13 Maret 2019

Resep Crispy Banana JTT


Resep Crispy Banana JTT

Saya bukanlah orang yang suka mengikuti mainstream atau hal yang berbau kekinian. Apa uniknya melakukan sesuatu jika ribuan manusia lainnya telah berebutan mencobanya bukan? Atau dalam kasus saya, apa uniknya menampilkan satu resep kekinian yang orang lain telah berbondong-bondong mempostingnya di Instagram, Facebook atau blog. Saya mencoba resep karena saya suka, atau ingin menyantapnya, atau merasa resep tersebut unik dan menggelitik  untuk dicoba. Terkadang apa yang saya suka belum tentu disukai pembaca. Apa yang saya anggap menarik belum tentu orang lain tertarik untuk mempraktekkannya. Tapi itu bukan masalah buat saya, blog ini adalah perjalanan trial dan error mencoba aneka resep, jika resep tersebut tidak populer maka masih ada resep lainnya yang mungkin disuka pembaca.

Karena anti-mainstream, saya pun tidak mengikuti jenis makanan apa yang saat ini sedang digemari banyak orang.  Seringkali saya justru mendapatkan infonya dari pembaca yang request resep satu makanan ditampilkan. Jika mudah, menarik dan tidak membutuhkan banyak biaya biasanya saya tergelitik untuk mencoba. Menjajal resep aneka kue memang menyenangkan (jika waktunya tersedia), yang menjadi masalah saya bukan penggemar makanan manis, dan enggan juga harus sering-sering mencekoki keponakan-keponakan dengan kue-kue. Sugar is bad. Jika kita sendiri enggan menyantap makanan bad, kejam rasanya jika kita berharap orang lain yang menghabiskannya.

Resep Crispy Banana JTT

Dua minggu lalu seorang pembaca mengirimkan pesan DM di Instagram Just Try & Taste (@justtryandtaste) beserta sebuah foto. "Mbak, punya resep banana crispy nggak ya? Kemarin suami saya pulang dari Bandung dan membawa oleh-oleh kue ini. Enak banget, jadi pengen coba buat dirumah." Saya menatap gambar banana crispy yang dikirimkan, no have idea bagaimana membuatnya karena belum pernah melihat fisiknya secara langsung apalagi mencicipinya. Tapi di abad internet seperti saat ini semua informasi mudah ditemukan, jadi googling sebentar saya pun langsung mendapatkan idenya. Crispy banana atau biasa dijual di Bandung dengan sebutan banana crispy adalah sejenis egg tart hanya ditambahkan irisan pisang dan taburan keju di permukaannya. Kulitnya menggunakan puff pastry, dan kebetulan di freezer saya memiliki selembar puff pastry yang sudah mendekam berbulan-bulan lamanya. Yep, kali ini saya akan coba buat makanan kekinian ini karena mudah dan siapa sih yang tidak doyan pie seperti egg tart bukan?

Resep Crispy Banana JTT
Resep Crispy Banana JTT

Jika berbicara tentang egg tart alias pie susu, saya langsung teringat resep pie susu yang pernah dikirimkan Mbak Veggy bertahun nan lampau. Membuat vlanya super mudah dan bahannya tidak susah cukup diaduk-aduk saja, jadi saya akan menggunakan resep adonan vla tersebut untuk mengisi pie. Nah masalah terbesar adalah cetakan berbentuk pisang yang tidak saya miliki dirumah, walau tentu saja bisa menggunakan cetakan pie lainnya namun saya ingin crispy banana ini mirip seperti versi Bandungnya, jadi perburuan di online shop pun dimulai. Online shop andalan saya adalah Tokopedia, ini bukan sponsor atau endorse, tapi semata-mata pendapat seorang pengguna aplikasi yang puas. Menurut saya aplikasinya user friendly dan customer servicenya profesional. Saya pernah menggunakan beberapa olshop lainnya, namun tetap kembali ke Tokopedia dan sekarang ekslusif hanya membeli dari online shop tersebut. Tiga hari kemudian cetakan pisang dari bahan alumunium seharga empat puluh ribu rupiah untuk 10 buah ini tiba dikantor. Weekendnya langsung saya eksekusi.

Resep Crispy Banana JTT

Membuat crispy banana super mudah, tidak harus mencetaknya di cetakan pisang seperti yang saya lakukan, tapi bisa menggunakan cetakan pie apapun, bahkan loyang muffin pun bisa. Untuk kulitnya sebaiknya menggunakan puff pastry, ketika masih hangat akan terasa crispy, tapi menggunakan adonan kulit pie umumnya juga tidak masalah. Hanya perlu diingat, adonan kulit pie biasa agak susah dilepaskan dari  cetakan pisang yang melengkung ini dan kemungkinan patah. Jadi puff pastry adalah pilihan termudah. Dimana membeli puff pastry? Hampir semua supermarket besar menjualnya, cek di bagian frozen food karena puff pastry yang mudah lembek ini harus disimpan dalam kondisi beku. Harga puff pastry sangat terjangkau, merknya pun bermacam-macam, yang paling umum adalah Edo. Karena satu bungkus puff pastry biasanya berisi beberapa lembar, maka jika tersisa pastikan untuk membungkusnya rapat (tidak terkena udara kulkas) dan masukkan ke freezer. Puff pastry akan tahan berbulan-bulan lamanya.

Poin penting saat membuat crispy banana hanyalah jangan mengisi pie dengan adonan vla secara berlebihan. Okeh  egg tart memang paling sedap jika isinya penuh bukan? Tapi ketika dipanggang vla akan naik dan luber keluar dari cetakan, melumuri loyang dan saat kering terpanggang akan membuat cetakan lengket di loyang. Cukup merepotkan ketika melepaskannya. Ini pengalaman pribadi. Puff pastry membutuhkan panas tinggi agar mampu mekar dan berlapis, jadi set suhu oven agak tinggi dari kondisi biasa dan panggang hingga benar-benar berwarna kecoklatan agar matang sempurna. Selebihnya membuat pie ini super mudah, rasanya sedap, bahkan keeseokan harinya masih mantap.

Ketika resep ini saya share di Instagram, beberapa pembaca ada yang memberikan tips untuk menambahkan 1 - 2 sendok makan tepung custard di adonan vla, tepung custard akan membuat tekstur vla menjadi lebih creamy. Jadi tips tersebut bisa dicoba ya. Berikut resep dan prosesnya.

Resep Crispy Banana JTT

Crispy Banana
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk +  13 buah

Tertarik dengan resep pie lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Fudgy Chocolate Pie
Pie Susu a la Veggy
Pie Labu Kuning dengan Biscuit Crust

Bahan:
- 1 lembar puff pastry instan, ukuran 20 x 20 cm
- 3 buah pisang (pisang ambon, hijau, cavendish, raja, barangan)
- keju cheddar parut untuk taburan
- kismis atau meses (optional)

Bahan isi:
- 3 butir kuning telur
- 200 gram susu kental manis
- 100 ml susu cair / air biasa
- 1 sendok teh vanilla extract
- 1/8 sendok teh garam

Note: bisa menambahkan 1 - 2 sendok makan tepung custard di vla

Cara membuat:

Resep Crispy Banana JTT

Siapkan cetakan alumunium berbentuk pisang. Olesi permukaannya dengan margarine. Sisihkan. Belah pisang memanjang menjadi dua bagian, potong-potong ukuran 1/2 cm. Sisihkan. Siapkan parutan keju, sisihkan.

Aduk jadi satu bahan isi didalam mangkuk hingga tercampur rata. Saring dan tuangkan ke dalam gelas ukur yang memiliki ujung runcing agar cairan isi mudah dituangkan ke cetakan, sisihkan.

Resep Crispy Banana JTT

Panaskan oven set di suhu 180'C.

Potong puff pastry instan lebar + 5 cm dan panjang sesuai cetakan yang digunakan. Saya tidak menggilas puff pastry menjadi lebih tipis. Letakkan selembar potongan pastry ke permukaan cetakan, tekan-tekan dengan ujung jari hingga memenuhi cetakan dan menempel dengan baik.

Potong kelebihan adonan dengan pisau tajam sehingga bentuk pastry menyerupai cetakan. Lakukan hingga semua cetakan terpakai. Sisa potongan adonan pastry bisa dikumpulkan jadi satu, gilas tipis dan letakkan ke cetakan.

Resep Crispy Banana JTT

Tata cetakan berisi pastry ke loyang datar. Isi masing-masing cetakan dengan bahan isi, jangan terlalu penuh karena ketika diisi pisang dan dipanggang akan meluap. Tata potongan pisang, kismis dan meses (jika pakai). Taburi dengan keju parut yang banyak. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya suhu minimal 180'C hingga pastry tampak kecoklatan dan matang.

Keluarkan dari oven, biarkan hingga benar-benar dingin baru keluarkan dari cetakan dengan cara mengikis tepiannya dengan ujung pisau dan keluarkan perlahan. Sajikan.



3 komentar:

  1. Semoga cendol masuk daftar eksekusi mbak Endang...#ngareparep

    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakkaka, iyaa, sudah lama masuk cuman sayanya yang belum cobaaa

      Hapus
  2. Alhamdulillah akhirnya di-post di blog jugaa:D btw mbak estimasi waktu sampe kecoklatan kira2 berapa menit ya?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...