10 April 2019

Resep Pad Thai


Resep Pad Thai JTT

Tahun lalu ketika kantor tempat saya bekerja mengadakan jalan-jalan ke Thailand, saya berkesempatan menjajal aneka makanan terkenal khas negara tersebut, seperti tom yam, salad mangga, salad pepaya muda dan pad thai. Sepertinya setelah mencoba rasa asli dari negara asalnya, lidah ini baru puas dan mengerti dengan taste yang sebenarnya. Satu hal yang saya akui, di Thailand makanan apapun terasa sedap, entah apakah itu dijajakan oleh lapak tepian jalan hingga skala restonya. Saya mencicipi pad thai disebuah stall makanan didepan pasar Chatuchak. Usai lelah dan gempor berjalan menyusuri pasar super luas yang seakan tak ada habisnya jika dijelajah dengan kaki, saya berdua Mbak Fina yang kelaparan berat akhirnya memutuskan membeli pad thai. Kios ini memasang tulisan halal dikaca tempat makanan diletakkan, penjualnya seorang Thai yang dibantu dengan wanita berhijab. Walau makanan Thailand sedap tapi sebagian besar non halal, jadi kami tidak bisa leluasa menjajal dan mencicipi aneka kulinernya.


Resep Pad Thai JTT
Resep Pad Thai JTT

Pad thai mirip dengan kwetiaw goreng namun dengan aneka saus yang terasa asam, manis dan asin serta taburan kacang tanah tumbuk. Masakan langsung dimasak dalam wajan besar, semua bahannya fresh termasuk beberapa ekor udang yang diceburkan kedalamnya. Rasanya jangan ditanya, sungguh lezat! Actually seporsi terasa kurang, karena memang porsinya tidak terlalu banyak tapi hendak membeli porsi kedua uang Baht saya dalam kondisi tiris karena dipakai memborong aneka pernak-pernik dapur di pasar. Untungnya Chatuchak adalah destinasi wisata terakhir yang kami tuju, setelah itu bis langsung menuju ke bandara. 

Terinspirasi dari hidangan yang saya santap di Thailand, pad thai kemudian masuk kedalam list untuk dicoba. Ada banyak resep bersliweran di internet, saya berusaha mencari versi termudah yang kira-kira bentuk, rasa dan tampilannya mirip pad thai yang saya santap sebelumnya. Saus pad thai sebenarnya banyak dijajakan di toko bahan makanan di pasar-pasar di Thailand, kita cukup merebus mie beras khusus pad thai yang juga umum dijual disana, mencampurkannya dengan aneka sayuran dan protein hewani seperti ayam atau seafood. Tapi tentu saja menggunakan saus siap saji tidak seru sama sekali, sama saja seperti membuat seporsi mi instan dan resepnya tidak bisa dishare di blog. Sedikit kutak-katik dan modifikasi dari beberapa resep luar saya menemukan formula sendiri. Mungkin rasanya tidak terlalu otentik, tapi percayalah tetap sedap.


Resep Pad Thai JTT
Resep Pad Thai JTT

Pad thai umumnya menggunakan sejenis mie beras yang mirip dengan kwetiaw, hanya mie pad thai berukuran lebih kecil dan lebih lunak. Saya mencari mie yang mirip dengan deskripsi tersebut di Lotte Mart dan menemukan rice noodle dari Thai. Entah apakah ini sejenis mie yang dipakai untuk pad thai karena sama sekali tidak tercantum keterangan tersebut dikemasan, tetapi tampilannya menurut saya mirip. Untuk sayurannya, pad thai umumnya menggunakan tauge, wortel, daun bawang, daun mint, daun ketumbar, jantung (bunga) pisang direbus, sementara protein umumnya adalah tahu, irisan fillet daging ayam, udang dan cumi-cumi. Saya mencari bahan termudah dan yang bisa ditemukan didalam kulkas, hanya tahu dan udang, sedangkan sayurnya saya pakai tauge, wortel dan daun bawang.  Daun mint dan daun ketumbar tentu saja akan memberikan rasa lebih nendang khas Thai, tapi tanpa kedua rempah tersebut pad thai ini sudah terasa sangat sedap.

Resep Pad Thai JTT
Resep Pad Thai JTT

Untuk sausnya, pad thai berasa asam dan manis. Air asam jawa, kecap asin, kecap ikan, gula palem adalah bumbu wajib di pad thai, saya menambahkan saus sambal botolan dan selai kacang agar tekstur saus lebih creamy dan membuat tampilan pad thai lebih menarik. Keputusan saya sama sekali tidak salah karena rasa saus menjadi lebih mantap. Ciri khas makanan ini lainnya adalah cincangan kacang tanah. Masyarakat Thai sepertinya sangat suka dengan kacang tanah, banyak sekali jenis makanan yang diberi taburan kacang  tanah panggang tumbuk kasar. Saya memanggang sekilo kacang tanah kupas sekaligus di oven, karena bisa langsung menjadi camilan, dipakai diberbagai makanan, atau dipermak menjadi kue dan peanut butter. Memanggang kacang di oven sangat mudah, cukup tambahkan 1 - 2 sendok makan minyak goreng di kacang, aduk rata hingga minyak melumuri kacang dengan baik, kemudian tebarkan kacang diloyang datar dan panggang disuhu 200'C sambil dibalik-balik hingga permukaannya kecoklatan. Kacang panggang ini akan memiliki rasa dan tampilan sama seperti kacang yang digoreng dalam minyak banyak dikompor, bedanya versi yang ini tidak mengandung banyak minyak goreng.


Resep Pad Thai JTT

Kacang panggang saya proses di chopper hingga menjadi cincangan kasar, bisa juga dimasukkan kedalam kantung plastik dan gilas dengan kayu penggilas atau botol hingga agak hancur. Karena kacang tanah tumbuk ini adalah salah satu ciri khas pad thai dan yang membuat rasanya spesial maka jangan skip dari resep jika anda hendak membuatnya ya.

Selebihnya membuat pad thai sangat mudah dan rasanya tentu saja maknyus. Berikut resep dan prosesnya.

Resep Pad Thai JTT

Pad Thai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan resep mie lainnya? Silahkan klik link dibawah ini;
Mie Lendir
Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Kwetiaw Goreng Sayur

Bahan:
- 130 gram kwetiaw kering (atau mie beras khusus pad thai)
- 3 butir telur + 1/6 sendok teh garam, kocok lepas
- 1 buah wortel, iris korek api
- 250 gram tauge
- 1 batang daun bawang, iris serong tipis
- 2 buah tahu, potong kotak, goreng hingga matang
- 100 gram kacang tanah panggang, cincang kasar
- 8 buah udang kupas, belah punggungnya

Bumbu:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 5 siung bawang merah, cincang halus

Bumbu saus, aduk jadi satu:
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 1/2 sendok makan selai kacang / peanut butter
- 2 sendok makan air asam jawa
- 2 sendok makan gula palem bubuk
-2 sendok teh cabai bubuk
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh kaldu bubuk / kaldu jamur (optional)
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 100 ml air

Cara membuat:


Resep Pad Thai JTT

Siapkan semua bahan, saya menghancurkan kacang di chopper.

Rebus kwetiaw hingga al dente, jangan terlalu berlebihan merebus hingga terlalu lunak. Angkat, tiriskan. Sisihkan.


Resep Pad Thai JTT

Panaskan wajan anti lengket, beri 2 sendok makan minyak. Masukkan telur, diamkan hingga sedikit mengeras. Hancurkan dengan spatula dan goreng menjadi telur orak arik hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Gunakan wajan bekas menggoreng telur, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang merah hingga harum dan matang. Masukkan udang, aduk dan tumis hingga berubah warnanya menjadi kemerahan. Masukkan wortel, aduk dan masak hingga wortel layu dan matang. Masukkan bumbu saus yang diaduk jadi satu, masak dengan api kecil hingga mendidih. Tambahkan kwetiaw rebus. Aduk hingga rata.

Masukkan tahu goreng, telur, kacang panggang cincang (sisakan sebagian untuk taburan kala makanan disajikan) dan tauge, aduk dan masak hingga semua bahan matang. Tambahkan daun bawang, aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan asin dan manisnya. Masakan dominan manis, sedikit asin dan asam. Angkat dan sajikan dengan taburan kacang di permukaannya.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...