26 Juni 2019

Resep Bruschetta Udang


Resep Bruschetta Udang JTT

Akhir-akhir ini saya tak pernah membuat roti lagi, bukan karena prosesnya tidak menyenangkan, justru kebalikannya. Membuat roti walau harus diuleni secara manual dan mengeluarkan tenaga tapi sebenarnya merupakan aktifitas yang membuat otak menjadi rileks. Gerakan menguleni yang monoton dan diulang berkali-kali mampu membuat pikiran saya terfokus hanya pada seonggok adonan di jemari tangan dan melupakan hal lain disekitar. Ada rasa happy didalam hati kala adonan yang tadinya kasar, lengket dan tak mau diatur berubah menjadi lembut, smooth, kenyal sekaligus lemas ditangan. Apalagi ketika roti keluar dari oven dengan aroma yang begitu menggoda, tampilannya yang seksi mampu membuat saya berjingkrak riang sendiri. Walau telah berkali-kali dibuat namun perasaan itu tak pernah hilang. 

Tak heran jika Julia Child berkata 'The art of bread making can become a consuming hobby, and no matter how often and how many kinds of bread one has made, there always seems to be something new to learn'.


Resep Bruschetta Udang JTT
Resep Bruschetta Udang JTT

Sayangnya membuat roti juga menghabiskan banyak waktu mengingat proses panjang yang harus dilalui. Begitu banyak resep roti yang ingin saya coba buat terutama jenis roti-roti Perancis seperti baguette, brioche, fougasse, atau beignet, namun membayangkan waktu dan prosesnya yang lama maka keinginan itu sirna. Dulu, saya masih sanggup nekat membuat roti sepulang kantor. Tatkala roti dipanggang, jam sudah menunjukkan pukul sebelas malam, bahkan sempat ketiduran dan roti berakhir gosong. Kini saya memilih bergelung dibawah bed cover dibandingkan harus berjibaku didapur menguleni adonan. Faktor U benar-benar telah menguasai. 😄

Roti Perancis dengan tekstur kenyal (chewy) dan tidak manis lebih saya suka dibandingkan  roti ala Jepang yang menurut saya terlalu lembut dan manis. Roti Jepang yang dijual di bakeri juga mengandung bahan pengembang yang banyak sehingga roti mekar sebegitu fantastisnya sementara adonan dasarnya sebenarnya sangat sedikit.  Baguette adalah jenis roti  Perancis yang begitu inginnya saya eksekusi sejak lama. Ada rasa penasaran yang membuncah didada kala melihat prosesnya di You Tube. Apalagi jika membeli di bakery, roti ini hadir dalam kondisi yang super keras mirip pentungan Hansip. Bahkan begitu kerasnya hingga susah disobek. 


Resep Bruschetta Udang JTT
Resep Bruschetta Udang JTT

Tapi dua minggu lalu saya menemukan baguette yang fresh di bakeri di Ranch Market di Lotte Avenue Mall. Jika ke Ranch Market maka biasanya target utama yang saya dituju adalah sayuran dan buah-buahannya yang segar dengan variasi yang banyak, tapi saat itu saya iseng melongok ke bakerinya. Ketika baguette-nya saya sentuh dan pencet, terasa empuk bukan keras seperti baguette yang umum dijual di supermarket disebelah kantor. Sebuah baguette seharga 18 ribu rupiah lantas saya bawa pulang, dan betapa menyesalnya mengapa tidak membelinya tiga stekaligus! Roti baguette di Ranch Market benar-benar sesuai dengan taste saya, permukaannya chewy sementara didalamnya empuk. Saya bahkan menyantap separuh baguette dengan tumisan ayam dan hampir menghabiskan sisanya jika tidak teringat dengan satu resep yang ingin saya coba yaitu bruschetta. 

Jika kita bersantap di resto Pizza HUT maka akan bertemu dengan makanan ini di dalam daftar menunya. Jujur, saya jarang sekali memesan bruschetta jika nongkrong di Pizza HUT, tapi saat liburan Lebaran lalu, ketika bersantap bersama keluarga di resto Pizza HUT di Blok M Plaza, kakak saya memesan menu ini dan surprised ternyata rasanya lumayan sedap. Sejak itu, makanan ini masuk dalam list untuk ditrial.


Resep Bruschetta Udang JTT
Resep Bruschetta Udang JTT

Bruscheetta adalah makanan pembuka dari Itali berupa irisan roti yang dioles dengan minyak zaitun, bawang putih dan garam. Roti kemudian dipanggang hingga garing permukaannya. Camilan ini juga sering hadir beserta topping tambahan diatasnya, biasanya terbuat dari cincangan tomat, keju, daun basil, bawang putih dan bawang bombay. Kali ini saya membuat bruschetta dengan topping yang terbuat dari cincangan udang, bawang bombay, bawang putih, sedikit mayonnaise dan susu kental manis. Beh, rasanya mantap! Selain udang maka tuna kalengan yang dihancurkan, cincangan ayam rebus/panggang, jamur, jagung manis pun lezat menjadi topping. 

Roti baguette saya iris setebal 3 cm dan diolesi dengan sedikit margarine di permukaannya. Agar roti tetap crispy walau sudah ditumpuk topping basah diatasnya maka roti saya panggang terlebih dahulu hingga garing, baru adonan topping diletakkan dipermukaan roti. Pemanggangan berikutnya hanya untuk membuat keju parut meleleh dan warna bruschetta sedikit kecoklatan. Resep ini harus anda coba dirumah, karena rasanya begitu sedap!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Resep Bruschetta Udang JTT

Brucehetta Udang
Resep modifikasi sendiri

Untuk 8 buah bruschetta

Tertarik dengan resep ala fast food lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Vegetarian Pizza Jamur dengan Saus Simple
Barbecue Chicken Wings

Bahan:
- 10 ekor udang jerbung, kupas, potong kasar
- 1/4 buah bawang bombay, potong kasar
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 buah roti baguette, iris setebal 2 cm
- 1/2 sendok makan mentega
- taburan keju cheddar parut, optional

Bahan lain:
- 5 sendok makan jagung manis pipilan
- 3 sendok makan mayonnaise (saya pakai Thousand Island)
- 2 sendok makan susu kental manis
- 2 sendok makan keju cheddar parut
- 1/4 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar
- 1/6 sendok teh garam
- 1 sendok makan saus sambal, optional
- 2 sendok makan daun peterseli cincang, optional

Cara membuat:


Resep Bruschetta Udang JTT

Siapkan pan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan udang, garam dan merica bubuk, aduk dan tumis hingga udang berubah kemerahan. Angkat, sisihkan.


Resep Bruschetta Udang JTT

Aduk jadi satu didalam mangkuk udang, dan semua bahan lain, hingga rata. Cicipi rasanya, sesuaikan asin dan manisnya. Sisihkan.

Siapkan roti baguette, tata di loyang datar. Olesi permukaannya dengan sedikit mentega  menggunakan kuas.


Resep Bruschetta Udang JTT

Panggang roti di suhu 200'C selama 5 - 10 menit atau hingga permukaan roti terlihat sedikit kecoklatan dan garing. Keluarkan dari oven. Letakkan adonan udang diatasnya, taburi keju  parut jika suka.

Panggang di oven dengan suhu 200'C api atas saja selama 10 menit, atau hingga permukaannya agak sedikit kecoklatan. Keluarkan dari oven dan sajikan.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...