20 November 2019

Resep Kimbap Telur


Resep Kimbab Telur JTT

Gara-gara mengikuti tayangan reality show Korea berjudul The Return of Superman (TROS) di You Tube, saya jadi ngiler dengan aneka makanan yang sering dicoba anggota keluarga yang menjadi bintang TROS. Acara ini menampilkan bagaimana seorang ayah mengasuh putra putrinya tanpa bantuan sang ibu. Penuh dengan cerita, kocak dan seringkali membuat saya terkagum-kagum dengan smart-nya bocah-bocah Korea yang menjadi bintang diacara tersebut. Saat ini saya sedang suka dengan keluarga Park Joo-Ho yang memiliki dua anak, Naeun dan Gun Hoo yang super imut dan lucu. Apalagi mereka termasuk suka jajan di berbagai resto enak di Korea, beberapa diantaranya adalah kimbab telur dan ayam goreng crispy yang terlihat amazing. Saya terus terang masih penasaran dengan ayam gorengnya, tumpukan ayam bersalut adonan tepung yang crispy itu begitu menggoda, ketika digigit suara renyahnya membuat saya seakan ingin meraih potongan ayam di piring saat itu juga. Sayang saya belum menemukan resep tokcer adonan ayam seperti yang ditampilkan di TROS, kecuali menggunakan tepung instan yang banyak kandungan 'micin' nya. Beberapa kali dicoba dengan aneka komposisi berbagai jenis tepung hasilnya masih kurang garing.

Resep Kimbab Telur JTT
Resep Kimbab Telur JTT

Nah pada tayangan yang lalu, Naeun, Gun Hoo dan ayahnya berkunjung ke sebuah resto kimbap terkenal disatu kota di Korea. Kimbap adalah gulungan nasi berbungkus nori (rumput laut) yang mirip dengan sushi, bedanya kimbap biasanya tidak mengandung ikan mentah selayaknya sushi. Bahan pengisi kimbap adalah sayuran mentah, acar, daging sapi, ayam atau telur goreng. Nasi untuk kimbap juga diproses berbeda dengan sushi, jika nasi sushi dibumbui dengan rice vinegar, garam dan gula, maka nasi untuk kimbap dicampur dengan minyak wijen, garam dan biji wijen sangrai. 

Nah yang membuat saya tertarik dengan kimbap telur yang ditayangkan di TROS adalah gunungan telur dadar yang diiris tipis diletakkan di permukaan nasi berisi sayuran. Irisan telurnya begitu tipis dan jumlahnya sangat banyak hingga membuat saya berpikir bagaimana mungkin kimbap tersebut bisa digulung? Tapi tangan cekatan si chef yang sangat berpengalaman membuat keraguan tersebut sirna. Di dalam genggaman jemari yang gendut tersebut irisan telur dadar menyerah pasrah, tergulung didalam nasi dan nori menjadi bulatan kimbap yang cantik. Ketika gelondongan nasi ini diiris telur dadar yang tampak memenuhi isi kimbap tampak tersusun rapi dengan cantiknya. Saya pun menjadi penasaran dibuatnya.

Resep Kimbab Telur JTT
Resep Kimbab Telur JTT

Minggu lalu kimbap isi telur itupun saya eksekusi. Selayaknya sushi maka membuat kimbap sangatlah mudah. Agar telur bersedia didadar setipis mungkin, saya lantas mencampurkannya dengan air hingga teksturnya encer. Isi kimbap hanyalah ketimun dan wortel mentah, dan karena saya punya stok wakame (rumput laut) kering di pantry maka rumput laut ini pun masuk kedalam isi. Sebenarnya ada satu bahan lainnya yang identik dengan kimbap, yaitu acar lobak bernama danmuji. Acar ini berwarna kuning karena diwarnai dengan chija, buah tanaman gardenia (kaca piring). Chija memiliki aroma harum dan di Korea umum menjadi pewarna kuning. Sayangnya danmuji hanya tersedia di supermarket Jepang atau Korea, dan saya enggan hendak lari ke Papaya mencarinya, jadi saya skip bahan ini dari kimbap kali ini.

Tips membuat kimbap telur ini hanyalah kepercayaan diri dan keyakinan kala menggulung nori dan nasi. Tekanan kuat dan gulungan yang padat akan membuat isi menjadi kompak dan tidak tercerai berai kala kimbab dipotong. Tips lainnya adalah jika nori yang digunakan terlalu tipis maka tumpukkan 2 lembar sekaligus. Isi yang banyak dan gulungan padat akan membuat nori mudah sobek, ketika diiris isinya akan berantakan. 

Resep Kimbab Telur JTT

Tentu saja ada banyak bahan lain yang bisa dipakai mengisi kimbap, misal tumisan daging sapi atau ayam yang dimasak seperti bulgogi. Sayuran lain yang dipakai antara lain jamue, rebusan sawi/pakchoy, lobak rebus, paprika, sesuaikan dengan selera masing-masing.

Membuat makanan ini super mudah dan lucu menjadi pengisi bekal putra atau putri anda ke sekolah. Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Kimbab Telur JTT

Kimbab Telur 
Resep modifikasi sendiri

Untuk 18 potong kimbab

Tertarik dengan makanan Korea lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Spicy Korean Chicken Bulgogi (Oven-Baked)
Korean Japchae
Homemade Kimchi

Bahan isi:
- 1 batang wortel, potong kotak memanjang
- 1 batang ketimun, buang bijinya, potong kotak memanjang
- beberapa lembar rumput laut kering wakame (optional), rendam dalam air hingga lunak. 
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml air matang

Bahan dan bumbu telur:
- 3 butir telur
- 1/2 sendok makan kecap asin
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 50 ml air

Bahan lain:
- lembaran nori (lembaran rumput laut untuk membungkus kimbab)
- 400 gram nasi putih hangat, aduk bersama 2 sdt minyak wijen dan 1/4 sendok teh  garam (bisa ditambahkan biji wijen putih)

Pelengkap:
- wasabi
- kecap asin

Cara membuat:

Resep Kimbab Telur JTT

Masukkan semua bahan isi ke mangkuk, tambahkan air matang, gula dan garam, rendam selama 15 menit, tiriskan. Peras wakame kuat-kuat agar tidak basah, sisihkan.

Menggoreng telur:

Resep Kimbab Telur JTT

Pecahkan telur ke mangkuk, masukkan semua bahan dan bumbu telur lainnya. Kocok dengan garpu hingga tercampur baik. Tekstur adonan agak encer agar mudah melebar dan tipis ketika didadar di pan.

Panaskan pan, oleskan minyak di permukaannya dengan kuas. Tuangkan 2-3 sendok makan adonan telur, segera miring dan goyangkan loyang agar adonan mengalir dan menutup permukaan loyang menjadi dadar yang tipis. Jika sudah mengeras, balikkan dan goreng sisi sebelahnya hingga dadar matang. Angkat, dan lakukan pada sisa adonan  telur. Kita akan mendapatkan sekitar 6 - 7 lembar dadar.

Tumpukkan 3 dadar selaligus di talenan, gulung, dan rajang setipis mungkin. Sisihkan.

Membuat kimbab:

Resep Kimbab Telur JTT

Siapkan bamboo sushi mat (lembaran bambu untuk menggulung sushi/kimbab) di permukaan meja. Letakkan selembar nori, jika nori yang dipakai terlalu tipis dan mudah robek, tumpukkan 2 lembar nori sekaligus. Karena isi cukup padat maka nori harus cukup kuat ketika ditekan saat proses menggulung.

Ambil sejumput nasi dan tebarkan di permukaan nori sambil ditekan-tekan dengan ujung jari yang telah dicelup air agar tidak lengket. Lapisan nasi sebaiknya tipis saja jadi tempelkan nasi sedikit demi sedikit di permukaan nori, sisakan sebagian nori tidak ditutup nasi agar ketika digulung nori mampu melekat dengan baik dan bentuk kimbab tidak terlalu bengkak.

Tata wortel, ketimun dan wakame di satu sisi permukaan nasi. Bagi rajangan telur menjadi 3 porsi yang sama banyaknya. Letakkan 1 porsi telur di permukaan sayuran, ratakan. Gulung bamboo mat dan nori sambil ditekan kuat-kuat agar telur padat, tidak buyar dan semua bahan menempel dengan baik di nasi. Lakukan dengan penuh keyakinan, jika ragu-ragu maka gulungan menjadi kurang padat. 

Resep Kimbab Telur JTT

Pada bagian terakhir nori jika susah menempel (biasanya kalau menggunakan 2 lembar nori maka antar lembarannya saling terpisah), oleskan air dan rekatkan. Air membuat nori mampu menempel baik. Padatkan kimbab, letakkan di talenan dan iris dengan pisau yang sangat tajam. Lakukan pada sisa nasi, bahan dan nori, resep diatas menghasilkan 3 gulung kimbab. 

Sajikan dengan kecap asin dan wasabi. 



4 komentar:

  1. Mba endang..danmuji untuk sushinya beli online aja.300gr 30rban..hehe..

    BalasHapus
  2. Kalo gak ada bamboo map bisa nggak mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, gulung pakai kain serbet yang bersih atau tatakan piring yang kaya tikar

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...