21 Maret 2018

Resep Zuppa Toscana a la JTT


Resep Zuppa Toscana a la JTT

Sejak melihatnya di sebuah vlog homesteading beberapa waktu yang lalu, saya sudah ngiler hendak mengeksekusi zuppa toscana. Sup berkuah susu dengan kentang, sayuran dan sosis ini super simple tapi terlihat menggiurkan, mengenyangkan dan cocok menemani musim penghujan seperti saat ini. Sayangnya, resep aslinya sulit diwujudkan secara maksimal karena menggunakan bacon, Italian sausage dan kale, tiga bahan yang tidak bisa dikonsumsi dan susah diperoleh. Toko buah dan sayur di dekat kantor tentu saja menjual kale dalam ikatan kecil, tapi harganya yang selangit membuat saya berpikir dua kali membelinya. Saya bahkan menanam kale sendiri disebuah pot namun tanaman berukuran 10 cm tersebut terlihat merana dan megap-megap menumbuhkan daunnya. Bacon sudah jelas harus diskip dari daftar bahan, dan sosis Italia tidak mungkin dipergunakan karena mengandung pork (babi) juga. Italian sausage memiliki tekstur tidak sama dengan sosis yang biasa dijual di negara kita. Sosis ini berupa cincangan daging yang dimasukkan kedalam casing dan dijual segar. Kala dimasak sosis akan tampak seperti gumpalan daging cincang.

Resep Zuppa Toscana a la JTT
Resep Zuppa Toscana a la JTT

Tidak ada tiga bahan utama, membuat saya memutar otak. Kale dan bacon digantikan dengan kailan dan smoked beef, sedangkan sosisnya saya pakai sosis sapi biasa. Walau kale dan kailan memiliki rasa yang sedikit berbeda namun teksturnya hampir sama, jadi saya rasa bisa saling menggantikan (ini menurut saya). Nah karena saking inginnya mengeksekusi resep ini secepatnya, kala jam istirahat kantor saya pun pergi ke Lotte Mart mencari kailan. Biasanya supermarket ini menjualnya, tapi dasar sedang apes, hari itu tak sebatang kailan pun tampak disana. Kunjungan ke All Fresh membuat saya membatalkan diri mengeksekusi resep malam itu, toko tersebut menjual baby kailan organik yang harganya terasa berat buat dompet. 

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Iseng-iseng saya berteriak di kantor, "Beli kailan dimana ya?" Dan langsung mendapatkan sambutan serius, "Mau nitip Mbak Endang? Di pasarku banyak banget dan murah, seikat cuman lima ribu," tawaran Mbak Ani yang baik hati langsung saya iyakan dengan suka cita, dan memesannya lima ikat sekaligus. "Tapi kapan dibawanya? Besok kan sudah hari Sabtu," balas saya. "Hari Sabtu gimana? Besok baru hari Jumat, hari ini hari Kamis!" Semua beteriak memprotes.  "Hah baru hari Kamis ya? Gue pikir hari Jumat! Hadoh tobat, mana pakai celana jeans lagi, untung saja nggak ditegur sama GA gedung," oceh saya kalang kabut. Faktor usia memang membuat daya ingat menjadi menurun, tapi saya tak mengira akan menurun drastis seperti ini. 😅

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Zuppa toscana secara umum adalah 'sup yang diolah dengan gaya Tuscany'. Versi klasik sup ini normalnya terbuat dari kale, zukini, kacang cannellini, kentang, seledri, wortel, bawang bombay, tomat, minyak zaitun, garam, cabai bubuk, roti panggang Tuscan, dan rigatino (bacon a la Italia). Proses memasaknya dimulai dari bawang bombay, wortel dan seledri yang telah dipotong kasar ditumis didalam minyak panas bersama garam. Sayuran lainnya kemudian ditambahkan bersama cabai bubuk dan dimasak selama 15 menit. Air dimasukkan dan sup dimasak dengan api kecil hingga mendidih secara perlahan selama 30 menit. Sup kemudian disajikan bersama roti panggang Tuscan, dengan sedikit percikan extra virgin olive oil. 

Versi Amerikanya menggunakan sosis Italia, cabai kering yang dihancurkan kasar, bawang bombay, bacon, bawang putih, kaldu ayam, krim kental, kentang, dan kale. Versi ini dikenal luas dan diterima sebagai standar Italia walaupun lebih kental, creamy dan kaya akan kalori dibandingkan versi aslinya. Zuppa toscana versi Amerika ini diperkenalkan oleh restoran Olive Garden dan menjadi menu yang sangat populer. 

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Di hari Jumat, berikat-ikat kailan dibawakan oleh Mbak Ani. Pada hari Sabtu sayuran tersebut saya eksekusi menjadi zuppa toscana. Karena batang kailan lumayan keras, maka untuk sup ini saya hanya mempergunakan daunnya saja. Sayang hendak membuang batang kailan yang saya yakin juga memiliki gizi yang banyak, maka batang tersebut saya kukus terpisah untuk diolah menjadi sup krim kailan versi lainnya. Batang kailan juga sedap dimasukkan kedalam campuran smoothie buah dan sayuran.  

Membuat zuppa toscana super mudah, semua bahan cukup diceburkan menjadi satu setelah bawang bombay dan bawang putih ditumis hingga matang. Saya menggunakan kaldu sapi sebagai kuahnya, dan tambahan susu cair full cream. Krim kental tentu saja akan membuat rasa sup menjadi lebih creamy dan kaya, tetapi susu cair pun sudah membuatnya terasa sedap. Sedikit oregano membuat kuah sup lebih harum dan menggiurkan. Walau menggunakan bahan yang tidak sama seperti versi aslinya, zuppa toscana yang saya buat ini terasa mantao dan memuaskan.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Zuppa Toscana
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep sup lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Sup Krim Brokoli & Hebatnya Brokoli
Sup Ayam Kampung
Sup Krim Ayam, Jagung dan Jamur

Bahan:
- 4 lembar smoked beef, potong kasar
- 3 buah sosis sapi, potong sepanjang 3 cm
- 1 ikat kailan (300 gram), ambil daunnya saja, potong kasar
- 500 ml susu cair full cream
- 30 gram keju cheddar parut (optional)

Bumbu:
- 1 sendok makan mentega/margarin/minyak goreng
- 1 buah bawang bombay, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 4 buah kentang, cuci bersih, potong dadu
- 1300 ml kaldu ayam/sapi
- 1 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh oregano kering
- 2 sendok teh cabai kering tumbuk kasar

Cara membuat:

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Siapkan kentang, kupas dan potong dadu. Siangi kailan dan potong kasar daunnya. Cuci bersih, tiriskan dan sisihkan.

Siapkan wajan/pan, beri 1 sendok makan minyak. Goreng smoked beef dan sosis hingga permukaannya kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Tambahkan 1 sendok makan mentega/margarin di pan bekas menggoreng sosis. Panaskan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang. Masukkan kentang, aduk rata.

Resep Zuppa Toscana a la JTT

Tuangkan 1/2 porsi kaldu ayam, masak hingga kentang empuk. Tambahkan sisa kaldu, masak kuah hingga mendidih. Masukkan kailan, aduk dan masak hingga kailan empuk dan matang. Tambahkan sosis dan smoked beef, aduk rata. 

Masukkan susu cair, keju, merica, garam, gula pasir, oregano dan cabai kering. Aduk dan masak dengan api kecil hingga muncul letupan di permukaan kuah. Jangan masak hingga kuah mendidih dan susu pecah. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Angkat dan sajikan panas. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Zuppa Toscana




6 komentar:

  1. Dibuat lauk nasi enak gak mbak?
    Supnya bikin ngiler,hehehe...

    Iin-Malang

    BalasHapus
  2. Hai Mbak Endang, zuppa toscana kalo diliat-liat mirip sama vegetable chowder yg dibuat anna olson, jadi ngiler nih. Betewe itu casserole pannya cantik bgt, bikin salfok hehe.
    Salam dr Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nara, wah saya belum lihat chowdernya anna olson, yep sebenarnya sih sama ya wakakka.

      Hapus
  3. Penampakan supnya sungguh bikin ngiler, mbak Endang. Kepengen buru2 weekend biar bisa nyoba eksekusi resepnya. Salam, Heni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Heni, thanks ya, moga suka setelah dieksekusi

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...