ga bisa kirim cerita jauh hari sebelum hari terakhir pengiriman cerita. Eh... dapat buku ini menang giveaway jadi seperti karyawan baru 1 bulan kerja, masa percobaan dan di akhir bulan dapat bonus yang ga di sangka-sangka, seperti itu kira-kira perasaannya. Hahaha... saya jadi mendadak lebay dan hiperbola ini jadinya.

    Sitiborna Veranice

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...