16 April 2019

Resep Homemade Kani Rolls


Resep Homemade Kani Roll JTT

Weekend lalu, saya berdua adik bungsu, Dimas, menginap di Ascott Sudirman. Hotel apartemen ini terletak di Ciputra World 2 dan berdekatan dengan mal Lotte Shopping Avenue. Kami menginap disana bukan karena berlebihan uang, melainkan karena kamar yang telah dipesan kakak saya, tidak bisa dibatalkan. Kakak saya, Mbak Wulan, memesan beberapa kamar di weekend kemarin karena hendak berkunjung ke Jakarta. Rencananya kamar tersebut akan dipergunakan bersama Ibu dan keluarga adik saya, Tedy. Sayangnya, karena Tedy tertimpa musibah (pen yang terpasang dikakinya patah sehingga harus dioperasi ulang di Batam), maka semua kamar yang telah dibooking tersebut terpaksa dibatalkan. Apesnya, satu kamar  tidak bisa dicancel.

Saya dan Dimas check in di pukul tujuh malam, sepulang saya dari kantor. Kami berdua membawa tas pakaian seakan hendak mengungsi ke kota lain, isinya adalah baju untuk 2 malam dan pakaian renang. Saat itu saya berpikir proses check in akan sangat mudah, pembayaran toh telah dilakukan kakak saya melalui credit card di Booking.com, tapi kenyataannya tidak semanis itu. Booking.com ternyata belum melakukan pendebetan kartu hanya sebatas mengeblok tanggal pemesanan dan mencatat nomor kartu kredit yang disertakan. Pada saat check in, pihak hotel akan meminta fisik kartu kredit dan menggeseknya ditempat. Bagaimana mungkin saya bisa menunjukkan kartu kredit milik kakak saya, jika orangnya saja saat itu berada di Batam?

Resep Homemade Kani Roll JTT
Resep Homemade Kani Roll JTT

Petugas dibelakang meja resepsionis sangat ramah dan dengan sabar menjelaskan ke saya, jika Booking.com belum melakukan pendebetan kartu dan saya bisa menggunakan kartu lain untuk membayar sesuai dengan harga yang diperoleh Mbak Wulan. Tapi bagaimana jika kemudian terjadi pendebetan kartu double? Saya melakukan pembayaran disini, sementara kartu kakak saya juga akan didebet disana. Kekhawatiran semacam itu membuat saya menelpon Mbak Wulan, yang saat itu sedang menyetir di jalan. Kami harus menunggu beberapa saat hingga dia tiba dirumah dan membalas semua pesan WA yang saya kirimkan. 

Selama menunggu, saya berdua Dimas duduk disepasang kursi disamping meja resepsionis, tas pakaian kami geletakkan di lantai. Muka kami pasrah, lesu dan semangat hendak menikmati dua malam gratis di hotel mewah pudar. Saya hampir kabur melarikan diri dari sana dan pulang ke rumah ketika melihat si Mas Resepsionis yang melayani kami tampak pergi keluar hotel. "Ayo Dim kita kabur saja pulang, mumpung Masnya lagi keluar tuh. Kan gak enak kalau ternyata kita gak bisa masuk gara-gara perlu kartu kredit Mbak Wulan." Dimas setuju dengan ide tersebut, tapi kemudian telpon saya berbunyi.  Kakak saya yang telah mendapatkan konfirmasi dari Booking.com, meminta saya menggunakan kartu kredit lainnya untuk melakukan proses pembayaran. Jika kamar tersebut tidak digunakan, maka Booking.com akan melakukan pendebetan kartu secara langsung. "Pakai kartumu dulu saja Ndang, nanti aku ganti uangnya ya. Pastikan saja proses booking dan nama yang dipakai masih namaku," instruksinya. Urusan menjadi beres dan kami meluncur masuk kamar dengan mudah.

Resep Homemade Kani Roll JTT

Ascott Sudirman yang berkonsep apartemen hotel memang mantap. Semua fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari tersedia lengkap sebagaimana apartemen umumnya namun dengan kemewahan dan fasilitas hotel. Peralatan masak pun lengkap mulai dari panci kecil hingga wajan besar. Benar-benar sangat nyaman dan membuat betah.  Tapi dua hari di hotel apa yang akan kami lakukan? Saya dan Dimas lantas menyusun rencana. Pagi hari kami akan sarapan sepuasnya di resto hotel, "Dua jam cukup gak Dim kita makan sampai kelenger?" Tanya saya ke Dimas yang ngakak mendengar planing itu. "Dua jam kan lama, bisa muntah-muntah sarapan selama itu. Gak mau rugi banget" jawabnya. 

Kenyataannya kami hanya menghabiskan waktu 45 menit di resto, walau kamarnya saya akui sangat keren, namun menu sarapannya kurang menarik. Tidak ada menu spesial yang membuat saya ber uh atau ah, hanya makanan standar berupa roti, sereal, nasi dan lauk pauk a la Indonesia, mie goreng, sosis dan sejenisnya, serta bubur ayam. Saya memesan omelet dan menyantap setangkup roti dengan olesan selai. Sementara Dimas mengisi piringnya dengan tumpukan semua makanan yang ada di display hingga tingginya melebihi menara Eiffel. Saya sampai shock lihatnya dan takjub kala semua makanan tersebut lenyap masuk kedalam perutnya.

Resep Homemade Kani Roll JTT

Puas mengenyangkan diri di resto kami kemudian menuju stasiun MRT di Benhil, walau transportasi ini selalu saya gunakan sehari-hari namun adik saya belum pernah mencobanya sama sekali. Kami naik dari Benhil menuju Lebak Bulus, dan kembali lagi ke Benhil. Di Lebak Bulus calon penumpang yang belum memiliki tiket atau kartu tampak antri luar biasa panjangnya, membuat saya bersyukur selalu memiliki kartu Flazz di dalam tas. Turun dari MRT kami lantas menuju ke bioskop di Kuningan City Mall. Mall ini terletak disebelah kantor, jadi sebenarnya weekend itu saya menghabiskan waktu sama seperti ketika sehari-hari sedang dikantor. Kami  memilih Shazam sebagai film tontonan. Film super hero yang diangkat dari komik DC Comics ini walau lucu namun kurang begitu greget, tapi setidaknya bisa membunuh waktu. Keluar dari bioskop, perut terasa lapar berat karena waktu sudah menunjukkan pukul tiga siang. Karena adik saya belum pernah mencicipi bakso Samrat Wong Solo  di sebelah Lotte Avenue, kami lantas mengenyangkan diri disana. Malam itu perjalanan kuliner kami diakhiri dengan sepiring pizza dan salad di Pizza Marzano di Lotte Avenue, dan kembali ke hotel dipukul delapan malam dengan perut hampir meledak.

Resep Homemade Kani Roll JTT

Keesokan harinya, aktifitas sama seperti hari sebelumnya. Empat puluh lima menit makan pagi di resto hotel, dilanjutkan dengan berenang selama 1 jam di kolam renang yang terletak di lantai 30. Untung saat itu masih pukul delapan pagi, penghuni hotel belum menggunakan kolam, jadi kami berdua bisa puas menikmatinya. Pukul sepuluh saya mulai resah, merasa tidak betah dan ingin segera pulang. Tak tahu lagi apa yang harus dikerjakan dihotel, berleha-leha terlalu lama bukanlah habit saya, biasanya weekend seperti ini saya sudah sibuk dengan segala aktifitas ke pasar dan memasak didapur. Berbeda dengan Dimas yang sepertinya sangat menikmati aktifitas tanpa kegiatan seperti ini kecuali browsing hingga teler. Jam setengah sebelas saya menggeret adik saya untuk pulang ke rumah Pete, hari itu saya punya satu pe-er endorse yang harus diupload di jam 1 siang. Jadi begitulah aktifitas tidak produktif saya selama dua hari di weekend lalu, dan weekend pekerjaan menggunung telah menanti.

Resep Homemade Kani Roll JTT

Menuju ke resep kani rolls kali ini. Makanan ini adalah yang paling saya suka dari semua produk gorengan di Hokben. Sejak awal mencicipinya maka kani rolls telah masuk kedalam list menu yang harus dipesan jika bersantap di resto fast food Jepang tersebut. Dulu kala saya pernah mencoba membuatnya, namun rasanya kurang mirip, nah yang kali ini menurut saya rasanya sama dengan Hokben. Tidak perlu menggunakan daging kepiting (mahal!) cukup daging ayam yang diproses di chopper, ditambah aneka bumbu dan dibungkus dengan kulit kembang tahu. Actually, adonannya bahkan sama dengan resep ekkado yang pernah saya post sebelumnya disini. Rasanya mantap!

Kulit kembang tahu gunakan jenis yang lentur, lemas dan mudah dilipat, namun kani rolls tidak seribet saudaranya ekkado, jadi menggunakan kulit kembang tahu keras yang perlu direndam dulu pun sebenarnya masih bisa. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Homemade Kani Roll JTT

Homemade Kani Rolls
Resep hasil modifikasi sendiri

untuk + 15 buah kani roll

Tertarik dengan makanan bento lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:

Bahan dan bumbu:
- 150 gram udang kupas
- 250 gram fillet dada ayam
- 1/2 batang wortel serut kasar
- 1 batang daun bawang cincang halus

Bumbu:
- 2 sendok makan tepung sagu / tapioka
- 1 /2 sendok teh baking soda
- 4 siung bawang putih dihaluskan
- 3 siung bawang merah dihaluskan
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur

Bahan lain:
- kulit kembang tahu untuk membungkus
- 2 butir telur kocok untuk menggoreng ekkado

Cara membuat:

Resep Homemade Kani Roll JTT

Siapkan fillet dada ayam dan udang kupas, masukkan ke chopper dan proses hingga halus. Bisa juga menggunakan daging ayam cincang, atau cincang ayam dan udang di talenan hingga hancur.

Tuangkan ayam udang cincang ke mangkuk, masukkan semua bumbu, aduk rata. Tambahkan wortel serut dan daun bawang, aduk hingga rata. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan, sesuaikan gula dan garamnya.

Siapkan kulit kembang tahu, lebar sekitar 12 cm, biarkan kulit kembang tahu tetap panjang utuh.  Gunakan kulit kembang tahu yang lentur, tidak perlu direndam dan mudah dilipat. Lap permukaannya dengan kain lembab untuk menghilangkan kandungan garamnya. 

Letakkan 2 sendok makan adonan isi diujung kulit, gulung hingga isi tertutup dan potong kembang tahu. Lakukan hingga semua adonan habis. 

Resep Homemade Kani Roll JTT

Siapkan dandang kukusan, jangan isi air terlalu banyak agar ketika mendidih air tidak meluap dan merendam kani rolls. Alasi permukaan sarangan kukusan dengan sehelai daun pisang / kertas baking agar kani rolls tidak lengket. 

Kukus dengan api sedang selama 20 menit. Angkat dan keluarkan kani rolls. Sampai pada tahap ini kani rolls bisa dibekukan dan digoreng. 

Siapkan wajan isi minyak agak banyak. Panaskan minyak. Celupkan kani rolls ke telur kocok, ketukkan untuk membuang kelebihan telur. Goreng hingga keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan salad dan saus sambal. 




12 komentar:

  1. wah pas bener.. sudah kepikir untuk menggunakan bahan ekkado tapi digulung saja supaya ga ribet, eee tau2 nongol resep ini.. makasiiihhh buat resepnya, mba Endang.
    Cuma dari kemarin ini cari di supermarket Dia**n atau C**f**r, belum ketemu kulit kembang tahu yang seperti mba pake
    -emily-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakkaka, yep ini lebih gampang Mba Emily, dan mantap rasanya.

      Hapus
  2. Nah... samma nih mbak Endang. Saya juga paling suka kani roll. Gak pernah kebayang bikin sendiri, karena pake daging kepiting. Selain mahal, mencungkil dagingnya juga bikin ribet... ternyata bisa juga pake daging ayam. Harus coba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mba Nina pakai ayam, dan rasanya gak kalah sama versi kepitingnya

      Hapus
  3. Ini kalo chinese jambi namanya gohiong. Persis ini. Bisa dimodif isinya dg ditambahi atau dicampur tahu atau ikan tenggiri,kakap atau yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, ngohiong atau gohiong, di Bogor juga banyak yang jual Mba

      Hapus
  4. Mba Endang, saya belum pernah menggunakan kulit kembang tahu untuk memasak. Adakah tips atau merk rekomendasi mba yang bisa saya gunakan agar hasilnya bisa sebagus buatan mba? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai merk L Choice dari lotte, rasanya agak asin jadi lap dulu dengan kain lembab sebelum dipakai, ada banyak yag jual di tokopedia mba, merknya macam2

      Hapus
  5. Thank you, mba Endang! Cocok banget sih ini buat simpenan stock buat sahur. Udah 3x puasa aku selalu stock nugget homemade ala mba Endang tiap menjelang puasađź’•

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Anindya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  6. Mbak endang, kalau baking sodanya diskip bisa gak? Susah euy cari baking soda disini

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...